9 Ide Bisnis Makanan Online Rumahan yang Paling Laris

Bisnis makanan online rumahan kini banyak dilirik orang. Usaha kuliner satu ini memiliki peluang yang besar untuk bisa menghasilkan cuan.

Apakah Sobat Kuliner sedang berencana menjalankan usaha makanan online rumahan? Kini saatnya memulai.

Menjalankan usaha di rumah dan dilakukan secara online termasuk mata pencaharian yang bisa berdamai dengan kesibukan rumah tangga. Ini juga cocok digandrungi kaum perempuan yang telah berumah tangga. Tentu juga bisa dijalani kaum pria, ya.

Apalagi jika Sobat adalah pecinta makanan dan gemar memasak. Jenis usaha ini pasti sangat cocok dan menyenangkan. Yaps, pekerjaan apapun jika datang dari hobi pasti bisa bertahan lama dan lebih sukses. Hal paling utama, Sobat bisa menikmati prosesnya. Ya, kan?

Apa Saja Bisnis Makanan Online Rumahan yang Paling Laris di Pasaran?

Sebelum memilih jenis kuliner apa yang ingin Sobat jual, sebaiknya melirik jenis kuliner yang laris saat ini. Makanan ini selalu punya tempat di lidah konsumen dan banyak peminatnya. Apa saja?

Bakso Aci

Panganan berkuah dengan butiran bakso berbahan tepung kanji ini kenyal dan nikmat. Harganya yang lebih murah dari bakso daging tentunya membuat peminatnya banyak.

Bahkan, bakso aci termasuk jajajan yang viral karena saking banyak yang suka. Pembuatan bakso aci bisa dikreasikan dengan eneka jenis kuah dan toping sesuai selera.

Jika Sobat ingin menjangkau pasar lebih luas secara online, makanan ini bisa diproduksi dengan sajian kering dan tahan lama. Nantinya, konsumen akan merebusnya kembali jika ingin menyantap di rumah.

Dimsum

Makanan yang datang dari negeri Tirai Bambu ini juga sangat memikat pecinta kuliner di negara kita. Dimsum memang lezat dan bisa dibuat dengan berbagai variasi rasa. Misalnya dimsum ayam, udang, dan ikan bisa menjadi ciri khas bisnis kuliner Sobat.

Kuliner ini bisa dijajakan di pasar, swalayan, atau supermarket. Bisa juga Sobat pasarkan sendiri secara online. Baik melalui website, media sosial, ecommerce, atau WhatsApp.

Salad Buah

Saya seringkali melihat teman yang bekerja di sebuah isntansi selalu berlangganan salad buah. Entah dari mana ia membeli, namun katanya selalu diantar oleh kurir atau penjualnya langsung ke kantor.

Ya, salad buah ini cocok untuk orang kantoran yang membutuhkan cemilan di sela-sela waktu kerjanya. Buah dengan saus mayo sangat enak dan bernutrisi untuk jadi cemilan sebelum atau sesudah jam makan siang.

Frozen Food

Biasanya frozen food peminatnya adalah keluarga-keluarga yang punya anak kecil. Punya kenalan wali murid di sekolah TK atau SD bisa jadi peluang bisnis ini.

Namun, agar bisnis frozen food ini lebih untung, pemasaran secara online tentu lebih oke. Beri nama dan merek yang menarik, lalu pasarkan secara aktif supaya bisa bersaing. Tingkatkan interaksi dengan pelanggan dan biarkan orang menemukan bisnis Sobat lewat internet.

Meski demikian, punya target pelanggan juga penting, lho. Sobat bisa menemukan komunitas di sekolah-sekolah, mencari kontak para orang tua dan menawarkannya secara langsung. Ini untuk mengantisipasi persaingan yang besar di kancah digital.

Katering

Banyak orang memilih usaha catering karena untung yang besar. Biasanya tergetnya adalah kaum pekerja kantoran yang sibuk dan tidak sempat masak.

Bisnis katering cocok untuk dijalankan di perkotaan karena umumnya banyak orang bekerja dan memerlukan sajian makan siap santap.

Meski banyak yang menjalankannya, pastikan usaha katering milik Sobat punya branding yang bagus. Mulai dari nama usaha, metode pemasaran onlinenya, cita rasa, hingga pelayanan haruslah unggul.

Pizza Rumahan

Penggemar pizza itu banyak, lho. Makanan ini bahkan bisa menggantikan nasi dan makan siang. Namun, harganya yang mahal membuat orang berpikir sekian kali untuk membelinya.

Nah, Sobat bisa membuat pizza buatan sendiri di rumah dengan harga lebih rendah. Namun, rasa tetap enak. Biasanya, penggemar pizza adalah remaja dan anak-anak.

Akan lebih oke lagi jika Sobat bisa menawarkan varian rasa yang khas dan unik supaya memiliki perbedaan dengan pizza yang populer. Misalnya seperti usaha teman saya yang menawarkan cita rasa nusantara, seperti pizza saus rendang, saus gulai, dan sebagainya.

Abon

Makanan ini juga bisa menjadi ide bisnis makanan online rumahan yang menguntungkan. Abon bisa menjadi alternatif lauk di rumah ketika makanan dan lauk-pauk terasa tidak lengkap. Bahkan, bagi penggemar abon, setiap makan harus selalu ada.

Abon punya keunggulan dari segi daya tahan yang lama sehingga penjualan jarak jauh juga bisa. Hanya saja, mungkin pembuatannya cukup lama dan butuh tenaga ekstra.

Namun, karena peluang bisnisnya bagus, why not? Bisnis abon secara online dari rumah pasti untung.

Sambal Kemasan

Rasanya, orang Indonesia tidak bisa lepas dari sambal. Umumnya setiap makan pasti harus ada sambal supaya makan lebih lahap.

Sobat bisa membuat sambal dalam bentuk kemasan sachet, botol, dengan aneka resep sambal yang bermacam-macam. Nantinya, produk sambal rumahan ini pemasarannya lewat media sosial dan e-commerce juga. Upayakan supaya sambal kemasan ini tahan lama, ya.

Makanan Sehat

Ide bisnis makanan online rumahan yang tidak kalah laris adalah bisnis makanan sehat. Menu ini punya pelanggan tersendiri. Biasanya kaum dewasa yang bekerja memerlukan asupan makan yang sehat dan tidak asal santap.

Pasalnya, tidak semua orang mau mengonsumsi hidangan banyak lemak dan terlalu banyak karbohidrat. Usia dewasa pekerja biasanya mulai memperhatikan kesehatan tubuh dan bahkan ada yang ingin diet sehat dengan mengonsumsi makanan sehat.

Jadi, kehadiran bisnis makanan sehat ini bisa membantu mereka yang ingin menjaga asupan makanan. Plus bisa mendatangkan cuan.

NB: Oh ya, untuk beberapa jenis kuliner seperti katering, pizza, dimsum, mungkin tidak begitu terbayang bisa dijual secara luas lewat online. Namun, perlu Sobat ingat, bahwa bisnis online bagi makanan tidak tahan lama juga bisa, kok.

Hanya saja, mungkin jangkauannya tidak bisa luas. Lokasi yang terjangkau Go Send saja misalnya yang bisa membeli. Namun, peran pemasaran onlinenya tidak kalah penting supaya orang lain, terutama dalam satu wilayah bisa mengenal bisnis kuliner Sobat. Tidak jarang, kan kita juga menemukan makanan favorit lewat pencarian Google. Padahal, makanan itu jaraknya tidak jauh.

Tinggal di perkotaan membuat produk kita harus terlacak oleh internet jika ingin lebih banyak pembeli dan ditemukan orang. Betul?

Baca juga:

7 Tips Sukses Memulai Bisnis Makanan Online untuk Pemula
Gambaran Bisnis Plan Ayam Geprek Lengkap dan Mudah

Itulah 9 ide bisnis makanan online rumahan yang laris di pasaran dan berpeluang menghasilkan cuan. Apalagi di saat pandemi yang membatasi ruang gerak kita, usaha kuliner secara online adalah solusi.

Tinggalkan komentar