Resep Opor Ayam Spesial dengan Krimer Omela

Resep opor ayam spesial yang bisa Sobat coba kali ini bisa untuk konsumsi di rumah atau untuk bisnis kuliner. Rasanya yang gurih dan ada rasa manis, membuat olahan masakan satu ini membuat kangen.

Opor ayam merupakan masakan yang biasanya tersaji saat hari raya idul fitri. Namun, Sobat bisa mencicipinya di rumah tanpa harus menunggu momen hari raya. Resepnya juga spesial karena kali ini kita tidak akan memakai santan untuk kuahnya yang fenomenal, tapi memakai krimer dari Omela, lho. Unik, kan?

Rasa kuah opor ayam memang merupakan bagian paling mempengaruhi selera. Lalu, tekstur ayamnya. Olahan satu ini sangat nikmat disantap bersama ketupat ataupun nasi hangat. Setiap suapan sendoknya sangat otentik, karena bagi saya opor itu adalah masakan klasik warisan budaya leluhur Indonesia.

Resep Opor Ayam Spesial dengan Omela

Jangan salah, menggunakan bahan Omela rasanya sangat lezat dan menggugah selera, lho Sobat Kuliner. Penyajiannya juga lebih praktis. Apalagi krimer kemasan kaleng ini juga bisa buat stok yang tahan lama dan serbaguna. Selain untuk masak opor ayam, bisa Sobat jadikan bahan untuk membuat minuman kopi krimer, masakan rendang, olahan cemilan, dan lain-lain.

Daripada berlama-lama, yuk kita buat resep opor ayam spesial dengan krimer manis Omela. Saya adopsi resep ini dari website Omela karena olahannya sangat menarik dan mudah. Kalau di situsnya untuk 12 porsi, kali ini saya coba untuk 4 porsi saja dulu karena masih mencoba.

Bahannya Apa Saja?

  • 4 potong ayam (2 paha, 2 dada, atau sesuai selera)
  • 15 gr Omela
  • 2 butir kemiri
  • 1 ruas kunyit ukuran sedang
  • 1/2 sdt Ketumbar
  • 1/4 sdt Jinten
  • 1/2 sdt Gula merah
  • 2 lbr daun salam

Bahan untuk Bumbu

  • 4 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 lembar daun jeruk
  • 1 batang sereh
  • 1 ruas jahe ukuran kecil
  • 1 ruas lengkuas ukuran sedang
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt lada bubuk

Proses Membuat Opor Ayam Spesial

  1. Cuci daging ayam hingga bersih, sisihkan.
  2. Larutkan 15 gra Omela dengan air.
  3. Goreng bahan berupa kemiri, bawang merah, bawang putih, lengkuas, jahe, dan sereh, hingga layu.
  4. Haluskan bahan tersebut dan tumis hingga tercium harum.
  5. Lalu, masukkan gula merah, daun jeruk, dan daun salam ke bersama bumbu halus.
  6. Masukkan potongan ayam, tumis sebentar dengan bumbu di atas, lalu masukkan larutan krimer manis Omela. Aduk terus dengan api sedang.
  7. Terakhir, tambahkan lada dan garam setelah dirasa opor sudah matang. 
  8. Lalu, matikan kompor dan sajikan.
Resep opor ayam spesial dengan krimer Omela yang Lezat
Taraa.. inilah hasilnya, resep opor ayam spesial dengan Omela yang Lezat

Yuk, #GantiCaraMasak dengan Omela

Sobat pasti penasaran kenapa Omela bisa jadi bahan masakan juga. Biasanya krimer hanya kita buat untuk minuman seperti kopi susu, bahan usaha minuman kekinian, atau es buah.

Ternyata, Omela juga bisa membuat masakan maupun racikan minuman jadi makin istimewa. Aromanya menggugah selera, tekstur masakannya menarik, dan jelas rasanya nikmat banget. Pujian berlimpah pokoknya kalau masak dengan bahan Omela! Resep opor ayam spesial di atas contohnya.

Suami dan anak berebut makan opor ayam ini sejak dihidangkan hingga habis tidak tersisa. Mereka ketagihan dan minta lagi buat lauk besok.

Oh ya, Omela yang saya pakai ini yang kemasan kaleng 370 gram. Sobat juga bisa beli yang 490 gram jika ingin lebih banyak. Ukuran besar cocok buat Sobat yang punya usaha atau anggota keluarganya penggemar bahan masakan dan minuman berbahan Omela.

Yups, masakan yang dibuat dengan Omela bisa banyak dan beragam. Selain opor ayam, Sobat juga bisa menggunakannya untuk membuat sambal goreng kentang, gulai daun singkong, sate Maranggi, sayur bayam kuah, garang asem ayam, dan masih banyak lagi.

Itulah resep opor ayam spesial dengan krimer Omela yang lezat. Beragam olahan masakan dan aneka minuman untuk di rumah atau bisnis kuliner bisa dibuat dengan krimer satu ini. Yuk, #GantiCaraMasak dengan Omela!

10 pemikiran pada “Resep Opor Ayam Spesial dengan Krimer Omela”

Tinggalkan komentar