10 Makanan Ringan yang Lagi Booming, Cocok untuk Bisnis Kuliner

Makanan ringan yang lagi booming biasanya menjadi potensi bisnis kuliner yang menjanjikan. Meskipun seringkali ada cemilan yang hits sesaat, tapi tidak ada salahnya Sobat mencoba dan merambah usaha food and beverage yang memang punya popularitas musiman.

Di antara keuntungannya adalah bisa mendapatkan animo pembeli lebih banyak dan cepat, laris, dan mudah memasarkannya karena memang sudah dikenal oleh masyarakat luas. Baik dikenal lewat media atau memang sedang ngetren di berbagai tempat makan dan kaki lima dalam kota.

Jadi, tidak perlu lagi terkendala dalam mengenalkan produk kuliner karena umumnya orang sudah paham rasanya. Bagi yang belum pernah mencicipi juga sudah memiliki rasa penasaran karena populernya makanan tersebut.

10 Makanan Ringan yang Lagi Booming Saat Ini

Makanan berikut ini punya alasan kuat kenapa bisa populer dan banyak penggemar. Selain lezat, biasanya memiliki harga yang terjangkau bagi hampir semua kalangan. Apa saja makanan ringan yang lagi booming saat ini?

1. Mentai

Apakah Sobat Kuliner sudah mencicipi mentai? Mentai adalah saus khas Jepang yang biasanya dipadukan dengan berbagai makanan. Biasanya di Jepang, saus mentai dipadukan dengan ikan salmon. Bahan sausnya terbuat dari mentaiko atau telur ikan mentah, mayonaise Jepang, saus sambal, dan cabe bubuk.

Namun, di Indonesia, sudah dikreasikan dengan bahan yang lebih mudah kita dapatkan dan terjangkau. Misalnya mentai dengan nasi, kentang, atau ayam goreng.

Bahan saus mentai juga dibuat dari mayonaise, perasan lemon, telur, dan bahan lainnya. Lalu dijadikan topping untuk aneka olahan seperti ubi, kentang, pisang, nasi, ayam, dan lain-lain. Panggang dan sajikan. Rasa dan teksturnya sangat memikat dan juara.

2. Takoyaki

Masih berasal dari negeri Sakura, Takoyaki adalah jajanan pinggir jalan yang masih memiliki popularitas saat ini. Cita rasanya yang gurih dan lezat, harga yang terjangkau, dan pengemasan yang biasanya menarik, menjadi alasan Takoyaki masih menjadi makanan ringan yang lagi booming hingga kini.

Jika ingin membuka usaha di bidang kuliner, Sobat bisa menjadikan Takoyaki sebagai ide yang tepat. Bisa dengan merintisnya sendiri di rumah atau bergabung dalam franchise Takoyaki yang sudah memiliki sistem bisnis yang kuat.

Cemilan berbentuk bulat dengan eneka isian dan topping ini memiliki harga yang terjangkau. Begitu juga paket usaha kemitraan yang sudah banyak tersebar di Indonesia, punya berbagai pilihan harga sehingga bisa Sobat sesuaikan dengan budget yang dimiliki.

3. Dessert Box

Cemilan yang lagi hits lainnya adalah dessert box. Jika dua makanan ringan di atas punya rasa gurih dan asin, dessert box bisa jadi pilihan bagi yang ingin mencicipi yang manis-manis.

Dessert box, seperti namanya, merupakan jenis kudapan atau makanan penutup yang dihidangkan dalam sebuah kotak atau box. Terdiri dari lapisan cake, pudding, cream, buah-buahan, dan aneka topping dalam satu wadah praktis.

Makanan ini punya berbagai pilihan resep. Mulai dari perpaduan cookies, cream cheese, black forest, dan lain-lain. Biasanya harga dessert box berkisar antara 15 ribu hingga 35 ribu rupiah tergantung ukuran dan varian bahan. Tertarik menjalankan bisnis kudapan manis ini?

4. Donat Crispy

Cemilan yang sedang hits lainnya adalah donat crispy yang telah mengalami inovasi. Jika biasanya donat bolong bagian tengahnya, kini punya isi fla di dalamnya.

Memasaknya juga dilapisi cairan tepung terlebih dahulu, lalu digoreng. Bagian luar ini teksturnya renyah. Sedangkan bagian dalamnya lembut dan creamy. Inilah yang membuat donat crispy menjadi kudapan yang terkenal sekarang.

Apakah Sobat sudah mencoba cemilan satu ini? Bisa jadi peluang bisnis menguntungkan juga, lho.

5. Tahu Crispy

Cemilan dari bahan tahu memang sudah banyak variasi. Jika biasanya jadi lauk untuk makan berat, tahu juga menjadi cemilan dengan menjadikannya berbentuk kotak-kotak kecil dan diberi lapisan renyah di luar seperti ayam kentucky.

Tahu crispy tambah lengkap dengan butiran-butiran cabai hijau saat mengemasnya. Panganan ini sudah banyak tersebar di pinggir jalan di Indonesia. Malah sudah ada yang menjadikannya sebuah bisnis waralaba seperti dan termasuk salah satu Daftar Franchise Surabaya yang hits di kotanya.

6. Croffle

Perpaduan resep antara crossiant dan waffle menjadikan croffle menjadi salah satu makanan ringan yang hits saat ini. Crossiant sendiri adalah panganan yang berasal dari Prancis dan punya tekstur crispy. Lalu, dicetak dengan panggangan waffle. Terbentuklah croffle.

Teksturnya sendiri renyah dan lembut di dalam. Sangat cocok kita santap bersama minuman kopi, susu, atau teh.

Makanan penutup ini tercetus oleh seorang koki pastry dari Irlandia bernama Louise Lennox pada tahun 2017 lalu. Kini kreasi sajiannya makin menggugah selera dengan aneka pilihan topping seperti cokelat, buah-buahan, keju, dan lain-lain. Sudah mencoba mencicipinya?

7. Roti Ubi Ungu

Makanan ringan yang lagi booming lainnya adalah roti ubi ungu yang merupakan Street Food Korea. Bentuknya yang unik mirip dengan ubi ungu sungguhan tapi berupa roti dengan isian ubi menjadi keunikan tersendiri. Rasa manis dan legit membuat pembeli ketagihan menyantapnya.

Nama Roti Ubi Ungu di Korea sendiri adalah Goguma Ppang. Tampilannya menarik selayaknya memakan ubi beneran.

Saat ini banyak orang menjajal bisnis roti ubi ini lewat online. Banyak juga yang membuat kreasi isiannya dengan keju yang gurih. Tambahan butter membuat aroma roti ini punya wangi yang menarik.

8. Churros

Masih berupa panganan bercita rasa manis, Churros juga ikut populer di Indonesia. Dessert asal Spanyol ini sukses menggaet banyak penggemar kuliner.

Bentuknya memanjang, bergerigi dan kecoklatan, namun renyah di luar dan empuk saar digigit. Inovasi tambahan seperti coklat, bluberry, karamel, dan srtawberry menambah nikmat rasanya.

9. Mozarella Goreng

Siapa tidak suka keju mozarella? Keju yang punya tekstur lengket dan rasa yang asin gurih ini sekarang punya banyak dikreasikan dalam berbagai makanan. Di antaranya olahan cemilan simpel seperti Mozarella Goreng.

Terbayang bagaimana kudapan yang memiliki isi full mozarella dengan lapisan tepung yang renyah. Makanya, mozarella goreng juga memiliki popularitas yang tinggi belakangan ini di kalangan pecinta jajajan.

Pembuatannya yang simpel dan bisa dijajakkan secara online dalam olahan froozen juga menjadi potensi bisnis food and bavarage. Sudah coba makanan ini? Saatnya mencicipi dan menjadikannya peluang usaha menjanjikan.

10. Pudding Regal

Satu lagi jenis dessert yang juga sedang ngetrend saat ini. Pudding marie regal yang punya tiga layer dengan cita rasa manis dan sejuk di mulut dan tenggorokan.

Marie regal memang merupakan cemilan jadul. Namun, saat ini banyak dessert yang mengadopsi bahan kue ini sebagai andalan untuk menggaet peratian pembeli. Malah, ada juga pebisnis yang justru mendapatkan keunikan sajiannya karena kegemaran pribadinya terhadap kue regal. Misalnya salah satu Franchise Kopi Kekinian, Kopi Sue.

Nah, dalam hidangan pudding, bahan biskuit regal membuat rasa dan sajian yang unik dan memikat. Sensasi pudding dengan kue lawas ini dan aneka bahannya memanjakan lidah. Baik anak-anak maupun dewasa menyukainya.

Tidak heran jika potensi usahanya juga menjanjikan. Jika Sobat tertarik menjalankan bisnis dessert satu ini, saatnya memulai.

Merambah bisnis kuliner makanan ringan yang lagi booming bisa mendongkrak usaha supaya memperoleh keuntungan lebih besar ketimbang mempertahankan menu lama. Tentunya, asalkan selalu siap mengikuti perubahan trend makanan yang selalu berganti. Lagipula, jika bisnis kita ramai, urusan modal justru lebih lancar walaupun ke depannya berganti atau menambah menu yang sedang hits. Selamat mencoba.

Tinggalkan komentar