15 Usaha Jajanan Anak dengan Modal Kecil Dijamin Laris Manis!

15 usaha jajanan anak dengan modal kecil ini bisa menjadi inspirasi buat Sobat. Bisnis jajajan anak bisa jadi usaha sampingan atau bisnis utama. Cocok sekali jika Sobat memiliki modal terbatas.

Bahan baku yang dibutuhkan untuk aneka makanan anak ini juga mudah didapat. Selain itu, resepnya juga tergolong simpel dan bisa dipelajari oleh siapa saja.

Usaha Jajanan Anak dengan Modal Kecil

Berjualan makanan anak-anak bisa dilakukan di area sekolah, perumahan, atau pinggir jalan. Tidak hanya anak sekolah TK, SD, hingga SMP, aneka jajanan sekolahan juga laku untuk pembeli dari kalangan orang dewasa. Harganya yang murah meriah menjadi daya tarik tersendiri.

Tidak jarang orang dewasa menikmati jajanan anak-anak seperti cilor, cilok, sempol, bakso pentol, dan lain-lain. Nah, apa saja ide usaha jajanan anak dengan modal kecil yang menguntungkan?

1. Sempol

Meskipun merupakan kudapan lezat asal daerah Malang, namun sempol juga mulai populer berkat adanya media sosial dan adopsi usaha kuliner di berbagai daerah. Khususnya pulau Jawa. Rasanya yang gurih dan mengenyangkan berhasil menggaet kalangan pembeli.

Sempol adalah jajanan terbuat dari campuran tepung tapioka, daging ayam, telur, dan aneka bumbu. Biasanya sempol disajikan dengan tusukan sate shingga memudahkan dalam menyantapnya dan tidak membuat tangan kotor.

Harga sempol berkisar antara 1000 rupiah hingga 2000 rupiah per tusuknya tergantung lokasi jualan.

Modal awal perlengkapan usaha sempol sekitar Rp. 1.600.000 dan bahan baku sekitar Rp. 100.000 per hari. Sobat juga bisa membeli bahan baku untuk mingguan atau bulanan tergantung kebutuhan dan ketersediaan budget.

Resep Sempol

Nah, supaya Sobat Kuliner bisa langsung praktik, tidak ada salahnya Bisniskulinerku.com membagikan resep sempol yang merupakan Resep Jajanan 1000an untuk Jualan. Apa saja bahannya, dan bagaimana pembuatannya? Kami kutip resep ini dari resepkoki.id.

Bahan yang Dibutuhkan
  • 200 gr daging ayam giling
  • 150 gr tepung tapioka
  • 1 butir telur ayam
  • 4 siung bawang putih, haluskan
  • 3 siung bawang merah, goreng, dan haluskan
  • 1 sdt gula pasir
  • 2 sdt garam
  • ½ sdt merica bubuk
  • 1 batang daun bawang, iris tipis
  • 15 tusuk sate
Bahan Pencelup
  • 1 butir telur
  • Sejumput garam
Langkah Membuat Sempol Ayam
  • Kocok lepas telur dengan tambahan garam untuk bahan pencelup.
  • Campurkan semua bahan sempol dalam wadah, rebus secuil adoman dan coba rasanya.
  • Mulai buat adonan, lumuri tangan dengan minyak goreng sedikit saja, ambil adonan secukupnya dan lilitkan ke tusukan sate. Bentuk lonjong. Lakukan secara berulang hingga adonan habis.
  • Didihkan air dalam panci, celupkan dan rebus adonan sempol tadi selama kurang lebih 20 menit. Setelah matang, angkat dan tiriskan.
  • Panaskan minyak goreng dalam jumlah banyak dan bisa merendam sempol.
  • Celupkan sempol ke kocokan telur dan goreng hingga matang. Angkat dan tiriskan.
  • Sajikan dengan cocolan saus.

2. Mie Lidi

Usaha jajanan anak dengan modal kecil selanjutnya adalah mie lidi yang merupakan camilan jadul. Meskipun sudah lawas dalam dunia jajanan, tapi popularitasnya masih tinggi sampai sekarang.

Biasanya 1 porsi jajanan mie lidi Rp. 2.000 dengan dibungkus plastik bening. Jika Sobat mencari Usaha Makanan Ringan Serba 2000, maka ini jawabannya. Ada juga yang menjualnya dalam porsi banyak seperti Rp. 10.000 untuk dimakan rame-rame. Modal awal usaha mie lidi sekitar Rp. 2.000.000 mencakup peralatan dan bahan baku.

Resep Mie Lidi

Mie lidi memiliki bentuk panjang berupa mie kering dengan bumbu berwarna merah dan rasa pedas. Bisa juga memberikan variasi rasa lain seperti rasa jagung dan asin saja.

Sobat juga bisa membuatnya sendiri di rumah sebagai percobaan. Lalu, bisa mulai menghitung harga bahan baku dan dikalkulasikan harga jualnya.

Bahan yang dibutuhkan:
  • 1 bungkus mie spaghetti yang berukuran kecil
  • Minyak goreng secukupnya
  • Bubuk cabe
  • Garam
  • Penyedap rasa
Cara Membuatnya:
  • Potong mie spaghetti menjadi 2 bagian.
  • Goreng mie pada minyak goreng dengan api sedang. Tunggu hingga berwarna kuning keemasan. Angkat dan tiriskan.
  • Masukkan mie lidi yang sudah dingin atau hangat dalam toples, taburi dengan bumbu, yaitu bubuk cabai, garam, dan penyedap rasa. Kocok hingga terbalur rata oleh bumbu tabur.
  • Mie lidi siap disajikan.

3. Gorengan Frozen Food

Jajanan satu ini juga tidak kalah pamornya di kalangan anak-anak. Namun, biasanya penikmatnya benar-benar hanya anak-anak saja. Frozen food yang dimaksud adalah sejenis sosis harga 1000an per pcs, nugget, tempura, fish stick, bakso ikan, dan sebagainya.

Sobat cukup membeli aneka olahan beku dari supplier terdekat atau luar kota. Contohnya Distributor Frozen Food Surabaya ini. Asalkan pengirimannya aman, membeli secara online dari lokasi cukup jauh tidak masalah. Pertimbangkan juga estimasi harga produk dengan ongkos kirim.

Modal awal usaha gorengan frozen food sekitar Rp. 2.500.000 hanya mencakup box pendingin, wajan, kompor, meja dan kursi atau booth mini.

Tentunya akan berbeda jika Sobat membeli lemari es atau freezer baru, sewa tempat, elatase, dan peralatan lebih bagus dan sebrba baru. Semua bisa mencapai Rp. 8.000.000.

Namun, biasanya jajanan ini lebih banyak dijual di lokasi sekolahan dan perumahan. Jadi, umumnya penjualnya memanfaatkan alat masak yang ada, freezer bawaan lemari es di dapur, meja dan kursi bekas, dan kompor yang ada di rumah. Silahkan sesuaikan dengan lokasi jualan dan konsep usaha.

4. Jasuke

Jajanan berupa jagung, susu, dan keju (Jasuke) juga sangat populer dan laris manis. Tidak hanya menginginkan jajanan asin dan gorengan, penyuka jasuke juga banyak.

Jagung hangat dengan susu dan parutan keju sangat lezat. Satu mangkuk kecil harganya berkisar antara Rp. 7.000 hingga 12.000 tergantung lokasi.

Membuat jasuke terbilang mudah dan praktis. Kukus jagung pipil dalam panci penutup bening, sajikan dengan susu kental manis dan keju parut di atasnya.

Modal yang dibutuhkan untuk jualan jasuke adalah mulai dari Rp. 1.500.000,- untuk perlengkapan dan bahan baku Rp. 100.000 per hari.

Mulai dari peralatan berupa kompor, booth atau meja sederhana, panci dan spatula, sendok, pisau atau alat pipil jagung, cup dan sendok mini dari plastik, dan bahan bakunya bisa beli per hari atau untuk beberapa hari untuk menghemat tenaga. Kecuali jagung manisnya, tentu disarankan membeli setiap hari atau maksimal 2 hari sekali untuk menjaga kualitas rasa.

5. Es Krim Rumahan

Usaha jajanan anak dengan modal kecil yang tidak kalah menjanjikan adalah es krim rumahan. Kelebihan jualan es krim rumahan adalah bisa membuat resep unik dan berbeda dari es krim di pasaran.

Selain itu, Sobat juga bisa menjual es krim kualitas yang sama tapi dengan harga lebih murah karena tidak memerlukan biaya pemasaran yang mahal dan peralatan besar.

Modal awalnya sekitar Rp. 5.000.000. Mencakup freezer, mixer, cooler, dan bahan baku es krim rumahan. Harga jual tergantung jenis es krim yang Sobat jual dan ukuran porsinya.

Mulailah dengan mencari distributor bahan es krim yang terbaik dan bahan baku lainnya. Kemudian coba membuatnya sendiri di rumah. Jika sudah melakukan kalkulasi harga, barulah membeli peralatan, bahan baku, dan kemasan.

6. Cilok dan Cilok Kuah

Jajanan satu ini paling terkenal sejak lama dan menjadi salah satu jenis Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari. Kudapan bulat-bulat terbuat dari aci dengan isian daging, abon, atau potongan telur puyuh ini banyak diminati berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Bumbu cilok bisa berupa saus, sambal, kecap, sambal kacang, hingga kuah bakso. Sekarang sudah populer jualan cilok dengan kuah bakso. Herganya yang murah meriah sebagai camilan menjadi kelebihan tersendiri dibandingkan jualan bakso kuah.

Oleh sebab itu, menjual cilok bisa dilakukan di mana saja. Baik di sekolah, pinggir jalanan ramai, maupun jualan keliling.

Modal usaha cilok sekitar Rp. 7.500.000. Budget tersebut mencakup pembelian gerobak, spatula, garpu, botol saus, sambal, dan kecap, dandang bakso mini, mesin giling daging, gas LPG 3 kg, kompor kecil, serbet, dan wadah. Termasuk biaya operasional yang sifatnya habis seperti bahan dan kemasan.

Namun, modal tersebut bisa saja lebih sedikit jika sudah memiliki beberapa peralatan sebelumnya. Cilok biasanya cukup menggunakan plastik bening dan tusuk sate untuk disajikan kepada pelanggan.

7. Cilor dan Makalor, Usaha Jajanan Anak Modal Kecil Untung Besar

Panganan jalanan yang tidak kalah enak dan nikmat dengan modal murah adalah cilor dan makalor. Cilor atau aci telor dan makalor atau makaroni telor adalah jajajan terbuat dari tepung terigu, tepung tapioka, aneka bumbu, dan campuran telur kocok.

Bumbu taburnya bisa beragam tergantung pilihan pelanggan. Mulai dari pedas asin, rasa keju, rasa jagung, pedas manis, dan asin saja.

Cilor dan maklor adalah Ide Jualan 1000an karena biasanya dijual dengan harga Rp. 1000 per adonan. Biasanya pembeli akan membeli dengan kelipatannya seperti 3 ribuan, 4 ribuan, dan seterusnya tergantung keinginan.

Modal usaha cilor dan maklor terbilang kecil. Misalnya seperti Setiaci, pedagang cilor di Stasiun Depok Lama, dalam Cnbcindonesia.com mengatakan modalnya cukup Rp. 1.500.000 saja. Mencakup gerobak, alat, dan bahan awal.

Sisanya ia belanja bahan per 3 hari sekitar 150 ribu rupiah. Omzetnya bisa mencapai Rp. 400.000 per hari jika bahan baku habis sehari. Sedangkan jika tidak, biasanya omzet sekitar Rp. 200.000.

Artinya, bisa mendapatkan untung sekitar 150 ribu hingga 350 ribu per hari. Lumayan, bukan? Sobat mau coba usaha jajanan anak satu ini?

8. Nugget Pisang

Usaha jajanan anak dengan modal kecil yang satu ini mengusung cita rasa manis dari buah pisang. Termasuk topping yang bisa Sobat tambahkan sebagai variasi.

Tidak hanya rasa asin dan pedas, ide jajanan anak juga bisa menyuguhkan yang manis seperti pisang nugget. Olahan pisang tidak hanya digoreng biasa atau dengan baluran terigu. Bisa dengan membuatnya menjadi nugget pisang.

Resepnya bisa Sobat ambil dari berbagai sumber dan mencobanya sendiri. Jika sudah mendapatkan hasil olahan yang enak dan lezat, saatnya Sobat menghitung modal usaha dan mulai berbisnis.

Modal nugget pisang sekitar Rp. 3.500.000 dengan estimasi peralatan kompor, tabung gas, spatula, panci, gerobak, ulekan, loyang, pengangkat makanan, kursi dan meja, serbet, dan lain-lain.

Termasuk bahan awal untuk 1 hingga 3 hari ke depan. Bisa juga menyiapkannya untuk seminggu atau satu bulan. Kecuali pisang yang tentunya harus dalam keadaan segar.

9. Lekker

Panganan khas Solo ini rupanya menjadi jajanan yang populer saat ini. Lekker adalah kue dengan rasa manis, renyah, dan enak. Biasanya topping atau isian di dalam kue leker beragam. Ada coklat, rasa bluberi, strobery, dan sebagaianya.

Nama lekker berasal dari bahasa Belanda yang artinya enak. Itu diungkapkan oleh orang Belanja yang mencicipi kue tradisional Solo.

Untuk jualan kue leker, Sobat butuh peralatan seperti gerobak, kompor, gas elpiji, wajan datar, spatula, dan bahan baku. Semuanya sekitar Rp. 2.000.000. Namun, bisa lebih mahal tergantung alat yang disiapkan.

Jualan kue leker paling laris di area sekolah. Bisa juga di mall atau pusat perbelanjaan, pinggir jalan, dan jualan keliling di perumahan padat penduduk dan banyak anak-anak.

10. Telur Gulung

Usaha jajanan anak dengan modal kecil berupa telur gulung sangat digemari oleh pembeli. Makanan satu ini terbilang jadul, tapi menjadi populer belakangan ini karena kelezatannya. Tidak hanya di perkotaan, tapi juga merupakan Ide Jualan Makanan yang Laris di Kampung

Usaha telur gulung juga terbilang menjanjikan. Padahal modal yang dibutuhkan terbilang kecil. Namun, tetap sama, itu juga disesuaikan dengan akomodasi yang Sobat beli dan siapkan.

Apakah menyewa tempat jualan, memanfaatkan halaman rumah saja, memakai gerobak, booth, atau sekedar memanfaatkan meja dan kursi bekas yang masih layak pakai.

Telur gulung juga mudah dibuat, asalkan berlaih terlebih dahulu agar adonan telurnya bisa menggulung. Bahan yang dibutuhkan sangat simpel. Cukup telur, air, dan bumbu.

Modal yang diperlukan untuk bahannya sangat murah meriah. Peralatan juga bisa menyesuaikan. Bisa cukup dengan Rp. 500.000 hingga jutaan tergantung itu tadi. Perlengkapan dan sewa tempat.

Silahkan pertimbangkan saja. Apakah perlu sewa tempat, mau jual keliling, merekrut karyawan, atau memanfaatkan yang ada dulu.

11. Bakso Pentol Kuah

Salah satu jajanan yang tidak kalah banyak penggemarnya adalah bakso pentol kuah. Bisanya bakso pentol kuah dijual di pinggir jalan, area sekolah, atau mall.

Tidak hanya disukai anak-anak, bakso pentol juga digemari orang dewasa. Harga jual bakso pentol kuah biasanya mulai dari Rp. 5.000 per porsinya. Ada juga yang menawarkan bakso pentol ukuran besar dengan harga Rp. 7.000 hingga 12.000 per porsinya.

Jualan bakso pentol bisa menawarkan berbagai porsi kepeda pembeli. Jadi, konsumen punya pilihan harganya juga sesuai keinginan.

Adapun modal awal bakso pentol, hampir tidak jauh berbeda dengan jajanan anak lainnya. Kisaran modalnya Rp. 2.600.000 mencakup gerobak, peralatan dandang, dan kemasan.

Keuntungan yang didapatkan tidak terbatas. Bakso pentol kuah bahkan bisa dikembangkan menjadi beberapa gerobak dan membayar karyawan untuk menjual keliling. Bisa juga dijadikan bisnis franchise seperti yang dilakukan bakso pentol kuah dengan nama Archip yang didirikin tiga sekawan. Mereka adalah mahasiswa Universitas Ciputra. Sobat bisa temukan informasinya di website Brilio.net.

12. Sosis Bakar

Umumnya, sosis bakar dijajakan dengan sebuah booth, memiliki etalase, 1 set alat bakar sosis, dan X banner. Sosis bakar biasanya barada di Kawasan lebih elit seperti mall, supermarket, depan minimarket, alun-alun, hingga lokasi wisata dengan kedai khusus.

Supaya bisa memenuhi standar tersebut, setidaknya Sobat perlu modal sekitar Rp. 7.000.000 untuk perlengkapan, sewa tempat, dan bahan baku awal.

Meski demikian, sosis bakar bukan berarti tidak bisa menggunakan perlengkapan seadanya seperti memanfaatkan halaman rumah, menggunakan meja dan kursi sebagai tepat jualan. Namun, jika lokasi rumah Sobat kurang potensial untuk keberlanjutan bisnis, mengeluarkan modal lebih, tentu tidaklah rugi.

Penggemar Sosis bakar juga tidak terbatas kepada anak-anak. Orang dewasa dan remaja juga sering membelinya sebagai cemilan berat.

Sobat bisa tawarkan variasi rasa. Tidak hanya sosis sapi, tapi juga bisa menjual sosis ayam, sosis ikan, dan sebagainya. Termasuk pilihan ukurannya supaya harganya menyesuaikan dengan kebutuhan dan kantong pembeli.

Jualan sosis bakar sangat cocok di area sekolahan, mall, perumahan padat penduduk, pinggir jalan, dan tempat wisata.

13. Es Lilin

Pilihan usaha jajanan anak dengan modal kecil lainnya adalah es lilin yang merupakan Jualan Es yang Paling Laris. Jajanan anak ini bahkan bisa saja hanya membutuhkan modal puluhan ribu atau ratusan ribu saja. Khususnya jika Sobat kebetulan sudah punya freezer, blender, dan alat masak lainnya untuk jenis es yang perlu direbus terlebih dahulu dalam membuatnya.

Mengapa hanya perlu modal puluhan ribu saja? Karena cara menjualnya bisa dilakukan langsung di rumah dan dititipkan di warung-warung terdekat. Terutama warung atau minimarket yang sudah mempunyai freezer sendiri. Jika mencari Usaha Makanan yang Bisa Dititipkan di Warung, maka es lilin salah satunya.

Sedangkan jika Sobat belum memiliki peralatan, maka bisa siapkan terlebih dahulu modalnya. Kisarannya adalah Rp. 3.500.000 mencakup lemari es ataupun freezer, alat masak, kompor, etalase, spanduk, dan sebagainya.

Modal tersebut bisa disesuaikan dengan ketersediaan perlengkapan di rumah. Sedangkan bahan bakunya terbilang lebih terjangkau sesuai dengan jenis rasa es lilin.

Sobat bisa menawarkan berbagai variasi rasa seperti es lilin cokelat, milo, buah naga, jambu biji, mangga, kacang hijau, es serut, markisa, dan lain-lain. Pasti anak-anak suka. Terlebih lagi, harganya terbilang murah meriah. Sesuai dengan uang jajan anak-anak.

14. Kue Cubit

Jenis jajajan manis yang bisa Sobat jual adalah kue cubit. Meskipun merupakan cemilan jadul, tapi masih diminati hingga saat ini. Terlebih lagi, jika Sobat bisa melakukan pemasaran dengan unik, maka tidak mustahil kue cubit bisa mendatangkan untung besar.

Misalnya dengan membuat nama usaha yang unik, gambar menarik di tempat jualan, pemasaran online, dan kemasan yang menarik.

Modal awal usaha kue cubit sekitar Rp. 5.000.000 mencakup etalase, meja kursi, alat masak kue cubit, dan bahan baku awal.

Jika Sobat punya trik jitu dalam bisnis ini, tentunya modal tersebut tidak seberapa jika dibandingkan dengan peluang usaha kedepannya. Tidak jarang, usaha yang terlihat remeh tapi ternyata sukses lantaran punya strategi yang mantap.

Oh ya, bahkan modal juga bisa lebih sedikit jika Sobat menjualnya secara online dan melayani pesan antar, atau dititipkan di penjual jajanan pasar. Hanya perlu modal alat masak, kemasan, dan bahan baku untuk beberapa hari.

15. Martabak Mini

Jenis bisnis untuk anak-anak yang juga menjanjikan tapi modalnya kecil adalah martabak mini. Kue martabak dengan ukuran kecil punya kelebihan pada harga yang lebih murah meriah.

Satuannya Rp. 1.000 saja hingga Rp. 2.000. Ukuran yang kecil juga lebih disukai anak karena cukup untuk porsi mereka.

Topping yang beragam seperti seres cokelat, keju, stroberi, bluberi, dan lain-lain bisa menjadi variasi tersendiri. Begitu juga dengan adonannya bisa Sobat tawarkan rasa pandan, vanilla, original, atau cokelat.

Berapa modal usaha martabak mini? Lagi-lagi tergantung bagaimana Sobat akan menjualnya dan ketersediaaan alat. Apakah ada yang sudah ready, atau semua perlengkapannya harus beli baru semua.

Jika Sobat menjual martabak mini dengan sistem pesan antar dan menjualnya secara online, maka hanya perlu peralatan masak dan kemasan. Antara lain kompor, loyang martabak mini, kemasan, dan perlengkapan masak lainnya. Kisarannya Rp. 1.500.00 saja.

Bahkan bisa saja hanya butuh ratusan ribu jika sudah punya alat sendiri. Cara Memutar Uang 300 Ribu cocok dengan usaha satu ini.

Sedangkan jika ingin membuka booth, gerai, dan sewa tempat, tentu butuh modal lebih besar. Sobat juga memerlukan banner atau X banner sebagai media promosi di tempat.

Semua modal itu juga tentu tidak akan sia-sia jika Sobat sudah yakin dengan bisnis yang akan dijalani ini.

Tips dan Trik Jualan Jajanan Anak 1000an Seperti Martabak Mini

Meskipun terlihat biasa, tapi jika ditekuni dan memiliki strategi yang bagus, usaha martabak mini bisa mendatangkan penghasilan yang besar.

Bisniskulinerku.com belajar dari salah satu teman dekat bernama Mbak Endah yang jualan martabak mini secara online. Pemasaran melalui WhatsApp, Instagram, dan selalu rajin update status berupa foto produk dan caption menarik.

Penjualan dilakukan dengan sistem pesan antar. Pembeli adalah setiap kenalan dan pelanggan baru dalam kota. Biasanya pembeli memesan minimal 20 pcs dengan aneka rasa. Martabak mini tersebut biasanya dikonsumsi untuk keluarga sendiri dan disimpan dalam lemari es. Kadang ada yang ditujukan untuk acara syukuran, cemilan anak TK, atau bingkisan untuk orang lain.

Setiap harinya bisa laku rata-rata 5 box isi 25 pcs dengan harga satuan Rp. 1000. Jika dikalkulasikan bisa mendapatkan omzet sekitar Rp. 250.000 per hari.

Luamayan, kan? Belum lagi jika pemasaran diperluas, produk dibuat inovasi dan pilihan produk lain. Seperti Mbak Endah yang tidak hanya menawarkan martabak mini aneka rasa, tapi juga aneka kue dan bolu lainnya sesuai permintaan pelanggan.

Usaha jajanan anak dengan modal kecil mungkin terlihat remeh dan merupakan bisnis kecil. Namun, bisa sangat menjanjikan jika dilakukan dengan kesungguhan, konsisten, dan strategi yang bagus. Seperti Tiga Sekawan di atas yang berjualan pentol kuah. Sistem franchise, menambah outlet, menambah karyawan, dan sebagainya bisa diterapkan untuk usaha jajanan anak-anak jika ingin mengembangkan bisnis dan bisa menjadi salah satu Bisnis Sehari Untung 1 Juta. Semoga sukses.

Tinggalkan komentar