12 Contoh Usaha Kreatif dan Inovatif Mudah Dibuat

12 Contoh Usaha Kreatif dan Inovatif Mudah Dibuat

Apa saja sih contoh usaha kreatif dan inovatif saat ini? Jika Sobat ingin memulai usaha, bidang kuliner bisa jadi alternatif terbaik. Bisnis ini tidak ada matinya, khususnya untuk segmentasi anak muda. Sobat juga tidak perlu bingung, karena ada banyak jenis bisnis kreatif yang bisa Sobat jalankan.

Terkait modal, untuk bisnis kuliner sifatnya sangat fleksibel. Bahkan dengan modal 50 ribu saja, bisa jalan. Berbagai jenis bisnis ini juga bisa menjadi peluang usaha untuk ibu rumah tangga modal 1 juta yang menguntungkan, dan dengan modal ratusan ribu juga bisa dilakukan.

Kuliner yang laris di pasaran sekarang ini sangatlah beragam. Ada yang punya ide membuat makanan sederhana kemudian diubah lebih kekinian, ada yang memanfaatkan kepopuleran makanan Korea, ada juga yang mengkombinasikan berbagai makanan hingga menjadi makanan baru.

Contoh Usaha Kreatif dan Inovatif Mudah Dibuat

Nah, apa saja contoh usaha kreatif dan inovatif yang bisa Sobat jadikan inspirasi untuk memulai usaha dan mudah dibuat?

1. Dadar Gulung Isi

Kue tradisional yang satu ini bisa menjadi salah satu ide usaha yang bisa Sobat coba. Dadar gulung memiliki rasa yang gurih dan ringan. Jika kita makan saat pagi hari dengan kopi pastinya sangat pas.

Makan kue ini tidak akan terasa membosankan. Sobat bisa menambah ide dengan memberikan isian yang lebih variatif. Pastinya dengan sedikit tambahan varian isi, semakin banyak yang penasaran dengankuliner yang unik ini.

Nah, contoh usaha kreatif dan inovatif ini pasti bakal laku keras. Sobat bisa coba dengan membuka lapak kecil, dan dijajakan setiap pagi. Baru ketika usaha Sobat banyak yang suka, bisa memikirkan pengembangannya untuk membuka warung, atau bahkan kafe.

Jangan khawatir, modal usaha dadar gulung sangat fleksibel. Artinya, tidak perlu merogoh dompet sangat dalam. Bahkan usaha ini termasuk salah satu usaha modal 500 ribu yang bisa dijalankan dengan mudah.

2. Makaroni Varian Rasa

Makanan ringan yang satu ini sangat renyah dan punya rasa yang lezat. Sobat bisa membuat makaroni dengan varian rasa, atau membuat makaroni level pedas.

Banyak orang yang menyukai makanan pedas. Terutama anak-anak sekolah, mahasiswa, dan kalangan remaja lainnya.

Untuk membuatnya cukup mudah. Sobat bisa mendapatkan makaroni di pasar, kemudian tinggal menambahkan rasa-rasa yang unik dan kreatif. Untuk menambah daya tarik, bisa membuat kemasan yang unik dan nama yang menarik.

Makaroni semakin banyak pembeli jika Sobat terarapkan penjualan yang pas. Salah satunya sesuai kebutuhan porsi pelanggan, yaitu menjadi usaha makanan ringan serba 2000 yang harganya pasti bersahabat. Kita tahu bahwa pelajar dan anak-anak memiliki uang jajan terbatas pada umumnya. Harga jajajan 2000an pasti mereka incar dan senangi.

3. Pizza Mini

Pizza dengan ukuran besar memiliki harga yang cukup mahal, dan biasanya dibeli untuk beberapa orang. Karena itu tidak banyak orang yang memilih makanan ini tiap hari.

Berbeda dengan porsi yang memiliki ukuran kecil. Pastinya akan semakin banyak orang yang lebih mudah membelinya. Apalagi jika Sobat menambah ide kreatif dalam pembuatan pizza mini ini.

Seperti dengan menambah topping istimewa berupa jamur, keju, jagung, dan lain sebagainya. Contoh usaha kreatif dan inovatif ini pastinya bakal laku keras di pasaran. Khususnya untuk anak-anak muda yang suka mencoba berbagai kuliner yang baru.

4. Martabak Manis dengan Toping

Sobat pasti banyak melihat para pedagang kaki lima yang menjual martabak di jalan, bukan? Hampir setiap hari jualan mereka selalu dikerubuti banyak orang. Martabak memang menjadi salah satu jajanan yang banyak disukai.

Rasanya yang manis, ringan, dan tidak membosankan selalu dicari. Apalagi jika Sobat bisa membuat martabak yang lebih istimewa.

Tambahkan topping yang menarik dalam martabak ini. Atau Sobat juga bisa membuat varian ukuran. Membuat martabak yang berbeda, pasti akan menambah daya tarik dari kue ini.

5. Tahu Bakso Jumbo

Biasanya tahu bakso bisa ukurannya kecil dan dimakan dengan lombok atau dicocol saus. Tahu bakso yang biasa sudah banyak disukai, apalagi jika Sobat bisa membuatnya lebih istimewa.

Tahu bakso dengan ukuran jumbo merupakan makanan yang hits dan pasti akan membuat banyak orang penasaran. Sobat bisa menyajikannya dengan kuah bakso yang gurih, atau dengan berbagai varian saus yang lezat.

Dengan menambah sedikit kreativitas, pasti usaha tahu bakso Sobat bakalan semakin menarik banyak orang.

6. Tahu Kremes Varian Rasa

Jajanan dari tahu memang tidak ada matinya dan termasuk makanan ringan yang lagi booming. Tahu kremes ini dibuat dengan cara digoreng menggunakan tepung bumbu untuk ayam goreng.

Tambahkan beberapa bubuk rasa dari bermacam varian. Seperti balado, keju, BBQ, dan lain sebagainya. Berikan banyak pilihan kepada para pelanggan, sehingga mereka bisa memilih sesuai dengan selera masing-masing.

Jenis bisnis kreatif ini pasti akan menarik banyak orang. Apalagi jika Sobat bisa memberi kemasan yang kekinian.

7. Singkong Rasa

Singkong yang manis dengan tambahan berbagai rasa pastinya terdengar unik di telinga banyak orang. Meski tergolong makanan tradisional, namun singkong yang satu ini punya rasa yang bisa membuat orang menyukainya.

Untuk mendapatkan singkong dengan rasa yang enak, tentunya Sobat harus memilih singkong yang berkualitas. Dimana singkong yang berkualitas harus punya tekstur yang lembut, dan rasa yang manis.

Baru setelah mendapatkan singkong dengan kualitas terbaik, Sobat bisa memilih berbagai varian rasa. Seperti keju, coklat, meses, gula jawa, atau juga Sobat bisa menambahkan es krim di atasnya.

8. Bakso Goreng Isi

Rasa bakso goreng selalu membuat lidah ingin terus merasakannya. Untuk menambah keunikannya, Sobat bisa memberikan beragam isian di dalamnya. Seperti jamur, ayam, telur, sayur, dan lain sebagainya.

Kombinasi antara bakso dengan isian pastinya akan membuat rasanya lebih kaya. Apalagi jika Sobat bisa menambahkan berbagai saus yang semakin menambah kekayaan rasanya.

Contoh bisnis kreatif dan inovatif ini bisa membuat banyak orang tertarik, jika Sobat memasarkannya dengan kemasan yang lebih kekinian. Promosikan di media sosial usaha kuliner milik Sobat.

9. Buah Goreng

Baru-baru ini banyak orang mencoba berbagai macam makanan yang sedikit nyeleneh. Salah satu contohnya adalah semangka goreng. Semangka yang biasanya dinikmati dalam kondisi segar, dingin, dan sangat pas dimakan saat cuaca panas, malah digoreng.

Namun jangan salah, makanan ini memiliki rasa yang unik, dan ternyata disukai banyak orang. Ada rasa gurih dan segar yang bisa Sobat rasakan dalam mulut.

Sobat juga bisa membuat ide makanan yang serupa dengan membuat buah goreng. Beberapa buah yang bisa Sobat gunakan dengan teknik yang sama seperti melon, apel, pir, dan berbagai buah lainnya dengan kadar air yang tinggi.

Sobat bisa perhitungkan modal, ukuran, dan sajiannya supaya punya nilai jual yang pas. Bahkan kalau bisa, buah goreng ini menjadi ide jualan 1000an yang akan sangat digandrungi pecinta kudapan.

10. Rujak Buah dengan Varian Sambal

Rujak identik dengan sambal yang hanya satu rasa. Dengan adanya varian sambal, tentunya semakin menambah cita rasa dari rujak tersebut.

Sobat bisa memilih bermacam-macam sambal tradisional dari berbagai daerah. Atau juga bisa menggunakan saus kekinian yang biasanya banyak digunakan untuk makanan. Inilah salah satu contoh usaha kreatif dan inovatif yang pastinya bakal membuat banyak orang penasaran.

11. Asinan Buah dengan Varian Topping

Indonesia memiliki banyak jenis buah yang menyegarkan. Seperti rambutan, jambu, mangga, dan banyak lagi lainnya.

Beberapa buah tersebut jika dibuat menjadi asinan pastinya memberikan rasa yang unik. Apalagi jika Sobat bisa mengkombinasikannya dengan varian topping, tentu banyak orang akan semakin penasaran dengan contoh usaha kreatif dan inovatif yang satu ini.

12. Bakso Bakar

Makanan yang dibakar selalu memberikan aroma yang khas. Sobat bisa menyajikannya dengan pilihan rasa pedas, dan saus yang berbeda-beda.

Jajanan ini memiliki rasa yang ringan, dan disukai oleh anak sekolahan, dan kalangan remaja lainnya. Bisnis jajanan pinggir jalan ini tentunya bakal disukai banyak orang. Apalagi Sobat bisa memberikan kemasan yang lebih kekinian.

Itulah contoh usaha kreatif dan inovatif sederhana yang bisa Sobat coba. Dengan modal yang tidak terlalu besar, Sobat bisa memulainya dengan membuka lapak sederhana. Ide kuliner yang unik ini pasti langsung menarik banyak pelanggan.

Tinggalkan komentar