Pengertian Jasa Konsultan Pajak dan Peran yang Dijalankan

Kehadiran jasa konsultan pajak sangat membantu perusahaan dalam menjalankan kewajibannya. Persoalan pajak merupakan hal yang cukup rumit jika tidak mengalokasikan perhatian untuk mempelajarinya. Tentunya itu akan menyita waktu dan tenaga.

Berbeda jika kita menyewa atau memanfaatkan konsultan yang sudah berpengalaman dan profesional di bidangnya. Ini akan membantu Anda dan perusahaan dalam memenuhi kewajiban bayar pajak sesuai peraturan perundang-undangan dan menghindari berbagai kesalahan yang bisa saja terjadi.

Sebenarnya apa itu konsultan pajak dan peran apa saja yang dijalankan oleh profesi satu ini? Mari simak penjelasan lengkapnya di pembahasan berikut!

Mengenal Jasa Konsultan Pajak

Mulai dulu dari pengertiannya. Konsultan pajak adalah pihak yang bertugas memberikan konsultasi mengenai urusan pajak kepada klien yang membutuhkan. Layanan konsultasi ini diberikan agar klien bisa memenuhi kewajiban pajak sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Nantinya konsultan pajak akan memberikan saran maupun beragam informasi terkait pajak.

Bisa dikatakan pula bahwa konsultan pajak akan membimbing kliennya untuk memenuhi kewajiban pembayaran pajak. Adanya jasa konsultan pajak ini tidak hanya menguntungkan bagi wajib pajak namun juga negara. Secara tidak langsung, konsultan pajak akan mendukung kelancaran pembayaran pajak oleh masyarakat.

Bagi sebagian orang, pembayaran pajak bukanlah jenis hal yang mudah untuk dilakukan. Apalagi jika harus membuat ajuan SPT dan melakukan proses pelaporan yang cukup rumit. Prosedur semacam ini akan jauh lebih mudah untuk dilakukan jika ada pihak yang memberi bimbingan. Itulah mengapa hadir jasa konsultan pajak yang siap untuk membantu.

Peran yang Dijalankan

pengertian konsultan pajak dan peran jasa konsultan pajak yang wajib diketahui
gambar dari Freepik.com

Tentu saja seorang konsultan pajak punya banyak peran atau fungsi yang dijalankan. Jika ingin memahami profesi ini lebih jauh maka penting sekali untuk mengenali apa saja peran atau fungsinya. Berikut adalah beberapa peran dari seorang konsultan pajak:

1. Memberi Bimbingan Pajak

Pertama, seorang konsultan pajak jelas akan memberikan bimbingan dalam bidang perpajakan. Konsultan pajak akan membimbing kliennya dalam menyelesaikan masalah pajak. Klien akan merasa terbantu berkat adanya bimbingan dari konsultan terkait proses maupun jumlah pajak yang harus dibayarkan.

Bimbingan yang diberikan oleh konsultan ini tentu saja bisa dipercaya. Sebagai orang yang ahli dan berpengalaman di bidang pajak, konsultan pajak akan bekerja efektif memberi bimbingan tersebut. Klien tidak akan kesulitan lagi untuk memenuhi kewajiban dalam membayar pajak mereka sesuai ketentuan.

2. Membantu Pengurusan Data

Konsultan pajak juga akan membantu proses pengurusan data terkait pembayaran pajak. Misalnya saja pengurusan SPT yang seringkali terasa sulit bagi masyarakat. Adanya konsultan pajak akan membantu proses pengurusan data tersebut berjalan lebih mudah dan lancar. Artinya, masyarakat juga bisa segera memenuhi kewajiban membayar pajak karena urusan administrasi atau data sudah terselesaikan dengan baik.

Banyak sekali wajib pajak yang tidak bisa memenuhi kewajibannya karena kendala pengurusan data. Biasanya mereka sulit mengumpulkan data atau memenuhi syarat pendataan yang diminta. Agar lebih hemat waktu dan tenaga, maka percayakan pengurusan data pada konsultan pajak yang andal.

3. Mengatur Pajak Perusahaan

Peran lain yang dijalankan oleh seorang konsultan pajak adalah mengatur urusan pajak di sebuah perusahaan. Jadi, konsultan ini memang tidak hanya bekerja untuk perorangan namun juga untuk perusahaan. Nantinya konsultan akan membantu perusahaan tersebut dalam mengurus masalah pajak. Selain itu konsultan juga akan membantu perusahaan menyelesaikan pembayaran pajak dengan benar.

4. Mendampingi Proses Pemeriksaan

Jika klien harus menjalani pemeriksaan terkait pajak maka konsultan pajak bisa ikut mendampingi proses tersebut. Biasanya ini terjadi di perusahaan-perusahaan yang memang harus menjalani pemeriksaan pajak secara berkala. Pada saat seperti inilah keberadaan jasa konsultan pajak sangat dibutuhkan.

Mungkin akan sulit bagi orang awam untuk menghadapi proses pemeriksaan pajak seorang diri. Bisa saja ada banyak pertanyaan yang tidak bisa dipahami atau dijawab oleh klien. Jika ada konsultan pajak yang mendampingi maka proses pemeriksaan tersebut bisa berjalan dengan lancar dan baik.

Dalam proses pendampingan ini, konsultan pajak juga memiliki hak untuk menyangkal. Seandainya klien yang bersangkutan ternyata diperiksa dan memiliki beberapa masalah pajak, maka konsultan bisa memberikan bantuan terbaik. Selain itu konsultan juga bisa memberi pembelaan langsung di tempat selama proses pemeriksaan berlangsung.

5. Mengurangi Beban Pengurusan Pajak

Konsultan pajak jelas akan mengurangi beban pengurusan pajak baik untuk individu maupun perusahaan. Adanya konsultan pajak membuat proses pengurusan dan pembayaran pajak jadi jauh lebih mudah untuk dilakukan. Beban mengurus pajak akan terasa jauh lebih ringan, bahkan wajib pajak hanya perlu melakukan pembayaran tanpa harus mengurus dengan rumit.

Peran yang satu ini akan terasa sangat berguna bagi perusahaan. Umumnya perusahaan memang tidak ingin menghabiskan banyak waktu untuk mengurus pajak. Jauh lebih efektif jika urusan pajak sudah ditangani oleh ahlinya. Jadi ada sisa waktu yang lebih banyak untuk mengembangkan perusahaan dan memikirkan langkah strategi lain.

6. Membantu Klien Terhindar dari Masalah Pajak

Konsultan pajak juga akan membantu kliennya terhindar dari masalah pajak. Seperti kita tahu bahwa ada banyak orang yang terjebak dalam masalah pajak. Penyebabnya sangat bervariasi dan sanksi yang diberikan juga beragam. Agar bisa terhindar dari masalah pajak yang merugikan maka peran konsultan pajak akan sangat dibutuhkan.

Melalui nasihat, saran, dan arahan dari konsultan pajak, klien bisa terhindar dari berbagai kendala. Konsultan pajak akan memberikan arahan terbaik agar klien tidak terjerumus pada masalah pajak yang sulit dicari jalan keluarnya. Sangat membantu klien yang perlu membayar pajak dan tidak ingin terjebak dalam masalah pajak yang rumit.

Anda bisa menemukan jasa konsultan pajak yang melayani kebutuhan sesuai domisili. Misalnya konsultan pajak Denpasar yang melayani kliennya yang berada di Bali. Dengan begitu, wajib pajak kini bisa memenuhi kewajibannya tanpa harus pusing. Pihak konsultan secara efektif akan mengurus semua urusan perpajakan sehingga beban Anda terasa jauh lebih ringan.  

Tinggalkan komentar