10 Ide Bisnis Kerupuk Kekinian yang Potensial Tahun 2024

Bisnis kerupuk kekinian adalah inovasi yang bisa Sobat Kuliner coba di tahun 2024 ini. Apakah itu untuk yang sudah menjalankan usaha ini atau yang masih pada tahap rerencana melakoninya.

Peluang usaha kerupuk terbilang besar karena merupakan produk konsumsi harian. Bahkan, ada beragam jenis olahannya yang bisa dijadikan cemilan.

Harganya yang terbilang merakyat juga menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen. Tidak sulit bagi kebanyakan orang untuk membelinya. Oleh karena itu, peluang untuk sukses di bidang ini terbilang besar.

Ide Bisnis Kerupuk Kekinian yang Potensial

Bisnis kerupuk telah menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya kuliner di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Dalam menghadapi tahun ini, peluang bisnis kerupuk terus berkembang, terutama dengan adanya inovasi-inovasi baru yang dapat menarik perhatian konsumen.

Nah, artikel ini akan membahas 10 ide bisnis kerupuk kekinian yang memiliki potensi besar di tahun 2024. Apa saja?

distributor kerupuk mentah
Kerupuk mentah, sumber: kochwiki.org

1. Kerupuk Rasa Unik

Salah satu cara untuk memikat hati konsumen adalah dengan menciptakan variasi kerupuk yang memiliki rasa unik dan tidak biasa.

Contohnya, kerupuk dengan rasa keju pedas, balado, atau rasa lain yang sedang tren. Rasa yang unik ini dapat menciptakan pengalaman kuliner yang berbeda dan menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen yang mencari sesuatu yang baru.

Ini bisa menjadi ide bisnis kerupuk seribuan atau kemasan lebih besar.

2. Kerupuk Organik

Tingkat kesadaran akan kesehatan semakin meningkat di masyarakat. Oleh karena itu, ide bisnis kerupuk organik atau menggunakan bahan-bahan yang lebih sehat dapat menjadi daya tarik tersendiri.

Misalnya, produksi kerupuk dengan beras merah, sayuran, atau kacang-kacangan yang memiliki nilai gizi lebih tinggi.

Baca Juga  Cara Menjadi Marketing Handal Dan Sukses

3. Kerupuk Berbahan Baku Lokal

Memberikan sentuhan lokal pada bisnis kerupuk dapat menjadi strategi yang efektif. Fokus pada penggunaan bahan baku lokal dan menyajikan kerupuk dengan cita rasa tradisional atau khas daerah dapat mendukung ekonomi masyakarat setempat.

Bahan baku lokal bisa berupa sayuran, umbi-umbian, bahkan ikan dan daging. Tidak sedikit cita rasa lokal seperti derah penghasil ikan tenggiri misalnya, bisa mendatangkan peluang usaha yang luas bagi masyarakat setempat.

Nah, Sobat bisa kembangkan bisnis kerupuk kekinian dari bahan yang unik dari hasil petani lokal. Lalu, bisa cari tahu harga kerupuk mentah per bal untuk referensi penjualan dalam olahan mentah. Kecuali jika ingin menjualnnya dalam kemasan siap santap.  

4. Paket Kerupuk Tematik

Mengemas kerupuk dalam paket tematik untuk acara-acara khusus seperti ulang tahun, pernikahan, atau perayaan lainnya dapat menjadi ide bisnis yang menarik. Menawarkan layanan personalisasi pada kemasan atau rasa kerupuk dapat menjadi nilai tambah bagi konsumen yang ingin memberikan sentuhan khusus pada momen spesial.

5. Kerupuk Berbentuk Unik

Kreativitas dapat menjadi kunci kesuksesan bisnis kerupuk. Membuat kerupuk dengan bentuk yang unik atau lucu, seperti bentuk binatang, karakter kartun, atau sesuatu yang sedang populer di media sosial, dapat menarik perhatian konsumen, terutama generasi muda yang cenderung tertarik pada hal-hal yang kreatif dan unik.

6. Kerupuk Premium

Menyasar segmen pasar premium dengan varian kerupuk berbahan-bahan berkualitas tinggi dapat menjadi strategi yang efektif. Fokus pada pengalaman sensorik yang lebih baik, seperti kerupuk renyah dengan tekstur yang unik, dapat menciptakan citra produk yang eksklusif dan bernilai tinggi.

Tentu, karena premium, Sobat bisa memaksimalkan produk dengan kualitas terbaik. Kerupuk ini menjangkau pembeli dari kalangan masyarakat menengah ke atas.

7. Kerupuk Sehat

Dalam menjawab tren gaya hidup sehat, ide bisnis kerupuk kesehatan dapat menonjolkan kandungan gizi yang baik. Misalnya, menambahkan serat, protein, atau vitamin pada kerupuk dapat menarik konsumen yang mencari camilan yang tidak hanya enak tetapi juga memberikan manfaat kesehatan.

8. Kerupuk Cita Rasa Luar Negeri

Menciptakan bisnis kerupuk kekinian dengan inspirasi dari berbagai masakan internasional dapat menjadi langkah inovatif. Hal ini tidak hanya memberikan variasi rasa baru tetapi juga menarik bagi konsumen yang menyukai eksplorasi kuliner dari berbagai belahan dunia.

Baca Juga  Rata-Rata Upah Tukang Bangunan di Bogor Harian dan Borongan

Tidak ada salahnya mencoba memberikan cita rasa khas luar negeri pada olahan kerupuk. Misalnya kerupuk bumbu TomYum dari Thailand, Wasabi dari Jepang, BBQ Amerika, pesto dari Italia, dan sebagainya.

9. Kerupuk dengan Rasa Beragam

Menawarkan lini produk kerupuk dengan berbagai rasa dalam satu paket dapat memberikan konsumen pilihan yang lebih banyak. Dengan menyajikan variasi rasa dalam satu pembelian, konsumen dapat menikmati pengalaman yang lebih beragam.

10. Layanan Pemesanan Online

Memanfaatkan platform pemesanan online merupakan langkah strategis untuk memperluas jangkauan bisnis kerupuk renyah dan menjanjikan ini. Dengan memberikan opsi pemesanan yang mudah dan kemasan yang menarik, konsumen dapat dengan cepat dan praktis mendapatkan kerupuk favorit mereka yang diantar langsung ke rumah.

Jangan Lupa, Gunakan Strategi Pemasaran Digital untuk Bisnis Kerupuk

Strategi Pemasaran Digital untuk Bisnis Kerupuk
Source via Freepik.com

Pemasaran digital sekarang ini merupakan pilihan kreatif karena sudah merupakan tuntutan perkembangan zaman. Terutama mengingat bahwa media online sudah tidak bisa lepas dari kehidupan masyarakat.

Lalu, bagaimana strategi pemasaran digital yang efektif untuk meningkatkan potensi bisnis kerupuk kekinian di pasar yang semakin kompetitif? Berikut penjelasannya.

1. Memaksimalkan Media Online

Langkah pertama dalam membangun strategi pemasaran digital adalah dengan membuat website yang menarik dan responsif. Kenapa harus website? Jika usaha kerupuk yang Sobat jalankan ingin menjangkau lebih banyak konsumen, maka tidak boleh mengabaikan keunggulan website.

Banyak orang mencari distributor kerupuk mentah atau tempat membelinya dalam kemasan siap makan secara online saat ini. Dengan adanya website, Sobat bisa lebih leluasa memberi tahu konsumen mengenai info produk, edukasi bahan, dan lain-lain. Lengkapi dengan testimoni pelanggan, dan opsi kontak yang jelas.

Pastikan website Sobat dapat diakses dengan mudah baik dari perangkat komputer maupun perangkat mobile.

2. Manfaatkan Media Sosial

Media sosial adalah platform yang sangat efektif untuk membangun kesadaran merek dan berinteraksi langsung dengan konsumen. Buat dan kelola akun bisnis di platform seperti Instagram dan Tiktok. Bagikan konten kreatif seperti foto-foto menarik produk, resep menggunakan kerupuk, atau bahkan behind-the-scenes dari proses produksi.

3. Gunakan Konten Visual yang Menarik

Dalam bisnis kuliner, konten visual memiliki peran yang sangat penting. Gunakan foto dan video berkualitas tinggi untuk memperlihatkan keunikan produk, cara penyajian yang menarik, dan testimoni pelanggan. Konten visual yang menarik dapat memicu selera dan membuat konsumen tertarik untuk mencoba produk bisnis kerupuk kekinian milik Sobat.

Baca Juga  8 Penerapan Artificial Intelligence dalam Dunia Bisnis Kuliner

4. Bekerjasama dengan Influencer

Kerjasama dengan influencer kuliner atau food blogger dapat menjadi langkah besar dalam mencapai audiens yang lebih besar. Pilih influencer yang relevan dengan target pasar Anda dan minta mereka untuk mereview atau membagikan pengalaman mereka dengan produk kerupuk kekinian Sobat.

Ini tidak hanya akan meningkatkan visibilitas tetapi juga membangun kepercayaan konsumen. Pembeli tidak hanya perlu tahu bisnis Sobat untuk pembelian online, tapi juga untuk mengenal lokasi bisnis saat mereka ada di daerah usaha. Misalnya, kerupuk oleh-oleh di tempat wisata.

5. Program Kemitraan dan Kolaborasi

Membangun kemitraan dengan bisnis lain atau kolaborasi dengan komunitas lokal dapat menjadi cara yang efektif untuk memperluas jaringan dan menjangkau audiens baru. Pertimbangkan untuk bekerjasama dengan restoran, kafe, atau toko makanan lainnya untuk menyediakan kerupuk kekinian Sobat sebagai pilihan camilan.

6. Pemanfaatan Teknologi Pemesanan Online

Manfaatkan platform pemesanan online untuk memudahkan konsumen dalam mendapatkan produk Sobat. Sediakan opsi pemesanan melalui media sosial, website, atau platform marketplace. Pastikan informasi produk, harga, dan proses pemesanan untuk bisnis kerupuk kekinian ini mudah dipahami dan diakses.

7. Penawaran dan Promosi Khusus Online

Gunakan keuntungan pemasaran digital dengan menyelenggarakan penawaran khusus atau promosi yang hanya berlaku online. Ini dapat mencakup diskon eksklusif, bundel produk, atau bahkan program loyalitas bagi pelanggan yang melakukan pembelian melalui platform digital.

8. Optimalkan SEO untuk Meningkatkan Visibilitas

Pastikan website dioptimalkan untuk mesin pencari (SEO). Penelusuran online adalah cara umum di mana konsumen mencari produk atau informasi, jadi pastikan website muncul di hasil pencarian teratas. Gunakan kata kunci yang relevan dengan bisnis yang Sobat jalankan.

9. Pemasaran Berbasis Lokasi

Jika bisnis fokus pada pasar lokal, manfaatkan strategi pemasaran berbasis lokasi. Sobat bisa memanfaatkan Google Business Profile atau menarget kata kunci berbasis lokal. Misalnya jika bisnis Sobat ada di kota Semarang, maka buatlah konten dengan menyebutkan lokasi tersebut.

Sobat juga bisa menggunakan iklan berbayar yang ditargetkan untuk menjangkau konsumen di daerah sekitar Sobat, dan promosikan partisipasi dalam acara lokal atau sponsor kegiatan di komunitas.

Kesimpulan

Menjalankan bisnis kerupuk kekinian membutuhkan kombinasi antara inovasi, pemahaman terhadap pasar, dan kualitas produk. Melalui ide-ide bisnis yang telah kita bahas di atas, semoga dapat memberikan inspirasi bagi para calon pebisnis untuk memulai atau mengembangkan usahanya di tahun 2024.

Satu pemikiran pada “10 Ide Bisnis Kerupuk Kekinian yang Potensial Tahun 2024”

  1. Saya sendiri setiap makan wajib dan harus ada yang namanya kerupuk,,,
    Mau makan tapi gk ada kerupuk, ya saya simpan dulu makanannya lalu lari ke warung bentar buat beli kerupuk,,,
    Gak tau juga sih cuman rasanya ada yang kurang gtu kalau makan gk pake kerupuk,,,

    Balas

Tinggalkan komentar