Resep Nasi Liwet Khas Sunda untuk Momen Kebersamaan

Resep Nasi Liwet Khas Sunda _ Nasi liwet bagi orang Sunda adalah nasi yang dimasak dalam kastrol atau panci tebal jaman dulu. Di masak di atas tungku dan kayu bakar. Meskipun bisa juga dengan memakai kompor, karena tidak terlalu mempengaruhi rasa liwetnya. Malah baiknya, kalau pakai kompor bisa mengatur besarnya api.

nasi liwet, resep, masak nasi, nasi liwet spesial, nasi liwet khas sunda, resep liwet sunda, nasi liwet khas sunda, cara membuat liwet enak

Nasi liwet ini tidakhanya memasak nasi, tapi memakai aneka bumbu supaya rasanya lain dari yang lain. Spesial. Dalam memasak liwet khas Sunda, digunakan berbagai bahan seperti bawang merah, garam, cabai, daun salam, dsb. Biasanya nasi liwet Khas Sunda disajikan dalam momen kebersamaan bersama keluarga. Misalnya saat kumpul bersama, mengundang teman sekolah untuk makan bersama di rumah, dan sebagainya. Asal mulanya sih, dulu liwet seperti ini dibuat di ladang oleh para orang tua untuk mendapatkan rasa nasi yang enak dengan bahan yang ada di kebun. Karena kebun orang tua jaman dulu, biasanya jauh dari rumah. Mereka harus menginap di kebun tersebut berhari-hari.

Sekarang, resep nasi liwet ini dimasak bisanya untuk momen kebersamaan seperti disebutkan tadi.
Nah, barangkali Anda mau mencoba resep ini untuk merayakan kebersamaan Anda bersama teman, keluarga, teman kost, teman kelas, dll. Ekonomis. Tapi juga bisa ditambah lebih berbobot dengan lauk seperti ikan bakar dan ayam bakar misalnya.. Oke deh, resep nasi liwet khas Sunda ini mudah kok.. Coba deh..

Resep Nasi Liwet Khas Sunda
Bahan-bahan:
1. Beras 1 kg
2. Air bersih (lebih banyak satu buku jari dari jumlah besar dalam panci/panci majik kom)
3. 1 sdt garam (atau sesuai selera)
4. 4 siung bawang merah ukuran sedang (atau besar sesuai selera)
5. 4 lembar daun salam
6. Santan (dari ½ buah kelapa) campurkan dengan air untuk memasak beras nanti
7. Cabai (bila ingin rasa pedas)

Cara Memasak:
1. Cuci beras hingga bersih
2. Masukkan air bersama santan yang telah dicampurkan/ diperas tadi
3. Masukkan irisan bawang merah, garam,
4. Setelah mendidih, kecilkan api, (bila memasak di tungku, matikan api hingga tersisa arang yang masih menyala saja). Masukkan irisan cabai dan daun salam lalu aduk hingga merata.
5. Tutup kembali kastrol/pansi/magic com hingga nasi matang (kurang lebih 15 menit).
6. Setelah matang, nasi liwet spesial telah siap dihidangkan.
7. Akan lebih seru lagi bila dihidangkan diatas daun pisang. Hmmm…mantaap!!!

Aromanya sudah tercium wangi dan menggugah selera ketika nasi mau matang. Setelah matang, tentunya tidak sabar untuk menyantapnya bersama teman-teman Anda atau keluarga.
Sebagai pelengkap, lauknya yang cocok biasaya ikan bakar, sambal, ayam bakar, dan lauk-lauk yang dibakar lainnya. Ikan asin juga tidak kalah nikmat.. Selamat mencoba…
Please Share dan bagikan ke orang-orang terdekat Anda … 

Leave a Comment