Jualan Makanan dengan Modal 20 Ribu yang Menguntungkan!

Ide jualan makanan dengan modal 20 ribu yang  bisa Sobat Kuliner jalani ada banyak. Bisnis makanan memiliki peluang yang besar karena bisa dijalankan dengam modal kecil sekalipun. Bahkan tanpa modal pun sebenarnya bisa, asalkan pandai membaca peluang.

Meski demikian, untuk melakoni usaha kuliner memang akan membutuhkan modal cukup besar jika itu menyangkut peralatan memasak. Jadi, modal 20 ribu rupiah hanya mencakup bahan saja dan menggunakan peratalan dapur yang ada. Sobat tidak perlu membeli peratalan baru.

Berbeda halnya jika Sobat Kuliner merupakan mahasiswa yang ingin menjalankannya di kost-kostan, tentu memerlukan modal lebih untuk membeli kompor (jika belum ada) dan alat memasak.

Jualan Makanan dengan Modal 20 Ribu

Nah, jika Sobat sudah punya peratalan dapur, maka sebenarnya modal 20 ribu sudah cukup dalam melakoni beberapa bisnis makanan ini. Apakah akan menjualnya langsung di rumah atau mencoba memasarkan secara online.

Ide jualan makanan dengan modal 20 ribu ini cocok bagi ibu rumah tangga, bisnis sampingan untuk para karyawan, pelajar, dan siapa saja yang belum memiliki modal besar. Asalkan punya perencanaan dan strategi, serta mau memulai, maka jualan makanan ini bisa menghasilkan keuntungan yang besar juga. Apa saja?

Cimol

Ide jualan pertama adalah cimol. Jajanan ini memang laris di pasaran karena rasanya yang lezat namun harganya murah meriah. Olahan kudapan berbagan tepung kanji ini tidak memerlukan modal besar.

Bahan bakunya bisa didapatkan dengan harga 20 ribu saja. Cara memasaknya pun tergolong mudah dan memerlukan peratalan dapur yang sangat biasa, yaitu wajan, alat pengorengan, dan wadah untuk adonan.

Sobat bisa menjual cimol ke tetangga, menjualnya kepada anak sekolah, hingga jualan online juga bisa. Bahkan, jika Sobat mampu membuat cimol yang siap goreng atau mentahan dan bisa tahan lama lalu memberikan packaging yang bagus, nantinya bisa menjual secara luas lewat ecommerce. Usaha cimol pun peluangnya sangat bagus untuk maju dan jadi usaha skala besar.

Jamur Crispy

Jualan makanan dengan modal 20 ribu yang juga sangat pas lainnya adalah jamur crispy. Olahan makanan kriuk dan gurih ini terbuat dari jamur tiram yang telah disuwir-suwir dan dibalur dengan adonan tepung.

Asalkan bisa membuatnya menjadi olahan yang kres dan renyah, maka bisnis makanan modal kecil ini bisa laku keras. Banyak orang menyukai cemilan ini dengan membeli langsung dan mengonsumsinya. Ada pula pembeli yang senang mendapatkannya dalam bentuk kemasan.

Meskipun modalnya kecil, jika Sobat berencana memasarkannya dengan kemasan yang menarik dan tahan lama, bukan tidak mungkin bisa membuat bisnis yang menghasilkan untung besar.

Cilok

Jajanan cilok sudah sangat terkenal dan menjadi favorit semua kalangan. Baik anak-anak, remaja, hingga orang tua suka dengan jajanan cilok ini. Biasanya dijual di pinggir jalan, sekolahan, atau di tempat wisata biasanya cilok selalu ada.

Nah, bagi Sobat yang memiliki modal 20 ribu, jualan cilok bisa di rumah. Hanya saja, lokasinya memang harus strategis. Akan bagus jika rumah dekat dengan sekolah SD atau SMP. Begitu juga jika berada di desa atau perumahan yang banyak terdapat anak-anak dan yang orang-orang yang senang membeli cemilan.

Cara lainnya bisa dengan menjual secara langsung atau dibawa ke tempat ramai. Masak di rumah, lalu mengemasnya dan menawarkan secara langsung kepada pembeli di tempat ramai.

Sama seperti cimol, sebenarnya cilok juga adalah jenis kuliner yang bisa dijual dalam bentuk kemasan siap masak. Pembeli bisa memesan cilok mentah siap goreng atau menjajakannya di toko atau supermarket dengan kemasan yang tahan lama. Jualan online juga sangat bagus.

Keripik Kulit Lumpia

Salah satu jajanan cemilan yang tidak kalah enak dan banyak penggemar adalah keripik kulit lumpia. Selain banyak yang suka, keripik lumpia juga tidak perlu modal banyak untuk membuatnya.

Keripik berbahan tepung dan taburan bumbu pedas ini bisa diproduksi walau dengan modal 20 ribuan saja. Bahkan jika mau praktis, bisa membeli kulit lumpia yang sudah jadi di pasar. Satu bungkus isi 6 bisa didapat dengan harga 2 ribuan saja.

Untuk awal-awal produksi, Sobat bisa membuat sedikit dulu dan menerapkan sistem pre-order. Dengan begitu, modal akan terus bergulir dan berpeluang meningkatkan bisnis dari hari ke hari. Gunakan promosi secara online dan branding yang menarik supaya makin banyak pembeli.

Keripik Bayam

Ide jualan cemilan modal 20 ribu yang juga laris manis adalah keripik banyam. Olahan cemilan berupa keripik dari bahan sayuran bayam hijau ini memang unik dan punya cita rasa khas yang lezat.

Biasanya keripik bayam dijual di pusat oleh-oleh, di pasar, hingga supermarket. Bagi Sobat yang ingin mulai berjualan tapi modal minim, bisa mengolah sayuran bayam dan menawarkannya di warung terdekat atau menjualnya secara online.

Meskipun keripik ini modalnya kecil, tapi peluangnya juga besar. Mengingat banyaknya orang yang menyukainya, Sobat bisa memaksimalkan pemasaran dan promosi yang sehingga usaha kuliner yang Sobat jalankan akan terus berkembang.

Es Lilin

Jualan makanan dengan modal 20 ribu yang tidak kalah bagus adalah es lilin. Karakteristik jajanan ini adalah nostalgia yang mengingatkan masa kecil. Harganya yang murah juga menjadi daya tarik tersendiri sehingga bisa dinikmati berbagai kalangan. Terutama anak sekolahan dan orang dewasa yang teringat masa kecil.

Bahan untuk membuatnya juga tergolong murah. Serbuk untuk membuat es lilin bisa Sobat dapatkan di berbagai distributor bubuk minuman. Selain menggunakan bubuk minuman yang praktis, bisa juga memakai bahan alami seperti buah-buahan.

Keripik Singkong

Cemilan kering satu ini juga tidak kalah laris manis. Asalkan memiliki tekstur yang renyah dan rasa yang enak, keripik singkong bisa menjadi ide usaha kuliner yang menguntungkan. Saking favoritnya, keripik singkong sekarang bisa kita temukan di berbagai supermarket dengan kemasan modern.

Jika Sobat ingin membuatnya dan menjualnya sendiri, bisa menawarkan harga lebih murah dengan rasa yang tidak kalah enak. Buat brand atau nama sendiri untuk keripik singkong milik Sobat.

Namun, sebelum mengedarkan cemilannya, jangan lupa untuk menguji coba beberapa kali sehingga menemukan cita rasa yang paling enak dan renyah, ya. Ini karena membuat keripik singkong yang renyah membutuhkan keahlian dan resep yang pas.

Makaroni

Ide usaha cemilan yang modalnya juga kecil adalah makaroni. Cemilan ini disukai oleh berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Cara memasaknya juga bisa berbeda-beda sehingga menghasilkan makaroni yang mengembang atau setengah mengembang sehingga lebih kriuk dan gurih. Tambahan bumbu asin, pedas, dan lain-lain memberikan variasi yang menarik dan menggugah selera.

Modal untuk membuka usaha makaroni bisa dengan biaya hemat. Uang 20 ribu sudah cukup untuk membeli bahan baku dan mengemasnya untuk dipasarkan.

Keripik Tempe

Jualan cemilan yang modalnya kecil lainnya adalah keripik tempe. Kita tahu bahwa harga tempe di pasaran sangat terjangkau. Untuk menjadikannya cemilan berupa keripik, pastinya tidak perlu begitu banyak bahan.

Asalkan bisa membuat keripik yang renyah dan pas di lidah, maka modal 20 ribu bisa cukup untuk memulai bisnis kuliner berupa cemilan keripik tempe.

Keripik tempe juga merupakan olahan yang cocok untuk dijual secara online sehingga bisa menjangkau pembeli lebih banyak. Jika Sobat punya keterbatasan modal, bisnis ini bisa dibuat dengan sistem pre order. Jika ada pembeli memesan secara online, baru membuat dan mengirimkannya.

Cireng Isi

Siapa tidak suka cireng isi. Jajanan anak yang gurih, kenyal, dan punya aneka isian ini juga disukai orang dewasa. Khususnya kaum perempuan.

Biasanya cireng isi dijual dalam bentuk mentah untuk dimasak sendiri oleh pembeli di rumah. Produk ini bisa dipasarkan kepada semua kenalan yang Sobat punya di kontak WhatsApp atau menjualnya secara online di marketplace juga. Jika cireng isi tersebut tidak tahan lama, bisa menerapkan sistem pengiriman same day.

Memiliki modal terbatas tidak menutup kemungkinan bisa menjalankan usaha kuliner yang potensial. Meskipun setiap pilihan usaha pasti ada kekurangannya seperti karakteristik makanan yang tidak tahan lama. Kuncinya Sobat harus melihat peluang dan kreatif menemukan pemasaran yang pas.

Selain itu, meski usaha tersebut dimulai dengan modal kecil, pastikan usaha ini punya perencanaan keuangan yang baik. Kelemahan pengusaha kecil dan menengah biasanya terletak pada kurang menganggap penting dalam hal pembukuan dan manajemen keuangan usaha.

Padahal, sekecil apapun uang yang bergulir dalam bisnis sangat berharga dalam menentukan kemajuan usaha. Bisnis yang dimulai dengan modal kecil pun akan menjadi besar jika pengelolaan keuangannya dan berbagai aspeknya dilakukan secara teratur.

Sobat bisa memanfaatkan software akuntansi untuk melakukan pencatatan keuangan, pembuatan kuitansi, invoice, dan lain-lain. Meskipun tidak mengenal ilmu akuntansi, software dari Kledo ini bisa membantu dalam mengontrol dan mengatur keuangan bisnis dengan mudah dan praktis.

Sobat bisa mengatur usaha tanpa perlu membuang banyak waktu. Memiliki software akuntansi seperti ini seperti punya asisten keuangan yang profesional. Sobat bisa buat invoice juga dengam mudah tanpa harus memakan waktu lama.

Nah, itulah ide jualan makanan dengan modal 20 ribu yang bisa Sobat coba. Jenis makanan di atas merupakan kuliner yang sudah terbukti laris manis di pasaran. Selama Sobat mampu membuat resep yang enak, perencanaan keuangan yang baik, dan pemasaran yang kreatif, maka bisnis dengan modal kecil sekalipun bisa mendatangkan keuntungan yang bagus serta jadi bisnis besar nantinya. 

Tinggalkan komentar