9 Usaha Modal 1 Juta di Kampung yang Punya Prospek Bagus

9 Usaha Modal 1 Juta di Kampung yang Punya Prospek Bagus

Apa saja nih ide usaha modal 1 juta di kampung? Jika Sobat ingin menjalankan bisnis kreatif dan menghasilkan di desa, mewujudkannya mudah dengan biaya 1 juta saja.

Sebuah kampung biasanya memang tidak terlalu ramai jika kita bandingkan dengan daerah perkotaan. Namun bukan berarti prospek untuk membuka usaha di kampung kecil, apalagi untuk usaha di bidang kuliner mulai dari makanan berat sampai jajanan. Modal minim bukan halangan untuk bisa menjalankan usaha menguntungkan di desa. Bahkan bisa juga menjadi peluang usaha untuk ibu rumah tangga modal 1 juta. Yuk, simak selengkapnya.

9 Ide Usaha Modal 1 Juta Di Kampung yang Menguntungkan

Ada beberapa usaha yang cocok  dibuka ketika Sobat ingin berjualan di pedesaan. Dengan modal pas-pasan, berikut 8 ide usaha modal 1 juta di kampung dengan prospek yang bagus ke depannya. 

1. Es Buah

Rekomendasi yang pertama adalah es buah. Di daerah perkampungan apalagi jika kampung yang ramai, sangat potensial untuk jualan es buah pada siang hari di terik sinar matahari. Apalagi jika Sobat memilih untuk berjualan di lokasi sekolah.

Es buah juga menjadi salah satu usaha dengan modal kecil bahkan dibawah satu juta, bisa mendirikan kios es buah kecil-kecilan. 

Untuk modal pembuatan es buah juga tidak terlalu mahal dan tidak terlalu banyak. Bahan dasar yang dibutuhkan adalah aneka ragam buah, sirup, susu dan juga es batu. Jika Sobat tidak ingin mendirikan kios, bisa berjualan es buah keliling dengan menggunakan gerobak jualan. Atau jika ingin lebih hemat modal, bisa berjualan es buah di teras rumah. 

2. Jajanan Anak Sekolah

Selanjutnya Sobat juga bisa memilih untuk berjualan jajanan anak sekolah. Ada banyak pilihan jajanan anak sekolah yang bisa Sobat jual, tanpa harus berjualan di lokasi sekolah.

Sobat Kuliner bisa memilih lokasi di dekat jalan utama, dirikan warung kecil-kecilan atau bisa juga dengan menggunakan gerobak. Ada banyak jajanan yang bisa Sobat pilih mulai dari snack atau makanan ringan hingga jualan aneka jenis makanan anak-anak. Bahkan, usaha jenis ini termasuk dalam jajaran usaha modal 500 ribu yang terjangkau sekali. Menarik, bukan?

Mulai dari telur gulung, jagung goreng, mi lidi, cilok, bakso goreng, bakso bakar, siomay, aneka es khas jajanan anak-anak, dan lain-lain. Berjualan makanan seperti ini, tidak hanya murah tapi juga terjangkau untuk bahan-bahannya.

Sebisa mungkin, menjual makanan olahan yang bisa dibuat sendiri agar lebih hemat modal. Biasanya yang membuat mahal adalah pembuatan kios ataupun gerobak jualan.

3. Kue Tradisional

Usaha modal 1 juta di kampung yang juga layak Sobat coba adalah berjualan kue tradisional. Kue-kue tradisional bisa Sobat jajakan keliling kampung atau berjualan di rumah. Berjualan kue di kampung cukup tradisional karena biasanya lidah orang kampung selalu cocok untuk makan makanan ini. Sobat bisa membuat kue tradisional khas daerah ataupun kue tradisional modifikasi. 

Ada banyak pilihan kue tradisional yang bisa Sobat buat sendiri dirumah. Atau jika tidak piawai, bisa membelinya dari orang lain lalu Sobat menjualkannya sistem bagi hasil. Kue tradisional yang cukup banyak digemari oleh masyarakat kampung adalah kue lapis, kue dadar, apem, putu ayu, kue bugis, putu mayang, nagasari, klepon, cenil dan masih banyak lagi. Menariknya lagi, kue tradisional ini bisa Sobat jual setiap hari karena biasanya orang-orang kampung suka sarapan kue ketimbang nasi. 

4. Nasi Uduk 

Untuk memenuhi kebutuhan sarapan pagi di kampung, Sobat bisa memilih untuk membuka usaha jualan sarapan. Salah satu sarapan yang disukai orang-orang, baik di perkotaan sampai pedesaan adalah nasi uduk.

Jualan nasi uduk juga merupakan salah satu pilihan usaha yang murah dan bisa dilakukan dengan modal minim 1 jutaan hingga dibawah satu juta. Bahkan nasi uduk juga merupakan jualan makanan yang laku setiap hari dan terkenal menjanjikan.

Sobat juga bisa menambah menu lainnya jika ingin menu makanan di warung lebih bervariasi. Misalnya bubur ayam, lontong Medan dan  lain-lain. Jangan lupa Sobat juga bisa menjual aneka gorengan yang bisa menjadi teman santap sarapan pagi.

5. Jualan Gorengan 

Membuka usaha jual gorengan juga terpantau cukup diminati di wilayah perkampungan. Namun kelemahannya adalah ada cukup banyak persaingan di bisnis ini. Biasanya meskipun di perkampungan, Sobat bisa menemukan beberapa usaha gorengan. Umumnya, gorengan yang enak dan murah yang tetap bertahan dalam waktu lama.

Berjualan gorengan punya prospek ke depan yang cerah, karena seperti diketahui siapa yang tidak suka dengan aneka gorengan. Mulai dari anak kecil sampai orang dewasa,p suka makan gorengan baik sebagai camilan ataupun pendamping lauk makan. Terlebih lagi, Sobat juga bisa berjualan gorengan tanpa harus mendirikan warung alias bisa jualan di depan rumah. 

6. Warung Bakso

Jika di kampung Sobat belum terdapat warung bakso, apa salahnya Sobat mendirikan warung tersebut. Mungkin banyak orang berpikir bahwa warung bakso tidak akan laris karena targetnya hanyalah orang kampung saja. Maka dari itu, Sobat harus punya inisiatif untuk membuka warung bakso pertama di kampung. 

Tidak perlu membuka warung besar, warung kecil-kecilan saja dengan kios kecil ataupun teras rumah. Jadi dengan biaya 1 juta Sobat tetap bisa membuka warung bakso. Meskipun hanya warung kecil, baiknya Sobat Kuliner memprioritaskan pada pelayanan. Misalnya dengan membuka warung bakso mulai dari siang hari sampai malam hari. Dengan begitu, ada cukup banyak peluang untuk mendapatkan pelanggan di warung Sobat. 

7. Cendol Dawet

Sebelumnya, dijelaskan jenis usaha yang cocok Sobat coba adalah jualan es buah. Selain es buah, Sobat juga bisa coba untuk berjualan jenis minuman lainnya yaitu cendol dawet. Di tengah panasnya cuaca di kampung, cendol dawet juga menjadi pilihan untuk orang-orang agar bisa menghilangkan dahaga. 

Harganya yang terjangkau tapi punya rasa nikmat ini membuat es dawet laris walau kita jual di desa. Hanya saja, Sobat tidak boleh menawarkan harga sebagaimana di kota. Tentunya perlu menyesuaikan dengan harga pasaran.

Sobat bisa berjualan berkeliling atau punya tempat di pinggir jalan untuk mendapatkan banyak pelanggan cendol dawet. Usaha cendol dawet ini juga merupakan usaha modal 1 juta di kampung yang bisa Sobat rintis sendiri. Sobat bisa meracik dawet sendiri dengan belajar dari internet atau YouTube atau belajar langsung dari ahlinya. 

8. Minuman Kekinian Harga Murah

Di antara usaha yang menjanjikan dan omzetnya bagus adalah jualan minuman kekinian. Tidak terkecuali untuk dijalankan di desa.

Produk minuman kekinian antara lain seperti boba brwn sugar, teh tarik, thai tea, es buah Thailand, kopi susu, es cokelat, dan lain-lain. Harganya bisa Sobat sesuaikan dengan bahan pembuatannya.

Bisa dengan memilih distributor bubuk minuman terdekat yang menawarkan harga lebih murah. Namun, jangan lupa pastikan kualitasnya bagus dan terpercaya. Caranya dengan melihat ulasan konsumen lainnya. Beli langsung ke lokasi atau online sekarang mudah sekali.

9. Jualan Kue atau Bolu

Sobat yang punya keahlian untuk pembuatan cake, bolu, kue, atau kue-kue ulang tahun, maka jangan sia-siakan keahlian tersebut. Berjualan cake merupakan usaha yang cukup fleksibel walaupun kita pasarkan di pedesaan, karena Sobat tidak perlu memiliki toko.

Hanya melakukan promosi dari mulut ke mulut di kampung, dengan begitu Sobat bisa mendapatkan pelanggan. Tidak banyak orang di kampung yang memiliki keahlian ini tapi mereka juga membutuhkan dan menyukainya. Apakah untuk acara khusus, syukuran, hajatan, ulang tahun, atau cemilan sehari-hari.

Jadi sistemnya adalah ketika ada yang memesan untuk berbagai acara, barulah Sobat membuat kue pesanan tersebut. Tidak perlu memajang kue di etalase karena jika tidak laku bisa mengalami kerugian. Selain itu, berjualan kue ulang tahun biasanya tidak selalu setiap hari ada pesanan. Tetapi bisa saja jika sedang ramai, Sobat mendapatkan lebih dari 5 pesanan dalam satu hari. 

Melakukan promosi tidak hanya dari mulut ke mulut, Sobat bisa promosi lewat sosial media. Misalnya saja dengan promosi rajin di Facebook kampung. Jangan salah, kini masyarakat kampung juga sudah melek teknologi terutama untuk sosial media. Jika perlu, Sobat bisa coba cara menjual kue lewat online ini. Pasti bermanfaat.

Itu tadi beberapa rekomendasi usaha modal 1 juta di kampung yang mungkin bisa Sobat  coba aplikasikan. Membuka usaha di kampung dan di perkotaan memang cukup berbeda. Meski minim persaingan tapi karena perkampungan relatif memiliki jumlah masyarakat yang lebih sedikit, sehingga ada batasan pilihan jenis usahanya.

Tinggalkan komentar