10+ Usaha dengan Modal 10 Juta Beserta Rinciannya

Ide usaha dengan modal 10 juta beserta rinciannya berikut ini dapat memberikan gambaran buat Sobat yang ingin memulai bisnis sekarang juga. Uang 10 juta merupakan budget yang cukup untuk mendirikan bisnis UKM maupun UMKM yang menjanjikan.

Beberapa jenis usaha yang berawal dari modal 10 juta umumnya potensial sebagai mata pencaharian yang mencukupi kebutuhan sehari-hari. Begitu pula jika niatnya ingin memiliki bisnis sampingan, tentunya akan lebih bagus prospeknya ke depan.

Sobat yang menjadikan bisnis ini sebagai investasi, bisa melimpahkan pengelolaan kepada karywan. Mulai dari produksi, penjualan, dan pelayanan. Hanya saja, perlu menyisihkan anggaran untuk gaji 2 atau 3 karyawan. Jika tidak, maka bisa mulai dengan mengelolanya sendiri dulu.

Usaha dengan Modal 10 Juta Beserta Rinciannya dalam Bidang Kuliner yang Menjajikan

Mulai dari bisnis rumahan, franchise, atau usaha pinggir jalan banyak yang bisa dimulai dengan uang kurang lebih 10 juta rupiah. Apakah itu bisnis di bidang kuliner, jasa, fashion, hingga percetakan. Kali ini saya akan memaparkan ide usaha dalam bidang kuliner, ya.

Asalkan Sobat sudah punya perencanaan yang matang, maka modal yang dikelurakan tidak akan sia-sia. Malah bisa menjadi usaha menguntungkan yang berbuah manis dalam jangka panjang. Jadi, apa saja ide usaha dengan modal 10 juta beserta rinciannya  yang akan kita ulas kali ini? Simak yuk.

1. Bisnis Minuman Kekinian

Tidak dapat dipungkiri lagi, bahwa saat ini inovasi dalam minuman sedang gencar. Banyak minuman hits seperti boba brown sugar, thai tea, aneka susu murni, minuman kopi kekinian, dan lain-lain.

Bagi Sobat Kuliner yang ingin menjalankan bisnis minuman kekinian sebenarnya mudah saja. Jika sudah punya rencana yang bagus dan modal sekitar 10 jutaan, usaha ini pasti akan berjalan lancar karena peminatnya banyak.

Bahkan usaha minuman kekinian modal kecil juga banyak opsinya. Mulai dari modal 300 ribuan juga bisa, seperti peluang bisnis minuman modal Rp 300rb yang pernah saya posting sebelumnya. Ada beberapa pilihan usaha yang terjangkau bahkan hanya bermodal uang di bawah 1 juta sekalipun. Apalagi jika punya 10 jutaan, ya.

Sekarang ini banyak informasi bisa didapat. Mulai dari resep mengolahnya juga sudah banyak tersebar di berbagai kanal, misalnya di YouTube. Sobat bisa temukan berbagai olahan minuman kekinian dan mencobanya. Jika sudah mantap, baru mulai beli peralatan, atur tempat usaha, dan rencanakan promosi yang tepat.

Jika ingin bisnis minuman kekinian, berikut gambaran rincian modalnya:

Rincian ModalHarga
Booth1.500.000
Aneka toples untuk bubuk minuman300.000
Gelas dan sendok150.000
Ember80.000
Alat pres untuk kemasan cup800.000
Plastik dan sedotan500.000
Banner + X Banner /plang300.000
Meja kursi café sederhana 4 set @ 800.0002.400.000
Dekorasi500.000
Bahan baku awal500.000
Sewa Ruko1.500.000/bulan
Lain-lain1.000.000
TotalRp. 9.530.000

2. Ayam Geprek

Pilihan ide usaha dengan modal 10 juta di bidang kuliner yang sedang hits di antaranya adalah ayam geprek. Makanan ini merupakan lauk yang lezat karena berpadu dengan aneka sambal yang merupakan favorit orang Indonesia.

Peminat ayam geprek terbilang banyak di perkotaan. Bahkan orang desa juga menyukainya. Perpaduan olahan ayam ala western dengan sambal khas nusantara menjadikan ayam geprek punya tempat tersendiri.

Pembeli biasanya adalah kaum remaja dan dewasa muda yang masih memiliki kenyamanan lambung walau mengnsumsi olahan pedas. Meski begitu, orang tua yang suka pedas juga suka. Ini bisa diperhatikan supaya Sobat memiliki target pasar yang lebih jelas dengan konsep pemasaran yang sesuai dengan selera pembeli.

Jangan sampai mempromosikan ayam geprek dengan bahasa kaku. Sesuaikan dengan usia dan gaya hidup calon pelanggan.

Sebelum memulai, Sobat bisa mencari resepnya dengan mudah di berbagai media online. Bisa juga mengintip Resep Ayam Geprek untuk Jualan yang sudah diposting oleh website Bisnis Kulinerku ini. Untuk perencanaan usaha, Sobat juga bisa intip bisnis plan ayam geprek yang pernah saya publish.

Modalnya juga cukup terjangkau. Meskipun dalam bisnis plan tersebut diberikan gambaran cukup tinggi budgetnya, tapi sebenarnya bisa lebih ringkas dan murah. Sobat bisa lihat detail usaha dengan modal 10 juta beserta rinciannya dalam bisnis ayam geprek berikut ini:

Rincian ModalHarga
Peralatan masak (kompor, penggorengan, ulekan, tabung gas, rice cooker)1.500.000
Etalase makanan800.000
Kulkas1.500.000
Banner luar ruangan dan dalam (tergantung konsep usaha)200.000
Listrik300.000
Bahan baku awal (1 bulan)5.000.000
Lain-lain700.000
Total10.000.000

Modal bisnis ayam geprek cukup dengan uang 10 juta jika Sobat berpedoman pada rincian di atas. Untuk bahan bakunya bisa melihat apa saja bahannya. Termasuk di dalamnya adalah tepung, bumbu, daging ayam, bahan pembuatan sambal, beras, dan bisa juga menambah produk berupa minuman.

Pemasaran ayam geprek tergolong fleksibel. Bisa offline atau online lewat media sosial atau jasa ojek online. Hanya saja, di atas belum ada biaya tempat dan meja kursi. Artinya, dengan modal tersebut belum bisa melayani pembeli makan di tempat. Sobat hanya bisa melayani pembeli untuk dibawa pulang.

Jika tetap ingin melayani pelanggan makan di tempat, Sobat bisa alokasikan dana untuk membeli alat makan, gelas minum, meja kursi, dan kertas menu sederhana. Catatan penting lainnya adalah harus sudah punya tempat usaha yang cocok untuk makan di tempat.  

3. Warung Makan

Jika Sobat punya uang 10 juta, membuka usaha warung makan bisa jadi pilihan. Warung makan merupakan jenis Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari yang menguntungkan karena menawarkan kebutuhan pokok.

Makan lauk dan sayur merupakan hal yang selalu diperlukan setiap orang dan rumah tangga. Baik pagi, siang, hingga malam. Harga masakan di rumah makan juga biasanya tergolong murah meriah namun rasanya tetap lezat karena menyuguhkan olahan rumahan.

Ini cocok untuk pelanggan yang sibuk bekerja atau keluarga yang memiliki anak kecil. Biasanya ibu-ibu di rumah yang punya bayi, anak usia balita, ibu bekerja, dan ada lansia membutuhkan olahan masakan jadi yang harganya terjangkau.

Warung makan juga merupakan bisnis yang modalnya cukup terjangkau karena bisa memanfaatkan ruangan di dalam rumah sendiri untuk menyajikannya. Jenis usaha ini juga merupakan Jualan Makanan yang Laris di Kampung karena sekarang orang desa sudah mulai memiliki aktvitas cukup beragam danmembutuhkan olahan makanan jadi yang murah meriah.

Memulai bisnis warung makan juga tergolong mudah. Cukup siapkan menu apa saja yang akan dijual dan tempat untuk makan pelanggan seperti meja kursi, piring dan sendok, wadah masakan, rice cooker, dan etalase makanan supaya lebih menarik.

Supaya lebih jelas, Sobat Kuliner bisa lihat rinciannya:

Rincian ModalHarga
Etakase masakan1.500.000
Meja kursi sederhana 4 set2.000.000
Banner 2@100.000300.000
Peralatan masak dan wadah masakan500.000
Peralatan makan200.000
Gas LPG120.000
Bahan baku awal 1 bulan5.000.000
Total9.120.000

Sisa dari budget ini bisa Sobat simpan untuk keperluan lain yang tidak terhitung. Pastikan cita rasa dan kebersihan serta pelayanan selalu dimaksimalkan. Meski menawarkan harga murah meriah, namun poin-poin tersebut penting dijaga supaya pembeli selalu kembali dan berlangganan.

4. Gabung Franchise Harga 10 Jutaan

Jangan salah, ternyata bisnis franchise yang dikenal mahal, ada juga yang menawarkan modal terjangkau. Bahkan ada yang harganya 2 jutaan.

Jika Sobat punya modal 10 jutaan, bisa kok bergabung dalam bisnis waralaba. Misalnya franchise kopi terlaris yang pernah saya posting. Ada Kopi Mini, Nice Coffee, Kopi Akademi, Kopi Nyopee, Kopi Ruang Kosong, dan Kopi Rata Kiri.

Beberapa minuman kopi kekinian ini harganya beragam tergantung pilihan paket. Sobat bisa pilih yang 9 jutaan supaya mendapatkan fasilitas yang lebih maksimal.

 Selain bidang minuman, Sobat yang berada di Surabaya bisa melirik Aku Tahu Jos dalam jajaran Franchise Makanan Surabaya yang berkisar antara 8 juta hingga 15 juta. Modalnya bisa Sobat pilih sesuai budget.

Bisa hubungi kontak yang tersedia juga apakah membuka waralaba untuk luar Surabaya. Jika tidak, maka Sobat bisa menemukan berbagai pilihan kemitraan yang sesuai lokasi atau yang memang bisa kerjasama.

5. Warung Kopi Full Wifi

Jika Sobat memiliki rumah di lokasi yang ramai dan strategis, maka ide usaha dengan modal 10 juta beserta rinciannya ini cocok dipraktikkan.

Tempat minum dan nongkrong yang tergolong murah meriah dan merakyat ini tidak memerlukan modal yang begitu tinggi. Menu yang disajikan berupa kopi tubruk, sachet, dan makanan cemilan untuk bersantai seperti gorengan, indomie, aneka roti, dan lain-lain.

Untuk membuka usaha warung kopi, Sobat perlu siapkan konsep usaha, berbagai perlengkapan, menu, dan bahan bakunya. Rinciannya sebagai berikut :

Rincian ModalHarga
Perlengkapan membuat kopi (gas, kompor, termos)700.000
Kursi meja pelanggan1.500.000
Pasang Wifi600.000
Mug, gelas, sendok250.000
Alat makan cemilan (priring, garpu, sendok)250.000
Listrik300.000
Sewa tempat1.500.000
Bahan baku (1 bulan)5.000.000
Banner (luar dan dalam)300.000
Lain-lain300.000
Total10.000.000

Meskipun Namanya adalah warung kopi, tapi di dalamnya bisa menyajikan variasi menu makanan atau minuman. Misalnya gorengan, aneka minuman teh, susu, kopi susu, dan air mineral.

Sobat juga bisa menawarkan makanan berat jika warung sudah ramai. Misalnya seperti ayam geprek, burger, kentang goreng, kue rangin, sosis goreng, dan lain-lain. Itu hanya opsi saja supaya pelanggan tidak hanya nongkrong dalam waktu lama, tapi bisa menyantap makanan yang bisa mengatasi rasa lapar.

Bagian banner depan perlu memberikan gambaran menu apa saja yang disajikan. Sehingga calon pelanggan tidak menganggap bahwa warung milik Sobat hanya menawarkan minuman kopi saja. Malah, jika menarget pelanggan menengah ke bawah, Sobat bahkan perlu memberikan harga masing-masing menu dengan jelas di gambar.

6. Bisnis Catering Rumahan

Usaha dalam bidang kuliner memang tidak ada habisnya. Termasuk jenis bisnis yang melayani kebutuhan makan harian seperti catering.

Ragam usaha di bidang catering ini cukup banyak. Ada yang melayani catering pernikahan, Bisnis Catering Pabrik, melayani snack untuk berbagai momen penting, dan lain-lain. Meskipun layanan catering juga bisa menawarkan banyak variasi menu dan jenis acaranya.

Sobat bisa melakoni usaha satu ini tanpa perlu modal yang begitu besar. Budget 10 juta cukup untuk memulai bisnis catering. Apalagi, jika Sobat masih pemula, mengeluarkan modal terlalu banyak cukup beresiko karena belum mengenali kondisi pasar dengan pasti.

Jika sudah jalan dan merasakannya sendiri di lapangan, maka Sobat bisa memperkirakan pengembangan bisnis ke depan. Modal juga terus berkembang mengikuti perjalanan usaha.

Jadi, berapa modal bisnis catering rumahan beserta rinciannya?

Rincian ModalHarga
Peralatan masak2.500.000
Listrik300.000
Dus Nasi Box, sticker kemasan, stereofoam, plastik, sendok1.500.000
Bahan baku awal (1 bulan)5.000.000
Banner150.000
Lain-lain550.000
Total10.000.000

Peralatan catering merupakan investasi awal yang menopang bisnis ke depan. Beberapa peralatan yang perlu dibeli antara lain kompor, alat masak, pelumat bumbu, panci pengukus, pemanggang, mangkuk, piring, sendok, penjepit makanan. Sobat bisa lihat di Peralatan untuk Membuka Usaha Catering

Bahan baku selama 1 bulan ini sebisa mungkin bisa kembali supaya usaha berjalan sesuai rencana. Alasannya karena khawatir akan terpakai untuk keperluan lain. Meski begitu, catering sifatnya pre order sehingga kemungkinan tidak ada risiko bahan terbuang. Sobat akan membeli bahan baku masakan sesuai pesanan pembeli.

7. Buka Warung Nasi Rames

Sedikit berbeda dengan warung makan yang saya sebutkan di atas, warung nasi rames memang diperuntukkan untuk membeli sayuran dan lauk jadi. Pelanggan membawa pulang olahan masakan, dan bukan makan di tempat.

Meski begitu, tidak sedikit warung nasi rames yang juga melayani makan di tempat. Jika ingin melayani makan di warung, maka Sobat bisa menambah modal untuk ruangan makan, meja kursi, dan alat makan.

Pilihan lainnya untuk warung nasi rames juga adalah membuka jasa catering rumahan. Jadi, hanya menjual olahan masakan di etalase dan menawarkan catering untuk berbagai keperluan acara juga bisa. Dengan begitu modalnya adalah membeli kemasan nasi box atau bisa juga stereofoam dan plastik.

Untuk warung nasi rames sendiri biasanya menyajikan masakan rumahan yang harganya merakyat. Pelanggan juga bisa membeli nasi bungkus berisi nasi dan aneka sayur dan lauk sesuai permintaan.

Usaha dengan Modal 10 Juta Beserta Rinciannya untuk warung nasi rames yang melayani makan di tempat juga, antara lain:

Rincian ModalHarga
Etalase Masakan1.500.000
Alat masak400.000
Kompor dan tabung gas500.000
Rice cooker200.000
Alat makan300.000
Meja Kursi1.500.000
Nampan dan serbet50.000
Bahan baku awal5.000.000
Banner150.000
Total9.600.000

Jenis warung nasi rames yang melayani makan di tempat dengan modal 10 juta cocok bagi Sobat yang sudah punya tempat. Baik itu ruangan di rumah atau ruko dengan sewa yang murah. Sobat bisa mengambil budget dari modal bahan baku dulu maksimal sewa 1 bulan 1,5 juta.

Sedangkan jika tidak ada dana untuk sewa tempat makan, bisa menawarkan jasa catering. Ini bisa dijalankan secara online dan pesan antar.

8. Catering Sehat

Berbeda dengan bisnis catering biasa, catering sehat atau juga bisa berupa catering untuk diet. Kebutuhan olahan makanan sehat cukup tinggi, terutama di kota besar. Bahkan di perkotaan yang memang masyarakatnya sibuk bekerja juga dibutuhkan.

Alasannya karena mengolah masakan sehat ataupun menu diet harus lebih selektif bahannya. Olahannya juga berbeda dari masakan biasa. Pilihan menunya pun cenderung khusus dan memakai bahan organik. Oleh sebab itu, harga jualnya lebih mahal.

Meskipun punya harga lebih tinggi, tapi peminatnya banyak. Gaya hidup sehat belakangan ini sangat diperlukan, terutama dari segi asupan makanan. Catering sehat bisa membantu menyajikan masakan sehat maupun masakan untuk diet kepada pelanggan supaya praktis dan siap santap.

Nah, untuk rincian modal awalnya, bisa dengan budget 10 juta. Yuk lihat pada tabel ini:

Rincian modalHarga
Peralatan masak2.000.000
Tempat makan dan alat makan @100 pasang600.000
Sticker logo dan keterangan gizi300.000
Tas kertas @200100.000
Bahan masakan sehat (organic)5.500.000
Lain-lain500.000
Total10.000.000

Perhitungan di atas adalah gambaran besar untuk jalannya usaha selama 1 bulan. Mungkin jika Sobat mau mempekerjakan orang lain, bisa membayar 1 orang karyawan dengan gaji UMR dari alokasi bahan baku terlebih dahulu.

Modal bahan baku sifatnya bisa diputar dalam hitungan hari. Semisal 1 hari menghabiskan bahan seharga 200 ribu, maka sebisa mungkin esoknya tetap ada untuk membeli bahan dengan leluasa semisal ada tambahan pesanan.

Sobat juga bisa menetapkan pilihan paket harian, mingguan, atau bulanan kepada pembeli. Pembayaran dilakukan di muka supaya bisa menopang pembelian bahan masakan sehat. Sobat bisa mendapatkan inspirasi katering sehat seperti Catering Diet Jakarta ini.

9. Jus Buah

Ide usaha dengan modal 10 juta beserta rinciannya yang saya rekomendasikan selanjutnya adalah bisnis kedai jus buah. Mengapa jus buah? Meski terkesan kurang kekinian, tapi sebenarnya aneka jus buah adalah jualan yang tidak pernah padam.

Alasannya karena banyak orang suka buah. Terlebih lagi karena kandungan nutrisinya. Ditambah pemahaman tentang pentingnya asupan vitamin membuat kedai buah dengan menu jus dan olahan buah digandruni. Terutama oleh kalangan gen Z.

Kendala yang mungkin dihadapi oleh Sobat yang punya modal 10 jutaan adalah sewa tempat. Jika perlu sewa, maka usahakan mencari tempat jualan yang strategis dengan pembayaran kontrakan bulanan. Harga sewanya tidak boleh lebih dari 2 juta per bulan atau 20 jutaan per tahunnya.

Jika tidak ada, maka Sobat bisa memanfaatkan ruangan paling depan di rumah. Bisa juga membeli booth atau Gerobak Semi-Portabel berbahan container yang sedang tren saat ini. Letakkan di halaman dan berikan banner atau X banner. Harganya sesuai ukuran, misalnya yang 120 x 60 x 200 cm adalah 4 jutaan. Lalu tempat duduk pelanggan di halaman terbuka dulu atau memanfaatkan ruangan depan rumah.

Sisanya, Sobat bisa alokasikan untuk bahan baku jus buah dan bahan lainnya seperti gula, susu, es batu, dan peralatan membuat jus. Rinciannya sebagai berikut:

Rincian bahanHarga
Booth container4.000.000
Blender1.200.000
Bahan baku (buah, gula, es batu, dll)2.000.000
Cup dan sedotan350.000
Listrik dan air500.000
Banner200.000
Meja kursi  minimalis sederhana 4 pasang1.500.000
Lain-lain250.000
Total10.000.000

Sobat bisa menargetkan penjualan sekitar 30 cup per harinya. Biasanya harga jus buah di perkotaan sekitar 8 ribu hingga 10 ribu rupiah. Tergantung jenis buah. Artinya bisa mendapatkan omzet sebesar 250 ribu per hari atau 7,5 juta dalam 1 bulan.

Kelebihan kedai seperti ini adalah Sobat bisa menambah menu kapan saja ketika ada modal. Lalu buat kertas menu yang didesain menarik. Bisa menambah salad buah, smoothies, dan di jika ada peralatan kompor dan alat masak sederhana bisa menambah kentang goreng atau sosis goreng.

Tema kedainya adalah buah-buahan dengan menu andalan jus buah. Sobat bisa tetap menawarkan penjulan take away atau jus yang dibawa pulang. Namun, bisa tetap menerima pelanggan yang ingin bersantai sambil menikmati segelas jus buah yang segar.

10. Toko Sembako Rumahan

Sebenarnya jualan sembako bisa dijalankan dengan modal yang fleksibel. Bisa dengan budget 5 jutaan bahkan bisa 2 jutaan. Sobat bisa tengok Usaha Sembako dengan Modal 5 Juta yang pernah saya posting sebelumnya.

Tergantung barang yang dijual dan apakah sudah punya penunjang sebelumnya. Misalnya sudah punya warung atau tempat yang tidak perlu banyak renovasi. Jumlah pembelian barang dagangannya bisa diatur supaya modalnya minim. Baru setelah modal berputar dan dapat laba, bisa menambah stok.

Sedangkan dengan uang 10 juta, membuka usaha sembako rumahan lebih leluasa. Terutama dalam hal penyediaan stok dan ragam dagangannya. Tidak hanya telur dan beras atau minyak goreng, Sobat bisa menambah jualan bumbu dapur, mie instan, hingga sayuran.

Jumlah barang dagangan juga bisa lebih banyak. Jika dengan modal 5 juta hanya bisa membeli telur ayam 10 kg, Sobat bisa menambah kuantitasnya jadi 20 kg. Begitu juga dengan produk lainnya.

Produk yang bisa dijual di toko sembako modal 10 juta di antaranya minyak goreng, beras, telur ayam, bumbu dapur kemasan, mie instan, gula pasir, gula merah, aneka kopi, teh celup, the tubruk, dan segala keperluan yang biasanya ada di dapur. Yuk kita coba buat rinciannya ya.

Rincian modalHarga
Etalase2.000.000
Aneka produk sembako6.000.000
Banner200.000
Meja kursi kasir sederhana500.000
Kalkulator dan alat tulis200.000
Timbangan digital350.000
Rak telur plastik100.000
Lain-lain500.000
Total9.850.000

11. Jual Kue Bolu Pesan Antar

Opsi untuk usaha dengan modal 10 juta beserta rinciannya yang saya sarankan adalah jualan kue bolu pesan antar. Mengapa pesan antar? Ini sebenarnya hanya saran saja untuk Sobat yang belum memiliki tempat usaha sendiri.

Jualan kue secara offline sebaiknya didukung dengan tampilan toko yang menarik. Oleh sebab itu, bagi yang belum siap dalam hal tempat usaha, sebaiknya mengandalkan peluang lainnya dengan menerapkan jual beli online.

Sobat bisa menambah tenaga kerja karyawan 2 orang yang bisa membantu menyajikan makanan, mengemas, dan ada yang khusus mengantar. Ini saya sarankan ketika pesanan banyak setiap harinya.

Jika baru memulai, bisa kerahkan karyawan untuk ikut melakukan promosi secara online dan offline serta ikut terlibat dalam proses produksi dan pengemasan.

Apakah 10 juta cukup? Yuk kita hitung rinciannya:

Rincian modalHarga
Gaji karyawan 2 orang2.400.000
Bahan membuat kue atau bolu  3.000.000
Oven, mixer, peralatan lain2.500.000
Kemasan200.0000
Banner200.000
Lain-lain500.000
Total8.620.000

Meskipun masih cukup jauh dari nominal 10 juta, budget sisanya bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya yang mungkin belum Sobat anggarkan. Mungkin bensin untuk mengantar barang, pulsa bagi karyawan yang melakukan panggilan tidak terduga dengan pelanggan, alokasi kebutuhan bahan yang belum ada atau antisipasi pesanan yang melonjak sewaktu-waktu.

Nah itulah rekomendasi usaha dengan modal 10 juta beserta rinciannya  yang bisa menjadi gambaran bisnis menjanjikan. Sobat bisa mengembangkan ide di atas sesuai kebutuhan, inspirasi yang Sobat dapatkan lewat berbagai media, informasi teman atau keluarga, dan mungkin memanfaatkan fasilitas yang sudah tersedia sebelumnya sehingga mengurangi kebutuhan modal. Semoga sukses.

Sumber:
cryptomedia.id
angkasa.co.id
toiletbisnis.com

Satu pemikiran pada “10+ Usaha dengan Modal 10 Juta Beserta Rinciannya”

  1. dari dulu cuman ngebayangin punya usaha minuman kekinian,
    padahal modalnya sebenernya juga nggak gede-gede banget. Saat ini memang lagi menjamur usaha kayak gini, anak-anak muda suka explore kuliner juga soalnya

    Balas

Tinggalkan komentar