Menu Nasi Box Sederhana dengan Budget Hemat, Apa Saja?

Menu nasi box sederhana isinya apa saja? Tenang saja, meskipun dikatakan sederhana, tapi rasanya lezat, bergizi, dan isinya lengkap sesuai selera orang Indonesia.

Nasi box atau nasi kotak adalah hidangan praktis yang biasanya disuguhkan dalam berbagai acara. Misalnya pesta, rapat, hingga acara keluarga.

Biasanya budget yang dialokasikan untuk jenis nasi kotak dengan isian yang sederhana ada di kisaran Rp15.000 hingga Rp25.000. Bahkan, ada yang harganya di bawah 15ribuan, seperti menu catering harian anak sekolah.

Bahkan, beberapa acara masih sangat wajar jika menyajikan nasi ayam geprek dan lalapan saja. Misalnya untuk acara arisan, reuni, dan segala jenis acara yang lebih santai.

nasi ayam geprek adalah jenis menu nasi kotak sederhana yang paling banyak digemari
Nasi ayam geprek, sumber dari lampung.tribunnews.com

Contoh Menu Nasi Box Sederhana

Nah, bagi Sobat yang ingin menyuguhkan masakan yang praktis untuk sebuah acara dengan budget lebih hemat, jangan khawatir. Kali ini Bisniskulinerku.com akan memberikan contohnya.

Berikut ini menu nasi box sederhana yang bisa Sobat masak sendiri atau pesan dari jasa catering.

1. Nasi Putih

Nasi putih adalah bahan utama yang tak tergantikan dalam nasi box. Menu makanan pokok ini merupakan yang utama dan selalu ada.

Pastikan nasi yang digunakan pulen dan hangat saat disajikan. Pemilik bisnis catering biasanya membungkus nasi putih dengan kertas khusus makanan supaya bagian atasnya tidak kering atau tercampur oleh menu lain.

2. Ayam Goreng Kremes

Contoh lauk yang bisa Sobat pilih sebagai menu wajib kedua adalah olahan daging ayam. Ayam goreng kremes adalah pilihan lauk yang populer dan digemari banyak orang.

Baca Juga  Perhitungan Usaha Catering Rumahan dari Modal Hingga Laba

Ayam yang digoreng hingga garing dengan taburan kremes yang renyah akan menambah kenikmatan bagi yang menyantapnya.

3. Sambal

Sebagai menu nasi kotak sederhana dengan lauk berupa ayam goreng kremes, sambal adalah pelengkap yang wajib ada.

Sambal terasi atau sambal bawang bisa menjadi pilihan yang cocok untuk menambah cita rasa pedas pada hidangan.

Biasanya, orang Indonesia tidak merasa bahwa sebuah hidangan itu enak jika tidak ada sambal. Apalagi jika lauknya berupa bahan masakan berprotein hewani seperti ayam, ikan, dan makanan laut (seafood).

4. Lalapan

Jika menyajikan lauk berupa daging ayam atau ikan, maka biasanya lalapan herus selalu ada. Lalapan biasanya terdiri dari kubis, timun, kemangi, selada, petai, hingga terong ijo.

Tidak semuanya disajikan, tapi Sobat bisa pilih mana yang paling banyak dijumpai di pasar/supermarket atau yang ditawarkan jasa catering.

5. Tahu dan Tempe Goreng

Tahu dan tempe goreng adalah lauk tambahan yang murah namun kaya akan protein.

Meskipun hidangannya sederhana, tapi nasi kotak dengan budget Rp20.000 per porsi biasanya akan menambahkan menu tahu dan tempe goreng sebagai penambah menunya.

Pastikan tahu dan tempe digoreng hingga garing agar teksturnya semakin nikmat.

6. Sayur Asem

Menu sayuran bisa menjadi opsi bagi Sobat dalam menyajikan hidangan untuk tamu undangan. Jika budget sesuai, maka umumnya jasa catering akan menawarkan tambahan olahan sayur seperti sayur asem.

Sayur asem memberikan kesegaran dengan kuahnya yang asam-manis. Sayur ini juga menyeimbangkan hidangan yang mayoritas terdiri dari makanan yang digoreng.

7. Kerupuk

Kerupuk adalah camilan yang selalu disukai banyak orang. Pilihan kerupuk udang atau kerupuk bawang punya tekstur renyah yang menambah cita rasa.

Baca Juga  5 Contoh Menu Nasi Kotak Mewah dan Kisaran Harga Per Porsi

Namun, kembali lagi, meskipun harganya murah meriah, biasanya kerupuk termasuk tambahan yang tidak selalu ada. Khususnya jika tujuan hidangan memang sangat sederhana terdiri dari nasi, lauk, sambal dan lalapan saja.

8. Buah Segar

Sebagai penutup, menu nasi box sederhana juga biasanya ada tambahan buah segar seperti semangka, melon, atau jeruk.

Buah segar akan menyegarkan mulut setelah menyantap hidangan yang berat. Namun, kembali lagi, buah-buahan termasuk pilihan yang tidak wajib ada.

Semuanya tergantung konsep acara dan budget yang Sobat sediakan.

9. Air Mineral

Jangan lupa menyertakan air mineral dalam setiap paket nasi box agar tamu dapat menikmati hidangan dengan nyaman.

Tamu tidak perlu kesulitan mencari tempat minum lagi di lokasi acara.

Contoh Menu Nasi Kotak Sederhana Lainnya

contoh menu nasi box sederhana yang lebih lengkap dan enak
Sumber dari Freepik.com

Selain menu di atas, ada contoh menu nasi kotak sederhana yang juga bisa menjadi inspirasi. Tidak hanya nasi, ayam goreng, sambal, dan lalapan saja, Sobat juga bisa padu padankan menu sesuai kebutuhan dan selera tamu undangan.

Di antara contohnya sebagai berikut:

  • Nasi putih, ayam goreng tepung, sayur lodeh, kerupuk, dan sambal goreng kentang.
  • Nasi merah, ikan asin goreng, urap, kerupuk bawang, dan sambal terasi.
  • Nasi putih, telur balado, tumis kangkung, kerupuk udang, dan lalapan.
  • Nasi putih, pepes ikan, sambal matah, dan buah segar.
  • Nasi putiih, rendang daging sapi, daun singkong rebus, sambal cabai ijo, dan kuah gulai.
  • Nasi uduk, daging ayam, tempe orek, oseng bihun, sambal, dan kerupuk.
  • Nasi tumpeng, telur bacem, bihun goreng, telur dadar suwir, sambal, dan kerupuk.
  • Nasi goreng spesial, telur ceplok, acar timun, sambal, dan kerupuk.
  • Nasi putih, rolade ayam, oseng sosis wortel, saus sambal, dan kerupuk.
Baca Juga  5 Catering Diet Jakarta Utara yang Menawarkan Menu Lezat

Silahkan Sobat sesuaikan dengan acara, selera tamu, dan budget yang tersedia. Menu sederhana juga bisa Sobat sesuaikan dengan list yang ada di penyedia catering.

Ingin dapat contoh lebih lengkap lagi, bisa lihat daftar menu catering harian dengan harga dari Rp10.000 sampai Rp30.000 sebelumnya.

Jasa catering profesional biasanya sudah memiliki daftar menu nasi box sederhana yang benar-benar lezat dan berkualitas.

Bagaimana? Apakah Sobat sudah punya gambaran mengenai menu yang akan disajikan untuk acara yang akan Sobat selenggarakan?

Ingin tahu lebih banyak tentang topik seputar catering lainnya? Nantikan artikel kami selanjutnya tentang menu nasi kotak sederhana 10000 yang tentunya lebih simpel lagi dari yang kita bahas di atas.

Jika Sobat punya bisnis di bidang kuliner dan ingin memasarkannya di website kami, jangan sungkan untuk hubungi admin, ya.

Tinggalkan komentar