Asuransi Mobil Bekas, Berikut 5 Tips Memilih yang Tepat

Asuransi Mobil Bekas, Berikut 5 Tips Memilih yang Tepat

Kita perlu memiliki asuransi mobil bekas karena bagaimanapun kondisi kendaraan ini layak mendapakan jaminan. Apalagi kualitasnya tidak kalah jauh dengan mobil baru asalkan masih prima.

Memang ada banyak alasan orang memilih kendaraan roda empat second karena beberapa pertimbangan. Selain harganya lebih rendah, juga merupakan barang konsumtif yang nilainya menurun seiring waktu. Meski begitu, kita tidak ingin mendapatkan problem keuangan di kemudian hari dan ingin memperoleh perlindungan dari risiko kerusakan akibat tergores, terbentur, tergelincir dengan asuransi mobil all risk.

Namun, masalahnya adalah mobil bekas bisa mengajukan all risk atau tidak? Jawabannya ada, tapi dengan beberapa syarat yang harus kita siapkan sebelum memutuskan.  

5 Tips Memilih Asuransi Mobil Bekas

Menurut Lifepal.co.id, asuransi mobil bekas juga ada dan memang bisa memberikan proteksi biaya yang mungkin akan keluar akibat berbagai risiko pada kendaraan. Ini akan memberikan kenyamanan bagi pemilik dari rasa was-was mengenai keuangan.

Alasan utama mobil bekas perlu diasuransikan adalah karena umumnya kendaraan ini berpotensi banyak perbaikan, risiko berkendara tetap ada tanpa mengenal jenis kendaraan, dan terhindar dari kerugian finansial yang besar.

Nah, dalam memutuskan untuk mengambil asuransi mobil bekas, sebaknya perhatikan 5 hal ini.

1. Perhatikan Usia Mobil Bekas

Asuransi mobil bekas punya beberapa syarat dan ketentuan, teutama terkait usia kendaraannya. Batas umur mobil akan menjadi pertimbangan perusahaan asuransi. Untuk asuransi all risk, biasanya akan menerima kendaraan roda empat dengan batas maksimal 10 tahun. Sedangkan asuransi jenis Total Lost Only (TLO) mengcover hingga usia 15 tahun.

Jika umur kendaraan lebih dari itu, Sobat tidak dapat mengajukannya dan mengambil risiko sendiri terkait kondisi mobil bekas yang Sobat miliki. Pihak perusahaan asuransi mempertimbangkan ketersediaan suku cadang jika butuh perbaikan nantinya. Semakin tua mobil, maka kemungkinan sulit menemukan barang yang dibutuhkan.

2. Memilih Perusahaan Asuransi yang Terbaik

Perusahaan asuransi mobil yang baik akan memberikan layanan yang berkualitas, mebantu Sobat dalam mendapat produk yang sesuai kebutuhan, dan memperlakukan nasabah tanpa pandang bulu. Jangan sampai karena memiliki kendaraan second, Sobat diperlakukan kurang bersahabat.

Ciri tersebut merupakan kriteria awal yang menjadi pertimbangan pertama. Selebihnya, terletak pada proses pelayanan selanjutnya terkait perofesionalitas dalam membantu kesulitan Sobat di kemudian hari dan layanan maksimal saat terjadi hal tidak diinginkan pada kendaraan.

3. Pengambilan Asuransi Butuh Survey

Ada beberapa pertimbangan perusahaan asuransi dalam memberikan layanannya terhadap kendaraan roda empat second. Pihak asuransi akan melakukan survey untuk bisa memperkirakan risiko yang mungkin terjadi pada mobil dan menentukan harga preminya.

4. Pertimbangkan Harga Premi

Perlu Sobat ingat bahwa harga premi untuk asuransi mobil bekas lebih besar ketimbang asuransi kendaraan baru. Apakah itu jaminan berupa asuransi all risk atau TLO.

Pertimbangannya karena risiko kerusakan kendaraan second lebih besar dan kemungkinan suku cadang yang langka. Ini menjadikan bayaran bulanan lebih tinggi ketimbang mobil yang diasuransikan dalam kondisi baru.

5. Syarat dan Ketentuan Perlu Diperhatikan

Sebelum mengambil jasa asuransi, sebaiknya perhatikan dengan detail mengenai syarat dan ketentuannya. Jangan sampai Sobat miskomunikasi yang menyebabkan ekspektasi yang tidak sesuai keinginan saat klaim nanti.

Syarat dan ketentuan asuransi mobil bekas lebih banyak dan rumit karena berbagai risiko tadi. Bahkan ini juga bisa menjadi pertimbangan apakah Sobat lebih baik mengasuransikan mobil ini atau tidak perlu dengan menghitung manfaatnya.

Jika sudah memahami syarat dan ketentuannya, dan kendaraan roda empat Sobat layak diasuransikan, maka saatnya mengambil keputusan. Lebih beik keluar uang lebih untuk mengantisipasi kerugian yang tak terduga dan nilainya lebih besar.

Pilih yang terbaik dengan meihat rekam jejak perusahaan, kesehatan keuangannya, dan detailnya seperti apa.

Tenang saja, sekarang membandingkan asuransi mobil terbaik tidaklah sulit. Sobat cukup melihat di marketplace asuransi Lifepal.co.id dan bandingkan satu dengan yang lainnya. Ada banyak pilihan perusahaan asuransi terpercaya, termasuk jenis asuransi lainnya seperti asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dan lain-lain.

Itulah 5 tips memilih asuransi mobil bekas yang bisa membantu memutuskan apakah kendaran roda empat milik Sobat perlu asuransi atau tidak. Lalu, bagaimana menentukan perusahaan yang tepat supaya mendapatkan perlindungan yang aman dari kerugian finansial yang tidak terduga dan lebih besar di kemudian hari.  

Tinggalkan komentar