Cara Mendapatkan Pekerjaan Chef di Restoran   

Memiliki kemampuan memasak yang bagus tentu merupakan skill yang perlu disyukuri. Lulusan SMA mencari kerja memang perlu memiliki skill yang mumpuni agar mudah menemukan pekerjaan sesuai keinginan. Jika Anda hobi memasak dan memiliki kemampuan memasak bagus, maka bisa melamar pekerjaan sebagai chef di restoran.

Tips Melamar Kerja Sebagai Chef

Untuk menjadi seorang chef, Anda perlu untuk mempersiapkan diri agar bisa diterima di tempat kerja yang Anda inginkan. Selain itu, agar mudah untuk mendapatkan profesi impian terutama sebagai seorang chef, Anda bisa mengikuti beberapa tips menarik berikut:

1. Buat Lamaran Berkualitas

Tips pertama yang harus dilakukan dan dipersiapkan dengan baik adalah membuat surat lamaran pekerjaan. Penting sekali untuk mempersiapkan lamaran pekerjaan yang berkualitas agar Anda bisa memenangkan persaingan.

Perlu Anda ketahui bahwa saat ini banyak sekali lowongan pekerjaan di restoran. Meskipun demikian, banyak juga orang yang tertarik untuk melamar pekerjaan tersebut.

Agar Anda bisa mendapatkan posisi tersebut, maka sebaiknya benar-benar membuat lamaran kerja sesuai. Syarat yang dibutuhkan untuk melamar pekerjaan ini umumnya adalah seperti KTP, surat lamaran kerja, CV, ijazah dan yang lainnya.

Agar berkas lamaran Anda semakin menarik, lampirkan juga surat pengalaman kerja atau bahkan sertifikat kursus yang pernah Anda ikuti. Restoran biasanya akan lebih mudah menerima orang dengan kualifikasi yang bagus serta memiliki pengalaman yang lebih.

Jika sebelumnya Anda sudah pernah bekerja di restoran atau pernah magang sebagai chef, sebaiknya masukkan juga informasi tersebut.

2. Datang Tepat Waktu

Tips berikutnya yang juga tidak kalah penting adalah selalu usahakan datang tepat waktu atau akan lebih baik datang lebih awal saat wawancara.

Ketika seseorang memiliki kedisiplinan tinggi, nantinya bisa menjadikan nilai tambah. Anda bisa menunjukkan kedisiplinan yang tinggi dari hal-hal sederhana seperti ini. Kesan pertama sangatlah penting bagi seorang pelamar pekerjaan karena HRD akan melihat Apakah Anda adalah orang yang layak dipekerjakan atau tidak.

3. Tampil Rapi dan Bersih

Tips penting lainnya adalah usahakan untuk tetap tampil rapi dan bersih dimulai dari pertama kali Anda datang ke calon tempat kerja. Jika Anda sudah terbiasa rapi dan bersih, tentu tidak sulit untuk selalu berpenampilan rapi dan bersih saat bekerja.

Kebanyakan restoran mengutamakan kebersihan sehingga para pekerjanya juga dituntut untuk selalu bersih. Jangan biarkan penampilan Anda terlihat kurang rapi, apalagi terlihat urakan karena itu akan membuat HRD tidak memberikan ada kesempatan bekerja.

Bagi seorang laki-laki, bukan hanya pakaian saja yang harus diperhatikan. Model potongan rambut juga harus ditata dengan rapi. Jika sebelumnya rambut Anda dipotong model gaul atau yang kekinian, cobalah untuk memotong rambut dengan model lebih formal.

Kesan pertama yang Anda tunjukkan kepada HRD, bisa menjadi penentu Apakah Anda diterima bekerja atau tidak.

4. Bersikap Baik

Ketika melamar pekerjaan, Anda juga harus selalu berusaha untuk bersikap baik kepada siapapun khususnya HRD. Sopan santun juga menjadi bahan pertimbangan yang nantinya akan mempengaruhi penilaian HRD terhadap pelamar.

Saat melakukan wawancara, gunakan bahasa yang baik. Berbicara dengan tegas namun tetap santun. Bersikap baik bukan berarti terlalu lemah, namun Anda juga perlu menunjukkan sisi percaya diri yang positif.

5. Taat Aturan

Setiap restoran, biasanya menerapkan sistem kerja shift. Anda harus siap dengan aturan seperti ini Apabila ingin bekerja sebagai chef di restoran.

Jika Anda mendapatkan jatah kerja siang atau malam, kemungkinan Anda akan berangkat siang hari dan pulang malam hari. Shift seperti ini sangat normal untuk berbagai macam pekerjaan.

Supaya tidak merasa kaget dengan jadwal kerja yang bergantian, Anda harus membaca aturan-aturan yang dibuat oleh restoran untuk setiap karyawannya.

Selain taat dengan aturan kerja shift, ada juga harus tetap taat untuk berbagai macam aturan lainnya. Jangan anggap remeh aturan yang dibuat oleh restoran, karena ini demi kenyamanan dan kepuasan pelanggan.

Mempersiapkan lamaran pekerjaan terkadang cukup membingungkan apalagi ini adalah kali pertama Anda melamar pekerjaan. Apabila Anda merasa bingung tentang bagaimana cara membuat CV yang menarik, sebaiknya mencari referensi dari sumber yang tepat.

Jangan ragu untuk membuka website cvmenarik.com karena di sana ada banyak contoh CV berkualitas. Bukan hanya tersedia contoh cv menarik, namun tersedia juga template yang siap untuk Anda gunakan.

Kualitas dari surat lamaran serta CV yang Anda buat akan sangat berpengaruh terhadap karir Anda. Tentu Anda tidak ingin jika usaha Anda melamar pekerjaan sia-sia.

Demikianlah informasi yang bisa dibuat berkaitan dengan tips melamar pekerjaan sebagai seorang chef. Jangan lewatkan kesempatan bekerja di restoran berkualitas dan pastikan Anda adalah orang yang layak untuk mendapatkan posisi tersebut.

Tinggalkan komentar