Cara Mengobati Luka Jatuh di Lutut dengan Langkah Mudah

Bagaimana sih cara mengobati luka jatuh di lutut yang tepat? Mengalami luka pada lutut tidak hanya terasa perih, tetapi juga menghambat gerakan. Pasalnya, lutut merupakan sendi yang berguna untuk melakukan banyak kegiatan. Seperti berlari, berjalan, duduk, dan lain sebagainya.

Meski terasa sedikit sakit Anda tetap bisa beraktivitas seperti biasa dengan melakukan pengobatan pertama sembari menunggu pemulihan sempurna. Asalkan luka yang dialami tidak terlalu parah dan tidak membutuhkan perawatan medis. Jika parah, maka Anda harus memeriksakan ke dokter agar mendapat penanganan tepat.

Cara Mengobati Luka Jatuh di Lutut

Lutut memang merupakan bagian yang paling sering mengalami luka karena terjatuh. Pasalnya bagian lutut cukup menonjol dibanding bagian tubuh lainnya. Tidak hanya terjatuh, luka lutut bisa terjadi karena benturan benda kasar atau tajam.

Karena itu, pastikan untuk menggunakan alat pelindung saat melakukan kegiatan yang memungkinkan terjadinya luka serta cedera. Begitu pun penanganannya saat sudah terjadi luka atau cedera. Mengingat lutut menjadi bagian tubuh yang cukup penting untuk menunjang aktivitas.

Jika tidak tepat, luka yang Anda alami bisa saja terkena infeksi atau susah sembuh bahkan sampai bengkak. Sebab itulah, Anda harus memberi perawatan yang tepat agar tidak terjadi masalah demikian. Dan berikut cara mengobati luka jatuh di lutut berdasarkan luka yang dialami:

1. Cara Mengobati Luka Jatuh di Lutut Jika Hanya Lecet

cara mengobati luka jatuh di lutut untuk luka ringan
Ilustrasi luka ringan di lutut, gambar dari Freepik.com

Luka yang terjadi pada lutut biasanya hanya berupa lecet tanpa darah, tetapi menimbulkan rasa perih yang berlebihan. Anda bisa mengobati luka ini sendiri di rumah dengan langkah mudah yaitu:

  • Mencuci tangan sebelum menyentuh area luka dengan bersih menggunakan sabun.
  • Selanjutnya, mulai bersihkan luka menggunakan air bersih. Bila perlu air mengalir agar kotorannya bersih.
  • Gunakan sabun antiseptic yang lembut untuk menghilangkan kuman menempel.
  • Jika sudah, beri salep antibiotik bila diperlukan.
  • Apabila tidak terlalu parah dan hanya perih sedikit, bisa memberikan gel lidah buaya atau mengompres dengan es batu.
  • Lalu, keringkan sebelum akhirnya membalut dengan plester atau kasa untuk meringankan rasa perih. Namun ini optional karena Anda bisa membiarkan luka lecet tetap terbuka.

2. Cara Mengobati Luka Jatuh di Lutut Berdarah Parah

Kemungkinan kedua yang dapat terjadi akibat jatuh yaitu luka parah sampai berdarah. Cara mengobati luka jatuh di lutut yang parah tidak selalu bisa dilakukan sendiri di rumah. Anda perlu mengecek apakah cukup parah atau tidak. Hal ini bisa diketahui berdasarkan penyebab terjadinya luka.

Apabila luka disebabkan oleh kecelakaan, maka kemungkinannya ada 2 antara parah dan biasa. Jika Anda tidak yakin bisa langsung memilih memeriksakan ke pelayanan kesehatan terdekat atau merawat sendiri di rumah dengan langkah sebagai berikut:

  • Membersihkan tangan dari kotoran dan kuman dengan sabun hingga bersih.
  • Lalu membersihkan luka dengan cairan khusus pembersih luka. Bisa juga dengan air, tetapi tidak secara langsung karena rasanya sangatlah perih.
  • Gunakan kapas untuk membersihkan luka dengan air yang sudah dicampur cairan antiseptic secara lembut.
  • Jika dirasa sudah bersih, berikan cairan atau salep antibiotik untuk menyembuhkan luka lebih cepat, mencegah bakteri, infeksi, dan lainnya.
  • Bila luka disertai darah yang mengalir, Anda bisa mencoba menghentikannya dengan memakai kain kasa atau kain bersih selama beberapa detik sekurangnya 10 menit.
  • Selanjutnya, tutup luka dengan kain kasa atau plester. Disesuaikan dengan besarnya area luka yang dialami.
  • Pastikan untuk mengganti secara rutin untuk mencegah pembengkakan, timbulnya nanah dan iritasi.

Perlu diperhatikan, bila pendarahan tidak kunjung berhenti dan luka sangat dalam, maka Anda harus memeriksanya ke dokter. Karena pendarahan yang terus mengalir bisa saja disebabkan pembekuan pada darah. Kondisi itu hanya bisa ditangani oleh dokter.

Apalagi sampai muncul bengkak dan sakit yang teramat. Ditakutkan jika tidak diperiksa yaitu terjadinya cedera. Seperti yang Anda ketahui, bahwa cedera merupakan kondisi dimana penanganannya harus segera dan benar. Mengingat cedera bisa menyebabkan kerusakan fatal hingga mengalami cacat permanen.

Untuk bisa mengobati luka karena jatuh seperti pada lutut, Anda bisa selalu sedia produk P3K di rumah seperti Betadine. Sekarang brand produk antiseptik ini memiliki banyak pilihan produknya. Mulai dari obat kumur, sabun antiseptik, feminine care, termasuk produk P3K seperti obat luka BETADINE® Antiseptic Solution, BETADINE® Antiseptic Ointment, dan penutup luka Betadine Plaster.

Supaya makin update tentang produknya apa saja, Anda bisa cek di website Betadine

Kedua produk ini bisa mengobati luka terbuka di lutut karena jatuh, tergores, dan sebagainya. Begitu juga untuk luka di area tubuh lainnya.

Mengapa menggunakan Betadine? BETADINE® Antiseptic Solution punya kandungan Povidone-Iodine 10% yang mampu membunuh kuman yang menyebabkan infeksi. Produk ini juga bekerja lebih cepat saat mengobati luka karena kandungan antimikroba di dalamnya.

Adapun Betadine Plaster Elastic Fabric punya bahan yang elastis, tidak merekat ke luka, steril, mencegah infeksi pada luka, dan kedap air.

Jangan lupa, bahwa BETADINE sudah terpercaya lebih dari 50 tahun oleh masyarakat dan juga tenaga kesehatan seluruh dunia. Produk Betadine sangat membantu penyembuhan untuk Anda dan keluarga. Cek selangkapnya di situs https://betadine.co.id/

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Selama Proses Penyembuhan Luka

Setelah mengetahui cara mengobati luka jatuh di lutut berdasarkan kondisinya, ada hal yang perlu Anda perhatikan juga yaitu perawatan selama proses pemulihan. Umumnya luka yang mulai sembuh akan terlihat dari warna kulit yang semakin gelap seperti koreng.

Timbulnya koreng bukan mengidentifikasikan luka sudah sembuh. Akan tetapi, berguna untuk melindungi kulit dari bakteri yang bisa menyebabkan infeksi selama peremajaan kulit. Anda tidak boleh mengelupas koreng itu karena akan terlepas dengan sendirinya.

Apalagi kalau belum kering sempurna. Luka bisa saja kembali mengeluarkan darah serta membutuhkan waktu ulang untuk penyembuhan. Saat terasa gatal akibat kulit kering, cobalah untuk mengoleskan pelembab. Misal gel lidah buaya, oil atau lotion untuk mencegah timbulnya rasa gatal.

Luka yang terjadi pada lutut normalnya akan sembuh selama 2 sampai 3 pekan. Namun, tetap bergantung pada kondisi luka dan faktor lainnya antara lain:

  • Penyakit yang dialami seperti malnutrisi, vaskulitis, aneurisma, arteri perifer dan diabetes.
  • Usia penderita.
  • Infeksi akibat salah perawatan.
  • Efek kemoterapi.
  • Pemakaian salep yang tidak sesuai.

Faktor di atas sangat mempengaruhi lamanya pemulihan luka yang dialami dan harus periksa ke dokter untuk mendapatkan obat serta perawatan tepat. Karena perlu konsultasi mengingat bisa saja terjadi kompilasi.

Kapan Luka di Lutut Perlu Ditangani di Rumah Sakit?

Nah, apabila semua tindakan sudah dilakukan mulai dari menerapkan cara mengobati luka jatuh di lutut dengan benar. Akan tetapi, tak kunjung sembuh. Disarankan untuk Anda segera periksa ke dokter agar ditangani oleh ahlinya. Atau memang sejak awal terjadi luka sudah mengetahui bahwa itu parah, maka wajib membawa diri ke dokter.

Karena luka yang dalam dan besar dapat memicu kerusakan otot lutut atau jaringan lemak. Sedangkan penanganannya tidak bisa dilakukan sendiri di rumah sebab bisa sangat berbahaya. Alasan lain luka lutut memerlukan perawatan di Rumah Sakit adalah sebagai berikut:

  • Saat pendarahan tidak kunjung berhenti setelah ditekan selama 15 menit di hari pertama luka.
  • Adanya serpihan yang masuk ke dalam luka seperti kayu, beling, paku atau benda tajam lainnya yang berbahaya.
  • Munculnya nyeri, demam atau nanah di luka.
  • Luka yang tak sembuh dalam jangka lama.
  • Terjadinya pembengkakan pada lutut.

Dengan membawa diri ke dokter, maka dokter akan memberikan penanganan seperti memberi jahitan, mengambil benda tersebut, memberikan cairan khusus sampai melakukan operasi bila perlu. Juga pemberian obat untuk membantu proses penyembuhan agar lebih cepat.

Itulah ulasan tentang cara mengobati luka jatuh di lutut paling gampang di rumah jika hanya lecet biasa. Lebih dari itu Anda harus membawa diri ke dokter. Selain itu, sangat perlu memperhatikan siapa yang mengalami luka lutut tersebut.

Apabila anak kecil entah luka biasa atau parah sebaiknya periksakan diri ke dokter. Mengingat otot anak kecil biasanya masih sangat rentan.

Tinggalkan komentar