Rekomendasi Asuransi Perjalanan Terbaik Supaya Nyaman Bepergian

Rekomendasi Asuransi Perjalanan Terbaik Supaya Nyaman Bepergian

Sebelum bepergian, pastikan Sobat sudah punya asuransi perjalanan terbaik. Berlibur memang merupakan cara paling ampuh dalam melepas kebosanan dan lelah karena rutinitas sehari-hari. Namun, segala hal bisa terjadi selama bepergian sehingga memerlukan asuransi.

Biasanya orang lebih banyak mengenal asuransi jiwa dan asuransi kesehatan. Padahal masih banyak jenis-jenis asuransi dan contohnya. Salah satunya adalah asuransi perjalanan.

Asuransi perjalanan adalah produk perlindungan yang memberikan ganti rugi secara finansial karena risiko yang bisa terjadi selama bepergian. Antara lain jika ada pembatalan perjalanan, terjadi kecelakaan, kehilangan paspor, biaya medis, dan lain-lain.

5 Asuransi Perjalanan Terbaik Tahun 2022, Apa Saja?

Kita tentu tidak menginginkan hal buruk apapun terjadi. Namun, untuk berjaga-jaga, sebaiknya memang harus melindungi segala risiko finansial yang timbul akibat situasi liburan di luar kehendak. Supaya lebih nyaman, Sobat bisa pilih asuransi perjalan terbaik berikut ini:

 1. Zurich

Pilihan pertama yang bisa Sobat pertimbangkan adalah asuransi Zurich. Produknya menawarkan berbagai polis, di antaranya:

Zurich Passport, yaitu jenis polis asuransi yang melindungi perjalanan ke luar negeri untuk individu maupun keluarga.

Zurich Domestic Travel, yaitu jaminan selama liburan atau perjalanan bisnis dalam negeri. Jenis polis ini juga sama-sama mencover individu maupun keluarga.

Zurich Umrah dan Haji, yaitu polis asuransi perjalanan yang meproteksi diri selama pergi Umrah dan Haji. Produk asuransi perjalanan ini juga berlaku tidak hanya bagi perorangan, tapi juga untuk grup dengan minimal 10 orang. Batas usianya antara 1 hingga 80 tahun.

Zurich Holy Land, yaitu yang memberikan perlindungan selama perjalanan ke Holy Land. Produk asuransi ini untuk grup dengan minimal 10 orang dengan rentang usia 1 hingga 80 tahun.

2. AXA

Kedua, ada asuransi perjalanan terbaik dari AXA yang menawarkan produk asuransi perjalanan domestik dan perjalanan ke luar negeri. Jika mendaftar produk asuransi perjalanan luar negeri atau AXA SmartTraveller, maka Sobat bisa mendapatkan polis langsung lewat email yang didaftarkan.

Sedangkan untuk perlindungannya, AXA punya tiga jenis, yaitu pelindungan akibat penundaan perjalanan, perlidungan bagasi, dan pengurangan perjalanan.

Pertama, produk AXA yang melindungi akibat penundaan memberikan santunan untuk setiap 6 jam akibat keterlambatan maskapai yang akan Sobat tumpangi. Termasuk trasportasi lain seperti kereta api dan kapal laut.

Kalaupun Sobat memutuskan untuk mengubah jadwal, biaya pembatalan perjalanan ini ditanggung pihak AXA. Termasuk tambahan biaya lain.

Kedua, untuk perlindungan bagasi, jika terjadi kerusakan atau hilang, maka barang-barang yang hilang ini akan ditanggung sesuai yang ada dalam sertifikat polis.

Ketiga, terkait pengurangan perjalanan akibat terjadi hal-hal di luar kekuasaan kita, maka AXA akan menanggung pengeluaran biaya perjalanan yang sudah kita bayar di awal. Tentunya ini disesuaikan dengan limit pertanggungan.

3. Allianz

Nama asuransi perjalanan dari Allianz adalah Allianz TravelPro yang punya jangkauan untuk perjalanan ke seluruh dunia. Kecuali negara Kongo, Afganistan, Irak, Kuba, Iran, Liberia, Suriah, Sudan, Kongo, dan Ukraina.

Sobat bisa melakukan perjalanan mencakup Greater Asia, Facific and Schengen, dan seluruh negeri selain negara-negara tadi, selama 1 hari hingga 31 hari.

Proteksi perjalanannya antara lain:

  • Ganti kerugian akibat pembatalan atau jika ada pengurangan perjalanan karena suatu hal yang di luar kuasa nasabah.
  • Perlindungan karena kahilangan atau kerusakan bagasi selama dalam perjalanan.
  • Penggantian biaya akibat penundaan penerbangan berikut bagasi dengan minimal 4 jam.
  • Ganti finansial dalam mengurus dokumen yang hilang dalam perjalanan.
  • Perlindungan untuk biaya medis selama perjalanan supaya mendapatkan perawatan yang terjamin.
  • Memberikan layanan untuk biaya pemulangan jenazah.

Jika ingin mendapatkan asuransi dari Allianz ini, syaratnya harus menetap di Indonesia dengan syarat usia 14 hingga 84 tahun.

4. Asuransi Sompo

Polis dari asuransi Sompo ini bernama TravelJoy, dengan syarat nasabah antara 21 hingga 70 tahun. Asuransi perjalanan dari Sompo ini berlaku untuk warga negara Indonsia maupun warna negara asing.

Asuransi Sompo menawarkan manfaat asuransi lengkap mencakup ganti rugi jika terjadi kerusakan bagasi, risiko kecelakaan, dan rawat inap di luar negeri.

5. Sinar Mas

Asuransi perjalanan terbaik lainnya adalah asuransi Sinar Mas. Nama polisnya antara lain Simas Travel Overseas, Simas Travel Domestic, dan Simas Mudik. Polisnya ini untuk perlindungan perjalanan bersama keluarga ke Schengen.

Rentang usia penerima manfaat yaitu 17 hingga 80 tahun. Termasuk ada manfaat akibat Covid-19.

Asuransi Sinar Mas memberikan manfaat akibat keterlambatan bagasi minimal selama 6 jam dalam kegiatan travelling domestik. Nilai pertanggungannya antara 50 hingga 400 juta rupiah. Manfaat lainnya adalah perlindungan akibat kehilangan bagasi, pengurangan perjalanan, risiko kehilangan dokumen, dan perawatan medis.

Selain lima asuransi perjalanan di atas, masih banyak rekomendasi lainnya. Khususnya dari situs marketplace asuransi terbaik Lifepal. Situs ini punya banyak rekomendasi asuransi perjalanan yang bisa Soba cari dan bandingkan sesuai keperluan.

Selain asuransi perjalanan, banyak lagi jenis lainnya yang bisa Sobat cari di situs Lifepal.co.id. Mulai dari asuransi kesehatan, asuransi jiwa, dan lain-lain. Situs ini juga memberikan berbagai artikel edukasi terkain keuangan dari tim editorial yang berpengalaman dan tersertifikasi. Tunggu apa lagi? Cari kebutuhan asuransi Sobat segera di Lifepal.co.id.

Itulah 5 asuransi perjalanan terbaik yang bisa Sobat manfaatkan untuk bepergian yang nyaman. Jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan dan keselamatan selama bepergian. Selalu sedia payung sebelum turun hujan.

Tinggalkan komentar