4 Ide Desain Cafe Minimalis Rumahan untuk Pengusaha Muda

4 Ide Desain Cafe Minimalis Rumahan untuk Pengusaha Muda

Inspirasi desain cafe minimalis rumahan sangat cocok untuk pengusaha muda yang ingin punya cafe sendiri tapi lahan dan budget terbatas. Walaupun memanfaatkan tempat tinggal keluarga, Sobat tetap bisa memiliki usaha di bidang kuliner tanpa perlu membeli lahan baru atau menyewa bangunan.

Hanya saja, sebelum membuat cafe di rumah, sebaiknya sudah siap dengan beberapa resiko yang akan terjadi. Misalnya suasana rumah akan lebih berisik karena nanti banyak pengunjung yang datang. Selain itu, perivasi akan berkurang.

Jika Sobat sudah siap dengan hal itu, saatnya memilih beberapa ide desain cafe yang akan dibuat di area rumah. Yuk simak selengkapnya.

4 Ide Desain Cafe Minimalis Rumahan

Tidak hanya hunian keluarga yang bisa mengadopsi model rumah minimalis. Sekarang, tempat usaha kuliner seperti cafe juga bisa kita desain sedemikian rupa supaya tampil modern dengan gaya minimalis.

Berbagai sumber terpercaya menyebutkan, istilah minimalis ini memiliki arti bahwa konsep desain bangunan dan interior lebih mengedepankan fungsi, sederhana, mengutamakan efek keluasan dan pencahayaan. Desain minimalis mengurangi ornamen dan dekorasi yang tidak atau kurang memiliki fungsi.

Nah, konsep ini kita terapkan kepada desain cafe minimalis rumahan. Selain minim budget dan lahan, penerapannya juga sederhana tapi tetap nyaman dan kekinian.

Cafe Depan Rumah 

ide desain cafe minimalis rumahan di halaman rumah
cafe depan rumah, by Lipitan6.com

Ide pertama adalah membuat cafe di depan rumah atau halaman. Sekarang sudah banyak orang memanfaatkan lahan depan rumah untuk menjadi tempat usaha.

Ruangan dapur cafenya tidak perlu terlalu besar. Seperti pada gambar di atas, ruangan pembuatan makanan atau minumannya cukup untuk satu atau dua orang karyawan dan peralatan untuk meracik menu.

Bahkan mungkin Sobat juga seringkali melihat ruangan dapur atau kasir diambil dari bahan kontainer. Lalu diberi cat hitam atau cokelat sehingga nampak elegan.

Sementara untuk tempat duduk pelanggan, bisa memanfaatkan halaman rumah. Gunakan kursi dan meja yang sederhana dan ramping, simpel, tapi fungsinya untuk makan minum tetap ada.

Meja dan kursi model cafe minimalis seringkali mengeluarkan biaya yang tidak terlalu besar. Bahkan, ada orang yang membuat kursi dan meja sendiri dengan membeli kayu, bambu, atau barang bekas.

Oh ya, jangan lupa memastikan ada lahan parkir juga. Tidak perlu terlalu luas, yang penting menyesuaikan dengan jumlah tempat duduk yang Sobat sediakan.

Cafe di Bagian Interior Rumah

contoh desain cafe minimalis rumahan
cafe di dalam rumah by Dekoruma.com

Selain memanfaatkan halaman rumah, desain cafe minimalis rumahan selanjutnya adalah menggunakan area dalam rumah. Bisa menggunakan ruang paling depan supaya lebih kentara dari luar.

Supaya semakin nyaman untuk pengunjung, cafe di dalam rumah perlu dibuat terbuka atau memiliki jendela kaca yang besar. Meski demikian, inspirasi ruang terbuka bukan hal yang mutlak. Meskipun tertutup, asalkan Sobat bisa memberikan kenyamanan, tidak menjadi soal.

Hanya saja, ruangan terbuka atau jendela besar dapat memaksimalkan pencahayaan. Ruangan juga tampak lebih luas.

Penataan kursi dan meja bisa dibuat menempel ke dinding untuk menghemat ruang. Penggunaan cat dinding putih, menambahkan cermin di dinding, juga bisa memberi kesan ruangan yang lebih lapang.

Meski demikian, kreativitas tidak terbatas dalam mendesain cafe milik sendiri, ya. Jangan lupa menambahkan pewangi ruangan supaya cafe tetap wangi seperti lilin arimaterapi. Manfaat lilin aromaterapi sangat baik untuk memberikan kenyamanan untuk para pelanggan supaya betah berada di dalam cafe. Pilih yang aromanya sesuai dengan suasana cafe, ya.

Cafe di Lantai Bawah

contoh cafe di dalam rumah
Cafe di lantai bawah, by Desain.com

Jika Sobat punya rumah dua lantai, ruangan bawah bisa menjadi ruangan yang potensial untuk dijadikan tempat usaha seperti cafe atau coffee shop.

Ide ini juga cocok bagi yang tidak memungkinkan membeli lahan baru, tapi masih ada budget untuk menambah bangunan. Rumah satu lantai ditambah lantai atas untuk tempat tinggal pribadi. Lalu, lantai bawah untuk cafe.

Meski demikian, konsep minimalis tetap perlu Sobat perhatikan supaya ruangan tetap terasa lapang dan nyaman walaupun bekas ruangan rumah.

Jangan salah, ada kok beberapa cafe yang benar-benar seperti rumah tinggal. Ada dua kamar, ada kamar mandi, dan ruang keluarga. Namun, desain interior dibuat sedemikian rupa sebagaimana sebuah cafe.

Sobat bisa mencari banyak inspirasi desain interior cafe ini sesuai selera yang lebih keren dan kekinian

Cafe di Belakang Rumah

contoh cafe di halaman belakang rumah
cafe di halaman belakang rumah by Pergikuliner.com

Selain ketiga area di atas, desain cafe minimalis rumahan juga bisa memanfaatkan area belakang rumah. Asalkan tempatnya cocok dan bisa dibuat nyaman untuk cafe, maka belakang rumah bisa jadi tempat yang cozy untuk pelanggan.

Biasanya, bagian belakang yang cocok jadi tempat usaha ini adalah yang punya halaman belakang luas, atau ruma yang memiliki ruangan yang menghadap ke bagian belakang. Ruangan ini bisa jadi tempat yang pas untuk jadi sebuah cafe.

Bahkan meski halaman belakang tidak begitu luas, konsep modern bisa menyulap cafe yang tetap pas dan terlihat luas.

Misalnya menggunakan furnitur yang minim, memanfaatkan dinding untuk menempelkan meja-meja pelanggan, dan sebagainya. Salah satu inspirasi cafe belakang rumah seperti gambar di atas.

Tips Agar Desain Cafe Minimalis Rumahan Bikin Bisnis Kuliner Makin Laris

Sekarang, Sobat sudah punya area rumah yang bisa menjadi cafe? Jika sudah, saatnya action dan curahkan kreativitas Sobat dalam menciptakan usaha kuliner yang laris meskipun modal dan lahan seadanya.

Namun, sebelum itu, ada beberapa tips agar cafe rumahan ini laris manis. Apa saja?

Gunakan Inspirasi Desain Minimalis yang Unik

Alih-alih membuat ruangan atau konsep terlalu seadanya, sebaiknya tetap memperhatikan beberapa kesan estetis. Misalnya membuat konsep yang khusus seperti mengusung desain vintage ala 80an, 90an, dan sebagainya.

Selain itu, sisi lain yang bisa Sobat tonjolkan seperti konsep cafe instagrammable. Dengan begitu, pelanggan tertarik berada di cafe untuk berfoto dan mengunggah momen bersantap mereka di media sosial. Secara tidak langsung, ini bisa menjadi sarana promosi gratis. Menarik, bukan?

Selain ide tersebut, menggunakan barang bekas juga bisa jadi konsep yang unik. Misalnya meja bekas drum, pot hias bekas botol plastik, ruang kasir dari truk kontainer, dan sebagainya. Supaya tidak tampak murahan, beri tema daur ulang supaya tetap punya kesan elegan.

Ide cafe minimalis lainnya bisa mengadopsi desain luar negeri. Misalnya membawa gaya arsitektur Jepang, Eropa, dan lain-lain. Namun, pastikan memperhatikan lahan dan budget juga, ya.

Desain Eksterior yang Informatif dan Jelas

Selain memperhatikan kenyamanan cafe dari dalam, perhatikan pula desain eksterior. Tampilan luar juga penting dalam menarik perhatian.

Hal yang paling utama adalah membuat orang mengenali adanya cafe di rumah Sobat. Jangan sampai orang ragu masuk karena sungkan. Mengapa? Umumnya cafe rumahan tetap membuat calon pembeli merasa sedang berkunjung ke rumah orang asing. Kecuali, benar-benar membuat konsep yang benar-benar welcome.

Salah satu caranya adalah dengan membuat tulisan nama cafe yang besar dan jelas di bagian depan. Ada ajakan untuk masuk yang komunikatif dan friendly.

Berikan petunjuk lainnya seperti plang pinggir jalan. Supaya orang yang lewat dengan kendaraan dapat menemukan cafe Sobat. Selain memberikan ajakan dan pesan terbuka, cara ini juga bisa menjadi salah satu pemasaran yang baik.

Memanfaatkan Jasa Desain dan Bangun yang Sudah Profesional

Tips selanjutnya, jika Sobat kebingungan dalam menentukan desain cafe di rumah, maka bisa menggunakan jasa arsitek khusus untuk membuatkan desain dan bangun yang bagus.

Rekomendasi paling saya sarankan adalah di situs Arsitag, yaitu marketplace jasa desain dan bangun terpercaya di Indonesia.

Mulai dari bagun rumah minimalis, cafe, atau kebutuhan desain lainnya di sini. Konsultasi gratis, jaminan proyek selesai atau uang kembali 100%.

Sobat bisa mengunjungi sistusnya di https://arsitag.com, register, lalu konsultasikan secara lengkap mengenai desain yang tepat, berapa budget yang Sobat miliki, dan tahapan proyeknya. Nantinya, akan dapat penawaran harga desain dari mitra Arsitag yang telah terverifikasi. Jadi jangan khawatir lagi soal kualitasnya.

Tidak perlu takut, karena pembayarannya aman dan dipantau oleh tim Arsitag sampai proyek selesai atau jaminan uang kembali.

Nah itulah tips dan ide desain cafe minimalis rumahan yang bisa jadi inspirasi bisnis kuliner. Ini sangat cocok untuk pebisnis muda yang ingin punya usaha di rumah dengan konsep modern, unik, dan kekinian. Selamat mencoba. 

Tinggalkan komentar