Bunda Bingung Masak Apa Hari Ini? Yuk Coba Resep Sup Bakso Sapi Ini…. Pasti Keluarga Lahap Deh Makannya…Selain Bergizi, Juga Nendang di Lidah!.


Wirausahakuliner_ Resep Sup Bakso SapiHai Bunda… Masak apa hari ini? Sepertinya memasak adalah hobi kita para Bunda ya. Memasak merupakan ungkapan perhatian dan cara para Bunda mengungkapkan kasih sayang terhadap Suami dan anak. Suami dan anak kita tentu akan sangat senang dong bila masakan Bunda enak dan bergizi. Bunda pun pasti turut bahagia melihat keluarga tercinta makan dengan nikmat menyantap masakan Bunda.

Nah, kali ini saya coba share Resep Sup Bakso Sapi yang pastinya dapat menambah koleksi resep masakan dapur buat Bunda di rumah. Kali ini Resep Sup Bakso Sapi ini memadukan sayuran, bakso, dan poptongan daging sapi. Tenang, resep ini murah meriah dan terjangkau oleh siapa aja ko. Selain itu, bahan-bahannya bergizi karena ada daging dan sayuran. Selain itu, sup ini akan sangat nikmat diseruput dan dimakan saat selagi hangat dan dapat membangkitkan selera makan sayur bagi anak-anak dan suami yang mungkin bosan dengan tumis dan oseng sayuran biasa. Nah Resep Sup Bakso Sapi ini solusinya. 
sup bakso sapi, sup bakso ayam, resep sup bakso

Bahan – Bahan
1.     Air sekitar 4 gelas
2.     Daging Sapi (bisa dibeli dipasar yang sudah dipotong-potong dan masih ada sedikit tulangnya, biasanya dalam porsi kecil cukup untuk membuat sup, kira-kira 50-100 gram)
3.     Bakso (ukuran sesuai selera), kira-kira 200 gram
4.     Sayuran (2 lembar kubis, 1 buah wortel, 1 tangkai sayur saosin/cesin, 1 tangkai daun bawang, 1 buah kentang potong dadu, 1 lembar daun seledri
5.     2 sdm minyak goreng untuk menumis bumbu
6.     4 siung bawang merah (iris dan goreng untuk bahan penyedap)
Bahan bumbu
1.     2 siung bawang merah
2.     1 siung bawang putih
3.     ½ sdt merica (bisa menggunakan merica bubuk dalam kemasan supaya tidak repot menghaluskan)
4.     ¼ potong kencur (bila suka)
5.     ½ potong laos (iris – iris tipis)
6.     ½ sdm garam
7.     ¼ penyedap rasa (masako/royko/sasa, dsb)
8.     1 ½ gula pasir 
Cara Memasak
1.     Iris dan goreng baeang merah hingga matang
2.     Siapkan bumbu halus (ulek merica, bawang merah, bawang putih, dan kencur) lalu tumis bersama irisan lengkuas/laos setengah mateng supaya rasa alaminya  tidak hilang
3.     Panaskan air dalam panci hingga mendidih
4.     Potong-potong daging sapi sesuai selera dan msukkan ke dalam panci. Tunggu hingga empuk
5.     Selagi menunggu, Iris – iris sayuran yang hendak dibuat sup, cuci bersih dengan air mengalir
6.     Setelah daging sudah empuk, masukkan wortel dan kentang karena wortel dan kentang harus didahulukan mengingat cukup lama waktu yang diperlukan untuk memasaknya
7.     Setelah empuk, masukkan bumbu yang telah ditumis, tambahkan garam, penyedap rasa, dan merica bagi yang memakai merica bubuk.
8.     Lalu masukkan sayuran lainnya.
9.     Setalah layu, masukkan gula pasir, dan … cicipi dulu ya Bunda, supaya tahu apa yang kurang.
10.                         Nah, jika sudah pas, matikan api dan taburkan bawang goreng.
11.                         Sup siap disajikan. 
Nah itu dia Resep Sup Bakso Sapi yang sangat mudah untuk dibuat dan cocok untuk dijadikan menu makan Bunda bersama keluarga. Selamat mencoba.

Leave a Comment