Cara Menyimpan Sayur di Kulkas dengan Wadah Agar Tahan Lama

Bagi ibu rumah tangga yang terbiasa memasak, pengetahuan tentang cara menyimpan sayur di kulkas dengan wadah sangat penting. Termasuk bagi yang mempunyai bisnis kuliner rumahan seperti usaha catering. Kualitas bahan makanan dan sayuran akan lebih terjaga lagi kesegarannya jika Sobat menyimpannya dalam kulkas yang terbaik.

Lemari es yang mempunyai kualitas bagus dan ruang yang lapang juga bisa memuat lebih banyak bahan makanan. Termasuk menata sayuran dalam wadah supaya memasak lebih praktis. Supaya penataan sayur yang Sobat lakukan tepat dan menjaga kesegarannya dalam waktu lama, yuk ikuti tips di bawah ini.

7 Cara Menyimpan Sayur di Kulkas dengan Wadah

Menyimpan sayur langsung berikut plastik pembungkusnya selain kurang rapi, tidak sehat, juga memakan tempat. Sobat bisa menyimpannya menggunakan wadah yang kedap udara. Penggunaan wadah akan membuat isi kulkas lebih mudah ditata, mudah dicari dan menjadikan sayuran lebih awet bahkan hingga seminggu atau lebih. Sebelum itu, pastikan pilih wadah yang food grade atau sesuai untuk makanan.

Sebelum menyimpan sayuran, kenali jenis dan sifatnya karena membutuhkan perlakuan yang berbeda. Daya tahan dari bahan makanan ini tidak sama, tergantung jenisnya. Di dalam kulkas ada yang tahan sampai beberapa minggu namun ada yang hanya tahan beberapa hari saja. Berikut ini cara menyimpan sayur di kulkas dengan wadah yang benar:

1. Pisahkan antara buah dan sayuran

Banyak yang menganggap bahwa buah dan sayuran adalah jenis tanaman yang sama sehingga bisa disimpan dalam satu wadah. Padahal tidak demikian. Buah mengandung zat etilen yang membuatnya cepat matang.

Jika sayuran terkena zat tersebut maka akan cepat membusuk dan rusak. Karena itu agar keduanya tetap awet selama penyimpanan dan kandungan zat pentingnya tidak hilang, maka selama di kulkas harus dipisah.

2. Keringkan sebelum memasukkannya ke dalam wadah

Air yang terdapat dalam sayuran tidak selalu membuatnya segar dan awet, namun justru membuatnya cepat membusuk. Karena itu, sebelum memasukkannya ke dalam wadah untuk disimpan di kulkas, keringkan terlebih dulu dengan menggunakan lap atau tisu.

Begitu juga selama dalam penyimpanan, jangan lupa melapisi bagian bawah wadah dengan kain atau tisu. Tujuannya agar uap yang terbentuk selama dalam penyimpanan bisa terserap dan bahan makanan tersebut tetap kering. Kondisi wadah yang lembab dan basah merupakan tempat terbaik untuk bakteri. Ini yang menyebabkan sayuran menjadi cepat busuk.

3. Sortir sayuran sebelum memasukkannya ke wadah

Cara menyimpan sayur di kulkas dengan wadah berikutnya yang perlu dilakukan adalah menyortir sayuran. Buang bagian yang kotor dan busuk sebelum memasukkan sayuran ke dalam wadah. Bagian busuk tersebut akan menyebar sehingga menyebabkan semua bahan makanan tersebut menjadi rusak dan tidak layak makan.

Selain itu, kotoran yang menempel sebaiknya dibersihkan, termasuk akar dan tangkai yang tidak akan dimasak. Jadi semua bahan yang masuk ke dalam kulkas hanya bagian yang benar-benar akan dimasak dan dimakan. Dengan demikian isi kulkas lebih ringkas, bersih dan rapi serta membuat bahan makanan tidak mudah rusak.

4. Tata sesuai jenis sayuran

Biasanya kulkas mempunyai beberapa rak. Cara memanfaatkan rak ini perlu mendapat perhatian. Untuk sayuran yang mudah busuk seperti bayam, kol, kangkung, sawi dan sejenisnya, simpan di rak bagian paling bawah. Bagian ini relatif mempunyai suhu yang stabil sehingga sayuran tidak mudah busuk.

Untuk wadah berisi sayuran yang awet atau tahan busuk, seperti buncis, kacang panjang, labu dan wortel bisa disimpan di rak nomor dua atau tiga. Rak bagian ini relatif mempunyai suhu yang lebih dingin sehingga untuk jenis sayuran tersebut.

Selama proses menyimpan dengan menggunakan wadah dilakukan secara benar, sayuran tersebut bisa tahan lama. Dengan demikian tidak perlu terlalu sering berbelanja yang bisa menyebabkan boros.

5. Pastikan isi wadah tidak terlalu penuh

Selanjutnya, cara menyimpan sayur di kulkas dengan wadah adalah dengan menyisakan ruang dalam wadah. Selama penyimpanan, sayuran tetap mengalami beberapa proses alami yang membutuhkan ruang. Karena itu jangan mengisi wadah dengan kondisi sangat penuh. Sebaiknya sisakan sedikit sehingga sayuran dalam wadah tidak perlu dipadatkan agar bisa tersimpan semua.

6. Simpan sayuran dalam keadaan siap dimasak

Tujuan menyimpan sayuran di dalam kulkas antara lain agar tidak repot karena harus sering belanja dan agar bisa memasak dengan cepat. Agar lebih cepat dan praktis, sebaiknya sayuran tersebut disimpan dalam kondisi siap untuk dimasak. Dengan demikian tidak perlu repot untuk menyiapkan dan membuat kulkas terlihat lebih rapi.

7. Selalu cek suhu kulkas

Sayuran dalam wadah yang disimpan di kulkas akan tetap awet jika kondisi suhu di dalamnya stabil. Naik turunnya suhu menjadikan sayuran perlu menyesuaikan kembali yang menyebabkannya menjadi mudah busuk dan rusak.

Cara menyimpan sayur di kulkas dengan wadah cukup mudah dan membuat waktu memasak semakin singkat karena semua bahan sudah disiapkan. Supaya sayuran dan semua bahan makanan di kulkas tetap awet dan muat banyak sesuai kebutuah keluarga, alangkah baiknya Sobat kuliner juga memastikan kualitas lemari es yang Sobat miliki.

Kulkas 2 pintu Belleza Jumbo dari Polytron dengan Kapasitas Besar dan Menjaga Bahan Makanan Tetap Segar

Sekarang ini kulkas merupakan perlengkapan rumah tangga yang sangat penting. Bahkan, hampir setiap hunian mempunyai lemari pendingin ini untuk menyimpan berbagai bahan makanan. Mulai dari sayuran, buah-buahan, frozen food, daging, ikan, bolu, kue, dan aneka minuman.

Kulkas yang Sobat miliki sebaiknya mempunyai kualitas yang sesuai dengan kebutuhan keluarga. Termasuk menjaga kualitas makanan dan minuman supaya tetap segar dalam waktu lama. Begitu juga sayuran yang Sobat tata rapi dalam wadah.

Nah, lemari pendingin yang dapat memenuhi semua kebutuhan keluarga adalah Kulkas 2 pintu Belleza Jumbo dari Polytron. Mengapa? Berikut adalah sejumlah fitur yang menjadi keunggulannya:

Jumbo Capasity

Kulkas 2 pintu Belleza Jumbo dari Polytron memiliki lebar rak sampai 58 cm. Ini cocok untuk yang membutuhkan kapasitas jumbo untuk menyimpan beragam bahan makanan.

Luxurious Curved Edge Design

Kulkas ini juga tahan benturan dan anti karat karena terbuat dari tempered glass door.

Smart Inverter

Salah satu kualitas yang banyak dicari keluarga Indonesia adalah kulkas hemat listrik. Kulkas 2 pintu Belleza Jumbo dari Polytron ini memenuhi kebutuhan tersebut dengan smart inverter yang membuatnya lebih hemat daya listrik hingga 30%.

Deodorizer

Aroma tidak sedap adalah hal yang dapat menganggu kualitas makanan. Nah, Kulkas Belleza Jumbo ini memiliki teknologi Deodorized sehingga bebas dari bau tidak sedap. Bagian ini bisa dicuci dan dipakai kembali.

Removable Ice Compartment

Semakin lengkap dengan adanya removable ice compartment yang membuat es batu bisa dilepas. Bagian dalam freezer lebih lapang dan punya ekstra space. Cocok untuk menampung banyak bahan makanan seperti daging, sosis, nugget, dan lain-lain.

Setelah Sobat mengetahui bagaimana cara menyimpan sayur di kulkas dengan wadah dengan tepat, perhatikan juga kualitas lemari es. Pastikan yang memiliki space yang tepat untuk kebutuhan keluarga dan menjaga kualitas makanan dalam waktu lama seperti Kulkas Belleza Jumbo. Miliki Kulkas 2 pintu Polytron Belleza Jumbo melalui website resmi polytron.co.id atau melalui Official Store Polytron di e-commerce kesayangan Sobat.

Satu pemikiran pada “Cara Menyimpan Sayur di Kulkas dengan Wadah Agar Tahan Lama”

Tinggalkan komentar