Cara Balik Nama Mobil dan Mutasi Sekaligus dengan Lancar

Cara balik nama mobil dan mutasi adalah dua prosedur yang juga banyak dilakukan sekaligus. Ini dilakukan supaya kepemilikan sepenuhnya jatuh ke tangan pembeli dari pemilik sebelumnya. Sebelum itu, siapkan segala keperluannya terkait syarat dan biayanya. Anda bisa cek cara menghitung biaya balik nama mobil maupun proses mutasi agar lebih jelas.

Proses mutasi dan balik nama biasanya dilakukan oleh orang yang membeli mobil bekas. Mutasi diperlukan jika kendaraan berasal dari luar kota untuk memindahkan hak milik kendaraan yang bersangkutan.

Untuk prosesnya sendiri, mutasi dilakukan lebih dulu sebelum balik nama. Jika kendaraan yang Anda beli dari domisili yang sama, maka bisa langsung melakukan proses balik nama tanpa mutasi dulu.

Cara Balik Nama Mobil dan Mutasi Sekaligus untuk Memindahkan Hak Milik Kendaraan dengan Lancar

cara balik nama mobil dan mutasi sekaligus
Ilustrasi proses mutasi dan balik nama mobil, dari Freepik.com

Dua prosedur ini biasanya melibatkan langkah-langkah yang sama dengan terpisah. Namun, dengan melakukan keduanya secara bersamaan, Anda dapat menggabungkan dokumen-dokumen dan proses administratif yang diperlukan.

Berikut adalah cara balik nama mobil dan mutasi yang bisa Anda ikuti. Simak selengkapnya.

Baca Juga  Tips Merawat Jam Tangan Mewah Wanita, Investasi Makin Bertambah

1. Persiapan Dokumen

Persiapkan semua dokumen yang diperlukan untuk proses mutasi dan balik nama. Dokumen yang umumnya diperlukan antara lain:

  • BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) asli dan fotokopi.
  • STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) asli dan fotokopi.
  • KTP (Kartu Tanda Penduduk) pemilik lama dan pemilik baru kendaraan asli dan fotokopi.
  • Surat Keterangan Pindah (jika ada mutasi alamat).
  • Surat Kuasa (jika menggunakan perantara atau agen).

2. Kunjungi Kantor Samsat atau Dinas Perhubungan

Datang ke kantor Samsat atau Dinas Perhubungan terdekat yang bertanggung jawab atas administrasi kendaraan bermotor.

3. Ambil dan Isi Formulir Mutasi dan Balik Nama

Ambil formulir permohonan mutasi dan balik nama kendaraan dan isi dengan lengkap dan akurat. Formulir ini biasanya tersedia di kantor Samsat atau Dinas Perhubungan.

4. Serahkan Dokumen dan Formulir

Serahkan semua dokumen yang diperlukan beserta formulir mutasi dan balik nama ke petugas yang bertugas di loket.

5. Verifikasi dan Pemeriksaan Dokumen

Petugas akan memeriksa kelengkapan dokumen dan memverifikasi informasi yang Anda berikan. Pastikan dokumen yang Anda serahkan sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan.

6. Pembayaran Biaya Administrasi

Bayar biaya administrasi yang ditetapkan untuk proses mutasi dan balik nama. Biaya ini dapat bervariasi tergantung pada daerah dan jenis kendaraan.

7. Tanda Tangan dan Verifikasi

Setelah proses administrasi dan pembayaran selesai, Anda akan diminta untuk menandatangani dokumen yang diperlukan dan petugas akan memverifikasi informasi yang Anda berikan.

8. Terima BPKB dan STNK Baru

Setelah proses selesai, Anda akan menerima BPKB dan STNK baru dengan informasi mutasi dan nama pemilik yang telah diubah.

Pastikan untuk mengikuti cara balik nama mobil dan mutasi yang diberikan oleh petugas di kantor Samsat atau Dinas Perhubungan setempat. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau memerlukan informasi yang lebih rinci, disarankan untuk menghubungi otoritas terkait atau mengunjungi situs web resmi yang terkait dengan administrasi kendaraan bermotor di wilayah Anda.

Baca Juga  Makanan 4 Sehat 5 Sempurna dan 9 Manfaatnya untuk Tubuh

Berapa Lama Proses Mutasi Sekaligus Balik Nama Mobil?

Lama proses mutasi sekaligus balik nama mobil dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor, termasuk wilayah, kompleksitas kasus, dan efisiensi kantor Samsat atau Dinas Perhubungan setempat. Namun, secara umum, proses ini dapat memakan waktu antara beberapa hari hingga beberapa minggu. Berikut adalah perkiraan waktu yang mungkin terlibat:

Verifikasi dan Pemeriksaan Dokumen

Biasanya, petugas akan memeriksa kelengkapan dokumen dan memverifikasi informasi yang Anda berikan saat Anda mengajukan permohonan mutasi dan balik nama. Waktu yang dibutuhkan untuk tahap ini dapat bervariasi, tetapi biasanya memakan waktu beberapa hari kerja.

Penyusunan Dokumen dan Pembayaran Biaya

Setelah dokumen diverifikasi dan informasi telah diverifikasi, petugas akan menyusun dokumen-dokumen baru seperti BPKB dan STNK dengan informasi mutasi dan nama pemilik yang diperbarui. Anda juga akan diminta untuk membayar biaya administrasi yang terkait.

Tahap ini biasanya memakan waktu beberapa hari hingga seminggu, tergantung pada kantor Samsat atau Dinas Perhubungan setempat.

Pengiriman Dokumen

Setelah dokumen selesai disusun, BPKB dan STNK baru akan dicetak dan diserahkan kepada Anda. Waktu pengiriman dokumen ini tergantung pada layanan pengiriman atau prosedur yang digunakan oleh kantor Samsat atau Dinas Perhubungan setempat.

Biasanya, dokumen dapat diambil secara langsung dari kantor atau dikirim melalui pos atau kurir. Tahap ini dapat memakan waktu beberapa hari hingga minggu, tergantung pada lokasi dan efisiensi pengiriman.

Perlu diingat bahwa estimasi waktu di atas dapat berbeda tergantung pada faktor-faktor yang disebutkan sebelumnya. Oleh karena itu, sangat penting untuk memeriksa dengan kantor Samsat atau Dinas Perhubungan setempat untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat tentang perkiraan waktunya. Semoga cara balik nama mobil dan mutasi di atas bermanfaat.

Baca Juga  Ingin Mulai Belajar Mengelola Keuangan? Virgo Solusinya!

Tinggalkan komentar