10+ Peluang Kerja Lulusan Teknologi Pangan yang Jarang Orang Tahu!

Peluang Kerja Lulusan Teknologi Pangan – Lulus kuliah adalah hal yang membanggakan karena berhasil menaklukan tantangan selama kuliah. Lulus juga berarti kesempatan kerja akan terbuka lebar.

Setiap jurusan pasti memiliki peluang tersendiri di dunia kerja. Teknologi pangan sebagai salah satu jurusan populer  telah dianggap sebagai jurusan yang minim persaingan. Padahal peluang kerjanya sangat terbuka lebar.

Ini Dia Peluang Kerja Lulusan Teknologi Pangan yang Wajib Kamu Tahu!

Alasannya di atas karena jurusan teknologi pangan tidak semua universitas memilikinya. Hanya kampus tertentu saja.  Justru karena tidak semua kampus memilikinya, peluang kerjanya tentu akan terbuka lebar. Permintaan di perusahaan makanan banyak, tapi lulusan sedikit.

Memiliki bekal pengetahuan dan kemampuan sebagai lulusan teknologi pangan, tentunya akan sangat dibutuhkan di perusahaan yang bergerak di bidang food industry. Berikut adalah rangkuman peluang kerja lulusan teknologi pangan yang minim pesaing.

1. Pengendali Mutu

Peluang pertama yang dapat kamu ambil sebagai lulusan teknologi pangan adalah dengan menjadi quality kontrol. Posisi ini paling banyak diminati oleh lulusan teknologi pangan karena  banyak dibutuhkan di perusahaan. Kamu bisa turun langsung dalam proses produksi pangan. Mulai dari pengolahan makanan hingga pengemasan.

2. Menjadi Wirausaha

Siapa bilang jika seorang wirausaha hanya berasal dari jurusan ekonomi dan bisnis saja. Kini, di luar jurusan tersebut banyak yang berkiprah dengan menjadi wirausaha. Termasuk salah satunya lulusan teknologi pangan. Selama berkuliah di jurusan ini, kamu akan menerima mata kuliah tentang manajemen industri yang akan jadi bekal apabila nantinya ingin memiliki usaha sendiri begitu lulus kuliah.

Sebelum terjun menjadi wirausaha, kamu akan belajar tentang cara pembuatan suatu produk inovasi, pengemasan hingga pendistribusian produk. Peluang kerja sebagai wirausaha akan semakin terbuka lebar apabila kamu memiliki banyak inovasi membuat produk pangan baru yang belum ada di pasaran.

3. Bekerja di Instansi Pemerintah

Peluang kerja lulusan teknologi pangan selanjutnya adalah bekerja di instansi pemerintah. Umumnya instansi yang dapat kamu masuki adalah yang bergerak melayani dan menangani urusan yang berkaitan dengan supply pangan. Misalnya saja kementrian Pertanian atau BPOM yang akrab berurusan dengan dunia pangan serta pengawasannya. Instansi lainnya adalah LIPI, di sini kamu dapat bekerja sebagai peneliti dalam dunia pangan.

4. Konsultan Pangan dan Gizi

Bidang yang lebih relate dengan jurusan teknologi pangan adalah konsultan pangan dan gizi. Pekerjaan ini biasanya tidak jauh dari konsultasi yang berkaitan dengan produk makanan. Banyak perusahaan besar yang bergerak di food industri yang membutuhka jasa konsultan ini.

Konsultasi yang dapat kamu berikan misalnya yang berkaitan dengan produk makanan,keamanannya serta kandungan gizi di dalamnya. Di samping itu sebagai konsultan kamu juga dapat memberikan konsultasi yang berkaitan dengan produksi pangan, pemasaran hingga target pasar makanan tersebut.

5. Product Development

Perusahaan yang bergerak dalam bidang food industry biasanya memiliki divisi khusus yang mengurusi produk. Peluang kerja lulusan teknologi pangan juga sangat terbuka lebar dalam divisi ini karena mulai banyak perusahaan makanan yang bertumbuh.

Peran dari divisi ini terbilang vital karena akan bertanggungjawab atas mutu produk makanan yang akan dikembangkan.

6. Bekerja di Supermarket

Tidak harus bekerja di perusahaan besar, lulusan teknologi pangan juga dapat bekerja di supermarket yang menjual produk-produk pangan yang biasanya membutuhkan jasa lulusan jurusan ini. Tugasnya nanti adalah memastikan kualitas dari produk yang akan dijual. Masih terbilang minim, tentu saja prospek profesi ini sangat menjanjikan. Kamu dapat bekerja di supermarket yang memiliki skala besar sehingga nantinya potensi kamu juga akan berkembang dengan cepat.

7. Teknologi Fermentasi

Peluang kerja lulusan teknologi pangan selanjutnya yang memiliki prospek bagus adalah bekerja di bidang teknologi fermentasi. Fermentasi sendiri adalah salah satu bagian dari proses produksi makanan dan minuman. Untuk melakukan fermentasi yang berkualitas, jelas tidak sembarangan orang dapat melakukannya. Apalagi jika produk yang difermentasi adalah makanan yang akan didistribusikan perusahaan besar.

8. Bidang Farmasi

Selain dapat berkecimpung di bidang industri pangan, kamu yang merupakan lulusan teknologi pangan juga bisa bekerja di bidang farmasi atau obat-obatan. Mungkin banyak yang mengira tidak related. Namun, ilmu teknologi pangan sebenarnya masih berhubungan dengan proses produksi atau pengemasan produk yang akan dikonsumsi masyarakat.

9. Pembangunan Industri Pangan

Lulusan jurusan teknologi pangan tidak hanya berkecimpung dalam proses pengolahan produk. Lulusan ini pun mayoritas dibutuhkan di bagian pembangunan industri pangan.  Industri pangan yang mulai berkembang pesat, tentunya butuh tangan-tangan handal dan ahli dalam industri pangan agar dapat semakin berkembang dengan lebih baik.

10. Industri Produk Pangan

Menjalani profesi di industri pangan, kamu tidak hanya akan belajar tentang proses produksi pangan dan teknologi yang dipakainya. Paling penting adalah kamu akan belajar mengenai proses distribusi. Proses ini tentunya sangat penting dalam kelangsungan industri pangan. Distribusi yang tepat dan bagus pastinya akan berdampak besar pada kesuksesan sebuah perusahaan.

11. Penulis

Kamu juga bisa berkecimpung di luar industri pangan jika tidak ada ketertarikan. Nah, bidang yang dapat kamu coba adalah dengan menjadi penulis. Tulisan tentang tema pangan masih terbilang minim. Padahal info tentang dunia pangan sangat dibutuhkan. Tentunya hal yang demikian akan jadi peluang besar bagi kamu. Tidak harus berbakat, setelah memiliki bekal ilmu teknologi pangan kamu bisa belajar menulis dengan benar secara perlahan.

12. Dosen

Berkecimpung di dunia pendidikan pun sangat prospek bagi lulusan jurusan teknologi pangan. Misalnya saja kamu bisa menjadi asisten dosen untuk sementara. Setelah lulus kuliah kamu bisa menjadi dosen di kampus yang membutuhkan. Apalagi jika kamu berhasil menyelesaikan pendidikan S2 atau S3 peluang untuk menjadi dosen akan semakin terbuka lebar karena kebutuhan dosen jurusan ini masih banyak.

13. Blogger

Selain menjadi penulis, kamu juga bisa menjalani profesi sebagai blogger yang khusus mengulas tentang teknologi pangan. Apalagi profesi ini masih jarang sekali disentuh. Akan jadi peluang besar jika kamu dapat menulis banyak hal yang bermanfaat tentang pangan bagi masyarakat.

Nah, itulah bebeberapa peluang lulusan jurusan teknologi pangan yang dapat kamu coba. Walaupun tidak menutup kemungkinan masih banyak peluang lain yang dapat dicoba karena bekerja tidak harus selalu sesuai dengan jurusan yang ditempuh selama kuliah.

Sebab, kini banyak lho, profesi baru yang tercipta justru berbeda jauh dari jurusan kuliah. Kamu pun dapat membuka peluang baru dengan menciptakan lapangan pekerjaan baru yang tentunya akan bermanfaat bagi masyarakat. Setelah mengetahui tentang peluang kerja lulusan teknologi pangan, kamu pasti mulai paham tentang pentingnya ilmu pangan.

Walaupun dulu peminatnya masih minim, begitu peluang kerjanya di masyarakat begitu banyak dan sangat dibutuhkan jasanya, jurusan ini kemudian mulai populer dan banyak diminati anak muda.

peluang kerja lulusan teknologi pangan
Jurusan Teknologi Pangan salah satunya ada di Masoem University, Bandung

Apalagi sekarang banyak muncul inovasi pangan baru. Ilmu dan keahlian untuk meneliti aman tidaknya makanan tersebut pasti dibutuhkan. Misalnya di salah satu universitas di Bandung yang memiliki bidang keilmuan ini. Peluang kerja lulusan teknologi pangan tidak bisa lagi diremehkan dan akan semakin terbuka lebar.

Tinggalkan komentar