Sudah Tahu? Inilah Perbedaan Vitamin D dan D3

Vitamin D atau sering disebut sebagai “vitamin sinar matahari”, merupakan nutrisi penting yang berperan dalam berbagai fungsi tubuh. Namun, tahukah Sobat bahwa terdapat dua jenis utama vitamin D, yaitu vitamin D2 dan D3?

Nah, kali ini kita akan membahas tentang perbedaan kedua vitamin tersebut, beserta manfaat dan sumber makanan yang mengandung vitamin d.

Mengenal Vitamin D dan Perannya untuk Tubuh

Vitamin D sebenarnya merupakan prohormon yang diubah menjadi bentuk aktifnya di hati dan ginjal. Fungsinya sangatlah penting, terutama dalam membantu tubuh menyerap kalsium dan fosfor, dua mineral penting untuk kesehatan tulang dan gigi.

Selain itu, ada beragam peran vitamin D untuk tubuh yang wajib Sobat ketahui. Di antaranya:

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin D ibarat komandan pasukan pertahanan tubuh. Ia membantu mengatur produksi sel-sel kekebalan tubuh, seperti sel T dan sel B, yang menjadi garda terdepan melawan infeksi dan penyakit.

Kekurangan vitamin D dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, membuat kita lebih rentan terhadap infeksi dan penyakit kronis.

2. Menjaga Kesehatan Otot dan Saraf

Selain menjaga kesehatan tulang, vitamin ini juga menjaga kesehatan otot dan saraf. Vitamin D membantu menjaga fungsi otot dan saraf dengan mengatur penyerapan kalsium dan fosfor, serta menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

Baca Juga  Tolak Angin Sidomuncul, Warisan Jamu Indonesia yang Mendunia

Jika tubuh kita kekurangan vitamin D, maka dapat menyebabkan kelemahan otot, nyeri tulang, dan kesemutan pada saraf.

3. Mendukung Fungsi Jantung dan Paru-paru

Peran lainnya dari Vitamin D adalah membantu mengatur tekanan darah, detak jantung, dan fungsi pembuluh darah.

Jika kita kekurangan vitamin D, maka dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Vitamin D juga berperan dalam menjaga kesehatan paru-paru dengan membantu melawan infeksi dan peradangan di saluran pernapasan.

4. Mencegah Beberapa Penyakit Kronis

Perlu Sobat ketahui, Vitamin D tidak hanya memerangi infeksi, tetapi juga penyakit kronis. Penelitian menunjukkan bahwa vitamin D dapat membantu menurunkan risiko beberapa penyakit kronis, seperti kanker, diabetes, dan penyakit autoimun.

Mengenal Vitamin D3 dan Perbedaannya dengan Vitamin D

sumber vitamin d3
Sumber Vitamin D, ilustrasi dari Freepik.com

Vitamin D3 adalah salah satu jenis vitamin D yang paling penting bagi tubuh. Vitamin D sendiri terbagi menjadi 2, yaitu Vitamin D2 dan D3.

Perbedaan keduanya terdapat pada sumber dan sifatnya. Di antaranya:

Sumbernya

Vitamin D2 banyak ditemukan pada jamur yang terpapar sinar matahari dan makanan nabati yang diperkaya, seperti susu dan sereal.

Sedangkan Vitamin D3 diproduksi secara alami oleh tubuh saat terpapar sinar matahari UVB, dan juga ditemukan pada makanan hewani seperti ikan berlemak (salmon, tuna, makarel), kuning telur, hati sapi, dan mentega.

Metabolisme

Jika dilihat dari metabolismenya di tubuh, Vitamin D2 diubah menjadi bentuk aktifnya di hati. Sedangkan Vitamin D3 diubah menjadi bentuk aktifnya di hati dan ginjal.

Efektivitasnya

Mana yang paling efektif? Sebenarnya keduanya memiliki fungsi yang sama dalam membantu tubuh menyerap kalsium dan fosfor, serta menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Namun, dari segi efektivitasnya, penelitian menunjukkan bahwa vitamin D3 lebih efektif dalam meningkatkan kadar vitamin D dalam darah dibandingkan vitamin D2.

Baca Juga  Yuk, Ketahui Penyebab dan Cara Mengobati Sariawan di Bibir Luar

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin D3 lebih bermanfaat dalam meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, menurunkan risiko kanker tertentu, dan mengurangi gejala depresi.

Mengenal Makanan yang Mengandung Vitamin D

makanan yang mengandung vitamin D3
Makanan kaya Vitamin D, sumber dari Freepik.com

Nah, sekarang kita akan lebih detail membahas apa saja makanan yang mengandung vitamin D. Termasuk Vitamin D2 dan D3. Apa saja?

1. Ikan Berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, tuna, makarel, dan sarden merupakan sumber vitamin D terbaik. Satu porsi salmon panggang (sekitar 100 gram) dapat memenuhi 100% kebutuhan vitamin D harian Sobat. Ikan-ikan ini kaya akan vitamin D3 yang mudah diserap tubuh.

2. Kuning Telur

Kuning telur, sering dianggap sebagai sumber kolesterol tinggi, ternyata juga merupakan sumber vitamin D3 yang patut diperhitungkan.

Satu kuning telur mengandung sekitar 36 IU vitamin D. Konsumsi telur dalam jumlah moderat (1-2 butir per hari) dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin D untuk tubuh.

3. Jamur

Jamur, terutama jamur kancing yang terpapar sinar matahari, merupakan sumber vitamin D2 yang unik.

Paparan sinar matahari mengubah provitamin D pada jamur menjadi vitamin D2. Konsumsi jamur secara teratur dapat membantu meningkatkan kadar vitamin D di tubuh kita.

4. Susu dan Produk Olahannya

Susu dan produk olahannya, seperti yogurt dan keju, sering diperkaya dengan vitamin D. Satu gelas susu (240 ml) dapat mengandung hingga 100 IU vitamin D.

Pastikan untuk memilih produk susu yang diperkaya vitamin D untuk mendapatkan manfaat maksimal.

5. Sereal dan Oatmeal

Sereal dan oatmeal banyak difortifikasi dengan vitamin D. Pilihlah sereal dan oatmeal yang mengandung minimal 15% kebutuhan vitamin D harian Sobat per porsi.

Sarapan sehat dengan sereal atau oatmeal kaya vitamin D2 dapat membantu memulai hari dengan penuh energi dan kesehatan.

6. Minyak Hati Ikan Kod

Minyak hati ikan kod merupakan sumber vitamin D paling kuat, dengan satu sendok makan mengandung sekitar 1000 IU vitamin D.

Baca Juga  Manfaat Susu Kambing untuk Pencernaan dan Kesehatan

Namun, konsumsi minyak hati ikan kod harus dibatasi karena kandungan vitamin A yang tinggi. Konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

7. Suplemen Mengandung Vitamin D3

Jika Sobat membutuhkan asupan yang cukup, maka bisa konsumsi Vitamin D3 yang tersedia dalam bentuk suplemen. Misalnya Sidomuncul Natural Vitamin D3 400 IU Soft Capsule.

Sidomuncul Natural Vitamin D3 400 IU Soft Capsule 50 Kapsul
Sidomuncul Natural Vitamin D3 400 IU Soft Capsule 50 Kapsul

Sidomuncul Natural Vitamin D3 400 IU Soft Capsule merupakan suplemen yang mengandung vitamin D3, bentuk vitamin D yang mudah diserap tubuh. Suplemen ini praktis, aman, dan harganya terjangkau.

Ini cocok untuk Sobat yang kekurangan paparan sinar matahari setiap harinya dan ingin mencukupi asupan makanan kaya vitamin D dengan lebih baik.

Kesimpulan

Vitamin D tidak hanya bermanfaat untuk kekuatan tulang dan gigi, tetapi juga untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan otot dan saraf, menjaga kesehatan jantung dan paru-paru, serta membantu mencegah berbagai penyakit kronis.

Pastikan Sobat selalu memenuhi kebutuhan vitamin D dengan memperoleh paparan sinar matahari dengan cukup, mengonsumsi makanan kaya vitamin D, dan suplemen yang tepat seperti Sidomuncul Natural Vitamin D3 400 IU Soft Capsule. Semoga bermanfaat.

Sumber:
https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5652066/perbedaan-vitamin-d-dan-d3-mana-yang-efektif-tingkatkan-daya-tahan-tubuh
https://www.sidomunculstore.com/blog/post/12-makanan-yang-mengandung-vitamin-d-untuk-kesehatan-optimal.html

Tinggalkan komentar