Cara Jitu Menghapus Screen Sablon Agar Bersih dan Terawat

Bagi penyablon alat screen sablon memiliki kegunaan penting untuk kegiatan menyablon. Namun apa jadinya bila terdapat banyak bekas tinta yang menempel di sablon dan berakibat menyumbat screen. Hal tersebut mudah saja dilakukan dengan berbagai cara yang akan dijelaskan di bawah ini.

Penyebab Screen Sablon Kotor dan Tersumbat

Sebenarnya ada banyak penyebab yang menjadikan screen sablon kering dan tintanya menyumbat. Hal itu biasanya disebabkan kurang rutin dalam membersihkan screen. Seorang penyablon harus selalu rutin dalam membersihkan selagi tinta masih basah. Oleh sebab itu juga akan meminimalkan screen kotor dan tersumbat.

Cara Menghapus Screen Sablon

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan screen ini tentu mudah dilakukan. Bahan yang dibutuhkan juga tidak banyak bisa dicari dan digunakan dengan mudah. Simak penjelasannya berikut ini:

1. Memanfaatkan Kristal Cleaner

Dikutip dari OSCAS.CO.ID kristal cleaner atau afdruk ini memiliki kegunaan untuk membersihkan beberapa noda di screen sablon. Obat kristal cleaner ini bisa dilarutkan terlebih dahulu sebelum dipergunakan. Obat afdruk pada sablon dijamin hilang dan bersih dengan maksimal.

Cara pakainya yakni dengan melarutkan kristal cleaner dengan air jernih dan aduk hingga merata. Selanjutnya bisa gunakan sikat gigi untuk menggosok pada bagian yang diinginkan. Setelah dirasa telah bersih bisa bilas menggunakan air.

2. Memakai Larutan M3

Beberapa screen sablon bisa tersumbat pori – porinya, oleh sebab itu harus dibersihkan dari partikel kecil yang menyumbat. Bisa menggunakan sunlight sebagai bahan yang dibutuhkan. Selanjutnya gunakan sikat gigi untuk menggosok screen tersebut, usahakan tidak keras saat menggosok.

Baca Juga  Inilah 6 Manfaat Invoice Online untuk Bisnis

Bilas dengan air apabila dirasa telah bersih dari tinta yang mengganggu. Cara ini akan membuat tampilan screen sablon menjadi lebih baru dan lebih bersih dari tinta. Hal tersebut tentu bisa memperpanjang masa pakai dari screen tersebut.

3. Melakukan Pembersihan

Sebelum keadaan screen sablon kotor maka bisa dicegah dengan rutin membersihkan screen setiap selesai dipakai. Selain itu usahakan saat membersihkan screen tidak digosok dengan kuat tetapi agar tidak sobek. Perawatan screen dengan lebih dini tersebut bisa membantu dalam menghemat biaya.

Otomatis penyablon tidak akan perlu mengeluarkan dana yang lebih lagi untuk membeli screen yang baru. Oleh sebab itu pengeluaran bisa ditekan dan diminimalkan.

Dirangkum dari https://blog.oscas.co.id/ cara di atas tentu bisa dilakukan untuk menghilangkan berbagai kotoran dan noda yang ada pada screen. Oleh sebab kebersihan dari screen sablon akan terjamin.

Tinggalkan komentar