Investasi yang Paling Menguntungkan untuk Pemula di Tahun 2022

Investasi yang paling menguntungkan ada banyak pilihannya saat ini. Bagi pemula, sebaiknya mempelajari satu per satu jenis investasi supaya dapat menyesuaikan dengan tujuan keuangan.

Telebih lagi untuk kaum milenial yang memasuki momen untuk menata masa depan. Mengenal ragam instrumen investasi penting buat kamu yang ingin lebih melek finansial. Baik yang sudah berkeluarga ataupun yang belum berumah tangga.

8 Pilihan Investasi yang Paling Menguntungkan Saat Ini dari Risiko Paling Rendah Hingga Paling Tinggi

Dulu istilah investasi ini biasanya lebih banyak dikaitkan dengan orang-orang kaya dengan aset yang berlimpah. Namun, di era perkembangan teknologi dan informasi yang pesat saat ini, peluang mengembangkan aset masa depan terbuka untuk siapa saja.

Banyak investasi terjangkau, bahkan untuk yang penghasilannya masih pas-pasan. Nah, kali ini saya akan mengulas tentang berbagai pilihan investasi yang paling menguntungkan untuk pemula yang bagus di tahun 2022 ini.

1. Deposito

Jika kamu mencari investasi yang paling minim risiko, sebagai pemula bisa mulai dengan melakukan deposito. Caranya sama dengan menabung, tapi uang kamu bisa diambil dalam jangka waktu tertentu jika ingin mendapatkan keuntungan.

Biasanya kamu akan memperoleh imbal hasil dari simpanan kamu. Hanya saja, keuntungan yang bakal kamu dapat juga tergolong relatif rendah setara dengan risikonya. Bisanya, imbal hasil dari deposito berkisar antara 2% hingga 4% per bulan tergantung kebijakan bank atau tenor yang kamu pilih.

Umumnya berbagai bank memiliki syarat minimal deposito sebesar 1 juta rupiah. Kamu mendapatkan bunga sebagai imbal hasil dari bank ketika masa tenornya berakhir. Sedangkan jika kamu mengambil dana sebelum tenor, maka tidak akan mendapatkan imbal hasil.

2. Investasi Emas

Jika kamu mencari jenis investasi yang juga paling rendah risikonya, maka investasi emas menjadi jawaban yang tepat. Emas bisa dikatakan sebagai investasi yang paling menguntungkan karena harganya yang selalu naik dari waktu ke waktu.

Dengan begitu, aset kamu tidak terpengaruh inflasi. Bahkan bisa lebih tinggi nilainya jika dijadikan untuk menyimpan dana dalam jangka panjang. 

Keuntungan lainnya dalam investasi emas adalah bisa ditukar menjadi uang tunai kapan saja dan bisa juga dijadikan simpanan dana darurat.

Dalam berbagai platform investasi emas saat ini, kamu bisa menabung emas dengan nilai yang terjangkau. Jadi bukan langsung membayar per gram apalagi per batang emas, tapi bisa dalam hitungan rupiah yang lebih kecil.

3. Obligasi Ritel

Sebagaimana reksadana, obligasi juga punya banyak pilihannya. Namun, obligasi ritel adalah investasi yang paling menguntungkan karena harganya yang terjangkau bagi berbagai kalangan masyarakat.

Minimal pembelian aset adalah Rp. 1 juta seperti Obligasi Ritel Indonesia (ORI) yang diterbitkan oleh pemerintah. Besaran bunganya 4% ke atas dan berubah menyesuaikan kebijakan pemerintah.

Selain ORI, ada Saving Bonds Ritel (SBR) dengan minimal pembelian yang sama yaitu Rp. 1 Juta. Penerbitan SBR ada tiap tahun sama dengan ORI dan ditawarkan oleh Kementerian Keuangan. Investasi ini dilakukan dengan mitra distribusi terpercaya. 

Supaya bisa mengikuti investasi obligasi ritel dari pemerintah ini, kamu perlu update informasi untuk mengetahui dan mencatat tanggal penawarannya. Cek langsung secara online di Google sekarang juga.

4. Properti

Instrumen investasi yang sudah sangat dikenal sejak lama sekali adalah properti. Tidak heran bagi banyak kalangan yang punya modal besar, terutama di perkotaan, yang mengalokasikan uangnya untuk membeli tanah atau bangunan.

Selain segi harganya yang terus naik setiap tahun, properti juga bisa menjadi aset produktif. Misalnya rumah untuk disewakan, membangun kost-kostan, menyewakan gedung olahraga, dan lain-lain.

Dalam situasi tertentu, harga properti bisa naik tajam karena lokasinya berubah menjadi tempat yang strategis. Misalnya karena adanya pembangunan jalan raya di sekitar properti. Banyak orang memanfaatkan kondisi tersebut untuk menjual asetnya.

Meski demikian, instrumen investasi properti termasuk yang memerlukan dana yang relatif tinggi. Namun, tidak ada salahnya jika kamu belum punya modal yang cukup, mulai merencanakan untuk memiliki aset properti di kemudian hari.

Oh ya, di luar negeri ada banyak perusahaan yang mewadahi investasi real estate dalam bentuk cryptocurrency. Dengan begitu, investasi properti sama dengan instrumen investasi lain yang bisa dimulai dengan modal kecil. Semoga di Indonesia ada inovasi yang bisa membuat investasi properti menjadi terjangkau oleh banyak orang.

5. P2P Lending

Seperti namanya, P2P lending atau peer to peer lending adalah kagiatan meminjamkan modal kepada pebisnis UMKM. Peran kamu sebagai pemberi modal bagi pengusaha kecil yang mengajukan pinjaman. Dengan melakukan investasi P2P lending, keuntungan yang diperoleh adalah dari imbal hasil bisnis.

Selain emas, platform yang memfasilitasi P2P lending juga banyak saat ini. Pastikan memilih yang sudah memiliki izin resmi dan diawasi oleh OJK supaya lebih aman dan nyaman.

Biasanya modal yang dapat kamu salurkan dalam platform p2p lending ini cukup terjangkau. Umumnya mulai dari Rp. 100.000.

6. Investasi Reksadana

Untuk pemula yang ingin investasi dengan modal kecil, reksadana wajib untuk dipelajari. Cara kerja reksadana ini adalah dengan menyalurkan modal dari investor ke berbagai instrumen yang ada di pasar modal.

Karena ada banyak instrumen investasinya, kamu bisa memilih sendiri sesuai profil kamu. Apakah mau memilih yang risikonya rendah, sedang, atau tinggi. Reksadana yang relatif rendah resikonya seperti reksadana pasar uang, yang sedang seperti reksadana pendapatan tetap, dan reksadana dengan risiko tinggi adalah reksadana saham.

Meskipun beragam dari segi tingkat risikonya, kegiatan investasi kamu akan lebih dimudahkan dengan adanya manajer investasi. Kamu tidak perlu pusing memantau keadaan pasar modal. Investasi reksadana juga bisa dimulai dengan modal yang kecil. Reksadana adalah rekomendasi investasi yang paling menguntungkan modal kecil untuk pemula asalkan mau mempelajarinya dan berani melangkah.

7. Investasi Saham

Biasanya saham dikenal sebagai instrumen investasi yang digandrungi hanya oleh para pengusaha besar. Namun, saat ini melakukan investasi saham bisa dengan modal kecil juga. Ini karena hadirnya banyak platform yang terbuka untuk kaum muda dan modal yang terjangkau.

Meskipun memiliki potensi keuntungan yang besar, namun sebenarnya saham punya risiko yang tinggi. Investasi saham cocok bagi kamu yang mau mengambil risiko dan senang dengan tantangan.

Sebelum bergabung, sebaiknya lakukan pengkajian dulu mengenai perusahaan yang terkait. Pelajari laporan keuangannya, barulah mengambil keputusan. Mengkaji situasi dan perkembangan sahamnya juga penting setelah memutuskan melakukan investasi, ya.

8. Investasi Cryptocurrency

cryptocurrency adalah instrumen investasi yang paling menguntungkan
Cryptocurrency, source via Freepik.com

Investasi yang paling menguntungkan dan paling terbaru adalah cryptocurrency. Investasi ini lebih cocok direncanakan untuk jangka pendek. Penggemar crypto umumnya adalah anak muda yang paham serta mengagumi teknologi blockchain. Meskipun tidak jarang juga yang jual beli aset kripto karena terpengaruh tren.

Keuntungannya didapat dari capital gain ketika harga mata uang digital ini sedang naik. Cryptocurrency yang populer saat ini di antaranya adalah Bitcoin, Ethereum, Dogecoin, Cardano, dan masih banyak lagi.

Untuk bisa mendapatkan keuntungan, kamu harus bisa menganalisis pergerakan pasar. Harga sebuah aset kripto bisa naik tajam di waktu tertentu dan bisa juga anjlok di lain kesempatan. Oleh karena itu, cryptocurrency adalah jenis investasi yang besar keuntungannya sekaligus punya risiko yang sangat tinggi juga.

Jual beli aset kripto yang paling saya rekomendasikan adalah di Indodax. Lewat Indodax, kamu bisa deposit mata uang rupiah melalui seluruh bank lokal Indonesia. Lalu, jual beli crypto di platform nya.

Konversi cryptocurrency juga bisa dilakukan secara instan ke rupiah. Pengalaman saya, proses jual beli kripto di Indodax sangat cepat dan mudah. Semudah belanja online aja. Biaya penarikan dan tradingnya mulai dari 0%, lho. Jangan khawatir, Indodax juga aman karena sudah terdaftar di Bappebti dan OJK.

Jika kamu masih pemula, kamu bisa cek coin marketsaat ini juga di website indodax.com untuk melihat dan mengamati aset kripto apa saja yang paling potensial. Kalau masih bingung juga, bisa belajar di kanal edukasinya yaitu Indodax Academy.

Di Indodax Academy kamu bisa memperoleh pemahaman tentang mata uang digital, dunia blockchain, dan cara jual beli aset kripto dengan tutorial yang mudah dipahami. Cek di indodax.academy untuk langsung belajar. Jika sudah paham, kamu bisa langsung melakukan pembelian dan penjualan di website atau mobile apps Indodax.

Demikian rekomendasi investasi yang paling menguntungkan bagi para pemula di tahun 2022 ini. Semua jenis investasi di atas bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan, situasi keuangan kamu, dan tujuan finansial kamu ke depan. Jika ada yang masih asing, kamu dapat terus mempelajarinya sampai benar-benar siap untuk mengembangkan dana masa depan pada instrumen yang tepat.

Tinggalkan komentar