Tips Merawat Jam Tangan Mewah Wanita, Investasi Makin Bertambah

Tips Merawat Jam Tangan Mewah Wanita, Investasi Makin Bertambah

Membeli jam tangan mewah wanita bisa menjadi salah satu instrumen investasi. Jadi bukan hanya beli emas, tanah, saham, dan lain-lain. Agar nilai jualnya tidak turun, bahkan semakin naik, maka Anda harus merawatnya dengan benar.

Bukan hanya sebagai aksesoris atau penunjuk waktu, jam tangan mewah merupakan jenis investasi yang cukup menguntungkan. Tidak heran jika banyak investor yang mengeluarkan dananya untuk membeli dan mengoleksinya, kemudian menjualnya kembali. Nilai keuntungannya pun bisa sangat fantastis.

8 Tips Merawat Jam Tangan Mewah Wanita

Beberapa produsen jam tangan khusus memproduksi jenis eksklusif yang mempunyai harga tinggi. Keunikannya bisa terletak pada  bahan, aksesoris tambahan seperti lapis emas, permata, berlian atau modelnya yang limited edition.

Jika tidak dapat merawat dengan baik, maka salah satu jenis investasi ini bisa mengalami penurunan harga jual. Bukan mendapat keuntungan, investor justru bisa mengalami kerugian.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, sebelum membeli sebaiknya memahami bagaimana cara merawat koleksi jam tangan mewah wanita atau pria agar keindahan dan fungsinya tidak berubah, bahkan harga jualnya dapat terus meningkat.

1. Bersihkan Secara Rutin

Bagian dari jam tangan terdapat celah yang sangat kecil, namun debu dapat saja masuk kemudian membuat kotor atau menyumbat. Membersihkannya secara rutin bukan hanya menghilangkan kotoran tetapi juga membuat tampilan jam tangan tetap terlihat bersih dan terawat.

Gunakan lap berbahan fiber yang lembab untuk mengelap seluruh permukaan jam dan pengikatnya. Jangan lupa untuk membersihkan setiap celah pada strap sehingga tidak ada kotoran yang tertinggal.

Jika perlu, celupkan jam tangan pada air yang mengandung sabun untuk membersihkan noda membandel. Hampir semua jam tangan mewah wanita tahan air. Namun ketahanannya berbeda-beda, jadi perhatikan hal ini sebelum mencelupkan ke air.

2. Rapatkan Kenop Sekrup

Meski tahan air, rembesan tetap masih mungkin jika kenop sekrup tidak cukup kuat. Oleh karena itu, seringlah mengecek bagian ini. Jangan sampai debu dan air masuk sehingga merusak bagian dalam koleksi jam tangan mewah.

3. Jauhkan dari Magnet dan HP

Sistem kerja jam tangan merupakan proses magnetik. Bahan pembuatnya pun sebagian dari besi yang akan terpengaruh oleh medan magnet. Mendekatkan jam tangan pada medan magnet dan HP  bisa berpengaruh pada sistem di dalamnya. Magnet dapat menarik komponen jam sehingga mengalami kerusakan.

4. Simpan dalam Posisi Mendatar

Salah satu kesalahan fatal yang sering dilakukan pemilik jam tangan adalah meletakkan dengan posisi miring. Tujuannya untuk menghilangkan debu atau embun yang ada didalamnya.

Namun hal ini merupakan tindakan yang salah. Dalam posisi miring membuat gravitasi menarik pegas ke satu sisi. Resikonya dapat mempengaruhi ketepatan waktu. Cara meletakkan seperti ini juga berpotensi membuat jam tangan wanita terjatuh sehingga rusak.

5. Perhatikan Waktu Ketika Akan Mengatur Jam dan Tanggal

Pada saat akan melakukan perubahan tanggal dan jam tidak boleh dilakukan sembarangan. Hindari melakukan perubahan di antara jam sembilan sampai tiga pagi. Tujuannya untuk mencegah macetnya roda gigi yang berfungsi memfasilitasi perubahan hari, tanggal dan jam.

6. Hindarkan dari Lotion dan Parfum

Bahan pembuat jam dan strap seringkali kurang tahan terhadap bahan kimia. Lotion dan parfum dapat menyebabkan kilaunya berkurang. Pastikan kedua zat tersebut tidak mengenai jam. Bekas dari keduanya bisa menimbulkan noda berupa bintik berwarna sehingga mengurangi keindahan koleksi.

7. Service Berkala

Seperti halnya bahan elektronik lain, jam tangan mewah juga harus diservice secara berkala, minimal 5 tahun sekali. Pada waktu service teknisi bersertifikat akan mengecek semua bagian.

Pemilik akan diberi tahu kondisinya. Jika ada sparepart yang perlu diganti, teknisi akan memberi tahu estimasi biayanya. Besarnya berbeda tergantung tingkat kerusakan dan harga sparepart.

8. Hanya Mengunjungi Service Center Resmi

Semua produsen jam tangan mewah mempunyai service center resmi. Carilah informasi mengenai alamat terdekatnya. Jangan melakukan perawatan jam di sembarang tempat. Pastikan hanya membawa koleksi jam tangan ke service center resmi sehingga penanganannya profesional.

Toko Jam tangan Mewah Wanita Terpercaya

Untuk mendapatkan koleksi jam tangan mewah yang asli tidak bisa sembarangan memilih toko. Pastikan hanya berbelanja di tempat terpercaya. Pilihlah toko yang responsif dan mau memberikan banyak informasi sehingga calon pembeli lebih paham mengenai produk yang akan dibelinya.

Layanan terbaik juga harus diberikan untuk penjualan kembali. Apabila memilih toko yang bukan hanya menjual, tetapi juga membeli koleksi, maka memudahkan ketika Anda akan jual jam tangan mewah ini. Dengan demikian tidak perlu repot untuk mencari toko lain ketika akan menjualnya.

Salah satu toko ternama dan recommended adalah Chronoluxe.com. Toko khusus jam mewah ini melayani jual beli dengan harga kompetitif. Pastikan Anda membeli dan menjual koleksi jam tangan mewah wanita di Chronoluxe.

Sumber:
Historisers.com
Ajaib.co.id
Lifestyle.kompas.com

Tinggalkan komentar