Bisnis Minuman Kemasan Cup, Peluang Usaha, Tips dan Analisanya

Bisnis minuman kemasan cup memang sedang hype saat ini. Minuman dengan kemasan cup mewarnai kuliner pinggir jalan, pusat perbelanjaan, bisnis rumahan, hingga bisnis minuman online.

Daya tarik usaha ini karena praktis dan umumnya punya harga ekonomis. Sesuai budget berbagai kalangan, tapi tetap memuaskan dan melepas dahaga.

Oleh sebab itu, wajar sekali jika minuman dalam kemasan gelas plastik ini kian populer saat ini. Peluang usahanya juga sangat prospektif dengan berbagai keunggulannya.

Lalu bagaimana peluang bisnis minuman kemasan cup ini?

Peluang Bisnis Minuman Kemasan Cup

Usaha di bidang minuman ini punya prospek yang bagus. Alsannya karena mobilitas masyarakat dan budaya digitalisasi makin naik daun.

Orang akan suka jika minuman yang mereka beli mudah untuk mereka bawa dan praktis. Semisal membelinya sambil hangout pun akan sangat aman jika bentuknya kemasan cup dengan tutup press supaya jika tidak habis mudah mereka bawa.

Begitu pula adanya bisnis online yang sedang marak. Pastinya minuman kemasan cup adalah sebuah keniscayaan. Produk akan dibawa kurir dan harusnya kemasannya aman dari kemungkinan tumpah.

Selain karena serba online, minuman yang pembelinya anak-anak dan pelajar pasti akan sangat cocok jika punya kemasan ini. Contohnya usaha minuman rumahan yang pembelinya anak-anak, minuman pinggir jalan, dan yang berada di pusat perbelanjaan.

Prospek Menguntungkan

Mengapa peluang bisnis minuman kemasan cup ini termasuk punya prospek bagus? Umumnya usaha ini memerlukan modal yang lebih kecil dibanding mendirikan usaha minuman dengan konsep seperti tea bar, kedai dalam food court, atau jenis minuman dengan konsep lainnya.

Minuman kemasan cup biasanya punya target pasar anak-anak, kaum pelajar, dan tidak menutup kemungkinan orang dewasa juga suka. Pembelinya tertarget dengan pasti, bahan bakunya umumnya murah meriah, dan alat penunjangnya juga lebih hemat. Misalnya usaha minuman kekinian modal kecil yang pernah saya posting sebelumnya.

Bahkan jika ada dalam bentuk franchise pun punya modal yang cukup terjangkau. Seperti franchise teh Tong Tji yang hanya butuh modal 3 jutaan. Namun, sudah punya perlengkapan komplit hingga seragam. Penggemarnya juga tidak kalah hits karena minuman satu ini bisa dikatakan sejuta umat dan tidak lekang oleh trend.

Bagaimana Memulai Usaha Minuman Kemasan Cup?

Sebenarnya, ada dua pilihan dalam memulai bisnis minuman cup. Apakah mau mencari franchise yang sistemnya sudah mapan, atau memulai dengan merek dagang sendiri. Bahkan, hanya modal 300 ribu juga bisa mulai usaha ini.

Apabila Sobat ingin memilih franchise, bisa langsung cari informasi di situs resminya dan temukan kontaknya. Cek harga modalnya, bagaimana sistem kerjasamanya, dan apakah peluangnya bagus sesuai lokasi Sobat sendiri.

Jika ingin memulai usaha minuman kemasan cup sendiri, maka Sobat harus pastikan jenis minumannya, persiapkan nama usaha atau merek, rencana pemasaran, perhitungan modal dan keuntungannya.

Pastikan juga kontinuitas produksi dengan memastikan pemasok bahan baku. Jangan sampai memilih usaha yang bahannya terlalu sulit didapatkan.

Siapa yang Cocok Menjalani Usaha Ini?

Semua orang cocok menjalani usaha minuman kemasan cup. Ibu rumah tangga, mahasiswa, orang kota dan desa, hingga mereka yang terdampak PHK. Apakah punya modal besar atau kecil, usaha ini punya peluang yang banyak bagi siapa saja.

Jika modalnya kurang besar, bisa memilih minuman cup dengan bahan baku minimalis seperti Pop Ice, teh tarik, cappuccino cincau, dan sebagainya. Begitu juga Sobat yang punya modal cukup untuk memulai bisnis ini dalam skala besar.

Target Pasar Bisnis Minuman Kemasan Cup

Konsumen untuk minuman kemasan cup sangat mudah kita dapatkan. Bisa menarget anak-anak, pelajar, atau siapa saja di pinggir jalan.

Namun, umumnya jenis minuman juga berpengaruh kepada siapa kita memasarkan produk. Contohnya Pop Ice kurang disukai oleh orang tua yang sudah sangat teliti dengan kesehatan. Minum dengan dinginnya es atau rasa yang manis lebih tepat untuk dinikmati anak-anak SD.

Jadi, membuka usaha ini lebih tepat membidik anak SD, lalu buka di dekat sekolahnya. Begitu juga jenis minuman cup lainnya. Pastikan menarget konsumen yang tepat karena nantinya berpengaruh kepada lokasi berjualan, bagaimana konsep usaha, hingga cara promosinya.

Demikian sekilas penjelasn tentang peluang bisnis minuman kemasan cup, tips, dan analisa usahanya. Sobat bisa mendapatkan ispirasi jenis usaha minuman cup ini pada postingan lainnya si situs ini. Semoga sukses.

Tinggalkan komentar