Bisnis Minuman Susu Aneka Rasa: Peluang, Cara Mulai, dan Resepnya

Siapa yang tertarik dengan bisnis minuman susu aneka rasa? Sekarang, minuman ini sedang trend dan menjadi usaha minuman kekinian yang lagi hits.

Apa Itu Susu Aneka Rasa?

Jika Sobat masih belum kenal minuman ini, apa sih minuman susu aneka rasa ini?

Susu aneka rasa adalah minuman yang berbahan dasar susu murni atau fresh milk dan dicampur dengan variasi rasa seperti pisang, cokelat, taro, melon, stroberi, dan lain-lain.

Kini produk susu aneka rasa sedang trend dan banyak dijual di pinggir jalan, menjadi usaha minuman kekinian modal kecil yang lagi hits di perumahan, serta menjadi salah satu bisnis minuman online kekinian yang laris di pasaran.

Peluang Bisnis Minuman Susu Aneka Rasa

bisnis minuman susu aneka rasa
fresh milk, by Unsplash.com

Minuman susu murni memang tidak pernah sepi peminat. Bahkan, fresh milk sudah banyak bertrasformasi ke dalam berbagai variasi sajian.

Ada milkshake, boba brown sugar, milk tea, hingga yang menjual dalam bentuk susu murni pun banyak.

Susu punya nutrisi yang baik untuk kesehatan. Selain itu, rasanya yang enak dan segar membuat siapapun menggandrungi susu.

Penggemar fresh milk juga tidak mengenal usia. Tua muda, anak-anak, dan dewasa semua suka. Hanya saja, bagi anak-anak dan remaja umumnya tidak begitu menyukai rasa tawar susu murni. Mereka suka jika ada rasa buah atau tambahan rasa lain yang membuat minuman ini lebih kaya rasa.

Selain itu, saat ini pengemasan minuman susu baik dalam bentuk fresh milk maupun susu aneka rasa sudah praktis. Misalnya dalam cup anti tumpah bertutup plastic dengan bantuan mesin press atau memakai botol.

Jadi pemasarannya pun bisa take away atau bawa pulang, jual secara online sehingga merambah lebih banyak pembeli. Sudah banyak yang merasakan manisnya laba jualan susu aneka rasa ini.

Harga yang bersahabat di kantong juga menjadi incaran banyak orang dan bisa menjangkau banyak lapisan masyarakat.

Cara Memulai Usaha Minuman Susu Aneka Rasa

Lalu, bagaimana cara memulai usaha minuman susu aneka rasa supaya bisa berjalan lancar dan menguntungkan?

Siapkan Konsep

Pertama, siapkan konsep usaha. Konsep bisnis harus jelas sebelum melangkah. Mulai dari nama, variasi rasa, kemasan, hingga trik dan media pemasaran.

Selain itu, Sobat juga perlu sekali menganalisis pesaing. Setelah tahu siapa saja pesaingnya, nanti bisa membuat konsep yang berbeda dan bahkan unik supaya punya nilai plus dan ciri khas.

Bahkan, perlu juga membuat rencana kreatif. Misalnya nama yang unik, selogan yang menggelitik namun tetap sopan, hingga pilihan desain kemasan.

Mencari Supplier

Selanjutnya, tentukan dulu sumber bahan supaya proses produksi bisa terus berjalan. Cari supplier yang harganya lebih rendah supaya keuntungan lebih banyak.

Namun, pastikan kualitas bahan juga terjamin. Pelayanannya juga perlu Sobat cek apakah selalu ready stok, komunikasi penjualnya nyaman, dan lain-lain. Tujuannya untuk menjaga stabilitas usaha juga ke depan.

Tentukan Lokasi

Sebelum memulai bisnis minuman susu aneka rasa ini, tentukan juga lokasinya. Apakah mau menyewa tempat, menggunakan gerobak, atau bisnis rumahan saja.

Jika menyewa tempat, pastinya perlu budget lebih. Begitu juga jika membuat gerobak pinggir jalan.

Kelebihannya, jika menyewa tempat dan membuat gerobak unik, Sobat bisa memilih lokasi yang strategis. Pembeli lebih banyak dan potensial.

Namun, tidak menutup kemungkinan, buka usaha minuman susu aneka rasa di rumah juga mendatangkan cuan. Penjualan secara online bisa menjadi solusi.

Siapkan Alat dan Bahan

Jangan lupa untuk mendata keperluan alat dan bahan dalam memproduksi minuman susu ini.

Peralatannya tergolong simpel dan tidak perlu mahal. Contoh alat untuk bisnis minuman kemasan cup antara lain blender, mesin press untuk gelas plastik, panci dan kompor, serta penunjang lainnya sesuai konsep bisnis.

Penunjang tersebut misalnya banner untuk usaha jenis offline, penataan ruangan, desain tempat, seragam karyawan, dan sebagainya sesuai skala usaha.

Alatnya pasti juga sedikit berbeda jika memilih kemasan botol. Sticker kemasan dan mesin penutup botol supaya rapat perlu Sobat cari dulu.

Namun, jika budget terbatas, jangan khawatir, peralatannya bisa kita minimalisir, kok. Hanya berbekal panci, blender, dan mesin press cup, bisa jalan.

Bahan yang diperlukan terdiri dari susu murni, perisa makanan, gula, dan es batu.

Lakukan Pemasaran Terbaik

Pemasaran yang bagus bisa membuat usaha apapun laku keras. Trik pemasaran bisa dimulai dengan nama usaha yang unik, desain kemasan menarik, dan iklan yang memikat lewat media sosial.

Saat ini, iklan lewat media sosial maupun lewat website sudah jadi kebutuhan karena perkembangan zaman. Teknologi informasi kini sangat mendukung bisnis dalam bidang apa saja.

Pemasaran digital dapat menjangkau pembeli lebih banyak, membuat branding usaha lebih kuat, dan melayani pembeli 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu.

Resep Minuman Susu Aneka Rasa

Membuat minuman susu aneka rasa tergolong sangat mudah. Bahannya juga tidak terlalu banyak. Sobat bisa menemukan banyak sekali resep mudah dalam membuatnya dari berbagai sumber.

Salah satunya, resep simpel ini dari channel Youtube Dapur Omaemi.

Bahan

150 ml susu murni
30 ml perisa bubuk khusus makanan
15 ml gula cair
Es batu secukupnya
Topping boba (sesuai selera)

Cara Membuat

Tuangkan bubuk perisa, misalnya rasa stroberi ke dalam blender
Lalu susu murni dan gula cair
Blender hingga tercampur rata
Siapkan gelas plastik,
Masukkan boba, lalu es batu
Tuangkan susu yang telah diblender
Tutup dengan press cup plastik atau penutup plastik cup
Siap dihidangkan dengan sedotan boba

Nah, itulah gambaran bisnis minuman susu aneka rasa beserta peluang, cara memulai, hingga salah satu contoh resepnya. Sobat bisa mencobanya dengan skala kecil terlebih dahulu atau ikut frenchise susu murni yang telah mapan.

Tinggalkan komentar