Cara Optimasi Website Gratis dan Cocok untuk Pemula

Bagaimana sih cara optimasi website supaya performanya bagus? Website yang menarik dan dioptimalkan adalah salah satu hal yang sangat diperlukan. Mendorong lalu lintas ke website Anda akan membantu Anda untuk memindahkan pengguna melalui conversion funnel dan meningkatkan penjualan.  

Untuk bisa melakukan optimasi pada website Anda, biasanya perlu jasa pakar SEO untuk meningkatkan traffik maupun performanya. Meskipun begitu, mempelajarinya secara mandiri juga tidak mustahil dilakukan.

Cara Optimasi Website dengan Fitur Google Analytics

Salah satu cara yang paling mudah untuk pemula adalah dengan memanfaatkan Google Analytics (GA). Tools milik Google ini memang ditujukan untuk mendukung pemilik website dalam mengelola webnya.

Berkat adanya Google Analytics ini, maka Anda bisa memiliki akses ke semua hal yang selalu ingin Anda ketahui tentang pengunjung website, bahkan informasi yang tidak pernah terpikirkan. Berikut adalah cara optimasi website yang bisa Anda Lakukan di GA:

Analisis Potensi Pasar Baru

Cara untuk menggunakan Google Analytics adalah menemukan pasar potensial untuk produk dan layanan Anda. Jika bisnis Anda beroperasi pada tingkat global atau jika Anda berpikir untuk go internasional, Anda dapat melihat jumlah pengunjung dan rasio konversi secara terpisah antar negara untuk memutuskan di mana fokus upaya Anda dan wilayah mana yang layak untuk diperluas.

Identifikasi Konten Terbaik Anda

Cara optimasi website paling baik adalah dengan memaksimalkan konten. Jika pemasaran konten adalah salah satu bagian dari strategi yang Anda miliki, maka Anda akan tahu bahwa mungkin sulit untuk menemukan konten apa yang benar-benar cocok dengan audiens Anda.

Ketika Anda benar-benar membuat konten yang beresonansi dengan orang-orang, maka Anda perlu tahu persis seberapa baik itu bekerja dan mengapa itu berhasil untuk membangun momentum itu.

Berkat adanya analitik, maka semua hal akan menjadi sangat mudah sekali. Anda sendiri hanya perlu mencari halaman mana yang mendapatkan lalu lintas, konversi, dan hasil paling banyak. Ini memberi Anda ide bagus tentang apa yang menurut orang berharga dan berdasarkan itu, Anda juga dapat merencanakan konten apa yang akan Anda buat atau modifikasi untuk menarik minat audiens Anda.

Gunakan Model Atribusi yang Tepat

Atribusi adalah salah satu hal yang sangat mudah untuk diabaikan, tetapi sangat penting untuk memiliki informasi sebanyak mungkin tentang saluran konversi yang paling efektif. Secara default, Google Analytics menggunakan model atribusi “Last Interaction”.

Jika Anda ingin meningkatkan website yang Anda miliki, maka cobalah untuk mengubahnya ke mode “First Interaction” dan gunakan untuk lebih memahami bagaimana setiap saluran berkontribusi pada hasil konversi Anda.

Bagaimana Cara Optimasi Website Gratis yang Bisa Anda Lakukan?

Pelajari Behavior Flow

Behavior Flow adalah alat yang sangat membantu untuk memahami jalur yang diambil pengunjung website Anda saat mereka menjelajahi situs Anda. Alih-alih memberi Anda statistik numerik sederhana, laporan ini menunjukkan representasi grafis dari rute yang diambil pengunjung Anda melalui website Anda.

Dengan cara yang satu ini, Anda dapat dengan mudah melihat halaman mana yang paling sering berinteraksi dengan mereka, atau halaman mana yang terakhir mereka lihat.

Analisis Tren

Google Analytics mencakup berbagai metrik yang berbeda. Terkadang, infografis yang menjadi viral dapat meningkatkan bounce rate dan mendapatkan posisi pertama untuk kata kunci yang kompetitif dapat mengurangi jumlah halaman per sesi.

Ini juga menunjukkan tren dari waktu ke waktu, yang akan memberi Anda sebuah pemahaman tentang apa yang dicari orang, kata kunci yang sedang tren, dan apakah orang sering menelusuri topik ini atau apakah ada sesuatu yang sempat tren. Cara optimasi website memang salah satunya dengan melakukan analisis secara berkala mengenai tren yang sedang terjadi.

Temukan Sumber Lalu Lintas Terbaik

Ini adalah hal yang sangat diperlukan. Anda perlu tahu apakah lalu lintas organik atau lalu lintas berbayar, karena hal yang satu ini akan memberi hasil yang jauh lebih baik dan di dalam masing-masingnya, sumber mana yang paling menguntungkan.

Anda juga dapat memantau kampanye Anda seperti  kampanye Iklan Google  atau kampanye khusus untuk melihat hasil apa yang mereka hasilkan dan juga bagaimana orang-orang berinteraksi dengan iklan.

Optimalkan Halaman yang Paling Menarik Perhatian

Setelah mengidentifikasi halaman yang paling menarik perhatian pengguna, optimalkan halaman ini untuk meningkatkan konversi. Ini adalah cara optimasi website yang sangat mudah untuk meningkatkan ROI Anda.

Melakukan optimasi pada halaman akan memungkinkan mesin pencari untuk bisa memahaminya dengan lebih baik dan biasanya mesin pencari akan memberi peringkat yang jauh lebih tinggi lagi.

Aktifkan Google Search Console

Untuk bisa benar-benar mengetahui apa yang terjadi dengan lalu lintas organik Anda, maka Anda harus bisa menggunakan Google Search Console.  Terlalu banyak sekali webmaster yang telah melewatkan langkah yang satu ini, baik karena mereka tidak mau diganggu atau hanya tidak tahu.

Google Search Console akan memungkinkan Anda untuk melihat kinerja kata kunci yang berbeda, hasil yang ditampilkan pengguna dalam pencarian mereka sebelum mengklik website, dan statistik lainnya.

Solusi Optimasi Website untuk Performa Terbaik

Meskipun ada banyak cara gratis disediakan oleh Google, namun melakukan optimasi website tidak semudah dan secepat yang kita bayangkan. Bahkan pada saat Anda ingin menaikkan kualitas konten, memperbayak visitor, dan segala hal yang dibutuhkan dalam sebuah bisnis, Anda tidak dapat melakukannya sendirian.

Anda dapat memanfaatkan jasa konsultas Search Engine Optimization (SEO) supaya lebih mudah dan efisien. Misalnya seperti Optimasi.ai yang menyediakan dukungan website seperti jasa SEO, SEO tools, dan lain-lain.

Melalui Optimasi.ai, Anda bisa mendapatkan tools penting yang mudah digunakan, bimbingan yang mudah dipraktikkan, bisa meningkatkan kualitas konten tanpa menyewa penulis, memperoleh peringkat yang lebih tinggi di mesin pencarian, proses optimasi yang lebih simpel tapi efektif, dan layanan yang aktif 24 jam. Silahkan kunjungi https://optimasi.ai/ untuk informasi selengkapnya.

Itu dapat menjadi cara optimasi website yang lebih powerfull. Khususnya jika Anda ingin website bisa berkembang lebih cepat dan mendukung bisnis yang Anda miliki. Semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan komentar