Wajib Tahu! Ini 3 Keuntungan Investasi Reksadana Pendapatan Tetap

Apa saja sih keuntungan investasi reksadana pendapatan tetap yang perlu kita ketahui? Jika Sobat berencana melakukan investasi menguntungkan, wajib tahu hal ini.

Reksadana adalahtipe investasi di mana dana dari investor dikumpulkan kemudian diinvestasikan pada portofolio efek. Ada beberapa jenis reksadana, salah satunya adalah reksadana pendapatan tetap (RDPT).

Jenis reksadana tersebut disesuaikan dengan pemilihan efek untuk alokasi dana investasi. Sesuai dengan namanya, reksadana pendapatan tetap ini akan berinvestasi pada efek yang bisa memberikan pendapatan secara tetap.

Jenis efek sendiri pada reksadana ini adalah efek utang atau obligasi. Dana yang diinvestasikan minimal adalah 80 persen dari efek yang dipilih. Seperti apa keuntungannya jika Anda memilih reksadana ini?

Menilik Keuntungan Investasi Reksadana Pendapatan Tetap

Setiap investasi akan menjanjikan segenap keuntungan yang disertai dengan risiko. Reksadana pendapatan tetap adalah jenis investasi yang risikonya relatif lebih rendah dibandingkan saham yang risikonya tinggi.

Hal tersebut disebabkan efek yang jadi tempat investasi adalah obligasi yang notabene adalah surat utang negara (SUN), obligasi diterbitkan perusahaan atau pemerintah dengan jatuh tempo satu hingga tiga tahun.

Dilihat dari jangka waktunya, reksadana jenis pendapatan tetap ini cocok untuk investor dengan tipe konservatif hingga moderat.

Selain itu, masih ada tiga keuntungan investasi reksadana yang akan kita peroleh sehingga Sobat tidak boleh melewatkannya. Antara lain:

1. Tingkat Risiko yang Menengah dengan Keuntungan berbanding Lurus

Reksadana pendapatan tetap memiliki tingkat risiko golongan menengah sehingga tepat jika Anda ingin mencari aman dalam investasi. Khususnya pada saat kondisi ekonomi yang belum stabil dalam beberapa tahun terakhir.

Jangka waktunya yang fleksibel mempermudah Anda jika sewaktu-waktu ingin mencairkan dana karena kebutuhan. Soal keuntungannya sendiri, potensi imbal hasil yang didapatkan investor bisa mencapai 7 hingga 8 persen per tahun bahkan beberapa sampai 9%.

Jumlah yang cukup besar jika dibandingkan dengan produk bank seperti deposito yang bahkan tidak sampai 5% per tahunnya. Hal tersebut disebabkan Nilai Aktiva Bersih (NAB) naik dengan stabil dan tidak berfluktuasi berlebihan.

2. Imbal Hasil yang Bebas Pajak

Keuntungan investasi reksadana pendapatan tetap selanjutnya adalah imbal hasil yang bebas pajak. Mengapa demikian?

Tidak sedikit yang mencari investasi aman yang berbanding terbalik dengan reksadana saham yang sifatnya high risk. Keuntungan yang diberikan memang tidak sebanyak reksadana saham, namun setidaknya reksadana pendapatan tetap ini bebas soal pajak.

Jika bunga deposito dikenai pajak PPh sebanyak 20%, jika Anda investasi di reksadana tipe pendapatan tetap tak ada pajak yang mengurangi keuntungan. Jadi ketika bunga deposito 5% per tahun masih dipotong pajak 20%, Anda bisa menikmati imbal hasil 7% dari reksadana.

Secara umum, semua jenis reksadana bebas dari pajak sehingga tidak heran saat ini lebih banyak yang berinvestasi pada instrumen investasi ini.

3. Pengelolaan yang sudah Diawasi OJK

Tingkat keamanan saat berinvestasi juga jadi pandangan penting bagi investor. Maraknya investasi bodong membuat investor harus meningkatkan kewaspadaan. Untungnya saat ini semua jenis investasi reksadana telah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Hal tersebut disebabkan meningkatnya pemain dalam reksadana beberapa tahun terakhir. Adanya pengawasan ini membuat Anda jauh lebih aman dan fleksibel ketika menempatkan dana pada reksadana pendapatan tetap.

Pengawasan tersebut dilakukan pada semua produk reksadana yang sudah terdaftar di OJK. Sebagai investor yang bijak, Anda bisa mengenali produk reksadana yang aman dengan mengeceknya terlebih dahulu di halaman website OJK.

Beberapa perusahaan penyedia reksadana pun telah memberikan informasi lengkap mengenai legalitas produknya sebelum dipilih.

DBS Treasures Pilihan Tepat untuk Investasi Reksadana Pendapatan Tetap

Sebagai investor, hal pertama yang harus Anda cari adalah penyedia investasi reksadana yang terpercaya. Dalam hal ini, Anda bisa mempercayakan dana investasi Anda pada perbankan prioritas DBS Treasures.

Ada banyak produk reksadana pendapatan tetap yang disediakan oleh DBS Treasures untuk Anda pilih seperti Ashmore Dana Obligasi Nusantara, BNP Paribas Prima II, Danareksa Melati Premium Dollar dan masih banyak lagi.

Anda bisa mengecek prospektus dari masing-masing produk yang ditawarkan, semua informasinya lengkap diberikan. Selain menyediakan banyak produk reksadana, masih ada tiga keuntungan lainnya yang akan Anda dapatkan sebagai berikut:

1. Kinerja Produk Lebih Optimal di Tangan Manajer Investasi Profesional

DBS Treasures bermitra dengan manajer investasi yang berpengalaman namun juga profesional. Anda bisa merasa aman dan menginvestasikan dana karena kinerjanya akan lebih optimal.

2. Tidak Ketinggalan Informasi Peluang Investasi Terkini

Banyak yang menganggap bahwa investor reksadana menyerahkan semua keputusan pada pihak tim yang mengelola, namun keputusan tetap berada di tangan Anda. Tim ahli finansial DBS Treasures akan proaktif menganalisis dan mengkomunikasikan risiko, kinerja, serta potensi perkembangan peluang terkini yang telah dipersonalisasi untuk Anda, sehingga Anda dapat yakin mengambil keputusan akurat di saat yang tepat.

3. Pembagian Dana Pada Efek yang Meminimalisir Risiko

Dana yang Anda miliki tidak hanya ditanamkan pada efek obligasi saja, namun juga pada efek lain seperti saham. Sistem diversifikasi inilah yang mampu meminimalisir kerugian ketika nilai obligasi mengalami penurunan, Anda tetap bisa memperoleh untung pada efek lainnya.

DBS Treasures menghadirkan reksadana pendapatan tetap yang berpotensi menguntungkan investor. Anda sebagai pemilik dana hanya perlu memilih produk reksadana mana selama menjadi nasabah prioritas di DBS Treasures, tentunya berdasarkan advisory dari tim ahli finansial yang selalu mendukung Anda.

Jaminan keamanan dengan pengawasan dari OJK, kinerja yang transparan karena semua investor mendapatkan informasi yang sama dan tim yang profesional membuat Anda perlu memilih DBS Treasures.

Jangan sampai menyesal di kemudian hari karena Anda tidak berinvestasi sekarang juga. Karena penawaran investasi yang aman dengan risiko rendah tidak selalu datang dua kali.

DBS Treasures menawarkan Anda akan investasi reksadana dengan potensi imbal hasil tinggi, baik itu investasi jangka menengah sampai jangka panjang. Jadi tak perlu berpikir dua kali lagi untuk bergabung dan dapatkan keuntungan reksadana pendapatan tetap yang potensial.

Tinggalkan komentar