Peluang Usaha Puding Karamel Rumahan Ala Jane Shalimar

Peluang Usaha Puding Karamel Rumahan Ala Jane Shalimar

Kali ini saya ingin membagikan peluang usaha puding karamel yang pernah dirintis juga oleh artis cantik Jane Shalimar. Inspirasi bisnisnya tidak lekang oleh waktu.

Bisnis puding karamel ini sempat diposting oleh Vanessa Agel di akun instagramnya @vanessaangelofficial. Konon, rasa puding caramel buatan Jane Shalimar ini unik dan tidak ada yang bisa meniru resepnya. Jadi, usaha ini tidak diperbesar dan hanya dibuat oleh tangannya karena alasan khawatir berubah dalam cita rasa.

peluang usaha puding karamel seperti Jane Shalimar

Bagi Sobat Kuliner yang ingin menjajal usaha di bidang makanan dan fokus ke menu dessert, sepertinya puding adalah pilihan tepat. Tidak hanya bisa jadi makanan penutup, puding juga bisa untuk cemilan sehat.

Peluang Usaha Puding Caramel

Bagaimana peluang usaha puding karamel ini? Jika Sobat Kuliner melakukan kreativitas dalam mengemas, meracik, dan memasarkan bisnis dessert satu ini, pasti ini bisa mendatangkan cuan. Nggak percaya? Yuk simak ulasannya.

Target Pembeli

Siapa sih pasar untuk puding karamel? Pembeli puding bisa siapa saja, termasuk anak-anak, remaja, dewasa, dan orang tua. Puding bisa Sobat pasarkan kepada anak-anak TK, SD, anak kuliah, hingga masyarakat umum.

Jadi, tidak ada batasan usia untuk pembelinya. Namun, jika ingin lebih fokus, bisa menentukan sendiri apakah puding yang Sobat jual untuk anak-anak atau dewasa.

Kemasan

Sebelum ke tahap selanjutnya, merencanakan kemasan juga penting. Umumnya puding dijual dalam bentuk cup supaya mudah dibawa dan dipasarkan. Peluang usaha puding karamel cup lumayan besar karena di perkotaan umumnya banyak tempat berjualan dessert.

Bisa juga memakai kemasan mangkuk plastik cukup besar. Misalnya 200 ml atau 300 ml untuk pelanggan yang ingin porsi lebih. Biasanya ini cocok untuk pelanggan usia remaja hingga dewasa. Saya sebagai penyuka puding juga suka sekali jika membeli porsi mangkuk.

Pemasaran

Cara memasarkan puding bisa dengan menitipkan puding cup di tempat jajanan pasar, kantin, food court, ataupun memasarkan secara online dan melayani pesanan.

Sekarang, bisnis kuliner secara online lewat WhatsApp, Instagram, dan media sosial lainnya sudah menjamur. Tinggal kita mau menawarkan produk olahan apa dan melakukan strategi marketing yang oke.

Bahkan, sudah banyak yang menjual puding lewat e-commerce. Asalnya harus memberikan catatan pengiriman dengan Gosend dan tidak menggunakan ekspedisi. Tentu saja karena makanan ini harus segera dikonsumsi oleh pelanggan, ya.

Harga Puding Caramel

Untuk harganya, Sobat bisa menyesuaikan dengan lingkungan atau mencari tahu harga pasaran saat ini. Umumnya harga satu porsi puding caramel ukuran 200 ml adalah 9 ribuan. Jika ukurannya lebih kecil, bisa sesuaikan sendiri.

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Puding Karamel

Puding merupakan makanan yang mudah dibuat dan bahannya juga mudah didapatkan dan murah. Selain itu, peluang pembeli juga besar karena hampir semua orang suka. Varian rasa caramel juga termasuk banyak orang suka.

Kekurangannya, puding adalah makanan yang tidak bisa bertahan lama dan harus segera dikonsumsi. Jadi, measarkan produk ini harus disesuaikan dengan permintaan pasar. Jangan sampai jumlah produksi berlebih tanpa menghitung animo pembeli.

Selain itu, selera orang terhadap puding juga kadang bervariasi. Jadi, Sobat juga bisa menyediakan variasi rasa lain untuk memenuhi permintaan pasar. Hanya saja, supaya lebih fokus meningkatkan cita rasa, puding dengan rasa caramel bisa dimaksimalkan terlebih dahulu.

Resep Puding Karamel Cup

Resep ini saya dapatkan dari chef Devina Hermawan di akun Youtubenya https://www.youtube.com/watch?v=w–JKHK5Roo. Di sini hidangan pudingnya lembut diberi lelehan saus caramel buatan sendiri yang juga gampang buatnya.

Bahannya simpel banget dan mudah diikuti. Yuk simak Resep Caramel Pudding by Chef Devina di bawah ini. Resep ini adalah untuk ukuran 5 cup.

Bahan untuk membuat caramel cukup dua saja, yaitu gula pasir sebanyak 80 gram dan air 50 gram.

Bahan membuat puding

2 butir kuning telur
500 ml susu UHT (merek apa saja)
40 gr gula pasir
¼ sdt garam
1 gr serbuk agar-agar
5 gr serbuk jelly
¼ sdt ekstrak vanila

Langkah membuat :

  1. Untuk membuat saus caramel, panaskan gula dan air tanpa diaduk. Masak hingga berwarna cokelat muda dan menjadi caramel.
  2. Tuangkan adonan caramel ke dalam cetakan atau cup pudding
  3. Sisakan sebagian di panic, dan caramel yang di dalam panci ini tambah dengan 3-4 sdm air lalu masak hingga menyatu.
  4. Selanjutnya, buat puding dari bahan-bahan yang telah disiapkan. Mulai dengan mengocok telur, lalu sisihkan.
  5. Panaskan susu, agar-agar serbuk, serbuk jelly, garam, dan gula hingga mendidih.
  6. Sementara itu, tuang susu sedikit demi ke dalam kocokan telur sambil terus diaduk.
  7. Selanjutnya, tambahkan ekstrak vanila dan masak lagi adonan puding hingga sedikit mendidih.
  8. Jika telah matang, tuangkan ke dalam cup berisi caramel.
  9. Biarkan pudding hingga mengental atau dingin.
  10. Selanjutnya, keluarkan pudding ke wadah lebih besar. Misalnya mangkuk.
  11. Siram dengan saus caramel yang tadi dicairkan di panci. Pudding caramel siap disantap.

Jika masih bingung, Sobat bisa langsung lihat cara pembuatannya di Youtube Chef Devina, ya.

Nah, bagaimana jika untuk jualan? Puding ini bisa dikemas di cup yang rapat atau sausnya bisa dipisah di plastik kecil. Seperti kemasan bubur kacang ijo atau bubur susmsum yang sering ada di pasaran.

Baca juga:

Gambaran Bisnis Plan Ayam Geprek Lengkap dan Mudah
Resep Puding Mangga, Olahan Buah Kaya Nutrisi dan Enak
Resep Kue Balok Lumer Khas Bandung, Coba Bikin Di Rumah

Perhitungan Usaha Puding Karamel

Bagaimana dengan perhitungan keuntungannya? Sobat bisa mencari tahu harga masing-masing bahan di toko terdekat atau mencari di tempat bahan baku roti dan kue. Namun, untuk bahan membuat puding caramel ini termasuk mudah ditemukan di mana saja.

Jika saat ini cek harga bahan seperti susu UHT 1 liter berkisar di harga 15.000, gula pasir 1 kg 13.500, agar-agar 1 sachet 5.500 atau 1 box isi 12 sachet 44.000, dan agar-agar jelly juga sama sekitar itu.

Untuk membuat 5 cup setidaknya membutuhkan modal bahan baku sekitar:

Gula pasir (80 gr untuk caramel + 40 gr puding) = 120 gr Rp. 16.200
2 butir kuning telur = Rp. 3.000
500 ml susu UHT (merek apa saja) = Rp. 7.500
Garam = Rp. 300 (kira-kira saja)
1 gr serbuk agar-agar = Rp. 500
5 gr serbuk jelly = Rp. 1.100
¼ sdt ekstrak vanilla = Rp. 500
Total = Rp. 29.100
Modal tambahan bisa berupa cup dan sendok plastik kira-kira Rp. 600 per pcs atau 5 x 600 = Rp. 3.000. Lain-lainnya perhitungkan juga gas LPG, alat adapur jika belum ada.
Anggap saja habisnya untuk 5 cup sekitar Rp. 32.100

Untuk 1 cup puding caramel bisa Sobat jual seharga Rp. 9.000 per cup.
Total 9.000 x 5 = Rp. 45.000.
Keuntungannya 45.000 – 32.100 = Rp. 12.900 per 5 cup.

Jika menjalankan usaha dengan maksimal dan menarget penjualan lebih banyak dalam sehari, misalnya ingin laku minimal 50 cup per hari, maka lumayan untung, ya. Bisa memperoleh laba bersih Rp. 129.000 per hari. Variasi rasa pudding juga bisa ditambah atau teknik pemasaran lebih kreatif supaya makin meningkat.

Itulah peluang usaha puding karamel yang bisa Sobat jalankan sebagai ide bisnis, baik usaha sampingan atau bisnis utama. Asalkan mau berusaha, mencoba, dan berproses, maka pasti bisa berhasil dan memperoleh pendapatan yang prospektif. Selamat mencoba.

Tinggalkan komentar