Angkringan

angkringan, tempat makan di purwokerto, tempat makan tradisional, rumah makan tradisional, angkringan adalah, angkringan purwokerto, angkringan jogja

AngkringanAngkringan? What is angkringan? itu mungkin yang dipikirkan orang luar Jateng dan Jatim seperti saya. Saat pertama menginjakkan kaki di Purwokerto, saya diajak ke angkringan. Waktu itu, baru tahu ternyata angkringan adalah tempat bersantap dengan nuansa tradisional. 
Ternyata tempat makan dan tongkrong tradisional ini memang menarik dan banyak penggemarnya. Berbagai kalangan mulai dari anak muda hingga orang tua, laki-laki dan perempuan suka tempat ini. Bagaimana tidak, suasana angkringan ini bernuansa tradisional dengan penerangan ala jadul alias jaman dulu, serta menu makanan tradisional. 
 
Tempat makan dengan penerangan senthir (bahasa jawa) atau damar (bahasa sunda),
senthir
menghidangkan aneka gorengan (berupa mendoan, bakwan, pisang goreng dan lain-lain). Menu khas di angkringan adalah sega kucing (nasi kucing), wedhang jahe, jahe susu, wedahang ronde, sate usus, dan ampela ati bakar.
menu nasi kucing
wedang jahe dan nasi kucing
wedang ronde
Jenis tempat bersantap ini tersebar di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Biasanya tempatnya di pinggir jalan dengan suasana redup senthir, tempat duduk memanjang, dan lesehan. Biasanya angkringan mulai buka sore hingga larut malam. Suasana ini sering dinikmati oleh berbagai kalangan, mulai dari tukang becak hingga yang berstatus dosen. 
Bila membutuhkan refreshing dari rutinitas sepanjang hari, angkringan adalah tempat yang cocok dipilih. 
Selain sebagai tempat makan, angkringan sangat cocok untuk dijadikan usaha. Tak ada salahnya Anda mencoba memulai usaha angkringan, bahkan ada teman mahasiswa yang mengembangkan usaha angkringan dengan bentuk franchise atau waralaba. Apalagi jika memiliki inovasi, bisa menjadi modal untuk memajukan usaha yang satu ini. 

Tinggalkan komentar