15+ Cara Ampuh Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

Bau badan seringkali menjadi masalah yang mengganggu dan dapat mengurangi rasa percaya diri. Rasanya, pasti kurang nyaman untuk berbaur dengan banyak orang. Apalagi jika harus berinteraksi secara intens.

Sebenarnya, sejak zaman dulu, sudah ada beragam cara alami yang dilakukan leluhur untuk mengontrol aroma tubuh mereka. Misalnya dengan mengonsumsi jamu-jamuan herbal seperti kunyit asam sirih. Sampai saat ini manfaat jamu kunyit asam sirihturun temurun dirasakan oleh masyarakat Indonesia.

Tidak hanya itu saja, kami juga akan menyuguhkan banyak tips ampuh yang bisa Anda pilih untuk mengatasi aroma tidak sedap di tubuh. Simak selengkapnya.

Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami yang Ampuh

Perlu diketahui, aroma bau pada tubuh disebabkan oleh interaksi bakteri pada kulit dengan keringat yang dihasilkan oleh kelenjar keringat. Ketika bakteri ini mengurai komponen-komponen dalam keringat, terutama asam lemak, aroma tidak sedap pun terbentuk.

Faktor lain yang memengaruhi intensitas bau badan diakibatkan jenis kelenjar keringat, genetika, dan pola hidup. Misalnya karena jenis makanan yang dikonsumsi serta tingkat kebersihan pribadi.

Ada 15+ cara alami yang dapat membantu mengatasi masalah bau badan. Semua tips ini kami rangkum dalam 5 kategori, ya. Mulai dari kebersihan tubuh, gaya hidup, dan konsumsi bahan alami yang bisa menghilangkan aroma tidak sedap pada tubuh.

Menjaga Kebersihan Diri

cara menghilangkan bau badan dengan menjaga kebersihan diri
Menjaga kebersihan diri, sumber: Freepik.com

Kebersihan diri bisa dilakukan dengan beberapa hal. Di antaranya mandi minimal 2 kali sehari. Terutama setelah melakukan aktivitas yang menyebabkan banyak keringat.

Gunakan sabun antibakteri untuk membersihkan area yang mudah berkeringat, seperti ketiak, selangkangan, dan kaki. Pastikan tubuh benar-benar kering setelah mandi, terutama di area lipatan tubuh.

Mengubah Gaya Hidup

Untuk mengatasi masalah bau badan, gaya hidup juga harus diubah. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan sehingga dapat membantu menghilangkan bau badan yang tidak diinginkan:

menjalankan gaya hidup sehat adalan upaya untuk mengurangi bau badan tidak sedap
Gaya hidup sehat, sumber: Freepik.com

1. Pilihan Pakaian yang Tepat

Langkah pertama yang dapat diambil adalah menggunakan pakaian yang longgar dan terbuat dari bahan katun. Pakaian yang longgar memberikan sirkulasi udara yang baik, mencegah penumpukan panas, dan mengurangi risiko berkeringat berlebihan.

Baca Juga  Merek CCTV Terbaik Untuk Dipasang Di Tempat Les Musik

Bahan katun juga membantu menyerap kelembapan, menjaga kulit tetap kering dan mengurangi pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan bau tidak sedap.

2. Konsumsi Makanan yang Sehat

Penting untuk memperhatikan pola makan Anda untuk mengatasi masalah bau badan. Hindari makanan pedas dan berminyak, karena kedua jenis makanan ini dapat memengaruhi keringat dan menghasilkan bau yang kurang sedap.

Pilihlah makanan sehat yang kaya akan serat, seperti buah-buahan dan sayuran, serta hindari makanan yang dapat meningkatkan keasaman tubuh. Makanan kaya serat membantu membersihkan sistem pencernaan dan dapat mengurangi bau yang berasal dari dalam tubuh.

3. Hidrasi yang Optimal

Minum banyak air putih adalah kebiasaan yang sangat penting untuk mengatasi bau badan. Air membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dan membantu proses detoksifikasi. Hindari minuman berkafein dan bergula, Anda dapat memastikan bahwa tubuh tidak terlalu dehidrasi, yang dapat menyebabkan bau badan yang lebih kuat.

4. Konsumsi Vitamin C dan E

Makanan yang kaya akan vitamin C dan E dapat memberikan kontribusi positif dalam mengurangi bau badan. Vitamin C berperan sebagai antioksidan yang membersihkan tubuh dari radikal bebas dan membantu mengatur keseimbangan pH kulit.

Sedangkan vitamin E membantu menjaga kesehatan kulit dan meminimalkan produksi keringat yang dapat menyebabkan bau tidak sedap.

5. Kelola Stress

Stres dapat menjadi pemicu utama bau badan yang tidak sedap. Kelola stres dengan baik melalui aktivitas relaksasi seperti meditasi, yoga, atau olahraga.

Kondisi psikis yang stress berlebihan dapat merangsang kelenjar keringat, sehingga mengelolanya dengan efektif dapat membantu mengurangi produksi keringat yang dapat menyebabkan bau yang tidak diinginkan.

6. Hindari Merokok dan Konsumsi Alkohol

Merokok dan konsumsi alkohol tidak hanya berdampak buruk pada kesehatan secara umum, tetapi juga dapat meningkatkan produksi keringat dan menyebabkan bau badan yang kuat. Menghindari kedua kebiasaan ini tidak hanya mendukung upaya untuk menghilangkan bau badan, tetapi juga memberikan manfaat kesehatan yang lebih luas.

Perawatan Sederhana di Rumah

merawat diri untuk mengurangi bau badan
Merawat diri, sumber: Freepik.com

Selain gaya hidup sehat, masalah bau badan juga dapat diatasi dengan perawatan sederhana di rumah. Dengan kebiasaan perawatan yang tepat, Anda juga bisa lebih bersih dan meningkatkan rasa percaya diri.

Baca Juga  Tampil Keren dengan 5 Merk Sneakers Lokal Terbaik

Berikut adalah beberapa tips perawatan sederhana yang dapat membantu menghilangkan bau badan:

1. Pilih Deodoran atau Antiperspiran Alami

Gunakan deodoran atau antiperspiran alami. Pilihlah produk yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

Deodoran alami dapat membantu mengontrol pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau badan, sementara antiperspiran alami dapat membantu mengurangi produksi keringat. Bahan-bahan yang biasanya ada dalam kandungan deodorant dan bagus adalah tea tree oil, lavender, atau baking soda karena memberikan efek segar dan menenangkan.

2. Rutin Cukur atau Waxing Bulu Ketiak

Bulu ketiak dapat menjadi tempat berkumpulnya bakteri dan dapat meningkatkan bau badan. Untuk menghindari hal ini, penting untuk melakukan cukur atau waxing bulu ketiak secara rutin.

Hal ini tidak hanya membantu mengurangi keringat berlebih, tetapi juga memberikan hasil yang lebih bersih dan percaya diri. Pastikan untuk menggunakan alat cukur yang bersih dan tajam.

3. Gunakan Handuk Bersih dan Kering

Handuk yang bersih dan kering mencegah pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan bau tidak sedap. Setelah mandi atau mencuci area tertentu, pastikan untuk menggunakan handuk yang bersih dan sudah dikeringkan dengan baik. Ganti handuk secara teratur dan hindari berbagi handuk dengan orang lain untuk mencegah penularan bakteri.

4. Hindari Penggunaan Parfum Berlebihan

Meskipun parfum dapat memberikan aroma yang menyegarkan, penggunaan berlebihan dapat menjadi kontraproduktif dan meningkatkan risiko campuran bau yang tidak diinginkan.

Parfum yang berlebihan, terutama pada area yang rentan terhadap keringat, seperti ketiak justru harus dihindari. Sebagai gantinya, pilihlah parfum ringan atau gunakan alternatif seperti minyak esensial dengan aroma yang menyenangkan.

Treatment Sendiri dengan Bahan Alami

cara ampuh menghilangkan bau badan secara alami dengan ramuan herbal
Bahan alami untuk treatment sendiri, sumber: Freepik.com

Anda juga bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang efektif dan aman. Beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan bau pada tubuh antara lain:

1. Baking Soda

Baking soda dikenal sebagai agen pembersih alami yang efektif. Campurkan baking soda dengan air hingga membentuk pasta, lalu oleskan ke area ketiak dan biarkan selama 15-20 menit sebelum dibilas.

Baking soda memiliki sifat antibakteri dan dapat menetralkan pH kulit, menghilangkan bakteri penyebab bau badan. Selain itu, baking soda juga dapat membantu mengurangi keringat berlebih, menjadikannya solusi yang efektif untuk masalah bau badan.

2. Lemon

Lemon adalah buah yang kaya akan vitamin C dan memiliki sifat antimikroba. Gosokkan irisan lemon pada area ketiak selama beberapa menit, lalu bilas dengan air.

Lemon dapat membantu membunuh bakteri penyebab bau dan memberikan aroma segar. Kandungan asam sitrat dalam lemon juga berfungsi sebagai eksfolian alami yang membantu mengangkat sel-sel kulit mati, meninggalkan kulit yang bersih dan segar.

Baca Juga  Ingin Mulai Belajar Mengelola Keuangan? Virgo Solusinya!

3. Daun Sirih

Daun sirih telah lama dikenal memiliki sifat antiseptik dan antibakteri. Rebus daun sirih dan gunakan airnya untuk mandi atau oleskan langsung pada area ketiak.

Manfaat daun sirih tidak hanya membantu menghilangkan bau badan, tetapi juga melindungi kulit dari infeksi bakteri. Penggunaan rutin daun sirih dapat meningkatkan kebersihan dan kesehatan kulit secara keseluruhan.

4. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki gel yang kaya akan nutrisi dan memiliki sifat penyembuhan. Oleskan gel lidah buaya pada area ketiak dan biarkan selama beberapa menit sebelum dibilas.

Gel lidah buaya tidak hanya membantu menghilangkan bau badan, tetapi juga memberikan kelembapan pada kulit. Kandungan antiinflamasi dan antioksidan dalam lidah buaya juga dapat membantu meredakan iritasi kulit.

5. Kentang

Gosokkan potongan kentang pada area ketiak selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air. Kentang mengandung senyawa alami seperti pati dan vitamin yang dapat membantu mengurangi bau badan. Selain itu, kentang juga memiliki sifat pemutih alami yang dapat membantu mencerahkan kulit ketiak yang gelap.

Minum Jamu Kunyit Asam Sirih Sidomuncul

jamu kunyit asam sirih Sidomuncul

Jamu Kunyit Asam Sirih Sidomuncul adalah minuman tradisional Indonesia yang sudah terbukti dapat membantu mengurangi bau badan, menjaga tubuh tetap langsing, dan meningkatkan kesehatan.

Minuman ini mengandung kunyit, asam, sirih, madu, gula, garam, dan asam sitrat. Produk ini juga memiliki sifat antiseptik dan direkomendasikan untuk dikonsumsi sebelum dan selama menstruasi.

Manfaat jamu kunyit asam sirih yang bisa Anda dapatkan, antara lain:

  • Kombinasi kunyit, asam, dan sirih diklaim dapat membantu mengurangi bau badan.
  • Membantu mengurangi rasa nyeri saat menstruasi.
  • Berperan sebagai minuman detoksifikasi tubuh.
  • Kandungan antioksidan dalam kunyit asam sirih dapat membantu mencegah penuaan dini.
  • Kandungan antioksidan dalam kunyit, asam, dan sirih dapat menjaga kesehatan jantung.
  • Minuman kunyit asam sirih juga dapat meningkatkan stamina dan energi.
  • Bermanfaat untuk kesehatan kulit.
  • Meningkatkan imunitas tubuh.
  • Meredakan stres, dan
  • Mengurangi risiko kanker.

Dengan beragam manfaatnya, minuman kunyit asam sirih dapat menjadi pilihan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan secara alami.

Dengan memanfaatkan bahan-bahan tersebut, Anda tidak hanya dapat menghilangkan bau tubuh, tetapi juga merawat kulit dengan cara yang aman dan alami. Penggunaan rutin bahan-bahan ini dapat memberikan hasil yang optimal, menjadikan kulit Anda segar, sehat, dan bebas dari bau yang tidak diinginkan. Selamat mencoba!

Sumber:
https://www.liputan6.com/hot/read/5294519/15-cara-menghilangkan-bau-badan-dan-keringat-berlebih-secara-alami
https://www.liputan6.com/hot/read/4186614/12-manfaat-jamu-kunyit-asam-sirih-sehat-dan-menyegarkan
https://www.sidomunculstore.com/sido-muncul-minuman-kunyit-asam-sirih-5-s-mengurangi-bau-badan.html

Tinggalkan komentar