Menu Prasmanan Mewah untuk Resepsi Pernikahan, Ini Pilihannya!

Menu prasmanan mewah adalah jamuan yang bisa Sobat sajikan dalam pesta pernikahan yang tergolong bergengsi. Ini cocok untuk yang memiliki budget sangat besar atau bisa juga yang terbatas tapi undangan yang sedikit.

Memberikan santapan yang istimewa bagi tamu undangan memang sebuah prestige yang besar. Sebagai tamu pun pasti Sobat akan merasa terkesan dengan pesta pernikahan yang memanjakan lidah. Seperti saya yang pernah menghadiri pesta pernikahan salah satu teman dengan menu yang terbilang lengkap dan sangat lezat (pasti harganya mahal), sampai sekarang masih selalu ingat. Padahal pernikahan tersebut sudah 6 tahun lalu.

Ya, biasanya menghadiri acara pernikahan yang “normal” dengan hidangan yang lumrah, dalam pesta pernikahan teman saya itu menemukan suasana berbeda. Biasanya hidangan paling enak dalam pesta pernikahan adalah olahan ayam serta lauk pauk yang terbatas, saat itu pesta pernikahan teman saya menyajikan banyak sekali pilihan menu hingga olahan sapi dan kambing guling pun ada.  Sebagai pecinta kuliner, saya tidak bisa lupa jenis hidangan untuk tamu undangan yang seperti itu.

Menu Prasmanan Mewah yang Layak Sobat Pilih untuk Resepsi Pernikahan Mewah

Jika ingin menyelenggarakan resepsi yang mewah, Sobat perlu memilih hidangan yang tidak hanya mewah dari segi bahan, tapi olahannya juga lezat. Begitu juga menentukan variasi makanan, minuman, hingga dessert yang sesuai.

Sebuah jamuan pernikahan akan dinilai mewah jika tamu undangan juga memang merasakan cita rasa yang memanjakan lidah. Nah, inilah berbagai pilihan menu prasmanan mewah yang bisa jadi andalan.

1. Sate Daging Sapi

Biasanya sate punya aneka pilihan bahan daging. Mulai dari ayam, daging kambing, hingga daging sapi. Pilihan bahan yang paling sesuai untuk jamuan mewah adalah daging sapi. Namun, jika Sobat merasa bahwa cita rasa daging kambing lebih enak, maka bisa memilih kambing. Ini sesuai selera saja, ya.

2. Setak Daging Sapi

Masih berbahan daging, olahan yang juga tergolong bergengsi adalah steak daging sapi. Menu ini adalah inspirasi dari pesta pernikahan yang diselenggarakan oleh Lesti Kejora dan Rizki Biliar yang tergolong mewah.

Sobat Kuliner yang juga mau menyelenggarakan resepsi dengan dana besar, bisa menjadikan steak daging sapi sebagai sajian yang lezat. Baca juga : resep steak daging sapi sederhana

3. Daging Kecap

Tidak bisa dipungkiri bahwa olahan masakan berbagan daging sapi memang menempati kasta tertinggi dalam jamuan pernikahan. Lebih tepatnya paling banyak disukai masyakarat di Indonesia karena rasa yang enak dan harga bahannya yang cukup mahal.

Daging Kecap bisa menjadi lauk yang cocok untuk nasi putih dan sayur sop kimlo. Kerupuk udang biasanya menjadi pelengkap menu ini. Jadi, bisa padu padan dengan pas.

Sobat juga bisa memilih variasi olahan daging yang berbeda seperti daging sapi lada hitam, teriyaki, sukiyaki, dan olahan lainnya yang kekinian.

4. Kakap Asam Manis

Olahan satu ini termasuk dalam menu prasmanan mewah juga. Masakan ini saya temukan dalam pilihan harga catering pernikahan per porsi untuk menu VIP di Mitra Catering yang pernah saya bahas sebelumnya.

Kakap Asam manis hanya ada dalam menu VIP dan tidak ada pada paket prasmanan ekonomis di bawah harga 40.000 per porsi. Olahan masakan ikan kakap tergolong langka dan menjadi salah satu hidangan lauk yang bergengsi juga.

5. Pasta untuk Tema Western

Bagi Sobat yang resepsinya mengusung tema western dan mewah bisa menyajikan pasta sebagai salah satu hidangan yang lezat. Tidak hanya untuk pernikahan dengan tema kebaratan, sebenarnya jika pestanya termasuk mewah bisa saja memilih pasta juga.

Sobat dapat memilih variasi menu lainnya juga seperti pizza, spaghetti, atau lasagna. Biasanya menu western ini juga punya citra bergengsi dalam jamuan pernikahan.

6. Ayam Cola

Meskipun berbahan daging ayam, resepnya yang unik dan kekinian akan memberikan kesan mewah. Ayam cola adalah pilihan tepat untuk lauk dalam menu prasmanan mewah.

Memasak ayam dengan rempah sudah biasa. Sedangkan ayam cola dimasak dengan resep unik yaitu ada tambahan cola yang mengandung soda. Resep ini membuat masakan ayam jadi lebih empuk dan unik rasanya.

Sobat yang sedang berencana menyelenggarakan pernikahan bisa menjadikan ayam cola sebagai jamuan yang mewah. Bisa juga memesan dari salah satu jasa catering dan menanyakan apakah menu ini bisa meresa sajikan.

Misalnya jika lokasi Sobat di Bekasi, bisa hubungi Catering Pernikahan Bekasi dan komunikasikan soal keinginan hidangan ini. Barangkali mereka juga sudah terbiasa memasaknya.

7. Rosted Duck

Olahan yang juga bisa termasuk kategori menu mewah saat resepsi pernikahan adalah rosted duck. Biasanya orang Indonesia mengenalnya dengan bebek peking yang merupakan masakan dari Tiongkok. Hidangan ini biasa dijumpai di restoran mewah dan harganya mahal.

Roasted Duck adalah inspirasi menu dalam pernikahan Felicya Angelista dan Caesar Hito. Pernikahan selebritis cantik dan tampan ini memberikan jamuan istimewa dalam pernikahannya. Apakah Sobat juga terinspirasi?

8. Kambing Guling

Meskipun resepnya sederhana, tapi kambing guling termasuk salah satu masakan mewah. Apalagi jika Sobat hidangkan untuk tamu udangan dalam pesta pernikahan. Sudah pasti akan membekas di hati dan memanjakan lidah para tamu.

Kambing guling juga merupakan inspirasi dari pernikahan selebritis tanah air, yaitu pernikahan mewah Citra Kirana dan Rezky Aditya. Mereka memilih menu berbahan daging kambing ini yang semakin memberikan citra bergengsi.

9. Aneka Menu Kuah

Meskipun olahan daging memberikan citra yang paling mahal dan mewah, tapi kelengkapan pilihan masakan juga perlu diperhitungkan. Masakan berkuah adalah salah satu yang wajib ada dalam pernikahan mewah.

Sobat bisa memilih olahan sop, soto, atau sesuai selera. Bahannya bisa ada daging di dalamnya supaya rasanya lebih gurih dan lezat. Misalnya daging sapi yang biasanya jadi salah satu bahan soup.

Nah itulah 9 pilihan menu prasmanan mewah yang wajib ada dalam resepsi yang tergolong mewah. Sobat yang punya budget yang besar bisa menjadikan salah satunya atau beberapa menu di atas sebagai andalan dalam hidangan pernikahan. Jangan lupa niatkan mencari pahala dengan membahagiakan tamu udangan, ya. Karena tanpa itu, sebanyak apapun pengeluaran Sobat mungkin akan sia-sia bahkan menuai kecewa. Setuju?

Referensi:

weddingmarket.com

www.cateringprasmanan.com

www.briliofood.net

Tinggalkan komentar