Macam-Macam Sistem Keamanan Terbaik untuk Kawasan Industri

Macam-Macam Sistem Keamanan Terbaik untuk Kawasan Industri

Sistem keamanan yang harus dioptimalkan dalam kawasan industri ternyata sangat berperan penting dan membawa banyak manfaat. Macam-macamnya pun beragam, sistem pengoperasiannya perlu untuk Anda ketahui. Apa sajakah itu? Berikut adalah ulasannya.

Apa Itu Jenis Cyber Security?

Konsumsi internet memang semakin meningkat karena adanya smartphone dan laptop yang sudah menjadi bagian dari aktivitas sehari-sehari. Terlepas dari banyaknya atribut internet, tantangan utama yang harus dihadapi oleh seluruh perusahaan adalah serangan dari cyber dan malware.

Ada beberapa jenis yang dapat Anda ketahui mencakup keamanan sampai Cloud. Namun, apa hubungannya sistem jaringan tersebut dengan keamanan industri? Nyatanya, Anda tidak bisa jika hanya memperhatikan kamera pengawas dari fisik atau modelnya, tetapi perhatikan juga dari jaringan yang ada di dalamnya.

Dampak Jika Industri Tidak Terjamin Keamanannya

Pelaku industri kembali menyusun strategi untuk mengembalikan situasi bisnis. Namun, modernisasi atau teknologi untuk sistem keamanan tetaplah dinilai penting.

Kebersihan dan kesehatan adalah prioritas utama atau aspek yang diutamakan dalam bisnis sekarang ini. Tujuan utamanya adalah untuk melindungi keselamatan pekerja sampai pelanggan mereka. Bagi bisnis layaknya instalasi pabrik, keselamatan di ruang kerja haruslah selalu terjaga.

Jenis Cyber Security untuk Perusahaan

Apa saja teknik keamanan siber yang dapat mengurangi pengurangan siber di antara perusahaan dan anggota? Sistemnya terbagi menjadi beberapa jenis. Tantangan tersebut dapat diatasi dengan campur tangan dari setiap infrastruktur.

Keamanan Siber Infrastruktur Kritis

Sistem keselamatan yang khas ini digunakan untuk mengamankan sistem dari infrastruktur kritis untuk diedarkan kepada masyarakat. Beberapa di antaranya adalah penjernihan air, pusat perbelanjaan, rumah sakit, dan sebagainya.

Guna mengurangi malware di dunia nyata atau serangan dari dunia maya, organisasi sudah bertanggung jawab untuk mengakses titik-titik rentan yang dapat melindungi bisnis. Organisasi yang memanfaatkan evaluasi tersebut dapat melihat jumlah kerusakan dari serangan cyber.

Keamanan Jaringan

Teknik yang memungkinkan organisasi untuk mengamankan jaringan komputer dari penyusup, penyerang atau target, dan malware oportunistik. Sudah banyak situs website yang berisi orang ketiga, sehingga aktivitas pengguna pun sedang ada dalam proses pelacakan.

Keamanan jaringan dapat dilihat dari beberapa poin, yakni login ekstra, kata sandi baru, program antivirus, firewall, mode penyamaran, akses internet yang terus dipantau, dan mendapatkan enkripsi terbaik.

Cloud

Ada pula sistem keamanan berupa cloud yang mengharuskan pengguna untuk kritis dan aman dalam jaringan. Banyaknya jumlah data yang dimiliki oleh sebuah perusahaan akan menjadi sulit untuk mereka menyimpannya dalam bentuk fisik, sehingga solusi ini tepat untuk digunakan.

Keamanan Internet of Things (IoT)

Istilah yang satu ini sedang sangat diamati untuk menjadi revolusi dari teknologi. Bentuk dari jaringan ini menyediakan alat-alat penting pada sistem monitoring, mulai dari sensor, printer, sampai router. Organisasi akan diberikan sistem yang tertanam lama dan jaringan aman.

Keamanan Aplikasi

Program anti-virus, firewall, dan program enkripsi merupakan tiga poin utama dalam jenis ini. Perusahaan dan organisasi dapat mengumpulkan data sensitif untuk mengamankannya dan menggunakan bantuan berupa aplikasi khusus.

Kurangi Risiko dan Tingkatkan Efisiensi dengan HikVision

Salah satu kebutuhan empat industri vertikal umum yang ditawarkan HikCentral Enterprise dari Hikvision yaitu pada kawasan industri. Peran perangkat lunak platform ini untuk kawasan industri akan diulas, sebagai berikut.

  • HikCentral Enterprise tidak hanya berfungsi sebagai pengaman, tetapi platform ini menjadikan berbagai sistem keamanan meningkatkan efisiensinya. Perangkat ini juga membantu pengintegrasian elemen-elemen pengamanan, untuk memberikan performa serta data yang lebih baik.
  • Perangkat ini menjadikan video sebagai kompetensi inti. Selain itu, platform ini dilengkapi perpaduan teknologi IoT, artificial intelligence, analisis Big Data, pengenalan wajah dan sebagainya. Dengan kehadiran fitur-fitur tersebut dapat memfasilitasi perusahaan memanfaatkan aplikasi terpadu dan cerdas untuk kebutuhan manajemennya.
  • Termasuk platform terbuka, produk Hikvision ini mampu terintegrasi dengan mudah bersama sistem ketiga lainnya. Untuk mengintegrasikan sistem diperlukan perencanaan matang, baik peralatan, sumber daya pengelola, hingga perangkat lunak sistem sentral.
  • Jadi, integrasi membutuhkan perangkat lunak yang bisa memproses berbagai input yang berasal dari elemen-elemen sistem keamanan.
  • Selanjutnya, berbagai input ini disatukan sebagai satu dokumentasi keamanan. Integrasi sistem monitoring berhubungan dengan akses kontrol sehingga pengawasan di kawasan industri lebih mudah dan meminimalisir kebutuhan pengawasan fisik.
  • Karena persaingan yang ketat, maka industri dihadapkan dengan lonjakan biaya tenaga kerja. Hal ini menjadikan perusahaan industri menurunkan biaya serta meningkatkan efisiensi operasi. Perusahaan industri bisa meningkatkan daya saing dengan melakukan transformasi digital. Transformasi ini bisa dilakukan dengan HikCentral Enterprise yaitu memetik keuntungan dari teknologi yang ditawarkan seperti data besar, AI serta AR.

Itulah rincian terkait bagaimana sistem keamanan industri menjadi sangat penting. Selalu utamakan keselamatan diri sendiri dan keluarga, di mana dan kapan saja.

Tinggalkan komentar