8 Ide Usaha Makanan Ringan Serba 2000 Terfavorit dan Paling Laris

8 Ide Usaha Makanan Ringan Serba 2000 Terfavorit dan Paling Laris

Jika Sobat sedang mencari ide usaha makanan ringan serba 2000, jawaban paling tepat adalah usaha repascking snack. Bisnis kuliner di bidang makanan kemasan ini sudah terkenal menguntungkan.

Mengapa? Karena kebiasaan ngemil masyarakat itu cukup tinggi. Lihat saja, berbagai swalayan dan suermarket tidak absen memajang aneka makanan ringan kering ini. Apakah dalam bentuk kemasan plastik bening sederhana atau bermerek.

Meskipun ada banyak toko dan supermarket sudah memasarkannya, jangan kawatir karena ada celah yang masih terbuka lebar. Salah satunya dengan mengemas snack ini menjadi kemasan kecil seharga 2000 rupiah.

Calon pelanggan untuk makanan ringan herga 2000an biasanya anak-anak dan remaja. Sobat Kuliner bisa menawarkan bisnis ini di toko terdekat atau memasarkannya sendiri secara online.

Jika punya skill bisnis, apapun bisa mendatangkan peluang dan kesuksesan, ya Sobat. Jika masih ragu soal keterampilan bisnis, bisa sambil lakukan upskilling dan reskilling misalnya dengan mengikuti berbagai kursus di Aplikasi Siap Kerja. Cara ini terbilang menguntungkan juga, karena kita tidak hanya punya modal dalam bentuk materi, tapi juga modal kemampuan yang makin mendukung. Yuk lanjut…

8 Ide Usaha Makanan Ringan Serba 2000 Terfavorit Paling Laris dan Harganya Murah

Sebelum memulai bisnis makanan ringan repacking ini, ada baiknya mempertimbangkan dulu apa saja jenis yang paling disukai banyak orang. Ada beberapa snack yang memang punya rasa super lezat dan terkenal. Terlebih lagi, harganya yang murah meriah tapi rasa tetap istimewa.

Berikut ini adalah beberapa ide usaha makanan ringan serba 2000 yang bisa Sobat coba.

Keripik Kentang

Ide jenis snack pertama adalah keripik kentang. Makanan ini banyak disukai oleh anak-anak hingga dewasa untuk menjadi cemilan di waktu santai. Supaya ramah di dompet anak-anak dan remaja, cemilan ini bisa Sobat packing dalam plastik ukuran kecil.

Sudah banyak pemasok keripik kentang curah atau kiloan di disributor terdekat atau distributor online. Lalu, bungkus kembali dengan aneka rasa seperti rumput laut, balado, dan lain-lain.

Basreng

Basreng atau bakso goreng memang menjadi makanan ringan favorit bagi remaja. Rasa pedas yang menjadi bahan taburannya kian menambah cita rasa. Maka dari itu, biasanya basreng cepat laku dan habis terjual.

Selain membeli dari distributor snack bal balan, sebenarnya Sobat juga bisa memprduksi sendiri di rumah. Jadi, lebih mudah mengendalikan modal dan penjualan. Hanya saja, perlu tenaga ekstra jika harus melakukan produksi sendiri sekaligus memasarkannya, ya.

Keripik Singkong

Panganan satu ini juga masih punya tempat istimewa di kalangan anak-anak dan remaja. Asalkan keripik singkong ini punya tekstur yang renyah dan rasa yang gurih, maka bisa laris manis.

Sobat bisa memilih jenis keripik singkong ini dalam bentuk curah atau kiloan. Jangan lupa meminta sampel untuk dicicipi supaya benar-benar cocok untuk calon pembeli.

Keripik Talas

Olahan makanan ringan satu ini menjadi salah satu cemilan favorit remaja karena teksturnya yang renyah dan rasanya yang khas. Meskipun produksi keripik talas tidak sebanyak olahan singkong dan kentang, tapi bisa dijadikan varian usaha makanan ringan serba 2000 di samping snack lainnya.

Keripik Pisang

Kelezatan keripik pisang memang sudah tekenal. Biasanya keripik pisang dikemas dalam ukuran besar. Namun, Sobat bisa mejajakkan cemilan ini dalam ukuran harga 2000 supaya bisa dicoba banyak kalangan. Tambahan rasa seperti pedas, asin, rasa jagung bisa menjadi variasi yang menarik bagi konsumen.

Makaroni

Biasanya olahan makaroni punya banyak jenis. Ada yang olahannya mengembang, setengah mengembang, bahkan ada juga makaroni basah. Sobat bisa memilih jenis olahan makaroni yang mau Sobat jual.

Namun, biasanya makaroni setengah mengembang dan makaroni basah lebih banyak disukai oleh anak-anak dan remaja. Ukurannya yang kecil-kecil dengan variasi rasa berbeda-beda makin menarik dan menggugah selera.

Stik Keju

Cheese stick atau stik keju juga merupakan makanan ringan yang banyak digemari. Rasaya gurih dan renyah cocok bagi anak-anak dan remaja yang suka ngemil.

Kemasan stik keju biasanya punya ukuran besar seperti family pack. Nah, makanan ringan ini bisa dikemas kembali dalam ukuran kecil seharga 2000an.

Seblak Kering

Jika kita mengenal seblak basah dan kuah, maka ada juga keripik seblak yang bertabur sambal cabai. Olahan makanan ini juga merupakan favorit remaja. Bahkan, bisa menjadi cemilan keluarga yang disukai kaum ibu-ibu saat di rumah.

Rasa pedas asinnya yang khas bikin siapapun ketagihan mencicipinya lagi dan lagi. Biasanya seblak kering dijual curah atau kiloan. Sobat bisa cari di distributor snack kiloan terdekat atau secara online.

Tips Memasarkan Snack Serba 2000 Supaya Laris dan Untung Besar

Bisnis cemilan ini umumnya dikemas dalam ukuran family pack atau hangout pack yang ukurannya cocok dimakan bersama. Namun, supaya memiliki terget konsumen yang khusus seperti remaja dan anak-anak yang umumnya memiliki uang jajan terbatas, makanan ringan yang kami sebutkan di atas bisa Sobat kemas dalam ukuran kecil harga 2000an.

Supaya usaha makanan ringan serba 2000 ini laris manis dan untung, ada beberapa tips yang bisa Sobat ikuti.

Membeli dari Grosir Snack Bal Balan yang Terpercaya dan Lebih Murah

Sebelum melangkah, ada baiknya Sobat lakukan survey lapangan dengan mencari distributor makanan ringan kiloan terdekat yang terpercaya. Pastikan makanan ringan yang mereka sediakan masih bagus dan penjualnya jujur dan terbuka soal kualitas dan harga.

Harganya juga patut diperhitungkan supaya bisa memperoleh keuntungan lebih besar dalam usaha ini. Caranya dengan mengunjungi berbagai grosir snack bal balan sebanyak mungkin supaya bisa membandingkan harganya.

Membeli dari grosir terdekat di dalam kota bisa menghemat ongkos kirim dan dapat memilih makanan yang layak jual. Bahkan bisa menemukan langsung makanan yang enak dan potensial untuk dijual kembali.

Menjual Makanan Ringan Favorit Banyak Orang

Kunci utama bisnis makanan ringan serba 2000 adalah memilih jenis snack yang disukai banyak orang. Selain karena ketahanan makanan ini memang terbatas dan harus cepat habis, memilih yang banyak penggemarnya bisa menguntungkan usaha juga pastinya.

Jadi, bukan mencari snack yang Sobat sukai secara pribadi, ya. Memilih makanan yang disukai banyak orang bisa dengan mencari informasi secara online atau melihat perkembangan pasar saat ini.

Membuat Kemasan Menarik dan Sesuai Target Pasar

Kemasan menarik dalam bisnis repacking snack memang penting dalam menarik minat konsumen. Namun, untuk jenis makanan ringan harga 2000an, kemasan menarik di sini bisa berupa sticker atau kertas HVS biasa yang bisa Sobat letakkan di bagian dalam kemasan.

Jangan lupa berikan informasi nama brand, variasi rasa, hingga tanggal kadaluarsanya. Sobat bisa menyediakan mesin hand sealed untuk menutup kemasan plastik untuk usaha ini. Harganya sekitar 200 ribu hingg 300 ribu rupiah.

Memiliki Brand Sendiri

Usaha repacking snack perlu mengantongi izin dari produsen makanan ringan yang bersangkutan. Sobat bisa mempelajari tentang izin usaha repacking snack ini dari berbagai sumber untuk langkah detailnya.

Meskipun terlihat rumit, ini memang langkah yang tidak boleh dilewatkan supaya bisa menjalankan usaha makanan ringan serba 2000 dari jenis bisnis ini. Jika ingin mendapatkan usaha modal kecil dengan keuntungan besar, tidak perlu ragu menjalani berbagai poses seperti ini supaya bisnis ke depannya lancar dan aman.

Konsisten dan Tidak Mudah Tergoda Bisnis Lain

Salah satu kunci sukses sebuah bisnis adalah konsisten. Seperti kita melakukan perjalanan jauh menuju sebuah lokasi, tentu saja bukan pilihan bijak dan menguntungkan jika tiba-tiba mengubah arah langkah.

Setiap langkah yang Sobat lalui seperti meniti anak tangga yang mengantakan ke tempat lebih tinggi atau langkah kaki yang terus bertambah jaraknya.

Jika kita mudah tertarik bisnis lain dan memulainya lagi dari awal, sama saja kembali ke semula dan merintis kembali dari bawah. Meskipun mungkin sudah ada pengalaman berharga, tapi konsinten akan mengantarkan kita ke tujuan lebih tepat waktu dan lebih cepat ketimbang berpindah-pindah bisnis.

Tidak Ada Salahnya Usaha Makanan Ringan Serba 2000 Dilakukan Secara Online

Sekarang sudah era digital, di mana internet menjadi bagian dalam segala hal. Termasuk bisnis sekala kecil seperti usaha makanan ringan serba 2000 yang mungkin kita kira hanya cocok dijual di kantin sekolah atau warung.

Padahal, menjualnya secara online bisa membuat usaha kita dikenal banyak orang. Ranah online mencakup media sosial seperti Instagram, Facebook, atau sekedar aplikasi seperti WhatsApp. Masih ragu? Coba cermati ilustrasi berikut ini.

Bu Rahma (contoh saja, ya) memiliki usaha snack keripik kentang 2000an dengan nama “PotaMax 2000”. Biasanya, konsumennya adalah anak-anak SD yang lokasi sekolahnya kebetulan bersebelahan dengan rumah dan warung beliau.

Setiap hari, PotaMax 2000 miliknya terjual sebanyak 20 bungkus hingga 30 bungkus. Jumlah itu terbilang laris dibandingkan jajanan lain di warungnya, mengingat ada banyak penjual jajanan lain di area sekolah yang lebih dekat dan digemari anak-anak.

Beliau pun mencoba membuat status WhatsApp berupa foto snack PotaMax 2000 ini dengan caption, “Makanan ringan dari keripik kentang ini paling disukai anak-anak SD samping rumah saya. Harganya Cuma 2000 aja. Bunda-bunda yang mau beli jajanan ini juga bisa pesan, kok.”

Setiap hari Bu Rahma mengunggah status ini sehingga Bu RT pun mulai tahu mengenai makanan ringan satu ini. Termasuk beberapa ibu arisan dan ibu wali murid di sekolah anaknya. Di antara mereka ada yang membeli untuk anak, ingin mencicipinya untuk konsumsi pribadi, ada juga yang tujuannya hanya untuk ngelarisi (membeli karena membantu saja).

Meskipun tidak berbisnis besar seperti toko online umumnya, namun memasarkan secara online bisa membuat tetangga jadi tahu tentang produk yang kita jual, teman hingga kenalan juga ikut membeli.

Bahkan, dalam jangka panjang, bisa jadi ada orang yang membelinya dalam jumlah banyak. Bisa saja, Sobat akan bertemu banyak pemilik toko lainnya yang tertarik menjual cemilan tersebut. Usaha makin berkembang dan melebarkan sayapnya.

Penutup

Usaha makanan ringan serba 2000 ini memiliki segmen pasar anak-anak dan remaja. Termasuk orang tua yang ingin membelikan stok cemilan untuk anaknya di rumah. Tidak menutup kemungkinan untuk menjualnya secara online supaya lebih banyak orang kenal dan memperluas pasar.

Tinggalkan komentar