Makanan 4 Sehat 5 Sempurna dan 9 Manfaatnya untuk Tubuh

Kampanye makanan 4 sehat 5 sempurna sudah dilakukan sejak lama. Tujuannya adalah agar kebutuhan gizi masyarakat terpenuhi. Karena perannya sangat penting bagi tubuh, jumlah dan komposisinya harus tersedia setiap hari dalam jumlah cukup.

Makanan yang mengandung gizi sempurna tersebut tidak selalu mahal. Beberapa di antaranya bisa disediakan sendiri oleh semua keluarga dengan memanfaatkan pekarangan.

Rendahnya kesadaran akan pentingnya menyediakan konsumsi berimbang menyebabkan banyak anggota keluarga yang mudah terkena penyakit.

Pengertian Makanan 4 Mehat 5 Sempurna

Makanan 4 sehat 5 sempurna adalah komposisi makanan harian secara lengkap jenis dan jumlahnya. Menu sehari-hari tersebut harus mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral dalam jumlah cukup. Sedangkan jenis yang biasa tersedia pada keluarga Indonesia adalah makanan pokok berupa nasi, sayur, lauk, buah dan susu.

Sebelumnya banyak keluarga yang sudah menyadari pentingnya menu tersebut. Namun seiring perkembangan trend dan gaya hidup, banyak yang menggantinya dengan fast food dan junk food yang justru kurang baik bagi kesehatan. Karena itu kampanye untuk kembali mengkonsumsi makanan sehat dan lengkap sangat penting.

Jenis makanan tersebut tidak harus mahal. Untuk memenuhi asupan makanan 4 sehat 5 sempurna sumber karbohidrat utama biasanya nasi. Sedangkan untuk sumber vitamin dapat berasal dari sayur berwarna hijau dan buah. Keluarga Indonesia bisa memanfaatkan pekarangan dengan menanam sayuran dan buah-buahan untuk memenuhi kebutuhan sehingga lebih hemat dan praktis.

Untuk sumber protein dapat berasal dari daging, ayam, telur dan ikan. Sebagai sumber protein, ikan mempunyai banyak kelebihan. Dari segi harga biasanya lebih murah daripada daging. Sedangkan kandungan nutrisinya dapat memenuhi kebutuhan otak sehingga orang yang banyak mengkonsumsi ikan lebih cerdas.

Susu sebagai penyempurna makanan banyak mengandung kalsium dan mineral penting untuk menjaga kesehatan serta mendukung perkembangan anak-anak. Konsumsi susu secara rutin dan cukup sangat penting, terutama pada masa pertumbuhan. Selain itu penting untuk menjaga berat badan ideal dan kesehatan.

Manfaat Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

makanan 4 sehat 5 sempurna adalah
Gambar dari Freepik.com

Setiap hari tubuh harus mendapat asupan gizi dalam jumlah cukup untuk memenuhi kebutuhan. Kekurangan gizi tertentu dapat menyebabkan terganggunya pertumbuhan seperti terlalu kurus, berat badan rendah dan lemahnya tingkat kecerdasan otak.

Begitu penting konsumsi makanan sehat secara lengkap berupa makanan 4 sehat 5 sempurna sehingga setiap keluarga harus memastikan ketersediaannya. Namun tidak boleh mengkonsumsi dalam jumlah berlebihan. Bukan hanya untuk fisik, zat tersebut juga penting bagi kesehatan mental. Manfaat jenis makanan lengkap ini sangat penting. Berikut diantaranya:

1. Menghindari gizi buruk

Gizi buruk bisa terjadi pada anak-anak yang pada masa pertumbuhan kurang mendapat asupan makanan sehat. Akibatnya bukan hanya pertumbuhan badan terganggu, tetapi juga gangguan pada perkembangan otak.

Jika tidak segera mendapat penanganan dapat memperburuk kualitas hidupnya. Selain mudah sakit, daya pikirnya pun terbatas sehingga kemungkinan kemampuannya akan tertinggal dari teman seumuran.

Untuk menghindari terjadinya gizi buruk, seorang ibu harus memperhatikan asupan makanan pada anak. Sebagai parameter bisa membawa anak usia dibawah lima tahun ke Posyandu. Di pelayanan kesehatan ini, anak-anak akan ditimbang dan diukur tingginya, juga lingkar kepala kemudian mencocokkan dengan grafik pertumbuhan ideal.

Bila ukuran anak di bawah standar, harus segera mendapat penanganan. Selain memperbaiki pola konsumsi bisa juga dengan memberikan suplemen tambahan. Gizi buruk dapat juga terjadi karena anak menderita cacingan sehingga zat penting yang masuk tidak terserap oleh tubuh.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Pengaruh makanan terhadap daya tahan tubuh sangat penting. Sayuran dan buah merupakan sumber vitamin untuk meningkatkan imunitas. Salah satu jenis yang harus tersedia dalam jumlah cukup adalah vitamin C.

Jenis vitamin ini ada pada buah jeruk, tomat, pisang, strawberry, kiwi dan lainnya. Makanan 4 sehat 5 sempurna menunjang kebutuhan pertahanan dari segala penyakit.

3. Menjaga kadar gula

Tingginya kadar gula dalam darah dapat memicu timbulnya diabetes. Setiap orang harus membatasi konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dan kadar gula berlebih. Sebagai penyeimbang harus banyak mengkonsumsi serat dan protein.

Beberapa makanan yang baik untuk menjaga kadar gula antara lain kacang-kacangan, almond, timun dan tomat. Sedangkan sumber karbohidrat yang aman antara lain umbi-umbian dan jagung. Mengkonsumsi makanan secara berimbang sangat penting bagi kesehatan.

4. Menjaga berat badan ideal

Semua orang pasti ingin mempunyai berat badan ideal. Meski dibutuhkan, namun sebaiknya menghindari konsumsi lemak dalam jumlah banyak. Tumbukan lemak dalam tubuh dapat menyebabkan kegemukan dan mengganggu kerja organ.

Konsumsi gizi berimbang dapat menjaga agar berat badan tetap ideal. Protein, mineral dan vitamin adalah zat penting yang harus cukup setiap hari. Bukan hanya dari hewan, tubuh bisa mendapatkan protein dari makanan nabati seperti kedelai dan sayuran.

5. Meningkatkan daya ingat

Konsumsi fast food dalam jangka panjang dapat menurunkan kemampuan otak. Sebaliknya, makanan alami seperti aneka jenis ikan sangat penting untuk menjaga kemampuan daya ingat. Karena itu pastikan menu sehari-hari mengandung makanan yang mengandung protein seperti tuna, bandeng, dan jenis ikan lainnya.

Bahan makanan tersebut harus mengandung omega 3, vitamin E, D, C untuk menjaga agar otak dapat berfungsi dengan baik. Selain itu, otak juga membutuhkan makanan yang mengandung flavonoid dan polifenol untuk melindungi dari penurunan kognitif dan demensia.

Jadi penting sekali menjaga asupan makanan 4 sehat 5 sempurna yang salah satunya adalah berabagai gizi tersebut.

6. Penting bagi kecantikan

Bukan hanya tubuh, kulit juga membutuhkan nutrisi lengkap. Dengan tercukupinya mineral dan vitamin penting, seperti K, E, C dan D akan membuat cantik berseri. Kekurangan beberapa zat penting menyebabkan kering, kusam dan mudah terjangkit penyakit. Konsumsi serat serta buah dapat menjadikan kulit sehat.

7. Menjaga pencernaan

Bagian tubuh yang bekerja keras untuk dapat menyerap gizi dalam makanan adalah saluran pencernaan. Mengkonsumsi makanan secara sembarangan dapat mengganggu kerjanya. Beberapa penyakit mudah datang seperti infeksi saluran pencernaan dan gangguan penyerapan zat dalam makanan.

Makanan rendah lemak dan kaya serat sangat baik bagi pencernaan karena dapat menjadikan usus sesuai untuk perkembangan bakteri baik. Sedangkan bakteri tersebut membantu proses penyerapan gizi makanan sehingga berguna untuk mencukupi kebutuhan tubuh.

8. Membantu menjaga suasana hati

Jangan salah, mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna dapat menjadikan suasana hati senang. Hal ini timbul karena semua proses dalam tubuh berjalan normal. Rasa khawatir juga hilang karena tubuh dalam keadaan sehat dan selalu bersemangat. Sebaiknya perhatikan dan selalu penuhi kebutuhan zat penting bagi tubuh agar kualitas hidup tetap terjaga.

9. Meningkatkan kualitas tidur

Dengan menjaga pola makan sehat, organ tubuh akan bekerja secara normal. Karena itu dapat beristirahat dengan lebih berkualitas. Jika asupan gizi tidak seimbang, maka proses metabolisme akan terganggu.

Beberapa sistem dalam tubuh harus tetap bekerja meski pada saat tidur yang menyebabkan gelisah dan kurang nyaman. Tidak heran jika asupan makanan kita lengkap dan sehat, tidur pun lebih nyenyak dan nyaman.

Makanan 4 sehat 5 sempurna harus terpenuhi bagi tubuh. Karena itu, setiap hari harus mengkonsumsinya sehingga badan tetap sehat dan proses metabolisme berjalan dengan normal. Jenis makanan sehat bukan hanya penting bagi fisik, tetapi juga psikis.

Sumber:
Katadata.co.id
Gramedia.com
Realfood.co.id

Tinggalkan komentar