10 Ide Usaha Modal 500 Ribu di Bidang Kuliner yang Paling Menjanjikan

10 Ide Usaha Modal 500 Ribu di Bidang Kuliner yang Paling Menjanjikan

Jika bicara soal biaya dalam memulai sebuah bisnis kuliner, rasanya usaha modal 500 ribu sudah cukup. Mengapa demikian? Usaha di bidang makanan dan minuman sifatnya sangat fleksibel kalau soal modal.

Bahkan dengan modal 50 ribu atau 100 ribu saja, usaha makanan dan minuman sudah bisa jalan. Sobat Kuliner bisa mencobanya sendiri. Peluang untuk suksennya juga terbuka lebar.

Makanan dan minuman adalah kebutuhan pokok manusia setiap hari. Jika menjalankannya dengan benar, banyak orang bisa meraup untung besar bahkan hingga mendunia lewat bisnis ini.

10 Ide Usaha Modal 500 Ribu Paling Menjanjikan dan Bisa Berkembang dengan Mudah

Nah, bagaimana jika Sobat punya budget 500 ribu rupiah saja untuk memulai sebuah usaha?  Tidak ada salahnya karena sebagai permulaan, ada banyak sekali ide usaha modal 500 ribu ini. Apa saja?

1. Jualan Es Thai Tea

Ada peluang usaha mimunan yang lagi hits dan bisa Sobat jalankan dengan modal kecil, yaitu jualan es Thai Tea. Caranya dengan memulai bisnis ini secara personal tanpa bergabung dalam sebuah franchise yang umumnya membutuhkan modal lebih besar.

Dengan mendirikan usaha sendiri, Sobat hanya butuh bahan baku dan peralatan yang sifatnya pokok saja. Jangan dulu memikirkan fasilitas seperti gerobak, apalagi outlet.

Berjualan es Thai Tea bisa dari rumah dengan peralatan dapur yang ada. Lalu, buat nama usaha atau merek es Thai Tea milik Sobat sendiri. Pasarkan lewat WhatsApp dan promosikan kepada tetangga dekat dulu.

Jika sudah berjalan, baru melakukan pengembangan bisnis dan menambah berbagai inventaris yang dibutuhkan.

2. Usaha Minuman Anak SD (Pop Ice, Teh Tarik Jelly, dan Sebagainya)

Selain Es Thai Tea, ada beberapa minuman yang juga hanya perlu modal kecil. Misalnya menjual aneka minuman kegemaran anak-anak SD yang punya uang jajan terbatas.

Pop Ice dan Teh Tarik Jelly salah satu contohnya. Bahkan es ini termasuk dalam salah satu Peluang Bisnis Minuman Modal Rp 300rb yang pernah kita bahas di artikel sebelumnya, lho. Jadi, di bawah 500 ribu sudah cukup.

Syaratnya, lokasi usaha dekat dengan sekolahan atau lingkungan perumahan yang ada banyak anak-anak di sana. Minuman ini bisa melepas dahaga dan menyegarkan tenggorokan bagi anak-anak yang senang bermain dan beraktivitas secara fisik.

3. Reseller Makanan Ringan

Jika masih terkendala modal dan belum bisa memproduksi kuliner tertentu, Sobat bisa memulai dengan menjadi reseller. Misalnya reseller frozen food, menjual kembali aneka jenis Makanan Ringan yang Lagi Booming, atau bahkan bisa dengan menjual kembali snack kiloan dalam kemasan kecil.

Menjual kembali makanan ringan punya kelebihan karena tidak perlu capek-capek memikirkan proses produksi. Hanya perlu memaksimalkan promosi dan memperoleh laba dari penjualan.

Jangan salah, ada banyak orang sudah sukses dengan menjadi reseller makanan ringan atau makanan berat. Jika Sobat punya kemampuan menjual yang handal, pasti bisa dapat keuntungan besar seperti mereka.

4. Reseller dan Dropship Minuman Kesehatan

Minuman kesehatan adalah salah satu peluang usaha yang menjanjikan juga. Mimin pernah menjalani bisnis ini juga, lho. Seperti apa minuman kesehatan yang kami maksudkan?

Salah satu contohnya yang sedang hits saat ini adalah perasan jeruk lemon dan minuman dari jahe. Ada juga yang terbuat dari bahan lain dan tentunya bisa berpeluang juga. Sudah banyak merek terkenal yang sudah mengantongi izin BPOM atau P-IRT sehingga aman dan baik untuk dikonsumsi secara rutin.

Terget mimuman ini biasanya adalah kaum wanita dewasa atau pria hingga lansia yang membutuhkan asupan vitamin C dan ingin menurunkan berat badan. Termasuk yang ingin mengatasi beberapa keluhan seperti sakit lutut, sembelit, asam urat, dan manfaat lainnya.

Umumnya menjual minuman ini mendapat keuntungan 10 ribu hingga 15 ribu per botolnya untuk sistem dropship. Dengan arti kata, tugas kita sebagai dropshipper adalah mempromosikan saja. Sementara barang dikirim langsung oleh agen kepada pembeli.

Keuntungan akan lebih besar jika kita menjadi reseller yang menyetok minuman ini di rumah. Bisa mencapai 25 ribu hingga 30 ribu rupiah per botol. Namun, keuntungan besar dari setiap botol tidak boleh menjadi tujuan utama. Justru target penjualan dalam jumlah banyak dari waktu ke waktu harus jadi misi usaha reseller minuman kesehatan ini.

Menjadi dropshipper minuman kesehatan ini hanya butuh modal smartphone yang sudah Sobat miliki. Promosi lewat media sosial dan WhatsApp. Tidak perlu lagi memikirkan pengemasan dan kirim barang kepada pembeli.

Namun, jika ingin penghasilan lebih besar, bisa mulai menyetok barang dan menjalin kerjasama dengan banyak orang sebagai dropshipper seperti yang Sobat lakukan sebelumnya. Coba saja.

5. Usaha Dimsum Rumahan

Bagi Sobat yang menyukai makanan khas negeri China ini, rasanya sangat cocok menjajal bisnisnya. Jika menyukai makanannya, pasti akan meraciknya sepenuh hati.

Sudah banyak orang menjalani bisnis ini dari rumah dengan modal yang tidak begitu besar. Berbekal peralatan yang sudah ada di dapur, usaha dimsum rumahan hanya perlu modal sekitar 500 ribu rupiah saja. Bahkan bisa lebih hemat dari itu.

Peluang berkembangnya juga besar. Bisnis cemilan khas Negeri Tirai Bambu ini bisa dibuat dalam sajian beku atau froozen food yang bisa tahan lama. Lalu, mengembangkan bisnis secara online atau  menjalin kerjasama dengan banyak reseller. Tentunya ini merupakan jalan bisnis yang menjanjikan, ya.

6. Jualan Jajanan Anak

Apa saja jajajan anak-anak ini? Biasanya panganan yang cocok untuk konsumen anak-anak seperti telur gulung, sosis kriwil, bakso pentol, cilor, sosis goreng, dan segala jenis jajajan yang rasanya lezat namun harganya berkisar antara 500 rupiah hingga 2000 rupiah per pcs.

Modal usaha jajajan anak-anak tidak perlu modal besar. Cukup bahan baku, memanfaatkan kompor dan peralatan memasak sederhana yang sudah ada di dapur, lalu meja untuk stand dagangan.

Menjual jajanan anak-anak bisa Sobat lakukan di depan rumah, pinggir sekolah SD, TK, atau pinggir jalan. Bahkan bisa juga jual keliling dengan sepeda motor. Jika usaha sudah berkembang, Sobat bisa menambah modal dan meningkatkan penjualan ke lokasi yang lebih strategis.

Prospek bisnis ini juga termasuk cerah karena sangat banyak penggemarnya, terutama anak-anak. Bahkan orang dewasa juga bisa sangat menikmati cemilan seperti ini.

7. Bisnis Catering Rumahan

Siapa bilang bisnis catering perlu modal besar? Memang, jika kita membayangkan usaha katering dengan skala besar seperti bisnis catering pabrik, catering pernikahan, dan usaha dalam skala lebih mewah lagi, memerlukan biaya tidak sedikit.

Namun, jika kita mau memulai dari bawah, nyatanya bisnis catering termasuk kategori usaha modal 500 ribu juga. Caranya bagaimana?

Sobat bisa menawarkan aneka nasi kotak kepada kantor atau perusahaan skala kecil atau lembaga pendidikan yang pesanannya masih butuh sedikit. Misalnya jumlah karyawan di bawah 20 orang. Lalu, menawarkan jasa catering secara online sehingga tidak perlu sewa gedung untuk usaha.

Terget usaha catering rumahan ini adalah event sekolah yang butuh nasi kotak dengan jumlah tidak terlalu banyak, acara ulang tahun, syukuran, atau arisan.

Pastikan tetap membuat brand yang menarik dan memberikan pelayanan yang terbaik . Tidak menutup kemungkinan bisnis catering Sobat akan berkembang dan menjadi usaha dalam skala besar.

8. Jual Bubur Ayam di Rumah

Bubur ayam termasuk jenis jualan makanan yang laku setiap hari. Kita biasanya melihat penjual makanan sarapan pagi ini dengan gerobak atau kedai. Namun, tidak menutup kesempatan dan peluang untuk kita jalankan dari rumah.

Kelebihan bubur ayam adalah dibutuhkan setiap hari, terutama untuk sarapan. Ini cocok dijual di lingkungan perkotaan dan perumahan yang umumnya orang belum sempat membuat menu sarapan.

Bahkan di desa juga bubur ayam bisa dijual di depan rumah dan tetangga berdatangan untuk membeli. Asalkan harga dan menunya disesuaikan dengan konsumen, pasti bisnis bubur ayam bisa laris manis dan menuai keuntungan lumayan.

Hanya saja, jika kita jual dari rumah dengan fasilitas seadanya, pembeli umumnya hanya orang terdekat seperti tetangga yang dapat menjangkau rumah dengan berjalan kaki. Kecuali jika lokasi rumah kebetulan berrada di pinggir jalan, Sobat bisa memperoleh pembeli dari mana saja.

Tidak perlu khawatir, sudah banyak orang mencoba usaha seperti ini dan bisa berkembang. Utamakan pelayanan dan cita rasa, karena setiap hari orang akan membeli bubur ayam milik Sobat.

9. Jualan Gorengan

Gorengan juga merupakan makanan yang selalu dibutuhkan setiap hari. Bagi masyarakat Indonesia, gorengan bisa menjadi cemilan pengganjal lapar di pagi hari, atau bahkan menjadi lauk darurat sebelum masakan di dapur matang.

Dengan modal 500 ribu, Sobat bisa menjajakkan panganan ini di area perumahan dan pinggir jalan dengan fasilitas sederhana. Berbekal meja, kompor gas, dan peralatan pokok untuk menggoreng dan menata makanan ini sudah cukup.

Aneka gorengan yang biasanya banyak orang gemari antara lain bakwan, tahu isi, cireng, dan mendoan. Jika mampu membuat gorengan yang enak dan punya rasa khas, itu akan menjadi nilai tambah yang membuat pembeli selalu ingin kembali.

10. Usaha Kue atau Bolu dengan Sistem Pesan Antar

Bisnis kuliner memang punya banyak celah. Dengan modal hemat, Sobat yang meyukai olahan kue dan bolu bisa mencoba usaha ini.

Bolu mungkin bukan makanan pokok yang dibutuhkan setiap pagi seperti bubur ayam. Namun, peluang bisnisnya juga tidak kalah menjanjikan. Salah satu alasannya karena makanan ini punya ketahanan lebih lama dibanding makanan pokok seperti nasi.

Bahkan jika konsumen menaruhnya dalam lemari es, kue atau bolu bisa menjadi cemilan keluarga yang bikin ketagihan.

Pembeli juga bisa lebih luas dan bisa Sobat pasarkan secara online. Tidak hanya tetangga, tapi setiap kenalan, kontak, hingga lokasi dalam kota bisa terjangkau secara daring dan bisa menjadi pembeli.

Gimana? Tertarik menjalankan bisnis kue dan bolu? Jika masih belum ada gambaran mengenai peluangnya, mungkin Sobat punya kenalan yang juga menjalankan bisnis ini dan laku keras. Itu bisa menjadi gambaran real yang bisa memotivasi.

Oh ya, selain menyiapkan modal dan terus meningkatkan prospek bisnis, jangan lupa juga mengasah keterampilan ya Sobat. Modal berupa skill bisnis juga bisa mendongkrak kesuksesan kita. Misalnya mengikuti pelatihan atau kursus gratis secara online dan bisa dilakukan di mana saja dan kapan seperti di Aplikasi Siap Kerja yang sudah terpercaya.

Nah, itulah 10 ide usaha modal 500 ribu yang menjanjikan dan bisa berkembang. Tidak menutup kemungkinan bisnis dengan modal minim seperti ini bisa sukses dan mendatangkan omzet puluhan juta. Sudah banyak contoh mereka yang menjalankannya dan berhasil, lho. Selamat mencoba.

Tinggalkan komentar