Modal Usaha Sosis Bakar Serba 2000 dan Perkiraan Labanya

Berapa modal usaha sosis bakar serba 2000 dan perkiraan labanya per bulan? Kali ini Bisniskulinerku.com akan mengulas tentang bisnis jajanan yang sangat disukai berbagai kalangan, yaitu sosis bakar.

Cemilan mengenyangkan yang sering ditemui di pinggir jalan, tempat wisata, area sekolah, dan penjual rumahan ini memang lezat dan banyak penggemar. Tidak hanya anak-anak dan remaja saja, orang dewasa juga menyukainya.

Sebagai jajanan 2000an yang enak dan murah meriah, tentu peluangnya juga terbilang menjanjikan. Habis terjual sebanyak 200 potong sosis sehari saja, Sobat kuliner bisa mendapatkan omzet harian Rp. 400.000. Lumayan juga, kan?

Namun, semua kembali lagi kepada banyak faktor. Seberapa laris usaha tersebut. Laris tidaknya bisnis sosis bakar ini juga ada triknya sendiri. Nanti di akhir tulisan, Bisniskulinerku.com akan memberikan tips terbaik untuk mendongkrak penjualan sosis yang ingin Sobat jalankan.

Baca terus sampai habis, ya.

Modal Usaha Sosis Bakar Serba 2000

Pertanyaannya, berapa modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha sosis bakar ini? Modal yang dibutuhkan bisa sangat murah seperti Usaha Modal 1 Juta di Kampung dan bisa juga mahal, tergantung apakah Sobat sudah memiliki beberapa perlengkapan tersebut atau harus membeli semuanya dari awal.

Selain itu, murah dan mahalnya modal usaha sosis bakar serba 2000 ini juga tergantung bagaimana konsep bisnisnya dan lokasinya. Apakah menggunakan peralatan lebih mewah atau sederhana. Lokasinya perlu sewa atau tidak. Simak selengkapnya.

1. Modal Tetap

Modal tetap merupakan biaya untuk berbagai keperluan bisnis berupa perlengkapan yang bisa digunakan dalam waktu lama. Peralatan dan perlengkapan ini menjadi penunjang keberlangsungan usaha sosis bakar ke depannya.

Ada peralatan yang mungkin sudah Sobat miliki di rumah dan tidak perlu membelinya lagi, ada juga yang mungkin belum ada. Silahkan sesuaikan. Ini adalah perkiraan modal tetap yang perlu disiapkan untuk bisnis sosis bakar serba 2000.

PeralatanHarga
Gerobak sosis bakar/ booth + desain gambarRp. 1.500.000
Pemanggang dan tabung gasRp. 300.000
Kulkas 1 pintu (untuk penyimpanan sosis dan bumbu oles)Rp. 1.800.000
Wadah bumbuRp. 30.000
Alat masak (penjempit, pisau, talenan)Rp. 50.000
TotalRp. 3.680.000

Jadi, total modal untuk perlengkapan tetap adalah Rp. 3.680.000,-

Total biaya yang dibutuhkan ini bisa sama atau berbeda dengan yang Sobat keluarkan. Jumlahnya bisa lebih murah jika sudah punya alatnya, seperti kulkas dan alat dapur lainnya.

Harga perlengkapan di atas juga merupakan perkiraan harga barang yang standar di toko online. Belum termasuk ongkos kirim. Bisa berbeda juga tergantung produk yang dipilih. Silahkan dirinci kembali dengan melakukan survey berbagai barang yang diperlukan.

2. Biaya Operasional Perbulan

Selain modal tetap, Sobat juga perlu menghitung biaya operasional per bulan. Modal yang dikeluarkan di bulan pertama untuk operasional bisa terhitung sebagai modal awal juga. Jadi, bisa menyiapkan dana dengan akurat supaya bisnis lancar ke depannya.

Perkiraan modal usaha sosis bakar serba 2000 untuk operasional per bulan adalah sebagai berikut:

Bahan Baku untuk 1 BulanHarga
SosisRp. 1.650.000
Mayonaise, Saus, KecapRp. 150.000
Bumbu Oles (margarine, barbeque)Rp. 250.000
Kemasan sosis plastikRp. 50.000
TotalRp. 2.000.000

Perkiraan total biaya operasional satu bulan pertama adalah Rp. 2.000.000,-

Biaya operasional tersebut adalah untuk perkiraan penjualan 50 hingga 100 pcs sosis bakar per harinya. Bahan sosis, bumbu, dan kemasan bisa saja ada yang lebih dulu habis.

Bahan di atas juga bisa saja habis dalam waktu singkat sekitar 1 minggu saja, tergantung animo pembeli.

Untuk menekan biaya awal, Sobat juga bisa membeli bahan baku untuk 1 sampai 3 hari dulu. Itu juga baik untuk mengetahui perbandingan antara bahan baku, bumbu, dan kemasan. Salah satu contohnya bisa cek harga bahan di Distributor Frozen Food Surabaya ini.

Satu atau dua hari pertama, mungkin hanya perlu beberapa pack sosis ayam dan sapi saja. Barulah hari selanjutnya membeli bahan dan kemasan lagi. Biaya yang dikeluarkan bisa jadi hanya perlu puluhan ribu atau menjadi sebuah Usaha Modal 500 Ribu yang murah.

Total Modal Usaha Sosis Bakar Serba 2000

Sebagai gambaran total modal awal yang Sobat butuhkan untuk memulai bisnis sosis bakar serba 2000, maka jumlahkan biaya tetap dan operasional bulan pertama.

Jadi, total modal usaha sosis bakar serba 2000 adalah Rp. 3.680.000 + Rp. 2.000.000 = Rp. 5.680.000,-

Perkiraan Keuntungan Jualan Sosis Bakar Serba 2000

Jika memperkirakan keuntungan, Sobat bisa lakukan perhitungan omzet bulanan dengan biaya operasional.

Total biaya operasional di atas adalah kisaran penjualan sebanyak 50 buah sosis per hari. Artinya terjual 50×30 hari = 1.500 buah sosis bakar. Lalu, kalikan harga Rp. 2000 menjadi:

1.500 pcs X Rp. 2.000 = Rp. 3.000.000,-

Lalu, kurangi dengan biaya operasional yaitu Rp. 2.000.000,- Totalnya menjadi Rp. 3.000.000 – Rp. 2.000.000 = Rp. 1.000.000,-

Jadi, laba bersih penjualan sosis bakar 2000an selama 1 bulan adalah Rp. 1.000.000,-

Sebagai permulaan, keuntungan segitu terbilang baik. Perkiraan ini adalah yang cukup rendah jika yang laku setiap hari sebanyak 50 pcs saja. Supaya mendongkrak penghasilan, setidaknya harus bisa laku terjual lebih dari itu.

8 Tips Sukses Jualan Sosis Bakar Serba 2000

Setiap usaha pasti memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Begitu juga bisnis sosis bakar serba 2000 ini.

Kelebihan jualanan sosis bakar 2 ribuan, di antaranya:

  • Harganya sangat terjangkau.
  • Pelanggan dari banyak kalangan, baik anak-anak, remaja, hingga dewasa.
  • Merupakan salah satu jenis Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari.
  • Modal yang dibutuhkan relif murah.
  • Tidak membutuhkan tempat yang luas.
  • Bisa dijual di berbagai tempat, seperti sekolah, tempat wisata, pinggir jalan, depan rumah, dan jualan keliling.

Selain kelebihannya, jualan sosis bakar harga 2 ribuan juga memiliki sejumlah kekurangan, di antaranya:

  • Menunya bisa membuat pelanggan bosan.
  • Proses pengolahan yang lama.
  • Persaingan yang ketat, karena semakin mudah suatu usaha dijalankan, maka persaingan juga semakin banyak.

Namun, Sobat perlu menanamkan dalam diri bahwa semua jenis bisnis memang memiliki kelemahan dan kelebihan. Tinggal bagaimana trik yang terbaik supaya kekurangan tersebut tidak menggagalkan usaha. Sebaliknya, Sobat bisa menonjolkan kelebihan sehingga usaha lancar. Bahkan bisa sukses besar. Sama halnya dengan Usaha Makanan Ringan Serba 2000 ini.

Apa saja tips suapaya rencana bisnis sosis lancar dan modal usaha sosis bakar serba 2000 yang sudah dikeluarkan menghasilkan untung yang berlimpah?

1. Tampilan yang Menarik dan Unik

Tempat jualan seperti gerobak atau booth sebaiknya didesain menarik perhatian. Meskipun tidak unik, tapi setidaknya menggoda orang yang lewat untuk mencicipi.

Di antaranya dengan menampilkan gambar sosis bakar yang lezat di bagian depan gerobak atau booth. Jangan lupa pemilihan warna yang cerah dan menarik. Termasuk menuliskan harga yang jelas.

Sosis bakar 2000an akan menarik bagi pembeli, tarutama kalangan anak-anak dan remaja sekolahan. Siapa yang tidak tergiur membeli jajanan murah dan enak?

Jangan sampai orang mengira harga sosis bakar yang Sobat jual, harganya mahal. Apalagi sampai tidak tahu Sobat jualan apa. Tidak kalah penting juga, sebaiknya ada etalase di booth atau gerobak untuk menaruh bahan baku.

2. Layani Pembeli dengan Ramah

Banyak pembeli kapok karena penjual yang terlalu cuek, dingin, apalagi sampai jutek. Entah pembeli jajanan ataupun kuliner lainnya.

Ramah tidak harus banyak tanya, banyak bicara, tapi cukup dengarkan apa keinginan pembeli dan bicara seperlunya. Jangan lupa tersenyum.

Kunci utamanya memang harus ada ketulusan dari dalam hati untuk melayani, menyenangkan, dan niatkan ibadah. Mencari nafkah juga ibadah yang besar pahalanya, lho Sobat. Jadi, jalani dengan senang hati. Pasti aura yang Sobat pancarkan juga positif.

3. Melayani dengan Cepat

Apakah Sobat pernah merasa kesal menunggu jajajan yang dibuat sangat lambat? Bukan karena mengantre, tapi penjual yang memang sangat lama gerakannya. Pasti itu membuat dongkol, ya.

Pelayanan yang juga tidak kalah penting adalah kecepatan dalam membuat, mengemas, menyajikan, dan serah terima uang dengan pembeli.

Jangan sampai hanya mengoleskan saus dan mentega seperti mengelus kucing kesayangan. Hehe..

Jika cepat, tidak hanya pembeli puas tapi Sobat juga bisa menjual lebih banyak sosis bakar dalam waktu singkat.

Walaupun merupakan modal usaha sosis bakar serba 2000 yang notabene bisnis kecil, tapi jika dilakukan dengan profesional, bisa menjadi bisnis skala besar. Bahkan menjadi sebuah waralaba atau usaha dengan banyak pegawainya seperti Bisnis Sehari Untung 1 Juta ini.

Bagaimana jika sudah bawaan, misalnya Sobat termasuk orang yang tidak begitu cepat dalam beraktivitas? Kalau sifatnya bawaan, tidak ada salahnya terus berlatih fokus dan terus latihan mengerjakan pelayanan secepat yang Sobat bisa. Namun, utamakan ketelitian.

4. Jangan Lupa, Selalu Sedia Kembalian

Hal yang sering disepelekan tapi penting adalah masalah kembalian. Sobat pasti tidak nyaman dengan penjual yang selalu saja tidak punya kembalian.

Apalagi sampai memberi saran kepada pelanggan supaya jajanannya dibawa pulang saja, besok ke sini lagi. Atau menyuruh membeli barang lain dulu, lalu nanti kembali ke penjual tersebut setelah ada uang kecil.

Sekali atau dua kali mungkin tidak masalah, tapi jika sering, itu bisa membuat pembeli berpikir dua kali untuk jajan. Terutama jika uangnya tidak pas sesuai harga.

Supaya selalu sedia kembalian, Sobat usahakan uang besar seperti 50 ribuan, 100 ribuan, dan lainnya ditukar dulu ke toko, saudara, atau tetangga menjadi pacahan kecil sebelum berjualan. Kalau perlu, uang dari pembeli yang kecil-kecil dari 500 rupiah, 1000 rupiah, hingga 10 ribuan jangan digunakan dulu sampai terkumpul banyak.

Selalu sedia kembalian juga mempermudah jual beli dan mempercepat proses transaksi. Penjualan juga lebih cepat dan memuaskan pelanggan.

5. Selalu Menjaga Kebersihan

Kebersihan adalah poin yang penting juga supaya bisnis sosis bakar 2000an laris manis. Tidak hanya membuat pembeli nyaman, peralatan dan tempat memanggang yang bersih juga berpengaruh pada higienisnya jajanan.

Sosis bakar merupakan bisnis kuliner yang memang harus mengutamakan kebersihan, karena merupakan barang konsumsi. Baik alat masak, kemasan, hingga tempat jualan harus bersih.

Jangan salah, lahan sekitar gerobak sosis bakar juga bisa memberikan kesan penting. Sebisa mungkin hindari berjualan di dekat tempat kumuh dan jaga kebersihan sekitar tempat jualan.

6. Promosi yang Kreatif

Tips sukses bisnis yang tidak boleh terlewatkan adalah promosi. Meskipun dianggap jajanan yang harganya murah, tapi jika dipromosikan dengan gencar, pasti akan lebih banyak pembeli.

Di antara promosi yang bisa Sobat lakukan adalah dengan menyebarkan pamflet (kalau masih relevan), share di media sosial dan status WhatsApp. Mulai dari orang terdekat seperti keluarga, tetangga, dan kenalan yang ada di kontak.

Tidak kalah penting adalah kata-kata yang digunakan. Tonjolkan kelebihan seperti harga 2000an yang memang murah meriah, sertakan gambar yang menggugah selera, dan beri tahu kontak dan lokasi penjualan.

7. Perluas Target Pembeli

Jualan di area ramai setiap hari seperti pinggir jalan mungkin tidak akan menemui kendala soal jumlah pembeli. Terutama jika tempat usaha sudah memiliki desain menarik, rasa sosis yang enak, dan pelayanan memuaskan.

Namun, jika Sobat menemui kendala seperti ada kalanya sepi pelanggan, bisa terapkan cara lain. Salah satunya berjualan secara online dengan sistem pesan antar.

Siapa yang bisa menjadi pelanggan sosis bakar 2000an melalui sistem pesan antar? Biasanya yang senang membeli jajanan seperti ini adalah anak-anak TK dan SD di perkotaan.

Anak-anak sekolah biasanya memerlukan snack antara pukul 9 hingga 11 pagi. Ada komite sekolah atau perwakilan wali murid yang mengkoordinir snack untuk anak. Nah, Sobat bisa menjualnya kepada kalangan tersebut.

Targetkan penjualan secara pesan antara ke banyak sekolah di kota tempat tinggal Sobat. Pastikan kemasannya juga aman dan rapi.

8. Buat Variasi Menu

Meskipun sosis bakar harga 2000 bisa laris jika dimaksimalkan dan merupakan Usaha Jajanan Anak dengan Modal Kecil dengan potensi keuntungan besar, tapi menawarkan variasi lain bisa menjadi pilihan jika pelanggan mulai bosan.

Ini bisa menjadi opsi terakhir jika memang jualan sosis bakar 2000an menemui kendala. Sobat bisa menambah variasi lainnya.

Di antara variasi Sosis harga 2000an yang bisa dicoba antara lain:

  • Sosis ulir crispy
  • Sate sosis telur atau sostel
  • Bakwan sosis parut

Sobat juga bisa memberikan pilihan sosis ayam, sapi, atau sosis ikan kepada pelanggan. Namun, itu tergantung perhitungan usaha dan bagaimana selera pembeli.

Itulah ulasan tentang modal usaha sosis bakar serba 2000 dan tips sukses menjalankan bisnisnya. Modal di atas adalah perkiraan. Silahkan sesuaikan dengan kebutuhan Sobat. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Referensi:
Panggangansosis.id
Hippopx.com (Gambar)

Tinggalkan komentar