7 Cara Menjadi Chef di Kapal Pesiar dengan Gaji Tinggi

Siapa yang tidak tergiur memiliki karir sebagai chef atau juru masak di kapal pesiar. Gajinya yang tinggi membuat banyak orang mengincar pekerjaan ini.

Gaji di kapal pesiar biasanya berupa mata uang Dollar Amerika Serikat. Hal ini karena kapal pesiar sering kali menarik target pasar dari kalangan kelas atas bahkan wisatawan asing yang ingin menikmati perjalanan.

Seorang chef junior umumnya mendapat rata-rata gaji bulanan minimal $1.500 hingga $2.500. Sementara itu, bagi chef senior, gaji bulanan bahkan bisa mencapai $25.000. Lumayan banget, kan?

Meskipun upah bagi chef di kapal pesiar sangat menggiurkan, namun kamu harus bersiap untuk mengorbankan waktu bersama keluarga.

Pasalnya, jadwal kerja yang tidak menentu akan membuatmu sulit untuk berkomunikasi dengan keluarga. Waktu libur juga terbatas karena biasanya kapal pesiar akan sangat ramai saat musim liburan.

Tidak hanya itu, untuk bisa mewujudkan Impian tersebut, kamu juga perlu meniti berbagai tahapan dan pengalaman yang panjang.

Lalu, Bagaimana Cara Menjadi Chef di Kapal Pesiar dengan Gaji Tinggi?

Menjadi seorang chef di kapal pesiar merupakan impian bagi banyak orang yang memiliki hasrat dalam seni kuliner dan juga petualangan. Profesi ini tidak hanya menawarkan kesempatan untuk memasak makanan yang lezat, tetapi juga memberikan pengalaman yang unik dalam menjelajahi berbagai tempat di seluruh dunia.

Baca Juga  Cara Mendapatkan Pekerjaan Chef di Restoran   

Bagi yang tertarik untuk meniti karier sebagai seorang chef di kapal pesiar, langkah-langkah berikut akan membantu kamu dalam meraih impian tersebut.

1. Menempuh Pendidikan dan Pelatihan

Langkah pertama yang penting adalah mendapatkan pendidikan dan pelatihan di bidang kuliner. Memiliki dasar yang kuat dalam keterampilan memasak akan membantu mempersiapkan diri untuk menghadapi tuntutan profesi sebagai seorang chef di kapal pesiar.

Kamu dapat mengikuti program pendidikan formal di sekolah kuliner atau mengikuti kursus-kursus yang ditawarkan oleh lembaga-lembaga pelatihan kuliner.

2. Mencari Pengalaman Kerja

cara menjadi chef di kapal pesiar
Source via Freepik.com

Setelah mendapatkan pendidikan dasar, langkah selanjutnya adalah mencari pengalaman kerja di industri kuliner. Hal ini dapat dilakukan dengan magang di restoran-restoran terkemuka atau hotel-hotel berbintang.

Jika ingin lebih mudah bisa cek di info loker Karawang ini. Lalu, ketik pencarian “chef”, “koki”, atau kata kunci sesuai kebutuhan kamu.

Pengalaman kerja yang diperoleh akan menjadi modal berharga dalam mempersiapkan diri untuk bekerja di lingkungan yang lebih menantang dan penuh tekanan seperti di kapal pesiar.

3. Memperoleh Sertifikasi yang Diperlukan

Cara menjadi chef di kapal pesiar selanjutnya adalah memiliki sertifikasi khusus. Beberapa posisi chef di kapal pesiar membutuhkan sertifikasi khusus, seperti sertifikasi keamanan pangan atau sertifikasi dalam teknik-teknik khusus memasak.

Pastikan untuk memperoleh semua sertifikasi yang diperlukan sesuai dengan posisi yang ingin Kamu lamar di kapal pesiar.

4. Meningkatkan Kemampuan Bahasa

Karena kapal pesiar adalah lingkungan multikultural, memiliki kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris dan bahasa lainnya akan menjadi nilai tambah yang besar.

Meningkatkan kemampuan bahasa akan membantu dalam berinteraksi dengan staf dan penumpang dari berbagai negara.

5. Melamar Pekerjaan di Kapal Pesiar

Setelah merasa siap, langkah berikutnya adalah melamar pekerjaan di kapal pesiar. Kamu bisa mencari informasi mengenai lowongan pekerjaan di situs web resmi perusahaan pelayaran atau melalui agen perekrutan kapal pesiar.

Baca Juga  5 Pentingnya Kehadiran Tepat Waktu dalam Lingkungan Kerja

Pastikan untuk menyiapkan CV dan surat lamaran yang menarik perhatian untuk meningkatkan peluang Kamu diterima bekerja di kapal pesiar.

6. Siap Menghadapi Tantangan

Bekerja di kapal pesiar tidaklah selalu mudah. Kamu akan menghadapi jadwal kerja yang padat, tekanan dalam memenuhi stkamur kualitas makanan, serta tantangan dalam beradaptasi dengan lingkungan kerja yang berubah-ubah.

Namun, dengan ketekunan dan dedikasi, kamu akan mampu mengatasi tantangan-tantangan tersebut dan berkembang menjadi seorang chef yang handal.

7. Belajar dan Berkembang Terus

Profesi chef selalu berkembang dengan adanya tren baru dalam dunia kuliner. Selalu terbuka untuk belajar hal-hal baru dan terus mengasah keterampilan dalam memasak.

Kamu dapat memanfaatkan kesempatan untuk mengikuti pelatihan dan kursus-kursus yang ditawarkan oleh perusahaan pelayaran atau melakukan pertukaran pengalaman dengan chef-chef lainnya di kapal pesiar.

Kesimpulan

Meniti karier sebagai seorang chef di kapal pesiar membutuhkan persiapan panjang dan dedikasi yang serius. Dengan pendidikan dan pelatihan yang tepat, pengalaman kerja yang berharga, serta kemauan untuk terus belajar dan berkembang, impian untuk bekerja di kapal pesiar dapat tercapai. Semoga informasi tentang cara menjadi chef di kapal pesiar ini bermanfaat, ya.

Sumber:
https://www.kitalulus.com/seputar-kerja/gaji-chef
https://sukabumi.hallo.id/lifestyle/468284685/ternyata-begini-cara-menjadi-chef-di-kapal-pesiar-cek-ulasannya-disini

Tinggalkan komentar