Resep Kue Lapis Beras

kue lapis, resep kue lapis, cara membuat kue lapis, kue lapis legit, kue pelangi 
Resep Kue Lapis Beras: Salah satu jajanan pasar yang diminati konsumen adalah kue lapis beras. Bagaimana resep membuat kue lapis beras? Mari simak…
kue lapis memang nikmat selain mengenyangkan, juga dapat dinikmati sebagai cemilan. rasa manis dan harum serta kelegitannya membuat kue ini menarik untuk dinikmati. apalagi tampilannya yang menarik, tentunya akan menjadi nilai plus tersendiri sebagai sebuah produk usaha..

bila Anda ingin mencoba  Resep Kue Lapis Beras di rumah, berikut saya sajikan cara membuat kue lapis beras.
Bahan:
• ¼ kg tepung beras
• 300 gram gula pasir, atau sekitar 3 gelas
• ½ sendok teh garam
• 75 gram tepung sagu
• Santan dari dua butir kelapa
• 3 lembar daun pandan dipotong sepanjang 5 cm
• Minyak goreng secukupnya
• Pewarna makanan (tiga jenis warna)
Cara membuat:
  1. Campurkan santan dan pandan dalam panci, lalu panaskan diatas kompor. Aduk-aduk campuran tersebut hingga mendidih, jangan sampai santannya pecah. Setelah mendidih matikan kompornya dan biarkan santan tersebut menjadi hangat.
  2. Di wadah yang lain campur tepung beras, tepung sagu serta gula. Masukkan sedikit demi sedikit santan hangat tadi. Aduk dengan menggunakan tangan supaya bahan-bahan tercampur secara merata. Pastikan gulanya juga larut dengan sempurna.
  3. Jika adonan telah tercampur, maka bagi adonan menjadi tiga bagian. Pisahkan menjadi tiga tempat yang berbeda dan berikan warna dengan pewarna khusus makanan sesuai selera anda. Perhatikan takarannya dan aduk hingga warnanya tercampur rata.
  4. Ambil loyang ukuran 20 (20x20x5cm) lalu olesi bagian dalamnya dengan minyak goreng. Tuangkan adonan warna pertama kurang lebih 50 ml. Lalu dikukus kurang lebih sekitar 5 menit hingga lapisannya mengeras. Setelah mengeras, tuangkan warna kedua yang kedua dan kukus lagi hingga mengeras.
  5. Ulangi langkah tersebut hingga semua adonan habis. Supaya menarik, warna harus berganti-ganti setiap lapis. Setelah adonan telah habis, kukus kue tersebut hingga kurang lebih 30 menit lamanya.
  6. Setelah matang, anda angkat dan keluarkan dari loyang. Tunggu kue lapis dalam keadaan dingin baru anda potong-potong sesuai selera.

selamat mencoba yaaa…. semoga sukses!!!
Referensi

Leave a Comment