3 Peluang Bisnis Minuman Modal Rp 300rb yang Laris Manis

Apakah ada peluang bisnis minuman modal Rp 300rb? Jawabannya jelas sekali ada, Sobat. Asalkan kita tahu bagaimana triknya. Yuk simak selengkapnya.

Biasanya sebuah bisnis itu butuh modal awal yang relatif besar. Termasuk bisnis di bidang makanan dan minuman.

Apalagi jika bisnis ini mengharuskan sewa tempat dan peralatan mahal. Satu dua juta rupiah tentu tidak akan cukup.

Namun, ternyata dengan modal 300 ribu juga bisa menjalankan usaha kuliner, lho.

Peluang Bisnis Minuman Modal Rp 300rb Ini, Apa Saja?

Jenis usaha minuman memang tidak semuanya bisa diketegorikan bermodal murah. Minuman tertentu mungkin perlu alat yang khusus dan mahal. Bahannya juga cukup unik dan harganya terbilang tinggi.

Oleh sebab itu, jika kita punya modal terbatas, ada beberapa menu yang tepat. Apa saja sih jenis usaha minuman modal kecil tapi untungnya lumayan?

1. Peluang Bisnis Minuman Modal Rp 300rb dari Pop Ice

pop ice adalah peluang bisnis minuman Rp 300rb
pop ice by Blibli.com

Sobat pasti sudah tidak asing dengan minuman favorit anak-anak ini. Rasanya yang menyegarkan dan harganya yang murah meriah, bikin minuman ini jadi pelipur haus paling hits di sekolahan.

Bukan hanya di area sekolahan, di komplek perumahan pun, baik di desa atau di kota, Pop Ice selalu ramai pembeli.

Lalu bagaimana memulai bisni minuman Pop Ice? Peralatan yang Sobat butuhkan adalah alat press cup plastik, blender, gunting, dan galon air. Bahannya hanya perlu Pop Ice rentengan yang bisasa banyak dijual di distributor.

Namun, karena kita ingin modalnya lebih hemat, maka press cup bisa kita eliminasi dulu, ya. Kemasannya bisa dengan cup yang sudah ada penutupnya. Bahkan, kalau anak-anak yang beli, pakai plastik dan sedotan juga cukup.

Bahkan galon air jika tidak ada bisa memanfaatkan wadah air minum yang tersedia di rumah. Untuk blender juga bisa memanfaatkan yang ada, jika punya. Jika tidak ada, bisa membeli blender manual yang tanpa listrik di berbegai toko online dengan harga 100 ribuan.

Untuk bahan baku, 1 dus pop ice harganya sekitar 227 ribu berisi 5 pack aneka rasa. Biasanya bisa memilih varian rasa apa saja. 1 pack nya ada 5 renteng dengan jumlah 10 sachet/renteng. Jadi dengan membeli 1 dus Pop Ice, Sobat dapat 250 sachet. Artinya sudah bisa produksi 250 cup, ya.

Oh ya, bahkan jika ingin lebih hemat, bisa kok beli rentengan dengan harga 10rb per renteng.

Perhitungan modal awal usaha Pop Ice 300 Ribuan

Blender Manual (tambah perkiraan ongkir) >>>>> Rp 140.000
Pop Ice 10 renteng aneka rasa (tambah perkiraan ongkir) >>>>> Rp. 120.000
Gelas Platik ukuran Sedang isi 2 bungkus isi @50 pcs harga Rp 9.000 >>>>> Rp. 18.000
Sedotan isi 100 pcs >>>> Rp. 12.000
Total >>>>> Rp. 290.000

Untuk air matang dan es batu, bisa sediakan yang ada di rumah Sobat sendiri.

Perhitungan ini tentunya sesuai jika ingin memulai bisnis minuman ini segera dengan modal hanya 300 ribu saja. Tentu modalnya bisa Sobat tingkatkan jika ingin menambah nilai produksi dan mozetnya.

Namun, sebagai permulaan, itu sudah cukup bisa jalan. Dengan modal segitu, Sobat sudah bisa menjual 100 cup Pop Ice. Harga jualnya sekitar Rp. 3.000 hingga 5.000/cup disesuikan dengan pembeli dan lokasinya.

2. Cappucino Cincau

Es Cappucino Cincau Serut adalah salah satu peluang bisnis minuman Rp 300rb
es cappucino cincau serut by spesial-mama.blogspot.com

Meskipun minuman es cappuccino cincau sudah lama ada, tapi minuman ini masih laris manis. Rasa es cappuccino dengan bulir-bulir cincau hitam ini punya sensasi unik bagi penggemarnya.

Minuman ini biasanya menjadi pelepas dahaga sekaligus memanjakan lidah dengan rasanya yang nikmat. Harganya juga terbilang merakyat sehingga pembeli senang memilih es ini untuk dinikmati siang hari.

Lalu, apakah usaha es cappuccino cincau termasuk dalam kategori peluang bisnis minuman Rp. 300rb? Asal Sobat bisa memilah mana modal yang paling penting, maka itu bisa saja. Yuk coba kita hitung.

Modal Awal Usaha Cappucino Cincau Untuk 50 Cup

Es cappucino cincau adalah minuman dalam kemasan cup plastik dengan rasa khas cappuccino,serutan es batu, dan cincau serut. Ada juga yang menambahkan toping coklat dan lain-lain sebagai variasi.

Lalu, apa saja alat dan bahan baku yang kita butuhkan untuk memulai usaha ini?

Bahan baku awal produksi es cappuccino cincau antara lain:

Cup Plastik Ukuran 14 atau sedang (isi 50 pcs) = Rp.8.000
Sedotan Cincau 1 Pack (isi 300 pcs) >>> Rp.12.000
Serbuk Rasa 1Kg (bisa dapat 75 takaran) = Rp.85.000
Gula Pasir 1Kg (untuk 30 cup) = Rp.14.000
Jika 50 cup bisa kita hitung sekitar Rp. 19.000 (dibulatkan)
Cincau batangan 1 kg = Rp.10.000
Susu Coklat Cair 1 Kaleng (untuk 30 cup) = Rp8.000
Untuk 50 cup kita bulatkan jadi 2 kaleng saja ya, Rp. 16.000
Es batu 4 bungkus besar = Rp.8.000
Total Rp. 180.000

Peralatan Usaha Es Cappucino Cincau

Blender harga mulai dari Rp. 250.000
Mesin press cup Rp. 650.000
Toples gula dan serbuk rasa capucino Rp. 20.000

Jika ingin menghemat, maka untuk blendernya, lagi-lagi Sobat bisa membeli blender manual harga 100 ribuan di berbagai ecommerce. Hanya saja, menggunakan blender ini pastinya cukup melelahkan.

Namun, kenapa tidak jika kita ingin memulai sebuah usaha dari modal kecil, ya? Total modal bisnis minuman es cappuccino cincau hanya perlu 300 ribu saja jika hanya menggunakan alat tersebut.

Lagipula, jika kita menjualnya di lokasi yang pas dan pelayanan yang baik, pasti untung. Harga es cappuccino cincau kisarannya Rp. 7.000/cup hingga Rp. 11.000 tergantung lokasi dan kemasannya.

Nanti jika sudah berkembang, bisa membeli blender listrik dan mesin press cup. Begitu juga dengan kemasan dan merek serta spanduk di tempat jualan bisa membuatnya belakangan.

3. Teh Tarik Jelly

teh tarik adalah ide usaha minuman kekinian modal kecil
teh tarik by shopee.co.id

Peluang binis minuma Rp 300rb yang ketiga adalah teh tarik jelly. Sobat pasti juga sudah kenal minuman satu ini karena sedang booming belakangan ini.

Minuman yang terkenal di Indonesia dan Asia Tenggara ini memang punya rasa yang enak dan menyegarkan. Harganya juga ekonomis.

Umumnya pangsa pasar teh tarik adalah kaum pelajar dan anak-anak. Pemasaran bisa dilakukan di pinggir jalan atau usaha rumahan secara online.

Lalu, Berapa Modal Awal Bisnis Minuman Teh Tarik Jelly?

Bahan dan peralatan untuk modal usaha teh tarik ini sebenarnya bisa menghabiskan jutaan. Bahkan, jika semua peralatannya beli baru semua dan dengan kemasan maksimal bisa mencapai 7 jutaaan hingga belasan juta.

Meski demikian, ada juga harga franchise teh tarik yang cukup terjangkau yaitu 2 jutaan. Next time saya akan ulas juga soal ini. Tunggu aja ya, Sobat.

Namun kali ini, kita mau mencoba menghitung modal usaha teh tarik dengan modal hanya 300 ribu.. Apakah bisa? Yuk, simak saja.

Modal Bahan Baku The Tarik Jelly

Ini adalah perhitungan untuk membuat 20 cup teh tarik. Asumsikan saja ini sebagai jumlah produksi satu hari, ya.
2 kotak Susu cair Full Cream UHT 1000 ml >>>> Rp. 22.000
3 bungkus teh tubruk hitam melati @40 gram >>>> Rp. 10.000
2 kg gula pasir >>>> Rp. 29.000
1 kaleng susu kental manis putih >>>> Rp. 14.500
4 bungkus Nutrijell plain >>>> Rp. 18.000
2 bungkus Nutrijell puding susu rasa cokelat >>>> Rp. 17.000
Cup plastik ukuran sedang >>>> Rp. 8.000 (ini isi 50 pcs)
Sedotan plastik >>>>> Rp. 12.000
Total >>>> Rp. 130.000

Peralatan yang Diperlukan untuk Usaha Teh Tarik Jelly

Untuk peralatan yang diperlukan sebenarnya bisa memanfaatkan yang ada di rumah. Jika ada yang kurang bisa lengkapi yang benar-benar penting dan menunjang usaha.
Peralatan untuk usaha teh tarik antara lain panci, meja, saringan, gelas yang ada gagangnya untuk menarik adonan teh, mesin press gelas plastik, kompor dan tabung gas, dan sendok.
Beruntung jika Sobat sudah punya semua peralatan ini. Umumnya semua alat ini sudah sedia di rumah. Cukup bahan di atas saja yang Sobat sediakan. Karena itu untuk takaran 20 cup, bisa dilipatkan jadi 40 cup, modalnya masih kurang dari 300 ribu.

Adapun harga jual teh tarik jelly sekitar Rp. 5.000 hingga 10.000 sesuai lokasi dan target pasar. Begitu pula disesuaikan dengan varian rasa, bahan baku, dan kemasan. Untuk bahan baku di atas, sebenarnya termasuk teh tarik dengan bahan yang maksimal.

Sobat bisa meminimalisir lagi bahannya jika ingin jual dengan harga 5 ribuan. Bahan yang bisa dieliminasi antara lain susu UHT dan nutrijell pudding coklat. Jadi, bahan yang kita buat tidak boros dan bisa dapat laba lebih besar.

Trik Memulai Usaha Minuman Modal 300 Ribu Supaya Untung

Walupun dengan meminimalisir modal dan peralatan, tapi dengan uang 300 ribu, bisa menjalani bisnis ini. Umumnya bisnis kuliner, termasuk minuman menggunakan peralatan rumah tangga. Jadi, tidak perlu keluar modal besar. Kecuali ingin membukanya dalam bentuk kedai khusus dan sewa tempat jualan. Pasti modalnya jutaan.

Nah, bagaimana agar usaha minuman modal 300rb ini bisa berjalan dan menghasilkan omzet luymayan?

1. Jualan Depan Rumah

Kalau kebetulan rumah Sobat ada di lokasi padat penduduk, atau di lokasi strategis, maka tidak perlu sewa tempat lagi. Bahkan usaha di dalam rumah dan pembeli datang sendiri juga bisa.

Biasanya di sekitar rumah saya penjual minuman murah meriah buka sendiri di dalam rumah, kemudian anak-anak sekitar komplek datang sendiri untuk membeli.

2. Titip Warung atau Toko Terdekat

Bagaimana jika masih ragu dengan kondisi lokasi rumah yang kurang prospektif? Sobat bisa bekerjasama dengan pemilik toko atau warung yang punya kulkas di tokonya. Begitu juga rumah makan yang ada kulkasnya.

Inspirasi usaha ini bisa masuk kategori bisnis minuman yang bisa dititipkan di warung. Asalkan kemasannya tidak mudah tumpah dan menarik kemasannya.

Cari saja toko-toko sebanyak mungkin kota Sobat dan minta titip jualan sebagai pemasok teh tarik atau cappuccino cincau. Hanya saja, cara pemasaran ini pasti butuh kemasan rapat dengan alat press cup platik yang harganya 600 ribuan.

Jadi, pertimbangkan saja apakah mau mengeluarkan modal lagi untuk mesin ini atau tetap memakai kemasan tanpa mesin dengan pemasaran lain seperti depan rumah atau pinggir jalan dengan meminimalisir peralatan.

3. Pemasaran Lewat Online

Trik lainnya supaya penjualan minuman modal 300 ribu ini laku dan menguntungkan adalah dengan memanfaatkan media digital. Misalnya lewat Instagram, facebook, dan WhatsApp.

Langkah memasarkan lewat online ini bermanfaat untuk mengenalkan bisnis yang kita jalani kepada orang banyak. Bisa jadi orang yang rumahnya dekat justru dapat informasi jualan minuman ini lewat online, kan?

Jika ada tambahan modal nantinya, bisa menaikkan kemasan menjadi cup tertutup supaya bisa mengirim minuman kemasan ini secara luas. Begitu juga bisa bekerjasama dengan pemilik toko sekitar.

Kumpulkan Modal untuk Meningkatkan Peluang Bisnis Rp 300rb Ini Makin Maju

Sobat pasti percaya bahwa semakin besar modal, maka semakin bagus juga peluang usaha. Misalnya seperti minuman di atas, umumnya semua perlu tambahan modal seperti untuk mesin press supaya bisa menjangkau pasar lebih luas.

Begitu juga desain promosi lewat banner, meja kursi dan kedai sederhana pasti perlu tambahan budget. Jadi, kembangkan bisnis minuman ini perlahan-lahan.

4. Menarik Pelanggan dari Orang Terdekat

Trik yang paling penting dalam memanfaatkan peluang bisnis minuman Rp 300rb ini adalah dengan dengan memasarkan produk kepada orang terdekat dulu.

Jika Sobat adalah ibu rumah tangga, maka bisa memberitahukan usaha Sobat di grup RT misalnya, atau memberitahu tetangga, anak-anak yang suka bermain sekitar rumah, dan sebagainya.

Kalau Sobat seorang pelajar, mungkin bisa menawarkannya kepada teman satu kos, grup kelas, satu kampus, dan lain-lain.

Itulah peluang bisnis minuman modal Rp 300rb beserta perhitungan modal dan trik menjalankannya. Kalau ada kemauan, pasti jalan selalu terbuka lebar. Langkah besar selalu dimulai dari langkah kecil. Usaha besar juga bisa dimulai dari usaha kecil-kecilan dulu. Semoga sukses.

Bisnis Apa dengan Modal 300 ribu?

  1. The Tarik Jelly
  2. Pop Ice
  3. Es Dawet
  4. Cappucino Cincau
  5. Es Thailand
  6. Thai Tea
  7. Susu Murni Aneka Rasa

Jual minuman apa yg laris?

Usaha minuman yang laris adalah jenis minuman yang umumnya hemat, mengenyangkan (porsinya banyak), namun rasanya enak dan menyegarkan. Kisaran harga yang bersahabat untuk orang Indonesia antara Rp. 3.000 hingga Rp. 15.000.

Contohnya :

  1. Es Cappucino Cincau
  2. Es Dawet Ayu
  3. Boba Brown Sugar
  4. Thai Tea
  5. Susu Murni Aneka Rasa
  6. Teh Tarik Jelly
  7. Es Buah Thailand

Jualan apa yg cocok untuk pemula?

  • Modal terjangkau
  • Bisnisnya mudah dijalankan sendiri
  • Tidak rumit perhitungan bisnisnya

Misalnya :

  1. Bisnis minuman kekinian pinggir jalan
  2. Jualan online dari rumah
  3. Bergabung bisnis franchise

Usaha apa yang modal dikit untung banyak?

  • Repacking Snack Bal balan
  • Jual Es Teh Tarik Jelly
  • Produksi ┬ádan Jual Arum Manis

Usaha apa yang bagus di tahun 2021?

  1. Usaha Minuman Kekinian
  2. Bisnis Minuman Kemasan Cup
  3. Jual Makanan Online
  4. Usaha Catering Pabrik
  5. Catering Pernikahan
  6. Bisnis Makanan yang Laku Setiap Hari

Tinggalkan komentar