Alasan Kenapa Harus Servis Motor Sesuai Jadwal

Sepeda motor merupakan salah satu kendaraan yang paling banyak digunakan di Indonesia. Namun, untuk dapat menikmati kenyamanan dan keamanan berkendara, penting untuk melakukan servis tepat waktu pada motor Anda. Terlebih lagi, jika Anda menggunakan sepeda motor Suzuki, maka penting untuk melakukan service Suzuki secara rutin. Ini akan memastikan bahwa motor 4 tak Anda selalu dalam kondisi optimal dan dapat mengurangi risiko kerusakan atau masalah yang tidak diinginkan. Dalam artikel ini, Suzuki service akan membahas mengapa servis tepat waktu pada sepeda motor sangat penting dan bagaimana cara melakukannya dengan benar. Jadi, apa saja keuntungan jika kita service motor sesuai jadwal atau tepat waktu?

1. Mengetahui Gejala Permasalahan Lebih Dini

Servis sepeda motor tepat waktu dapat mendeteksi kerusakan komponen pada sepeda motor secara dini. Melakukan servis secara rutin dapat membantu dalam mendeteksi masalah yang mungkin muncul pada komponen sepeda motor sebelum masalah tersebut menjadi lebih parah. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan pemeriksaan visual, pengujian, dan perbaikan komponen yang diperlukan.

Sebagai contoh, saat melakukan servis pada sistem pendingin, mekanik akan melakukan pemeriksaan visual pada radiator, pompa air dan selang untuk memastikan tidak ada kerusakan atau kebocoran. Begitu juga saat melakukan servis pada sistem rem, mekanik akan melakukan pemeriksaan pada komponen rem seperti cakram, tromol dan selang rem untuk memastikan kondisi komponen masih baik.

Baca Juga  Estimasi Biaya Liburan ke Bali Selama 1 Minggu untuk 1 Orang

2. Menghemat Biaya Perbaikan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa servis sepeda motor tepat waktu bisa mendeteksi dini kerusakan pada komponen sepeda motor. Biaya perawatan pada sepeda motor yang kerusakannya bisa diketahui lebih awal tentunya akan lebih terjangkau dibanding kerusakan yang lebih parah. Ketika kerusakan masih dalam tahap ringan, penggantian suku cadang juga hanya akan meliputi komponen yang rusak saja tidak keseluruhan bagian.

3. Terhindar dari Mogok Mendadak

Kendaraan mati total tiba-tiba tentunya sangat menghambat aktivitas Anda. Kondisi sepeda motor yang tidak prima biasanya jadi penyebab utama motor mati mendadak. Kerusakannya bisa berasal dari berbagai sumber, bisa jadi aki yang soak, radiator yang rusak, hingga busi yang tak berfungsi. Servis rutin sepeda motor sangat penting untuk menjaga kondisi kendaraan Anda dalam keadaan baik agar Anda dapat menikmati perjalanan yang aman dan nyaman tanpa khawatir akan mogok tiba-tiba.

4. Mengurangi Risiko Kecelakaan

Tak hanya merugikan Anda sendiri, jika lalai dalam merawat sepeda motor dampak buruknya bisa juga dirasakan pengendara lainnya. Mengapa? Sebab sepeda motor yang kondisinya tidak layak pakai akibat jarang diservis bisa jadi pemicu terjadinya kecelakaan. Contohnya seperti rem yang rusak atau tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan kesulitan dalam menghentikan kendaraan, lampu yang tak berfungsi sehingga tidak terlihat oleh pengendara lainnya, hingga mesin yang bisa mendadak mati di tengah jalan. Untuk itu, selalu melakukan perawatan dan perbaikan secara rutin agar kondisi motor tetap terjaga dan bukan hanya saat kondisi sepeda motor rusak saja.

5. Memperpanjang Usia Pakai

Anda tentu ingin kuda besi kesayangan Anda bisa terus menemani beraktivitas dalam jangka waktu yang lama. Servis rutin sepeda motor dapat membantu menjaga kondisi kendaraan anda dalam keadaan baik dan memperpanjang umur pakai kendaraan anda. Sebab dengan servis rutin Anda bisa lebih cepat menangani masalah-masalah yang terjadi pada sepeda motor seperti komponen mesin, rem, suspensi, ban dan lainnya. Berniat untuk servis rutin sepeda motor kesayangan Anda? Lakukan hanya di bengkel resmi Suzuki service. Klik halaman ini https://www.suzuki.co.id/services/motorcycle untuk cari tahu seputar servis sepeda motor di bengkel resmi Suzuki service!

Baca Juga  Inilah 6 Street Food Wajib Dicoba Saat Berlibur di Thailand

Tinggalkan komentar