Cara Membuat Coffee Latte Sederhana Ala Cafe di Rumah

Halo Sobat Kuliner. Siapa nih yang penasaran bagaimana cara membuat coffee latte sederhana yang indah seperti bikinan cafe? Ternyata, tidak harus ke coffee shop, kok. Sekarang Sobat bisa bikin latte mudah menggunakan berbagai bahan sederhana.

Nah, supaya latte yang dihasilkan bisa sempurna dan lezat pastikan pilih susu yang tepat. Sobat bisa menggunakan Omela Foaming Milk yang tidak mengandung gula tambahan sehingga rasa akhirnya pun seimbang antara medium creamy dan sweet.

Nah, kali ini kita akan berlatih membuat latte di rumah. Jika Sobat punya segudang job yang harus diselesaikan malam ini, secangkir kopi latte dapat membantu Sobat terjaga hingga beberapa jam.

Langsung simak langkahnya, yuk!

Cara Membuat Coffee Latte Sederhana Ala Cafe di Rumah dengan Omela

Sebagai penikmat kopi, latte merupakan varian yang lebih lembut untuk dinimati. Terutama untuk teman kerja siang maupun malam. Secangkir racikan kopi latte bisa menghibur, memanjakan lidah, dan mengusir rasa bosan sekaligus.

Asalkan Sobat punya bahan dan alatnya, pasti langsung bisa menjadi seorang barista di rumah sendiri. Langkahnya mudah saja, simak cara membuat coffee latte sederhana ala cafe berikut ini:

Persiapan Bahan

Berbagai bahan berikut ini jangan sampai ketinggalan. Tiga bahan berikut dapat Sobat beli dengan harga yang terjangkau, lho.

1. Air

Tentu saja, Sobat perlu air untuk membuat latte. Gunakan microwave atau kompor untuk membuat air panas

2. Biji Kopi

Supaya latte yang dihasilkan lezat, pilihlah biji kopi yang berkualitas. Silahkan cium biji kopi tersebut, apakah beraroma kuat dan segar sebelum membelinya. Nah, apabila biji kopi beraroma lemah bisa jadi sudah tidak segar lagi.

3. Foaming Milk

Gunakan Omela Foaming Milk Professional yang bisa menghasilkan foam tebal dan rasa akhir yang seimbang, tidak terlalu manis dan tidak terlalu creamy.

Persiapan Peralatan

Selain bahan, cara membuat coffee latte sederhana juga perlu menyiapkan berbagai peralatan berikut untuk memudahkan proses pembuatan.

1. Penggiling Kopi

Jika Sobat menghendaki latte yang segar, sebaiknya giling kopi beberapa menit sebelum membuat latte. Takar terlebih dahulu biji kopi sesuai keinginan dan giling selama 20 detik. Pastikan hasil penggilingan sudah halus.

2. Timbangan

Timbangan perlu Sobat persiapkan untuk mengukur takaran kopi dan air. Kopi yang enak biasanya tidak terlalu encer dan tidak terlalu banyak bubuk. Pastikan semuanya seimbang, ya!

3. Wadah Penyajian

Wadah penyajian diperlukan untuk menyajikan latte. Sebenarnya ukuran wadah atau gelas sesuai selera. Namun, direkomendasikan gelas berkapasitas 250 ml saja agar tidak berat.

4. French Press

Jika Sobat mempunyai french press, sangat bagus untuk mempersiapkannya sebelum membuat latte. Mesin ini berfungsi menempatkan bubuk kopi di bagian bawah wadah.

5. Aeropress

Aeropress digunakan untuk membuat kopi yang lebih baik. Cara kerjanya adalah dengan mengekstrak saripati kopi.

cara membuat coffee latte sederhana ala cafe di rumah

Pembuatan Latte

Nah, cara membuat coffee latte sederhana yang terakhir dan paling ditunggu adalah adalah proses pembuatan latte. Silahkan simak tahapannya berikut.

1. Membuat Espresso

  • Pertama, didihkan air hingga 90 derajat celcius dan diamkan selama 2 menit.
  • Giling kopi selama 20 detik sembari menunggu air tidak terlalu panas.
  • Campurkan hasil gilingan kopi dan air yang sudah direbus ke dalam Aeropress. Hasil campuran inilah yang dinamakan dengan espresso.
  • Masukkan espresso ke dalam gelas penyajian.

2. Membuat Foaming Milk

  • Panaskan Omela Foaming Milk dalam suhu 90 derajat celcius
  • Ambil French Press dan tuangkan Omela Foaming Milk sebanyak 240 ml ke dalamnya. Lalu tekan hingga susu mengeluarkan buih.
  • Setelah foamed milk telah dibuat, tuang ke atas espresso yang sebelumnya telah lebih dulu dibuat. Latte ala rumahan siap disajikan!

Sempurnakan Desain Latte dengan OMELA Foaming Milk Professional

Agar minuman latte jadi semakin nikmat, Sobat dapat gunakan OMELA Foaming Milk Professional untuk foam di bagian atas latte.

OMELA Foaming Milk Professional memiliki keunggulan yaitu jangka waktu penyimpanan lebih panjang sampai dengan 9 bulan di suhu ruangan dalam kondisi kemasan belum dibuka. OMELA Foaming Milk Professional hanya perlu didinginkan sebelum penggunaan sehingga tidak memerlukan penyimpanan di chiller, yang membuat pengusaha kopi bisa lebih berhemat operasional listrik.

Demikian cara membuat coffee latte sederhana ala cafe yang bisa Sobat praktekkan di rumah. Oh ya, jangan lupa, sebelum digunakan, OMELA Foaming Milk for Professional disarankan untuk disimpan terlebih dahulu dalam kulkas dengan suhu 4 derajat celcius untuk bisa memberikan hasil foaming yang lebih maksimal. Check out atau beli OMELA Foaming Milk Professional sekarang di toko kesayangan Sobat Kuliner!

Tinggalkan komentar