Cara Membuat Cimol

  

Cimol dikenal sebagai cemilan yang digemari banyak orang terutama mereka yang senang ngemil. Makanan gurih, kenyal dan pedas ini biasa kita temui di pinggir jalan yang dijual oleh pedagang kaki lima. Karena rasanya yang enak dan pembuatannya nampak mudah, serta bahan-bahan yang gampang didapat, banyak orang yang ingin mencoba memasaknya sendiri di rumah.

Namun sebenarnya memasak cimol perlu banyak latihan juga. Apalagi buat yang hanya menerka-nerka resep dan cara pembuatannya. Saat digoreng, biasanya adonan meledak hingga bisa membuat lengan atau wajah terkena cipratan minyak panas. Wah, bahaya kan? Apalagi kalau cipratannya banyak.Biasanya itu terjadi bila api terlalu besar dan minyak terlalu matang/panas. Atau masalah lainnya seperti adonan yang sulit dipungut dan dibentuk karena terlalu cair, dan sebagainnya.

Nah, saya akan memberikan resep membuat cimol yang tepat versi saya. Tentunya semoga bermanfaat buat pembaca. Gimana membuat cimol yang aman saat digoreng, dan bentuknya bisa dibentuk bulat-bulat lucu seperti yang sering kita dapat dari pedagang cimol. Dan tentunya tak ketinggalan, biar rasanya juga enak dan gurih.

Bahan-bahan:

1. 1 kg tepung aci/aci singkong

2. ¼ kg tepung terigu

3. 1 sdt garam

4. ½ sdt merica

5. Air panas

6. ½ kg minyak goreng

7. Serbuk cabai

8. Bumbu atom bulan (bisa diganti dengan bumbu lainnya yang sejenis)

Cara Pembuatan:

1. Gerus merica dan garam

2. Setelah halus, campur dengan terigu dan aci hingga semua bahan tercampur

3. Tuangkan air panas yang masih mendidih ke dalam adonan sedikit demi sedikit jangan sampai kebanyakan . Air kurang lebih sebanyak 2 gelas ukuran biasa. Lalu aduk hingga merata. Pastikan adonan bisa dipunguti tangan dan dibentuk bulat-bulat.

4. Bentuk adonan bulat-bulat dengan cara digulung diantara kedua telapak tangan. Lalu letakkan di wadah terpisah.

5. Panaskan minyak dengan api kecil hingga panas.

6. Goreng adonan 1/3 dari banyaknya minyak di wajan. Aduk-aduk perlahan dengan spatula agar seluruh permukaan matang merata. Jangan lupa tutupi/halangi dengan tudung saji atau tutup panci untuk mengantisipasi adanya letusan bahan yang sedang digoreng agar tidak mengenai kulit kita. Jaga agar selama menggoreng, minyak tidak terlalu panas dan api tidak kebesaran.

7. Setelah cimol tampak lebih putih dan mengambang, angkat dan tiriskan.

8. Untuk membuat cimol gurih taburi dengan bumbu atom bulan dan cabai serbuk. Banyaknya tergantung selera.

9. Cimol siap disajikan.

Gampang kan cara pembuatannya? Bagi yang punya ide dan pengalaman lain seputar masak cimol, silakan teman-teman komentari aja tulisan ini.

4 thoughts on “Cara Membuat Cimol”

Leave a Comment