Bisnis Sembako Pesan Antar Lebih Banyak Pembeli, Ini Caranya!

Bisnis sembako pesan antar mulai menunjukkan geliatnya, terutama di kota besar. Toko kelontong yang awalnya menjual bahan makanan pokok seara offline dan menunggu datangnya pembeli, mulai memanfaatkan tenologi digital. Mulai dari menggunakan aplikasi khusus jual beli produk sembako, memanfaatkan jasa ekspedisi, ojek online, hingga ecommerce.

Kehadiran media online untuk berjualan membantu pemilik usaha kecil hinga skala besar mendapatkan lebih banyak pembeli. Melansir dari Liputan6.com, sejak tahun 2020 lalu, sudah banyak pengusaha kelontong di Jabodetabek menerapkan layanan pesan antar. Tinggal sekarang Sobat ikuti perkembangan dalam dunia digital, lalu terapkan dalam bisnis sembako yang akan Sobat jalani.

Bisnis Sembako Pesan Antar Supaya Dagangan Lebih Laris, Ini 10 Cara Merintisnya!

Produk sembako yang merupakan bahan pokok di dalam rumah tangga selalu dibutuhkan orang seiap hari. Bahan sembako ini terdiri dari sembilan bahan pokok, yaitu beras, minyak goreng, gula pasir, garam, susu, daging sapi dan ayam, bawang merah dan putih, dan gas elpiji.

Meskipun sudah banyak pengusaha kecil hingga besar menjalankannya, tapi bisnis sembako tetap punya peluang. Terutama jika Sobat bisa melihat celah dari perkembangan zaman, yaitu dengan menjalankan bisnis sembako pesan antar. Supaya lebih jelas, yuk ikuti langkah-langkah memulainya!

1. Menghitung dan Menyiapkan Modal

Modal adalah hal pertama yang perlu Sobat perhitungkan sebelum memulai bisnis sembako online. Jangan khawatir, karena usaha satu ini tergolong fleksibel kalau bicara soal modal. Mulai dari 1 juta hingga ratusan juta juga bisa.

Bahkan sebelumnya saya sudah mengulas juga mengenai usaha sembako dengan modal 5 juta yang ternyata sangat bisa dijalankan. Terlebih lagi, jika cara penjualannya seara online, budget yang Sobat punya bisa difokuskan kepada srok produk.

Tidak perlu sewa tempat dan perlengkapan toko fisik yang umumnya membutuhkan biaya cukup mahal. Dengan memanfaatkan salah satu ruangan dalam rumah pun, jika jualan sebako lewat online, maka tetap bisa dilakoni.

Sobat perlu fokus kepada pmbuatan foto produk, memberikan harga, membagi katalog online dengan beragam jenis bahan makanan dan bermacam ukuran. Seperti beras 1 kg, 2 kg, minyak goreng 1 liter, 2 liter, dan seterusnya. Lalu upload dan buat secantik semenarik mungkin.

Bahkan, jika memilih menjadi reseller atau jualan dengan sistem dropship, menawarkan sembako secara online tidak membutuhkan modal sama sekali. Selain hape dan kuota internet tentunya. Ini cocok untuk yang memang punya kekurangan dari segi budget.

2. Menentukan Produk Sembako yang Cocok Dijual Online

Meskipun ada sembilan bahan pokok seperti kita singgung di atas, sebenarnya keperluan hidup sehari-hari bisa berbagai macam jenisnya. Sobat tidak perlu terpaku kepada istilah sembako. Produk yang mau Sobat jual bisa apa saja, selama itu adalah kebutuhan harian rumah tangga.

Umpamanya bumbu dapur kering, mie instan, sabun cuci piring, tepung bumbu, cemilan, hingga frozen food. Semua produk yang sekiranya banyak orang butuhkan saat ini bisa Sobat sediakan. Bisnis sembako juga sebenarnya merupakan salah satu usaha modal 50 juta yang punya peluang besar untuk sukses. Jika punya modal besar atau pinjaman yang terjangkau, pilihan ini bisa dijalani.

Jika ingin menjual sembako secara online, maka perlu memperhatikan kelayakan pengiriman, daya tahan yang lebih lama, dan sebagainya. Pilih produk yang punya kriteria tersebut, ya.

Meski begitu, bukan berarti menghidari jenis bahan makanan pokok seperti telur atau bawang merah. Asalkan memberikan batasan jarak pengiriman dan pengemasan, tentunya Sobat hanya bisa menawarkan jasa transportasi seperti ojek online, atau pengiriman sehari sampai lainnya dalam toko online.

3. Mencari Supplier Terbaik

Sebelum memulai bisnis sembako online, sebaiknya menemukan supplier terbaik dulu. Terhubung dengan distributor yang terpercaya dan harganya lebih murah akan mendukung kemajuan usaha.

Barang dagangan akan selalu sedia karena suplai yang maksimal. Produk sembako harus selalu update dalam toko online. Supaya barang dagangan yang ada dalam toko online tampil selalu tersedia, maka harus benar-benar tersedia juga secara real.

Akan cukup mengecewakan jika katalog di toko sembako online banyak yang habis. Apalagi, jika terlihat masih ada tapi kenyataannya sudah kosong dalam beberapa produk. Nah, punya supplier yang selalu sedia menambah stok, baik distributor yang terhubung secara online juga atau yang Sobat datangi ke tokonya, itu penting untuk keberlangsungan dan kelancaran usaha.

4. Bekerjasama dengan Jasa Ekspedisi dan Ojek Online

Merencanakan dan memilih jasa pengiriman barang perlu Sobat lakukan juga sebelum memulai usaha sembako pesan antar. Pilih banyak perusahaan ekspedisi yang terbaik dan terpercaya supaya pembeli bisa memilih sendiri yang paling mereka sukai dan terif sesuai harapan setiap alamat customer.  

Selain itu, bekerjasama dengan ojek online juga penting supaya memudahkan pengiriman untuk pelanggan di lokasi yang dekat. Terlebih membeli sembako harus segera sampai di hari yang sama atau segera setelah pesan barang. Misalnya telur ayam, produk makanan olahan beku, sayuran, dan bumbu basah.

Apabila Sobat menyediakan makanan beku dalam jumlah banyak, tentunya perlu memilih jasa ekspedisi yang khusus memperhatikan pengiriman makanan beku. Bisa hubungi ekkspedisi yang bersangkutan supaya lancar saat pembeli memesan produk.

5. Daftarkan Toko Online di Berbagai E-Commerce

Ketika mulai mendaftarkan toko online lewat ecommerce, artinya Sobat juga sudah menyiapkan stok barang. Sedangkan untuk yang menjadi reseller atau dropshipper, sudah memastikan kerjasama dengan agen atau penjual terpercaya.

Tentukan barang-barang yang akan dijual. Mulai dari beras, gula pasir, bumbu dapur, minyak goreng, sambal botol siap saji, sayuran, mie instan, dan lain-lain. Bisa juga mengikuti perkembangan atau trend yang sedang ada atau barang musiman seerti menjual makanan yang laris di bulan puasa. Pastikan harganya sesuai dengan harga pasaran dan tidak melebihi harga toko sembako offline.

Kelebihan berjualan lewat ecommerce seperti Shopee, Tokoedia, Blibli, dan lain-lain adalah bisa menjangkau pelanggan lebih luas. Pengiriman barang juga bisa menggunakan ojek online untuk jenis pesanan yang ingin sampai pada hari yang sama.

Sementara itu, hendaknya setiap produk punya pilihan ekspedisi. Untuk barang yang tidak tahan lama atau mudah rusak seperti telur ayam, hanya berikan opsi kiriman same day via ojek online saja. Jadi, tanpa harus packing, pengantar pesanan akan bisa melihat barang apa yang sedang mereka kirimkan dan menjaganya selama perjalanan.

6. Membuat Website Berupa Toko Online

Tips bisnis sembako pesan antar yang tidak kalah penting adalah punya website resmi. Akan lebih baik lagi jika situs tersebut juga berfungsi sebagai toko online. Jadi, ketika pengunjung situs tertarik, mereka tinggal check out di situ.

Situs toko sembako milik Sobat akan membuat bisnis sembako online lebih profesional. Lewat website ini Sobat bisa memberikan banyak konten yang berkaitan dengan produk sembako. Misalnya kreasi masakan praktis dengan bahan telur ayam, resep MPASI berbahan telur, ide memasak sosis, rekomendasi sarapan pagi dari bahan roti tawar, dan lain-lain.

Dengan begitu, orang akan menemukan situs Sobat lewat mesin pencarian. Ini berguna bagi calon pembeli yang memang ingin beli sembako dengan mudah. Terutama yang lokasinya ternyata dekat dan berada dalam satu kota.

Di dalam website ini juga bisa menambahkan alamat toko fisik, kontak yang bisa dihubungi, serta alamat toko online yang ada di marketplace juga.

Jika masih kebingungan mengoptimalkan website toko sembako online, Sobat bisa menggunakan jasa SEO supaya performa toko lebih maksimal. Bisa juga memiliki karyawan khusus yang mengelola media digital.

7. Lakukan Strategi Pemasaran

Sebenarnya, memaksimalkan semua media online yang Sobat miliki bukanlah hal yang mudah. Jika ada budgetnya, bisa mempekerjakan orang yang memang khusus memegang urusan digital merketing. Karyawan yang khusus mengelola website, toko online di marketplace, dan media sosial.

Sobat tinggal fokus pada pengelolaan usaha atau memantau perkembangan bisnis sembako online.

Jika belum bisa membayar karyawan, bisa fokus dalam mengelola salah satu media online. Misalnya fokus ke marketplace dan Instagram saja.

Jangan berhenti belajar teknik pemasaran digital supaya bisnis makin banyak pembeli dan sukses.

8. Lakukan Promosi Menarik

Hal menarik dalam berbelanja online di antaranya adalah kemudahan, adanya diskon, potongan harga, voucher, dan hadiah gratis. Meskipun selisih harga atau potongan harganya tidak besar, itu tetap menjadi nilai tambah, kok.

Meski begitu, Sobat tetap perlu memperhatikan keuntungan atau laba. Jangan sampai promo membuat rugi. Dengan menjual secara online, sebenarnya sudah merupakan daya tarik sendiri bagi konsumen karena mereka lebih mudah mendapatkan kebutuhan sehari-hari tanpa ke luar rumah.

9. Bergabung dalam Komunitas Pembeli dan Sesama Pebisnis

Supaya penjualan makin gencar, Sobat bisa bergabung dalam komunitas baik online maupun offline. Komunitas online seperti grup WhatsApp Ibu-ibu arisan, grup Facebook dalam kota, dan pastikan komunitas tersebut tidak melarang berjualan.

Kenalkan bisnis sembako pesan antar milik Sobat dan berbagai produknya. Tawarkan kemudahan berbelanja kebutuhan pangan sehari-hari tanpa perlu repot datang ke lokasi. Berikan edukasi cara pemesanan dari mana saja lewat toko online e-commerce, media sosial, website, atau kontak langsung.

Begitu juga ini bisa diterapkan dalam komunitas offline seperti arisan Ibu-ibu kelurahan, dan komunitas lainnya.

Gabung dalam komunitas sesama penjual atau pebisnis sembako juga penting. Baik sesama penjual eceran, distributor, dan agen. Sobat bisa temukan di berbagai grup Facebook, WhatsApp, dan Telegram. Manfaatnya, bisa lebih paham dunia bisnis lebih banyak dan tahu perkembangan terbaru. Usaha pun pastinya lebih maju.

10. Menjalin Komunikasi dengan Konsumen

Terakhir, yang tidak kalah penting adalah tetap menjalin interakasi dengan konsumen secara online. Apakah membalas komentar, menanggapi keluhan dan saran untuk kemajuan bisnis ke depannya.

Selain itu, interaksi yang aktif di media sosial maupun website merupakan parameter yang menjadi nilai lebih di internet. Khususnya dalam dunia Search Engine Optimization (SEO). Sehingga bisnis sembako online Sobat akan bagus di mesin pencarian. Dengan begitu, akan mudah ditemukan oleh banyak calon pembeli.

Ini juga memberikan nilai tambah di mata konsumen karena toko online Sobat interaktif dan komunikatif. Orang menyukai toko yang responnya bagus pastinya.

Itulah cara menjalankan bisnis sembako pesan antar yang bisa jadi jalan kesuksesan usaha. Meskipun usaha sembako sudah banyak yang jalani, tapi jualan kebutuhan pokok lewat online menjadi nilai tambah. Ini juga bermanfaat bagi Sobat yang terkendala modal atau dana masih terbatas. Semoga sukses.

Tinggalkan komentar