Jualan Es yang Paling Laris ! Ada 20+ Jenis untuk Dipilih

Jualan Es yang Paling Laris ! Ada 20+ Jenis untuk Dipilih

Jualan es yang paling laris ada banyak. Sobat Kuliner bisa memilih yang paling cocok dari segi persaingannya di lokasi masing-masing. Termasuk selera masayarakatnya, taraf ekonomi pembeli, minat Sobat sendiri dalam merintis minuman tersebut, dan popularitasnya saat ini.

Bisnis kuliner selalu besar peluangnya karena merupakan kebutuhan pokok setiap hari. Apalagi jika melek informasi dan up date dengan perkembangan usaha. Begitu juga dengan inovasi yang selalu berkembang, baik dari segi varian makanan dan minuman, hingga datangnya jenis makanan dan minuman baru dari luar negeri atau masuknya masakan khas dari daerah lain dan tersebar dalam negeri.

Jualan Es yang Paling Laris Ada 20 Jenis yang Wajib Sobat Lirik Peluangnya

Belakangan ini, inovasi bisnis minuman semakin berkembang pesat. Mulai dari es kepal milo yang booming pada masanya, menyebarnya minuman khas daerah seperti es dawet, ea pisang ijo, hingga masuknya minuman luar negeri yang disukai masyarakat nusantara. Contoh seperti yang masih jadi promadona saat ini, Boba Brown Sugar.

Nah, menghadapi bulan puasa, rasanya Sobat yang melek terhadap peluang usaha dalam bidang kuliner tidak boleh absen dari 20+ ide jualan es yang paling laris ini. Jenis minuman ini juga layak dipilih jadi usaha kuliner selain momen ramadhan. Apa saja?

1. Boba Brown Sugar

Bicara tentang minuman dingin paling laris, kita tidak dapat mengabaikan boba brown sugar dengan berbagai varian rasanya. Minuman berbahan susu murni, gula aren, dan butiran mutiara hitam terbuat dari tapioka dan brown sugar ini adalah yang paling banyak digemari orang Indonesia.

Bahkan, sudah banyak yang menjualnya dalam bentuk bisnis waralaba seperti Franchise Boba Xing Fu Tang yang menyasar kelas menengah ke atas. Sobat Kuliner juga bisa menjadi bagian dari bisnis kemitraan ini dengan mempelajari syarat dan ketentuannya. Atau mencari franchise lainnya yang lebih terjangkau modalnya.

Namun, bagi yang mau membuka usaha sendiri juga tidak kalah bagus peluangnya. Saya punya tetangga yang bisa meracik minuman boba brown sugar ini dengan racikan yang sangat enak melebihi resep yang tersebar di pinggir jalan dan cafe. Minuman boba yang dia jual selalu laris setiap hari. Kuncinya ada pada cita rasa dan harga yang bersaing.

Nah, Sobat Kuliner yang bisa meracik minuman ini dengan sukses, bisa menjadikannya bisnis minuman kekinian ini sebagai peluang usaha. Termasuk bisnis dadakan di bulan puasa juga bagus, kok. Asalkan segera pelajari resepnya dan praktekkan jauh-jauh hari.

2. Es Kelapa Muda

Tidak perlu menjadi minuman kekinian, es kelapa muda biasa yang murni atau dicampur sirup pandan berwarna merah sudah pasti laris manis. Kesegaran dan sensasi minum es kelapa muda tidak dapat terkalahkan oleh kehadiran berbagai inovasi minuman yang ada saat ini.

Hayo, pasti Sobat pun mengakuinya, ya? Es kelapa muda bagaimanapun tetap harus ada dalam jajaran minuman laris. Apalagi saat bulan ramadhan. Kelapa muda tidak bisa absen dari daftar minuman favorit masyarakat Indonesia.

Bagi Sobat Kuliner yang masih bingung soal ide jualan es yang paling laris, kelapa muda bisa menjadi solusinya. Asalkan mempersiapkan tempat usaha, membuat identitas usaha seperti banner yang menarik, dan promosi yang bagus, pasti usaha minuman sejuta ummat ini bakal hasilkan cuan.

3. Es Buah Thailand

Minuman es asal negeri seribu candi ini sangat cocok di lidah masyarakat kita. Campuran susu kental manis, es batu, air matang, dan potongan buah seperti semangka, melon, blewah, dan potongan jelly ini sukses mengambil hati penikmat minuman dingin di siang hari.

Alasan minuman satu ini banyak digemari karena harganya yang murah meriah, penyajiannya cepat, dan rasanya tidak kalah enak dengan es buah pada umumnya. Campuran buah-buahan sudah menjadi penyedap alami yang membuat setiap seruputannya menyegarkan dengan rasa buah yang khas.

Yups, es buah Thailand ini dijual dalam kondisi sudah tercampur semuanya dalam wadah bening besar di pinggir jalan biasanya. Saat pembeli datang, minuman ini langsung dimasukkan dalam cup plastik ukuran sedang dan menutupnya. Lalu, dimasukkan dalam plastik untuk dibawa pembeli.

Kepraktisan yang membuat pembeli tidak perlu menunggu lama ini membuat es ini lebih dipilih ketimbang minuman lain yang sama-sama enak tapi harus menunggu lama. Jangan salah, es ini termasuk salah satu usaha minuman kekinian modal kecil yang layak Sobat lirik sebagai bisnis dadakan ataupun untuk jangka waktu lama.

4. Jualan Es Thai Tea

Jualan es yang paling laris selanjutnya adalah es thai tea. Masih berasal dari negeri Thailand, minuman ini juga sukses memanjakan lidah masyarakat Indonesia karena resepnya yang unik menciptakan rasa yang khas.

Es Thai Tea ini dibuat dari teh hitam, biji kapulaga, bunga lawang, susu cair, kental manis, gula, dan tambahan lainnya yang biasanya sesuai selera. Cara pembuatannya tidak begitu rumit, cukup campurkan semua bahan dan saring. Lalu, tambahkan es saat disajikan.

Resep dari Thailand ini menciptakan minuman yang hits dan cocok juga menjadi peluang bisnis minuman selama Ramadhan. Begitu juga di hari biasa, ya. Harganya yang terjangkau berbagai kalangan jadi nilai tambah.

5. Es Doger

Rekomendasi usaha es yang laris manis selanjutnya adalah es doger. Minuman dingin yang berasal dari Cirebon Jawa Barat ini memang terasa klasik dan jadul, ya. Namun, siapa sangka bahwa keberadaannya selalu mencuri perhatian siapapun yang melihatnya.

Meskipun bukan minuman kekinian, tapi es doger tetap menjadi rekomenjasi bisnis yang tidak kalah bagus peluangnya. Minuman segar bertekstur cukup padat ini adalah campuran dari es puter, tape singkong, ketan hitam, bubur mutiara, kelapa muda, serpihan roti tawar, tambahan sirup dan susu kental manis.

Biasanya es doger dijual di area wisata seperti pantai, pinggir jalan, atau menjadi andalan jualan saat puasa ramadhan untuk takjil juga.

6. Es Teler

Masih sama-sama cukup jadul, es teler tetap eksis sampai saat ini. Bahkan sebutan “teler” untuk minuman ini merupakan gambaran betapa enaknya es teler ini menurut pelanggan.

Es teler adalah minuman yang sangat pas dikonsumsi saat dahaga dan panas terik. Termasuk untuk jualan selama bulan puasa.

Minuman ini memiliki cita rasa yang unik dibandingkan jenis es buah lainnya. Rasanya enak menyegarkan karena terbuat dari campuran bahan seperti buah nangka yang wangi, alpukat yang lembut dan khas, daging kelapa muda, butiran mutiara merah muda, dan es serta susu kental manis dan santan yang memberikan warna putih menyegarkan dalam sajiannya.

Racikannya menciptakan cita rasa yang bikin ketagihan dan tidak lekang oleh waktu. Cocok jadi peluang usaha minuman klasik yang laris manis.

7. Es Cincau Hijau

Rekomendasi jualan es yang paling laris selanjutnya adalah es cincau hijau yang terbuat dari daun cincau alami. Bahannya yang sangat otentik dengan campuran sirup atau gula merah ini tidak kalah favorit di kalangan masyarakat.

Meski rasanya mungkin kalah dengan es teler atau boba brown sugar bagi kalangan milenials, tapi keunggulan bahan alami yang berkhasiat mengatasi panas dalam dan nutrisis lainnya ini tetap banyak peminatnya. Bahkan anak-anak juga tetap suka.

Kelebihan lainnya dari es cincau hijau adalah harganya yang murah meriah dibanding es lainnya di atas. Sobat Kuliner bahkan bisa menjual es ini dengan harga 3000 rupiah, 5000 rupiah, dan seterusnya sesuai porsi dan lokasi penjualannya. Harga murah meriah ini sudah pasti mengundang lebih banyak peminat.

8. Es Dawet Ayu

Minuman khas Banjarnegara Jawa Tengah ini tidak boleh absen juga dari pilihan usaha minuman es yang laris manis.

Es dawet ayu terbuat dari tepung beras, tapioka, sari daun pandan alami, dengan campuran sirupnya dari santan, daun pandan, sedikit garam, dan gula merah dengan tambahan perasa alami buah durian atau buah nangka. Tampilan penjualan dengan gentong dari tanah liat membuat es ini makin terlihat tradisional.

Cita rasa yang alami dan khas ini membuat es dawet punya tempat sepesial yang menjadikannya minuman merakyat yang juga laris di pasaran. Umumnya es dawet ayu banyak dijual di pinggir jalan daerah Jawa Tengah. Namun, tidak sedikit juga yang menjualnya di daerah lain.

Buat Sobat yang berada di luar Jawa Tengah dan luar Jawa, tidak ada salahnya mencoba membuat es dawet ayu dan menjualnya. Pasti laris manis dan banyak penggemarnya.

9. Es Dawet Ireng

Masih satu rumpun dengan es dawet ayu, minuman ini juga berasal dari Jawa Tengah. Tepatnya dari Purworejo. Resep membuat es dawet ireng tidak jauh berbeda dengan es dawet biasa. Letak perbedaannya ada pada pemberian warna pada bahan utama, yaitu pewarna hitam makanan.

Dari segi tampilan, warna hitam pada minuman ini lebih nampak elegan dan mengisyaratkan kesegaran. Meskpun bagi yang memiliki selera dawet beraroma khas dan wangi, tentunya es dawet ayu menang dalam hal cita rasa. Namun, tetap kembali kepada selera penggemarnya.

Nah, kelebihan tampilan dan harga es dawet ireng yang umumnya lebih murah ini bisa jadi alasan Sobat menjajakkan es satu ini sebagai usaha yang menguntungkan. Tertarik?

10. Jualan Es yang Paling Laris, Es Bubur Kacang Ijo 2000an

Jika biasanya kacang ijo disajikan dalam bentuk bubur hangat, olahannya juga bisa dijual dalam bentuk es, lho. Terbukti dari keberhasilan banyak pedagang es bubur kacang ijo yang berhasil digandrungi pembeli.

Penjual umumnya punya kios atau mengerahkan pegawai untuk menjual dengan model kaki lima pinggir jalan. Untuk harga, Sobat bisa sesuaikan dengan pangsa pasarnya. Apakah mematok porsi dewasa dengan harga kisaran 7 ribuan hingga 12 ribuan, atau mau dijual dengan pilihan harga dengan menyasar semua kalangan.

Biasanya, jika ingin menjual es burjo kepada anak-anak dan juga dewasa sekalian, bisa menawarkan harga mulai dari 2000 rupiah dengan kemasan kecil dalam kantong plastik atau cup. Lalu, memberikan opsi dalam porsi lebih banyak dengan harga 3000 rupiah, hingga 7000 rupiah tergantung keinginan pembeli.

Konsep jualan seperti ini sangat cocok jika Sobat berjualan di area pedesaan atau komplek perumahan yang banyak anak-anak. Bisa juga menyasar lokasi sekolahan.

11. Es Tebu

Jenis es yang tidak kalah merakyat dan peluangnya bagus adalah es tebu. Apalagi jika di lokasi Sobat belum banyak pesaing, atau bahkan belum ada yang menjualnya sama sekali.

Rasa manis yang alami serta khasiatnya menjadi keunikan dan daya tarik tersendiri. Es ini memang murni dihasilkan dari sari batang tebu langsung yang diperas dengan mesin di tempat berjualan. Pembeli bisa menyaksikan langsung proses penggilingan tebu yang mengeluarkan air dengan rasa manis ini.

Harga es tebu juga tergolong merakyat. Umumnya es ini dijual dengan harga 5000 hingga 7000 rupiah per cup nya.

Lokasi yang paling strategis menjual es tebu adalah pinggir jalan, dekat lapangan olahraga, sekolahan, dan kampus. Penikmatnya heterogen dari anak-anak, pelajar, hingga dewasa dan orang tua.

12. Pop Ice, Es Murah Meriah

Jualan es yang paling laris lainnya adalah Pop Ice yang merupakan peluang bisnis minuman modal Rp 300rb murah meriah. Es kesukaan anak-anak aneka rasa ini memang punya harga yang ramah uang jajan.

Pop Ice biasanya dijual dengan harga 2000 rupiah hingga 5000 rupiah tergantung lokasi usaha dan kemasannya. Es satu ini bisa banyak pembeli jika menjajakkannya di pinggir jalan, area sekolahan, dan tempat wisata seperti pantai dan alun-alun kota.

Modal bisnis minuman es ini sangat murah meriah. Dengan 300 ribuan saja sudah bisa memperoduksi sekitar 250 cup ukuran sedang. Hanya saja, jika dijual di luar rumah, perlu juga modal untuk etalase atau gerobak. Lumayan, kan?

13. Jus Buah

Kelebihan jus buah sebagai peluang bisnis minuman ada pada nutrisi dan vitamin yang ada di dalamnya. Bagi masyarakat yang sadar akan kebutuhan asupan nutrisi, pastinya jus buah akan laris manis.

Namun, jika Sobat khawatir dengan persaingan akibat datangnya aneka minuman kekinian yang saat ini sedang tumbuh pesat, jus buah sebaiknya disandingkan dengan konsep usaha yang lebih mapan. Misalnya menjual jus buah dalam kedai bertema buah-buahan.

Saya sendiri sangat tertarik membeli jus buah jika sepaket dengan hidangan buah lainnya atau menu makanan semi berat seperti burger dalam sebuah kedai.

Seperti salah satu kedai dengan mengusung menu buah di area sekitar kampus. Kedai ini begitu digandrungi mahasiswa yang ngekost dan kuliah di daerah sana. Bahkan orang luar seperti saya pun bisa jauh-jauh mendatangi kedai buah ini.

Pilihan menu beragam mulai dari salad buah, jus buah segar, burger, sosis goreng, kentang goreng, dan lain-lain, berpadu dengan konsep kedai yang diberi gambar buah-buahan yang segar di dindingnya.

Jika Sobat tertarik menjajakkan bisnis jus buah, saran saya adalah memang harus dibarengi dengan konsep kedai bertema buah supaya orang benar-benar datang karena daya tarik. Jika tidak, mungkin Sobat bisa memilih jenis menu es selanjutnya.

14. Es Buah Aquarium

Apakah Sobat sudah kenal dengan es buah aquarium? Es dalam wadah besar seperti aquarium ini sebenarnya sudah banyak tersebar di pinggir jalan. Hanya saja, mungkin jarang yang benar-benar tahu namanya.

Nah, jika Sobat ingin punya minuman menyegarkan dengan pengemasan cepat dan praktis saat disajikan kepada pembeli, maka es buah aquarium bisa menjadi solusinya. Mengapa harus mengutamakan kecepatan penyajian? Ya, bayangkan saja jika Sobat sebagai pembeli, tentu akan memilih penjual yang sekiranya praktis tanpa harus menunggu lama hanya untuk membeli satu cup saja.

Bayangkan jika pembeli banyak dan mengantri, lalu mereka membeli tidak hanya satu cup. Tentunya kepraktisan, es tinggal tuang, dan kemas pasti akan lebih diminati.

Ditambah lagi rasanya yang segar dan mengobati dahaga. Sudah pasti pelanggan memilih jenis es seperti ini. Terutama jika pembeli sedang berkendara, pasti memilih minuman cepat saji seperti es buah aquarium.

Usaha es buah aquarium juga tersedia dalam sistem franchise. Sobat bisa mendapatkan usaha yang sudah mapan tanpa harus membangunnya dari nol. Bisa langsung cari dan pilih franchise yang terbaik.

15. Es Susu Murni Aneka Rasa

Bisnis minuman susu aneka rasa juga menjanjikan dan menguntungkan karena sekarang ini susu murni sedang menjadi minuman yang trend. Kesadaran masyarakat mengenai manfaat minum susu memang tinggi.

Apalagi resepnya sekarang inovatif dengan mencampurkan fresh milk ini dengan berbagai rasa seperti pisang, taro, melon, cokelat, vanila, durian, dan lain-lain.

Keunggulan es susu murni aneka rasa ada pada nutrisi yang sudah banyak orang tahu, dan pengemasannya yang menarik bisa dengan kemasan botol dan dijual secara online. Bisa juga dalam bentuk gerai atau kedai yang menyajikannya dalam gelas atau cup untuk jenis jualan take away.

Untuk menjajal bisnis es susu murni aneka rasa, Sobat bisa mulai menemukan resepnya terlebh dahulu. Kemudian siapkan berbagai keperluan bisnis dan lain-lain seperti pernah saya ulas di postingan sebelumnya tentang bisnis minuman susu aneka rasa.

16. Cappucino Cincau

Sobat pasti sudah tidak asing dengan es cappucino cincau, ya. Es berupa campuran bubuk cappucino, es batu, gula pasir, dan serutan cincau hitam ini pernah viral di masyarakat. Sekarang? Meskipun saat ini ada banyak minuman yang hits seperti kita singgung pada poin-poin di atas, es cappucino cincau masih memiliki pelanggan setia.

Kelebihannya ada pada harganya yang terjangkau dan cita rasanya yang unik dan khas. Buat penyuka jenis minuman cappucino tentunya tidak bisa absen dalam membeli es satu ini.

Es cappucino cincau sebaiknya menyasar konsumen kaum milenial karena jarang dari mereka yang punya gangguan pencernaan dalam mengonsumsi turunan dari olahan kopi seperti cappucino. Maka, lokasi yang strategis untuk jualanya tetap di area kampus dan komplek kost-kostan atau perumahan yang banyak anak mudanya. Pinggir jalan juga tetap merupakan lokasi strategis.

Pilih distributor bubuk minuman yang terpercaya dan punya kredibilitas baik supaya jualan tetap berjalan lancar. Kualitas minuman juga terjaga. Bisa beli langsung ke lokasi terdekat atau Sobat cari dan langganan online. Sekarang sudah banyak distributor bubuk minuman yang bagus dan mudah didapatkan.

17. Alpukat Kocok

Rekomendasi bisnis es yang laris lainnya adalah alpukat kocok. Keunggulan minuman ini ada pada bahannya dan rasanya. Alpukat sebagai bahan utamanya dikenal punya banyak kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Rasanya yang enak dan khas serta harga terjangkau tidak kalah menggiurkan sebagai peluang usaha.

Sobat bisa menjual alpukat kocok ini dengan gerobak atau menjual dalam konsep kedai maupun cafe. Apakah kedai khusus alpukat kocok dan jus buah atau semacam cafe rumahan yang memanfaatkan lahan kosong di depan rumah atau ruangan depan. Boleh lihat ulasan tentang desain cafe minimalis rumahan yang pernah saya posting sebelumnya.

Modal usaha alpukat kocok juga relatif terjangkau. Dengan biaya 2 jutaan, sudah bisa jualan es yang paling laris ini. Silahkan Sobat pelajari berbagai hal terkait rencana bisnis, modal awal, dan berbagai keperluan terkait peralatan dan bahan-bahannya.

18. Es Kuwut

Siapa nih yang suka es kuwut? Minuman segar berwarna hijau bening dengan sedikit rasa asam ini memang mamanjakan lidah. Peleps dahaga paling manjur di siang hari atau saat berbuka puasa.

Es Kuwut juga merupakan minuman asal Bali yang sudah banyak tersebar di berbagai daerah karena banyak orang suka. Rasanya yang didominasi manis dan asam dari jeruk nipis, dengan bahan  utama serutan kelapa muda, melon, selasih, sirup melon dan es.

Pada bulan puasa dan hari biasa, es kuwut ini banyak penggemarnya. Tertarik nyoba?

19. Es Lilin

Nostalgia adalah satu kata buat es lilin. Kemasannya yang panjang-panjang dengan aneka rasa memang merupakan jajanan 90an yang dulunya sangat digemari anak hingga dewasa.

Meskipun sudah lama pamornya, tapi sekarang masih punya peluang yang bagus, lho. Kelebihan es lilin ada pada modal yang sangat hemat, harga jual yang sangat terjangkau, dan praktis saat menjualnya tanpa perlu meracik ulang ketika akan diberikan kepada pembeli.

Es lilin saat ini bisa dibuat dengan berbagai bahan instan dengan rasa buah-buahan, cokelat, dan lain-lain. Bisa juga Sobat membuanya dari buah-buahan murni supaya punya nutrisi lebih baik. Es lilin cocok dijual di area sekolahan, menjadi bisnis rumahan, dan menitipkannya di warung atau toko.

20. Es Coklat

Ada banyak kreasi minuman cokelat saat ini. Hanya saja, es cokelat yang saya maksudkan adalah minuman yang memang khusus punya bahan utama dari coklat.

Pembuatan minuman ini menggunakan bahan berupa coklat, susu skim, gula pasir, kopi instan, creamer, rasa minuman, dan es batu. Bahan baku coklat juga bisa Sobat temukan di berbagai disributor bubuk minuman sesuai dengan lokasi kota Sobat atau membelinya secara online.

Bisnis es coklat terbilang menjanjikan karena penggemarnya yang tidak kalah banyak dengan minuman kekinian lainnya. Apalagi penyuka cokelat pasti benar-benar dimanjakan dengan minuman ini.

21. Es Pisang Ijo

Jualan es yang paling laris lainnya adalah es pisang ijo. Es berupa sirup warna merah dengan campuran susu, dan terdapat pisang dibalut adonan warna hijau. Rasa yang manis dan lembut sekalius aroma wanginya membuat peminat es pisang ijo begitu tinggi.

Minuman dingin khas Makassar ini layak jadi target usaha untuk bulan ramadhan atau hari biasa saat musim panas. Harganya yang merakyat juga pastinya akan menjadi nilai tambah sebagai jenis  usaha minuman yang laris manis.

Modal usaha es pisang ijo termasuk murah, hanya perlu 3 jutaaan saja. Modal tersebut bisa untuk membeli etalase, peralatan masak, alat penyajian seperti mangkuk dan sendok, meja kursi sederhana, dan bahan baku. Gimana, menarik kan?

22. Sop Buah

Rekomendasi usaha es yang tidak kalah bagus dan menguntungkan adalah sop buah. Bagi penyuka buah-buahan, jenis es ini memiliki keunggulan dalam hal kandungan nutrisinya. Aneka buah-buahan bisa dicicipi dalam satu mangkuk dengan sirup dan susu yang menyegarkan.

Usaha ini sangat cocok dijalankan saat musim panas dan saat bulan puasa. Modalnya juga termasuk kecil dan bisa dirintis secara otodidak. Artinya, mempelajari resep sop buah sangat mudah, peralatannya juga tidak begitu mahal dan sulit, serta bisa dijual di rumah.

Supaya makin laris, jualan sop buah perlu dikemas dalam cup plastik juga supaya bisa menjangkau pelanggan yang tidak bisa makan di tempat. Apalagi dalam situasi pandemi seperti sekarang. Sistem jualan take away lebih disarankan. Nah, Sobat bisa menambahkan mesin press cup sebagai salah satu peralatan untuk usaha ini.

Mesinnya mudah didapat, baik secara online maupun offline. Jenis usaha es kemasan cup juga bagus peluangnya, karena peluang bisnis minuman kemasan cup lebih menjangkau berbagai pembeli dengan segala rutinitas berbeda.

Menarik kan, Sobat? Ada banyak sekali ide jualan es yang paling laris seperti 22 jenis minuman di atas. Tinggal Sobat pilih mana yang paling bagus peluangnya di lokasi masing-masing, jumlah modal yang dimiliki, tingkat persaingan jenis minuman tersebut, dan ketertarikan Sobat sendiri untuk menjalankannya. Selamat mencoba dan semoga sukses, ya.

Tinggalkan komentar