5 Pengharum Ruangan Alami untuk Dapur dan Cafe

5 Pengharum Ruangan Alami untuk Dapur dan Cafe

Dapur dan cafe adalah ruangan yang lebih baik jika menggunakan pengharum ruangan alami. Walaupun memanfaatkan alat seperti diffuser atau humidifier, bahannya haruslah bersahabat dengan makanan dan minuman.  Tapi sebelum itu, ketika ingin memakai peralatan otomatis seperti ini, Sobat harus pahami dulu perbedaan diffuser dan humidifier sehingga tidak salah membeli perlengkapan ruangan cafe atau dapur.

Apakah memanfaatkan alat otomatis atau manual dalam menangkis bau tak sedap di dapur, hendaklah bahan yang digunakan sifatnya aman. Dapur dan cafe adalah dua tempat yang terdapat makanan dan minuman yang akan kita konsumsi. Jadi, memilih bahan alami adalah pilihan tepat.

Pengharum Ruangan Alami untuk Dapur dan Cafe

Membuat pewangi cafe sendiri dengan memanfaatkan bahan dapur merupakan pilihan tepat untuk menjaga kesehatan. Selain itu, aromanya bisa sesuai dengan keinginan kita sendiri.

Sobat bisa membuatnya dalam bentuk infused water, dibuat menjadi spray dengan memanfaatkan botol parfum bekas, membuatnya dalam bentuk gel, dan sebagainya. Jangan lupa sebelum kita memperhatikan mengenai pengharum ruangan, pastikan nuansa dapur maupun cafe selalu bersih supaya atmosfernya benar-benar nyaman.

Berikut adalah bahan untuk membuat pengharum ruangan alami yang tepat untuk dapur dan cafe.

1. Kayu Manis

Siapa bilang kayu manis hanya bisa kita gunakan untuk bahan dan bumbu makanan dan minuman saja. Aromanya yang kuat dan khas, ternyata cocok juga untuk menjadi pewangi ruangan alami.

Cara membuatnya adalah dengan menempelkan beberapa kayu manis dengan lilin yang menyala. Hawa panas dari api lilin akan mengeluarkan aroma khas dari kayu manis ini.

Bisa juga dengan cara menumbuk kayu manis dan kita taruh di wadah. Simpan di lokasi yang berangin seperti dekat jendela. Aroma kayu manis akan memberikan nuansa wangi alami untuk cafe Sobat. Baca juga : Contoh Usaha Kreatif dan Inovatif

2. Biji Kopi

Sudah banyak produk pengharum ruangan yang menggunakan bahan dari kopi. Namun, jika Sobat ingin mendapatkan wangi yang original dari kopi ini, bisa menjadikan kopi sebagai pengharum ruangan alami buatan sendiri.

Caranya sangat mudah, yaitu dengan meletakkan biji kopi secara utuh di tempat yang Sobat inginkan. Aromanya bisa bertahan selama satu minggu dan berhasil mengusir bau tak sedap. Bahkan bubuk kopi juga bisa menjadi pewangi ruang cafe juga, sekaligus mencegah datangnya tikus. Baca juga : Franchise Teguk Kopi Kekinian yang Laris Manis

3. Lemon

Memang benar bahwa tidak semua pengharum ruangan bisa kita tempatkan di dapur dan cafe, karena ada makanan dan minuman yang akan dikonsumsi. Namun, dapur khususnya adalah tempat yang berpotensi memiliki bau tak sedap. Sehingga membutuhkan treatment khusus juga supaya tetap nyaman dan udaranya segar.

Solusi paling baik adalah dengan menggunakan bahan alami seperti jeruk lemon. Bahan dari buah berwarna kuning ini punya aroma yang segar dan cukup tajam.

Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan air lemon segar dengan baking soda dan air. Takarannya adalah 1 sendok makan air lemon, 1 sendok teh baking soda, dan 500 ml air.

Campurkan semua bahan tersebut ke dalam wadah, aduk hingga tidak ada desisan suara dari campuran bahan. Lalu, masukkan campuran bahan ini ke dalam botol spray. Setelah itu, Sobat bisa menggunakannya secara manual untuk dapur atau cafe.

Cara lainnya bisa dengan mencampurkan perasan jeruk lemon dengan minyak rosemary, lalu tinggal masukkan ke dalam botol spray. Tambahkan air hangat sedikit. Kocok dulu dan semprotkan ke udara saat dibutuhkan.

4. Daun Salam dan Daun Pinus

Selain ketiga bahan dapur di atas, pengharum ruangan alami lainnya adalah campuran daun salam, daun pinus, dan biji pala.

Cara membuatnya cukup unik dan memang memerlukan waktu cukup lama. Namun hasilnya juga sangat menakjubkan.

Campurkan semua bahan dan masukkan ke dalam sebuah toples. Isi dengan air hingga penuh. Lalu, taruh di dalam lemari es selama 2 minggu hingga membeku.

Setelah itu, ambil dan letakkan di dalam ruangan cafe atau dapur dan biarkan mencair. Aroma yang ke luar terasa segar dan menghalau bau tak sedap.

5. Daun Pandan

Bahan dapur yang satu ini wanginya sudah terkenal. Selain digunakan untuk pewangi masakan dan bahan makanan, rupanya daun pandan juga bisa kita manfaakan sebagai pengharum ruangan alami yang manis dan menyegarkan udara.

Memanfaatkan daun pandan sebagai pewangi ruangan alami sangat praktis dibandingkan dengan cara sebelumnya. Cukup iris daun pandan, lalu taruh di piring pada ruang terbuka. Biarkan angin menyebarkan aromanya. Ketahanan aromanya bisa sampai tiga hari atau satu minggu lamanya. Baca Juga : franchise Co Choc, ide bisnis kekinian yang untungnya melimpah

Selain pewangi ruang dapur, daun pandan juga bisa bermanfaat untuk mengusir nyamuk dan serangga, lho. Jika memang terasa repot, sesekali bisa menyalakan lilin aropaterapi untuk mengatasi bau dan membuat tampilan cafe yang lebih eksotis. Selain memperindah ruangan cafe, manfaat lilin aromaterapi juga bagus untuk tubuh.

Nah, itulah pengharum ruangan alami yang bisa Sobat gunakan untuk cafe maupun dapur. Bahan yang alami mencegah timbulnya kontras dengan suasana bersantap dan juga mencegah kemungkinan kontaminasi bahan kimia dengan makanan. Pilih tips dan bahan di atas sesuai kebutuhan, ya. Selamat mencoba.

Tinggalkan komentar