Cara Menjadi Marketing Handal Dan Sukses

Bagaimana cara menjadi marketing handal agar bisa sukses dalam profesi ini? Marketing adalah pekerjaan yang pasti ada dalam sebuah perusahaan. Cara kerja marketing adalah melakukan strategi pemasaran yang baik hingga perusahaan bisa berjalan dengan lancar dan berkembang.

Seorang marketer perlu menguasai strategi marketing. Strategi ini bermanfaat untuk perusahaan dan dirinya sendiri. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah ulasan mengenai apa sebenarnya marketing dan bagaimana cara tepat menjadi seorang marketing handal dan sukses.

Sekilas Tentang Marketing

Berdasarkan kutipan dari Investopedia, marketing merupakan strategi bisnis mengacu kepada kegiatan yang dilakukan oleh suatu perusahaan. Kegiatan ini berguna untuk mempromosikan pembelian dan penjualan produk atau jasa. Beberapa kegiatan yang tercakup dalam kegiatan marketing seperti iklan, penjualan serta pengiriman produk pada pelanggan atau bisnis lainnya.

Strategi marketing memiliki beberapa manfaat bagi perusahaan. Manfaat tersebut antara lain adalah:

  1. Mampu meningkatkan penjualan
  2. Menjadi penghubung dalam membangun hubungan baik dengan pelanggan atau customer
  3. Merupakan media untuk melakukan branding
  4. Sarana untuk mengembangkan produk

Tak hanya memiliki manfaat, ternyata marketing juga punya sejumlah fungsi yakni:

  1. Fungsi distribusi fisik, yaitu produk yang berbentuk fisik akan dimuat oleh perusahaan kemudian menyalurkannya pada konsumen.
  2. Fungsi pertukaran, yaitu konsumen bebas memilih produk yang mereka inginkan lalu menukarnya menggunakan uang dengan harga sesuai nilai produk.
  3. Fungsi manajemen mencakup 3 fungsi yaitu:
  4. Marketing sales, tugasnya adalah menjual semua produk yang berasal dari perusahaan.
  5. Marketing promosi, bertugas mengenalkan semua produk kepada masyarakat secara langsung atau pun dengan online.
  6. Marketing komunikasi memiliki tugas mengatur komunikasi serta hubungan baik antara perusahaan dengan konsumen atau pihak lainnya.
  7. Fungsi perantara yaitu fungsi yang menghubungkan produsen dalam hal ini adalah perusahaan kepada masyarakat sebagai konsumen. Tujuannya agar semua produk bisa sampai ke konsumen.

Cara Menjadi Marketing Handal Dan Sukses

cara menjadi marketing handal
Source via Freepik.com

Seorang marketing memiliki tugas utama yakni memasarkan produk atau jasa berdasarkan target yang telah ditetapkan. Penentuan target ini biasanya telah ditetapkan misalnya target tahunan. Target tahunan ini kemudian dibagi lagi menjadi target bulan bahkan harian.

Nah, menjadi seorang marketing handal perlu menguasai beberapa hal agar bisa mencapai target yang telah disusun. Berikut adalah langkah untuk menjadi seorang marketing yang handal dan sukses.

1. Mampu berkomunikasi dengan baik

Bagi seorang marketing, komunikasi merupakan hal yang utama. Mereka harus mampu berkomunikasi dengan baik karena pekerjaannya banyak berkaitan dengan klien atau pelanggan.

Dengan kemampuan berkomunikasi ini, seorang marketing akan mudah menjelaskan produk atau jasa kepada para pelanggan. Akhirnya pelanggan pun merasa yakin dan membeli produk atau jasa tersebut.

2. Mengetahui lebih dalam mengenai produk atau jasa

Apabila ingin menjadi marketing yang handal, maka seorang marketer harus mengetahui lebih dalam mengenai produk atau jasa yang mereka jual. Tujuannya adalah supaya bisa memberikan penjelasan yang rinci kepada calon pembeli.

Seorang marketing harus menguasai informasi mengenai produk atau jasa ini sehingga mereka hafal di luar kepala. Dengan informasi yang lengkap tentang produk atau jasa serta kemampuan berkomunikasi, pelanggan akan tertarik membeli apa yang ditawarkan.

3. Mengetahui pangsa pasar

Cara selanjutnya untuk menjadi marketing handal adalah mengetahui pangsa pasar. Mengetahui pangsa pasar akan membantu seorang marketing mengenal target pasarnya. Dengan begitu mereka akan paham kepada siapa produk atau jasa tersebut ditawarkan.

Selain itu, mengetahui pangsa pasar akan membantu marketing dalam menyusun strateginya sehingga penjualan produk atau jasa akan sesuai target.

4. Tahu dan paham apa yang pelanggan butuhkan

Cara menjadi marketing handal berikutnya adalah tahu dan paham terhadap apa yang konsumen butuhkan. Termasuk dalam hal ini adalah memahami bagaimana karakteristik dan tipe dari konsumen target.

Mengetahui kebutuhan pelanggan akan membuat seorang marketing mampu menyediakan produk yang berkualitas dan pelayanan yang ramah. Dengan demikian pelanggan akan merasa percaya, betah, dan loyal.

5. Membangun koneksi dan jaringan

Seorang marketing harus bisa membangun koneksi atau jaringan secara luas. Dengan koneksi dan jaringan yang luas akan memudahkan mereka memasarkan produk atau jasa. Tak hanya gampang memasarkan produk, dengan jaringan yang luas akan membuat marketing belajar banyak hal baru.

Hal baru tersebut tentunya berkaitan dengan pengalaman dari para pelanggan atau orang lain yang mereka kenal dalam bisnis. Ini akan bermanfaat bagi seorang marketing terutama dalam hal pekerjaan dan masa depan mereka.

6. Berpenampilan menarik

Salah satu cara untuk menjadi marketing handal adalah memiliki penampilan yang menarik. Penampilan menarik akan membantu membangun first impression atau kesan pertama dari pelanggan kepada para marketing. Dengan penampilan yang menarik seorang marketing akan lebih percaya diri.

Saat kepercayaan diri tinggi, akan mudah bagi marketer berkomunikasi dan melakukan pekerjaannya saat bertemu dengan klien.

7. Berani keluar dari zona nyaman

Marketing adalah pekerjaan yang penuh tantangan. Dengan banyaknya tantangan, seseorang dengan pekerjaan sebagai marketing harus mampu menjawab tantangan tersebut. Salah satu caranya adalah dengan berani keluar dari zona nyaman.

Keberanian ini akan membawa mereka melakukan pekerjaan tanpa batas dengan ide yang luar biasa namun tetap sesuai dengan rules. Dengan begitu target akan mudah tercapai. Untuk mendukung agar seorang marketing berani keluar dari zona nyamannya maka mereka perlu terus belajar bagaimana cara kerja marketing dan mengasahnya supaya makin ahli.

Itulah beberapa cara menjadi marketing handal dan sukses. Perlu diketahui, menjadi seorang marketing yang handal tak bisa terjadi begitu saja. Perlu belajar, berusaha dan kerja yang keras serta cerdas sehingga tujuan menjadi marketing handal bisa tercapai.

Tinggalkan komentar