Tips Mencari Jasa Reefer Container Terpercaya Untuk Ekspor

Jenis kontainer pengiriman barang jenisnya ada banyak sekali. Salah satu yang paling banyak dibutuhkan saat ini adalah jenis reefer container. Jenis ini merupakan kontainer yang dilengkapi dengan mesin pendingin layaknya freezer raksasa. Tipe ini biasa dipilih oleh perusahaan jika ingin mempertahankan kualitas barang dalam skala besar saat pengiriman.

Namun, apakah Anda sudah mengetahui jenis kontainer ini dengan baik? Atau malah belum pernah mendengarnya sama sekali? Nah, untuk mendapatkan informasi tentang jenis container tersebut, Anda bisa ikuti pembahasannya berikut ini.

Pengertian Reefer Kontainer

Reefer kontainer merupakan tipe peti kemas dengan dilengkapi pendingin di dalamnya. Jenis tersebut sangat cocok digunakan untuk pengiriman barang yang sensitif pada suhu. Hal tersebut tentu berbeda dengan kontainer general purpose yang punya unit terpadu untuk mengambil sumber listrik dari generator diesel ataupun PLN.

Kontainer reefer biasanya digunakan oleh para pebisnis kuliner. Alasannya tentu karena barang yang dikirim adalah makanan beku yang butuh ruang pendingin besar saat dikirim. Pengiriman besar biasanya terjadi saat ada momen tertentu seperti acara tahun baru ataupun perayaan hari besar umat beragama. Pada waktu tersebut permintaan makanan beku pasti mengalami peningkatan signifikan.

Tips Mencari Reefer Container Ekspor

Selain aspek pendukung lainnya, bisnis juga harus memperhatikan kelancaran distribusi. Marketing, digital merketing seperti menggunakan jasa SEO yang bagus, pelayanan, dan lain-lain.

Reefer container punya peran penting dalam menunjang bisnis besar maupun bisnis kreatif skala kecil. Apalagi dengan muatan besar dan berat terutama dalam usaha makanan yang butuh pendingin dalam waktu lama. Penting dalam menentukan jasa yang terbaik.

1. Lakukan Pemeriksaan Dokumen Pre-Trip Inspection (PTI)

Tips pertama adalah lakukanlah pengecekan terhadap PTI atau Pre Trip Inspection. Hal ini merupakan langkah penting sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan kontainer reefer. PTI dapat dilakukan pada saat kontainer masih kosong sehingga kinerja dari sistem pendingin bisa diketahui lebih mudah.

Tidak hanya itu saja, PTI juga bisa masuk dalam pemeriksaan kerusakan fisik. Hal ini untuk memastikan jika kondisi peti kemas untuk pengiriman barang telah dalam keadaan bagus sehingga barang bisa sampai tujuan dengan aman. Untuk itu, lebih baik pastikan terlebih dahulu kondisi fisik peti kemas agar benar-benar siap saat kargo tiba.

2. Cek Alarm Keamanan Peti Kemas

Berikutnya Anda juga wajib untuk memastikan bahwa alarm peti kemas masih berfungsi dengan baik. Hal ini dilakukan untuk memastikan jika terdapat bagian yang rusak seperti kebocoran freon bisa terdeteksi. Dengan begitu, tindakan penanganan bisa dilakukan dengan lebih cepat.

Proses pengecekan tersebut bersifat sangat penting mengingat pihak pelayaran umumnya tidak menanggung apabila terjadi gangguan ataupun kerusakan pada freezer saat barang sedang dikirim. Jadi, daripada nanti merugi, lebih baik Anda melakukan pengecekan ini dengan teliti sebelum memilih peti kemas.

3. Memilih Ukuran

Tips selanjutnya adalah sebelum memilih kontainer, akan lebih bak jika Anda tentukan terlebih dahulu kira-kira berapa ruang yang dibutuhkan muatan. Ukuran peti kemas yang tersedia ada beberapa pilihan, yakni 20 feet sampai dengan 45 feet. Memilih ukuran yang sesuai dengan muatan sangat penting untuk menentukan biaya sewa. Jadi, pertimbangkanlah hal seperti ini dengan baik sebelum menyewa.

4. Pilih Perusahaan Container Terpercaya

Tips terakhir adalah Anda harus memilih perusahaan kontainer terpercaya dan kredibel. Jangan mudah terpengaruh dengan vendor yang menawarkan harga sangat murah. Pilih saja vendor yang sudah berpengalaman serta punya banyak trackrecord ulasan yang baik. Dengan begitu, barang yang dikirim dapat dengan aman dikirimkan ke alamat tujuan. Terlepas skala bisnis Anda seperti apa. Apakah usaha kecil, bisnis kreatif rumahan, perusahaan besar, hingga multinasional

Begitulah tadi ulasan singkat tentang reefer container. Seperti dikatakan pada ulasan di atas, memilih perusahaan terpercaya adalah hal wajib. Perusahaan Hagajaya Freight Forwarding sudah punya teruji dan mampu untuk memberikan kualitas pengiriman terbaik untuk Anda. Untuk mendapatkan informasi lengkap tentang Hagajaya, langsung saja kunjungi di hagajaya.com.

Tinggalkan komentar