Usaha Kuliner Memang Tak Ada Habisnya… Salah Satunya Usaha Soto.. Biar Untung dan Laris Manis, Tapi Coba Deh Tips dan Trik Berikut Ini…

Peluang Usaha Soto: Soto merupakan makanan yang digemari semua kalangan, baik anak-anak, remaja, hingga orang tua. Soto juga bisa dijadikan pengganti makanan pokok karena terdiri dari racikan nnasi (kupat), kuah, daging ayam, dengan sedikit campuran sayuran. 

soto ayam, resep soto ayam, soto purwokerto, usaha soto

Oleh karena itu jika anda berminat menjalankan bisnis usaha soto, maka bisa berpeluang besar dalam mendapat keuntungan. Meskipun demikian, saat ini usaha soto sudah digeluti banyak orang. Untuk menjalankan usaha soto ini tentunya memerlukan strategi yang kreatif, supaya bisa mengakali segala hambatan dan mendapat kesuksesan dalam menjalankannya. 
1. Target Konsumen
Target konsumen usaha soto adalah semua kalangan. Karena soto digemari oleh siapa saja, tanpa

mengenal usia, profesi, ataupun tingkat ekonomi.

2. Kelebihan Usaha Soto
Tidak ada batasan waktu untuk menyajikannya. Soto tetap dicari dan bisa dinikmati baik pagi, siang, sore, ataupun malam. Jadi, jika anda ingin membuka warung soto, bisa buka dari pagi hingga malam sesuai minat anda.
Selain itu, semua kalangan meminati makanan yang satu ini. Sehingga target pembeli akan jauh lebih luas. 
3. Kekurangan Usaha Soto
Kekurangannya ialah sudah banyaknya pesaing, dan masing-masing memiliki ciri khas yang berbeda. Maka diperlukan kreatifitas anda untuk membuat soto yang unik dan memiliki ciri khas tersendiri yang menjadi ‘label’ khusu soto milik anda nanti.
Kekurangan lainnya adalah bahwa soto termasuk prosuk makanan. Makana sifatnya tidak tahan lama, dan soto cenderung cepat basi. 
4. Analisis Keungan Usaha Soto
Modal Awal
Grobak                                                  Rp. 1.500.000
Peralatan                                               Rp. 1.000.000
Lain-lain                                               Rp. 50.000
Jumlah                                                  Rp. 2.550.000
Biaya Operasional Tiap Bulan
Bahan Baku                                         Rp 200.000 x 30 = Rp. 6.000.000
Gas Elpiji                                            Rp. 17.000 x 5 tabung = Rp. 85.000
Lain-lain                                              Rp. 100.000
Jumlah Rp. 6.185.000
Biaya Penyusutan Barang Per bulan (Asumsi Rusak/hilang dalam 3 tahun)
Grobak Rp. 1.500.000/36 bulan = 40.000
Peralatan Rp. 1.000.000/36 = Rp. 27.000
Jumlah Rp. 67.000
Pemasukan Per Bulan
Harga Soto Rp. 7.000 x 40 porsi x 30 = Rp. 8.400.000
Laba Bersih
Pemasukan – biaya operasional-biaya penyusutan barang
Rp. 8.400.000 – Rp. 6.185.000 – Rp. 67.000 = Rp. 2.148.000
5. Tips Menjalankan Usaha
a) Meskipun banyak pesaingnya, gunakan kreatifitas anda untuk membedakan soto buatan anda dengan soto lain yang ada di daerah tempat anda berjualan. Misalnya soto buatan anda daging ayamnya lebih banyak, bumbunya lebih enak, ditambahi tahu, atau apapun itu, yang penting nilai tambah yang sifatnya merupakan kelebihan yang tidak atau jarang dimiliki soto lainnya.
b) Cari tempat yang strategis dan banyak orang melewati tempat tersebut, serta jaraknya tidak terlalu dekat dengan penjual soto lain.
c) Pandai melakukan promosi. Sekali lagi kreatifitas dibutuhkan di sini, promosi bisa dilakukan dengan pemuatan spanduk yang menarik di depan warung soto anda, atau jika bentuknya grobak, percantik grobak tersebut, dan tuliskan nama soto anda misalnya “Soto Ayam Pak Kumis” dan sebaginya. Selain kreatifitas, juga kerja keras. Karena jumlah pelanggan itu sangat penting. Bisa dilakukan dengan menyearkan brosur, membuat website, facebook, dan sebagainya.
d) Lakukanlah dan terus belajar dari pengalaman. Cari tahu resep membuat soto yang enak dari ahlinya, atau segala pendukung lain yang akan membuat soto anda unggul. Tips lainnya dapat terus anda cari dari berbagai sumber, baik dari tukang soto yang sudah profesional, mencari tahu dari internet, atau buku-buku.
Selamat mencoba!!!

Leave a Comment